Mudik Ke Salatiga, 10 Oleh Oleh Khas Ini Wajib Untuk Dibeli

Diposting pada

Singgah atau berkunjung ke suatu tempat, rasanya akan seperti ada yang kurang jika kita pulang tapi tidak bawa oleh-oleh atau buah tangan.

Karena saat kita dapat membawakan buah tangan untuk keluarga, rekan sekantor, teman ataupun pasangan, rasanya seperti ada kesenangan tersendiri yang akan didapat.

Dan kali ini, tim JejakPiknik akan membahas oleh-oleh apa saja yang dapat dibawa saat berkunjung ke kota Salatiga. Karena banyak sekali orang singgah di kota tersebut hanya untuk sekedar  membeli buah tangan.

Meski merupakan kota kecil di Jawa Tengah namun terdapat banyak ragam oleh-oleh khas Salatiga yang bagus buat diburu sebagai buah tangan. Apa saja itu? Berikut daftar lengkapnya.

1.Kerupuk Godril

Foto By inibaru.id

Oleh-oleh khas Salatiga yang wajib buat diburu pertama namanya adalah kerupuk godril, yakni salah satu jenis makanan ringan bercitarasa renyah dan gurih.

Kerupuk godril terbuat dari singkong yang diberi racikan bumbu dapur khusus tanpa  adanya bahan pengawet,  jadi cukup aman untuk dikonsumsi dan siap untuk menggoyang lidah.

Meski kerupuk mudah ditemui di setiap sudut daerah di Indonesia namun tak ada salahnya buat Sahabat JejakPiknik mencoba cemilan renyah khas Salatiga ini.

Kerupuk godril sendiri mudah ditemui baik di pusat pasar tradisional ataupun toko oleh-oleh dan soal harganya hanya berkisar Rp.3.000/bungkusnya.

2.Getuk Ketek

Foto By kompasiana.com

Buah tangan berikutnya yang bisa dibawa pulang dari Salatiga adalah getuk ketek. Meski namanya terdengar aneh, namun soal rasa dijamin Sahabat JejakPiknik pasti akan ketagihan.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Pecaron Kebumen, Lokasi Alamat, Rute Jalur Menuju Wisata + Keindahan di Sekitar Area

Kata ketek dalam makanan ini dalam bahasa Jawa artinya adalah kera. Namun bukan berarti bahan penganan tersebut terbuat dari hewan ya.

Makanan ini citarasanya sangat gurih karena bahannya terbuat dari singkong dan parutan kelapa. Sangat pas untuk disantap bersama secangkir kopi hangat di pagi atau malam hari.

Jika ingin berburu getuk yang enak, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jln.Argo Tunggal, kampung Ledok, Salatiga. Di kawasan ini banyak berjejer toko-toko penjual penganan singkongt dan soal harga hanya Rp.12.000/dus. Murah kan?

3.Enting-Enting Gepuk

Foto By tokopedia.com

Enting-enting gepuk adalah salah satu buah tangan paling populer di kota Salatiga. Makanan ringan ini bahan dasarnya terbuat dari kacang yang sudah dihaluskan atau digepukkan.

Setelah digepuk kemudian dicampur dengan gula agar rasanya manis dan juga enak. Untuk berburu penganan ini tidaklah sulit karena setiap toko oleh-oleh di sepanjang kota Salatiga pasti menjualnya.

Salah satu merk paling banyak diburu adalah enting-enting gepuk “  Klenteng dan 2 Hoolo”. Tak perlu takut soal harga karena hanya dijual sekitar Rp.18.000 saja.

4.Singkong Keju

Foto By kumparan.com

Ibarat perpaduan kuliner barat dan Indonesia, penganan ringan khas kota Salatiga satu ini bahannya terbuat dari singkong yang ditawarkan dalam beberapa bentuk ada siap digoreng ataupun sudah jadi.

Untuk yang siap goreng biasanya dibekukan dulu dalam freezer agar tahan lama. Mengenai citarasa  makanan tersebut terdiri dari varian rasa yakni ada original, keju serta cheese chocolate.

Bila ingin mendapatkannya, Singkong Keju D9 di jln.Argowiyot I No.8A, Kel.Ledok adalah spot terbaik buat dikunjungi.  Untuk satu bungkusnya biasanya dibanderol hanya Rp.16.000 saja.

