Catat Nih, 12 Daftar Oleh-Oleh Khas Solo Yang Paling Patut Buat Dibawa Pulang

Diposting pada

Selain terkenal akan kebudayaan serta keramahan penduduknya, Solo atau Surakarta juga hadir menawarkan sejuta pesona tersendiri sehingga membuat siapapun betah dan selalu ingin ke kota tersebut.

Setelah puas menikmati pesona akan spot wisatanya, satu agenda yang tentunya harus kita lakukan selanjutnya adalah berburu oleh-oleh khasnya.

Sama seperti Bandung, Jakarta, Bali, Surabaya, Jogja dan kota lainnya di Indonesia,  Solo yang berada di Jawa Tengah ini pun mempunyai beraneka macam oleh-oleh.

Bukan hanya makanan saja, tapi ada juga berupa cemilan ringan, baju, souvenir hingga kue artis kekinian dan lain sebagainya.

Semua aneka makanan dan produk kerajinan khas daerah Solo ini bisa Sahabat JejakPiknik bawa untuk kenang-kenangan atau buah tangan buat orang terdekat.

Nah, kira-kira apa saja ya daftar oleh-oleh khas Solo yang terkenal dan wajib untuk dibeli? Yuk kita cari tau jawabannya!

1. Surabi Notosuman

Foto By befira.blogspot.com

Berbicara tentang oleh-oleh khas Solo, surabi notosuman adalah salah satu jenis buah tangan yang paling wajib untuk dibawa pulang.

Penganan berbahan dasar santan ini sudah terkenal sejak tahun 1920 yang mana dimasak dengan cara dibakar diatas tungku.

Agar bisa dijadikan oleh-oleh dan tahan lama lebih dari 24 jam, surabi notosuman biasanya diolah dengan cara di vacum. Pilihan rasa yang ditawarkan pun beragam ada meses, keju juga pisang serta nangka muda.

Penasaran seperti apa rasanya? Nah, untuk mendapatkannya Sahabat JejakPiknik bisa datang ke toko di jalan Mohammad Yamin. Disini, harga surabi notosuman dibanderol hanya sekitar Rp.2.000/bijinya.

2. Intip

Foto By food.detik.com

Selain serabi notosuman, jajanan lain khas Surakarta lainnya yang juga patut untuk dibawa pulang oleh Sahabat JejakPiknik namanya yaitu intip.

Intip itu adalah camilan ringan yang terbuat dari kerak nasi dan memiliki ciri khas berbentuk mangkuk raksasa.

Rasa gurih dan enak yang dihasilkan intip membuat camilan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan buat orang-orang terdekat.

BacaJuga:  10 Guest House Murah di Solo Mulai Rp.112.500, Ada Yang Dekat Stasiun

Untuk menemukannya tidaklah sulit karena intip banyak dijajakan di pinggir jalan ataupun di pusat oleh-oleh dan harganya dibanderol hanya kisaran 10-50 ribu saja, tergantung ukuran.

3. Abon Mesran

Foto By travelingyuk.com

Sahabat JejakPiknik masih bingung mencari mana oleh-oleh yang paling pas untuk dibawa pulang buat keluarga atau kerabat? Abon mesran bisa menjadi solusinya.

Kuliner legendaris Solo yang terbuat dari olahan daging sapi dan ayam ini memiliki rasa manis juga pedas. Penganan tersebut sangat cocok apabila dijadikan sebagai menu pendamping.

Dengan kemasan yang rapi dan masa kedaluwarsanya juga cukup lama, tak perlu khawatir jika ingin menjadikannya sebagai buah tangan.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit karena ada banyak pusat oleh-oleh yang menjualnya, salah satunya yaitu Toko Era Jaya di jalan Gatot Subroto No.132.

Atau Sahabat JejakPiknik juga bisa membelinya secara online. Soal harga sangat bersahabat hanya 40-70 ribuan saja, tergantung ukurannya.

4. Ampyang

Foto By zupermar.com

Ampyang adalah salah satu jenis cemilan khas Solo yang bahan dasarnya terbuat dari kacang tanah atau mete dan kemudian dicampur dengan gula merah.

Citarasa yang dimiliki ampyang ini cukup bervariasi mulai dari gurih, manis, hingga pedas. Jika Sahabat JejakPiknik ingin menjadikannya sebagai buah tangan tak perlu khawatir karena makanan tersebut daya tahannya juga lama.

Ampyang juga mudah ditemui di berbagai pusat oleh-oleh di kota Solo, salah satu contohnya ialah Toko Salma di Pasar Kliwon, Surakarta Selatan. Soal harganya hanya dijual kisaran Rp.4.000-Rp.50.000 saja. Nah, murah kan?

5. Solo Pluffy

Foto By ibusegalatau.com

Tak kalah dengan beberapa kota besar lainnya, daerah Surakarta juga memiliki kue kekinian milik artis ibukota,  namanya yaitu Solo Pluffy.

Kue kekinian milik artis Jessica Milla tersebut hadir menawarkan kudapan enak bertekstur lembut dan berbentuk bundar. Rasa yang ditawarkan pun sangat bervariasi, ada original, cheese, green tea cornflake hingga strawberry.

Untuk membawa pulang sekotak solo pluffy ini kita hanya perlu budget sekitar Rp.48.000-Rp.58.000 saja. Jika tertarik silahkan langsung datang ke lokasi toko di jalan Ronggowarsito, Banjarsari.

