Traveling Ke Samarinda? Ini Dia 10 Pilihan Oleh-Oleh Yang Wajib Dibawa Pulang

Diposting pada

Selain Balikpapan, Samarinda juga menjadi salah satu kota yang paling wajib dikunjungi saat sedang bertandang ke provinsi Kalimantan Timur.

Pasalnya, ibukota dari Kaltim ini terkenal mempunyai banyak potensi wisata menarik dan patut untuk dieksplor baik alamnya, religinya, kulinernya hingga berbagai oleh-oleh khasnya.

Berbicara tentang oleh-oleh khas Samarinda, Sahabat JejakPiknik sudah pada tahu belum apa saja jenisnya? Oke, ini dia jawabannya, langsung saja check it out!

1. Sarung Samarinda

Foto By sarungbhs.co.id

Oleh-oleh pertama yang wajib Sahabat JejakPiknik bawa pulang usai menjelajah ibukota Kalimantan Timur namanya adalah sarung Samarinda.

Sesuai namanya, sarung tersebut merupakan salah satu produk unggulan yang dihasilkan oleh penduduk lokal kota Samarinda dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1668.

Selain memiliki banyak motif pilihan, sarung khas Samarinda ini juga unik karena dibuat dengan cara tradisional tanpa menggunakan bantuan mesin sama sekali.

Sarung ini sangat mudah ditemui di toko souvenir dan biasanya dibanderol mulai dari 100-200 ribu rupiah, tergantung ukuran serta kualitasnya.

2. Keminting

Foto By budaya.co

Keminting juga menjadi salah satu makanan yang paling sering dibawa pulang sebagai buah tangan saat berkunjung ke kota Samarinda.

Keminting adalah salah satu cemilan ringan yang memiliki bentuk menyerupai biji kemiri dan terbuat dari adonan sagu, tepung serta gula gait.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Samarinda Harga Murah 2019

Meski teksturnya kasar, namun keminting yang memiliki citarasa manis dan sedikit berlemak ini bisa membuat Sahabat JejakPiknik semakin ketagihan ingin selalu menyantapnya.

Selain mudah ditemukan di sejumlah pusat atau toko oleh-oleh, harga keminting juga bisa dibilang relatif murah dan sangat terjangkau.

3. Roti Durian Panglima

Foto By tripadvisor.co.za

Roti Durian Panglima menjadi salah satu top brand makanan dan oleh-oleh paling laris di kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi mereka penggemar durian, karena di toko Panglima Sahabat JejakPiknik akan menemukan olahan lain dari buah tersebut.

Selain bisa dimakan langsung, roti isi durian ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Namun sebelumnya, Sahabat JejakPiknik jangan lupa bertanya kepada pihak toko dulu ya kapan batas kedaluarsa.

Alamat toko Panglima ini berada di jln.P.Antasari No.01, Samarinda. Mengenai harga biasanya dijual kisaran Rp.25.000-Rp.28.000, tergantung toppingnya.

4. Bolu Gulung Durian

Foto By annarosanna.com

Selain rotinya yang nikmat, toko Panglima di jalan P.Antasari nomor 1 di Samarinda juga sangat terkenal akan kelezatan bolu gulung duriannya.

Ciri jajanan ini tak jauh beda dari bolu pada umumnya, hanya saja bahannya menggunakan daging buah durian sebagai tambahan, sehingga citarasanya terasa lebih istimewa.

Rasanya yang begitu legit dan bisa bertahan 3-4 hari, menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh paling pas buat dibawa pulang dan dibagikan ke tetangga-tetangga.

Selain mudah didapatkan di tokonya langsung, bolu gulung Panglima ini juga dijual secara online melalui Tokopedia dan harganya hanya berkisar Rp.50.000 saja.

5. Abon Ikan Haruan

Foto By enaknyakemana.com

Buah tangan berikutnya yang juga tak kalah menarik untuk dibawa pulang saat berkunjung ke kota Samarinda adalah abon ikan haruan.

Abon enak yang terbuat dari olahan ikan gabus ini mempunyai citarasa khas, tak heran jika banyak wisatawan memburunya sebagai buah tangan.