5.Ampyang/Gula Kacang

Foto By Tribunnews.com

Ampyang adalah makanan ringan khas kota Salatiga berbahan dasar campuran kacang dan gula jawa yang menawarkan rasa gurih serta manis.

BacaJuga:  10 Cafe Paling Hype di Kota Ngapak Purwokerto, Sudah Coba?

Ampyang sendiri sering diborong wisatawan buat dijadikan cemilan di sepanjang perjalanan ataupun sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang.

Cemilan ringan ini sangat mudah mendapatkannya, karena hampir setiap toko oleh-oleh menjualnya dan harganya hanya dibanderol kisaran Rp.5.000-Rp.20.000 saja sebungkusnya.

6.Keripik Paru

Foto By Indonesiana.id

Aneka penganan khas Salatiga lainnya yang juga mantap buat dijadikan buah tangan namanya ialah keripik paru, yakni salah satu cemilan ringan bercitarasa nikmat dan gurih.

Keripik ini bahannya terbuat dari paru sapi yang sudah diiris tipis-tipis kemudian diberi resep bumbu khusus agar citarasanya semakin khas.

Untuk citarasa terbaik, keripik paru Purboningsi dan Sri adalah pilihan paling tepat. Selain rasanya enak, harganya pun terjangkau hanya berkisar Rp.25.000-Rp.80.000 saja, tergantung beratnya.

7.Roti Wonder

Foto By tokopedia.com

Mau beli roti sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta? Nah, penganan unik khas kota Salatiga ini mungkin bisa  menjadi solusinya.

Sesuai namanya, roti tersebut menawarkan citarasa begitu WOW dan sangat khas. Tak heran jika penganan ringan ini populer tak hanya di kalangan masyarakat lokal namun juga bagi wisatawan.

Bagi yang ingin berburu, datang aja ke Wonder Bakery di Jln.Semeru No.11, Kalicacing, Sidomukti, Salatiga. Untuk harganya cukup bervariatif, mulai dari 23-29 ribu tergantung jenis rotinya.

8.Kopi Babah Kacamata

Foto By tokopedia.com

Bagi para pecinta kopi, Salatiga juga menawarkan oleh-oleh yang pas loh buat dibawa pulang dan sangat oke  untuk dibagikan kepada tetangga ataupun rekan.

Namanya yaitu kopi babah kacamata. Saat melihat kemasannya mungkin Sahabat JejakPiknik akan tahu mengapa buah tangan khas Salatiga ini dinamakan demikian.

Bahan minuman ini terbuat dari biji kopi asli yang diolah secara tradisional sehingga memiliki rasa sangat khas dan berbeda bila dibandingkan dengan di daerah lain.

BacaJuga:  12 Kolam Renang di Semarang yang Harus Dikunjungi

Bila ingin mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke tokonya di jln.Kalinyamat No.16, Kec. Tingkir, Salatiga. Soal harga, berkisar antara Rp.7.500-Rp.70.000, tergantung berat isinya.

9.Bakpia Patok Om Tan

Foto By tokopedia.com

Bakpia patok om tan selalu menjadi oleh-oleh yang tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan saat sedang berkunjung ke kota Salatiga.

Meski banyak terdapat penjual bakpia yang enak namun Om Tan adalah merk paling populer. Selain karena enak, varian rasanya juga banyak, ada coklat, keju, kacang hijau dan lainnya.

Untuk membelinya, silahkan datang ke pusat oleh-oleh Oom Tan di jln.Jend.Sudirman Pertokoan Makutarama No.03,  Kalicacing, Sidorejo, Sidomukti, kota Salatiga. Cukup dengan budget sekitar 20-25 ribu saja, kita sudah bisa mendapatkan sekotak bakpia enak.

10.Kopi Biji Salak

Foto By jateng.tribunnews.com

Terakhir ada kopi biji salak, Sahabat JejakPiknik sudah pernah mencobanya? Nah, bahan minuman ini juga banyak diburu oleh wisatawan loh buat dijadikan sebagai buah tangan.

Sesuai namanya, bahannya memang terbuat dari biji salak berkualitas. Soal rasa, minuman satu ini tidak kalah enak dari kopi biasanya.

Jika ingin membelinya, silahkan mampir ke warung Kebon Salak di Jln.Srikandi, Salatiga, Jawa Tengah. Selain dapat menyicipi  kopinya langsung, disini kita juga bisa membelinya buat dijadikan oleh-oleh dengan harga Rp.10.000/kemasan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.