BacaJuga:  10 Tempat Sarapan Paling Mantap di Solo! Menarik Untuk Dicoba!

6. Solo Prabu

Foto By youtube.com

Oleh-oleh kekinian lainnya yang bisa Sahabat JejakPiknik bawa pulang dari kota Surakarta adalah kue Solo Prabu.

Solo prabu berbahan dasar pastry yang dilapisi krim dan taburan topping ini hadir dengan mengusung tema Jawa. Hal tersebut terlihat dari nama-nama jenis kuenya seperti Gareng Black Velvet, Semar Keju serta Petruk Tiramisu.

Satu kotak Solo Prabu tersebut dibanderol hanya kisaran 40-55 ribuan saja. Untuk mendapatkannya silahkan datang outletnya di Ruko Honggowongso Square Pasar Kembang, Surakarta.

7. Batik Solo

Foto By mudzakir.com

Selain makanan khasnya, kurang lengkap rasanya jika saat berkunjung ke Solo kita tidak membawa pulang kerajinan batiknya buat orang-orang terdekat.

Sebagai kota penghasil batik terbesar di Jawa Tengah, Sahabat JejakPiknik akan mudah untuk menemukan tempat yang menjual hasil kerajinan satu ini.

Beberapa tempat paling rekomendasi diantaranya Pasar Klewer, Kampung Batik Laweyan, Kauman dan Pusat Grosir Solo.

Namun jika ingin barang lebih berkualitas, tempat belanja paling cocok untuk dikunjungi ialah House Of Danar Hadi di jalan Brigjen Slamet Riyadi No.261, Kec. Begajah, Kabupaten Sukoharjo.

8. Roti Mandarin

Foto By pinterest.com

Apabila Sahabat JejakPiknik berakhir pekan di kota Solo dan ingin mencari buah tangan enak, maka mampirlah ke toko Orion di jln.Jenderal Urip Sumoharjo No.80, Jebres, Surakarta.

Di toko tersebut ada namanya roti mandarin. Meskipun tanpa bahan pengawet tapi penganan ini bisa bertahan selama 1 minggu, jadi akan sangat cocok jika dijadikan buah tangan.

Untuk pilihan rasanya pun ada beragam original, kismis juga spesial. Berbicara soal harga kue ini biasanya dibanderol berkisar 75-180 ribuan saja sekotaknya, namun tergantung variannya ya.

9. Roti Kecik Ganep

Foto By bukalapak.com

Jajanan tradisional lainnya yang juga cocok untuk dijadikan buah tangan adalah roti kecik ganep. Cemilan ringan ini bahan dasarnya terbuat dari tepung ketan dan termasuk salah satu penganan tahan lama.

Roti ini juga mudah ditemui di berbagai pusat oleh-oleh di Surakarta, salah satu contohnya Toko Cokro di jalan Dr.Rajiman No.609.

Untuk sebungkusnya, harga yang ditawarkan mulai dari Rp.5.000 sampai Rp.57.000, tergantung ukuran pilihan Sahabat JejakPiknik.

BacaJuga:  10 Tempat Acara Malam Tahun Baru di Solo Jawa Tengah

10. Rambak Petis

Foto By bukalapak.com

Nah, bila Karanganyar terkenal akan cemilan wingko ketela lawu, maka Solo juga cukup populer dengan rambak petis.

Rambak adalah sejenis makanan ringan Solo yang terbuat dari kulit sapi kemudian diolah dengan cara digoreng sampai kering. Cemilan ini memiliki citarasa antara asin dan gurih.

Jika Sahabat JejakPiknik berminat menjadikannya oleh-oleh bisa datang langsung ke rumah produksinya di Kampung Jagalan daerah Jebres. Soal harga, biasanya dibanderol mulai dari 128-132 ribuan per kilogramnya.

11. Bakpia Balong

Foto By shopee.co.id

Nah, untuk buah tangan selanjutnya ini kalau dilihat dari gambar, tampilannya tidak berbeda jauh dengan bakpia khas Jogja, hanya saja ukurannya lebih besar.

Namun begitu tak ada salahnya kan mencoba bakpia balong khas Solo ini. Untuk pilihan rasanya pun cukup beragam ada ketan, kacang hitam dan juga coklat.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke jln.Kapten Mulyadi No.17, Jebres, kota Surakarta. Mengenai harganya hanya kisaran 30-40 ribuan saja, tergantung rasanya.

12. Serbat Jahe

Foto By bukalapak.com

Buah tangan terakhir yang juga tidak boleh Sahabat JejakPiknik lewatkan dari kota Solo ialah Serbat Jahe, yakni sejenis minuman penghangat tubuh.

Sesuai namanya, minuman tradisional khas Surakarta ini bahan dasarnya terbuat dari jahe dan rempah-rempah pilihan lainnya.

Serbat jahe yang dikemas dalam bentuk tablet ini sangat praktis untuk dibawa kemana-mana jadi akan cocok jika dijadikan buah tangan.

Dan serbat jahe sendiri sangat mudah ditemui di berbagai toko oleh-oleh di Surakarta. Soal harga tak perlu khawatir, minuman ini dibanderol dengan harga cukup ramah dikantong.

Oke, cukup sekian dulu ya informasi menarik seputar 12 daftar oleh-oleh khas Solo. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja Sahabat JejakPiknik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.