BacaJuga:  10 Gambar Air Terjun Pinang Seribu Balikpapan, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Penginapan di Sekitar Wisata + Jalan Menuju Ke Sana

Abon haruan ini harganya bervariasi, tergantung jenisnya dan biasanya dibanderol mulai dari Rp.15.000-Rp.20.000/ons di toko oleh-oleh di sekitar Samarinda.

6. Kue Ilat Sapi

Foto By caramembuatkuepalingenak.blogspot.com

Kue khas Samarinda satu ini kalau diartikan ke dalam bahasa Jawa artinya adalah lidah sapi. Namun tak perlu terkecoh akan pengertian tersebut karena bahannya dibuat dari gula merah dan adonan tepung.

Sebenarnya, makanan ini cukup terkenal di kota Semarang tapi banyak juga ditemui di Ibukota Kalimantan Timur dan menjadi oleh-oleh terlaris di Samarinda.

Disamping bentuknya yang praktis, kue ilat sapi berbentuk bulat dan bertabur wijen satu ini rasanya sangat  enak meskipun sedikit berlemak.

Dan kue ilat sendiri bisa didapati dengan mudah di setiap toko oleh-oleh di Samarinda. Soal harga terbilang ringan dikantong hanya Rp.3.000-Rp.5.000/buah.

7. Lempok Durian

Foto By putratravel.net

Lagi-lagi kabar baik buat Sahabat JejakPiknik penggemar durian. Tak hanya roti isi dan bolu gulung saja, masih ada banyak lagi oleh-oleh khas Samarinda yang bahan dasarnya terbuat dari buah tersebut namanya yakni lempok.

Lempok khas Samarinda ini adalah salah satu jenis cemilan dengan citarasa dan tekstur mirip seperti dodol, lengket tapi rasanya manis.

Untuk mendapatkan citarasa terbaik, lempok durian Hj.Ny.Adrian N di Jln.RE.Martadinata No.01 adalah tempatnya. Soal harga, berkisar 5-20 ribuan saja, tergantung ukurannya.

8. Amplang

Foto By makananoleholeh.com

Camilan ringan yang juga selalu menjadi oleh-oleh andalan dari kota Samarinda namanya adalah amplang. Selain karena praktis dan mudah dibawa, makanan ini citarasanya gurih dan juga  lezat.

Amplang juga sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh dan harganya dibanderol hanya kisaran Rp.30.000-Rp.100.000, tergantung beratnya.

9. Kaos Jukut

Foto By jukut-oleh-oleh-khas-samarinda.business.site

Berkunjung ke ibukota Kalimantan Timur, tak lengkap rasanya jika kita pulang namun tidak membawa kaos keren khas Samarinda.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Kebun Raya Balikpapan, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Nomor Telepon + Jalan Menuju Ke Sana

Selain berkualitas dan nyaman digunakan, kaos jukut khas Samarinda ini desainnya unik karena menggunakan motif kebudayaan atau kearifan lokal daerah tersebut.

Kaos-kaos unik ini bisa Sahabat JejakPiknik temukan dengan mudah di outlet-outlet penjual souvenir di Samarinda dan harganya dibanderol cukup bervariasi.

10. Ulap Doyo

Foto By kaltim.tribunnews.com

Selain sarung dan kaos, Samarinda juga masih mempunyai banyak lagi aneka cinderamata unik yang cocok dijadikan bingkisan untuk orang-orang tercinta, contohnya saja ulap doyo.

Cinderamata satu ini berupa hasil kerajinan tangan suku Dayak terbuat dari doyo, salah satu tanaman yang tumbuh di daerah Tanjung Isuy, kemudian disulap menjadi sebuah kain dengan menggunakan serat daunnya.

Ulap doyo ini bentuknya bermacam-macam mulai dari kopiah, tas, pakaian, dompet hingga hiasan dinding yang unik.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, karena mudah ditemui di sejumlah toko-toko souvenir dan harganya bisa dibilang masih relatif terjangkau.

Nah, itu dia sederet daftarnya. Jadi oleh-oleh khas Samarinda mana yang ingin Sahabat JejakPiknik beli?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.