10 Oleh-Oleh Khas Sragen Yang Populer di Kalangan Turis

Diposting pada

Berjarak sekitar 30 menit dari kota Solo, ada sebuah tempat bagus yang sangat menarik untuk dikunjungi, namanya adalah Sragen, yakni salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah.

Sragen ini dulunya merupakan pusat pemerintahan kerajaan Surakarta dan dikenal dengan nama ‘Sukowati’ dengan artian suka keindahan.

Terlepas dari wisata sejarahnya, Sragen juga masih mempunyai banyak lagi destinasi menarik lainnya mulai dari agrowisata, wahana bermain, kolam renang hingga kebun binatang mini.

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik yang sedang ada kunjungan ke Sragen, jangan lupakan beli oleh-oleh ya buat keluarga di rumah.

Mau tahu apa saja oleh-oleh khas Sragen yang pas untuk dibawa pulang? Berikut ini adalah beberapa daftar lengkapnya versi terbaru dari JejakPiknik.com.

1. Rengginang Tiwul

Foto By putratravel.net

Oleh-oleh khas Sragen pertama yang pas untuk dibawa pulang adalah adalah reginang tiwul, yakni salah satu makanan khas setempat bercitarasa nikmat dan gurih.

Rasanya yang gurih dan renyah menjadikan makanan ini sebagai camilan tepat menemani secangkir kopi ataupun teh sembari menikmati waktu santai bersama orang tersayang.

Bila Sahabat JejakPiknik tertarik membelinya, Pasar Bunder di Sragen adalah tempat paling tepat buat dituju. Untuk harga satu kantongnya cukup murah, hanya berkisar Rp.10.000 saja.

2. Gathot

Foto By putratravel.net

Selanjutnya adalah gathot, yakni salah satu jenis makanan enak berbahan dasar gaplek yang sudah disimpan lama, lalu direndam dan kemudian dikukus lagi.

Makanan ini rasanya sangat gurih dan nikmat. Untuk menambah kenikmatannya, biasanya penganan tersebut diberi tambahan gula, garam ataupun kelapa.

Untuk mendapatkan produk tersebut tidaklah sulit, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di sejumlah pusat oleh-oleh ataupun toko online di Sragen. Harganya cukup murah hanya 10 ribu saja sekantongnya.

3. Keripik Tempe

Foto By masakandapurku.com

Keripik tempe memang sangat mudah ditemukan di daerah mana saja. Tapi penganan khas kota Sragen ini rasanya sedikit berbeda dan juga cukup unik.

Bila Sahabat JejakPiknik senang menyantap keripik tempe bercitarasa gurih dan juga empuk, maka khas Sragen ini wajib untuk diborong pulang.

Jika ingin membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa mengunjungi kecamatan Sambungmacan di Sragen. Disini, ada banyak sekali penjaja keripik tempe bercitarasa sangat nikmat.

Dengan modal Rp.1.5000 saja, Sahabat JejakPiknik sudah bisa bawa pulang sebungkus kecil keripik tempe yang bercitarasa memukau ini.

4. Wajik

Foto By idntimes.com

Wajik memang merupakan salah satu makanan khas masyarakat Jawa yang rasanya sudah terkenal nikmat. Dan sragen adalah sebuah daerah penghasil terbaik makanan tersebut.

Wajik adalah jajanan tradisional berbahan dasar ketan yang diolah dengan cara dikukus, baru ditumbuk dan kemudian dicetak sebelum disajikan.

Selain di pasar tradisional, Jenang Mbah Rajak di kampung Cantel Wetan, kota Sragen adalah tempat paling recommended buat mendapatkannya. Soal harga, hanya berkisar Rp.20.000/kg, sementara per kotaknya cuma Rp.25.000 saja.

5. Walangan

Foto By jatengnyamleng.com

Walangan adalah salah satu makanan khas Sragen yang bisa Sahabat JejakPiknik temukan di kecamatan Sumberlawang.

Makanan ringan ini bahan dasarnya terbuat dari singkong atau ketela yang sudah diparut lalu dicampur gula merah dan kemudian diolah dengan cara digoreng.

Rasanya yang manis, gurih dan juga renyah, membuatnya sangat cocok dinikmati saat santai sembari menonton televisi.

Untuk menemukannya, tentunya Sahabat JejakPiknik harus ke Kec.Sumberlawang. Mengenai harga, jangan khawatir hanya dibanderol Rp.6.000 saja per bungkus kecil sementara per kilo cuma 14 ribuan.

6. Intip Mini

Foto By idntimes.com

Oleh-oleh khas Sragen berikutnya ada intip mini, yakni salah satu jajanan tradisional yang bahannya terbuat dari kerak nasi.

Intip mini ini paling mudah ditemui di Dukuh Kedungdowo, ds. Hadiluwih dan desa Jati di kecamatan Sumberlawang, kota Sragen.

Mengenai harga, intip mini bercitarasa gurih dan nikmat yang kriuk-kriuk ini biasanya dijual dengan sangat murah hanya berkisar Rp.1.200-Rp.2.000 saja.

7. Saci(Sragen Munchies)

Foto By masakandapurku.com

Bagi Sahabat JejakPiknik penggemar kudapan bercitarasa manis nan nikmat, maka saci atau Sragen munchies adalah penganan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Saci adalah dodol ala Sragen yang bahannya terbuat dari tepung, gula aren serta tambahan bumbu lain guna untuk memperkaya rasa.

Selain rasanya yang sangat nikmat, dodol saci ini juga bentuknya dibuat unik dan menarik, tak heran banyak orang tergoda untuk segera mencicipinya.

Saci sendiri sangat mudah ditemui di toko oleh-oleh yang tersebar di kota Sragen, salah satu contoh seperti Resto Ndayu Park. Untuk harga satu kemasan hanya dijual Rp.15.000 saja dengan isi 10 buah.

8. Ampyang

Foto By fimela.com

Kecamatan Sumberlawang, memang selalu menjadi pusat berburu segudang kuliner enak yang juga bagus buat dijadikan sebagai oleh-oleh di Sragen.

Selain intip mini dan walangan, ampyang adalah makanan ringan yang paling mudah ditemui di kecamatan Sumberlawang ini.

Makanan ini bahannya terbuat dari kacang tanah yang sudah disangrai lalu dicampur dengan cairan gula merah. Tak hanya nikmat, cemilan tersebut rasanya pun begitu gurih.

Ampyang paling mudah ditemukan di sejumlah toko oleh-oleh di Sumberlawang dan soal harga, cukup murah hanya kisaran Rp.4.500/kotak.

9. Keripik Pisang

Foto By Nuansa.web.id

Masih dari Sumberlawang, satu lagi cemilan ringan yang paling wajib buat dibawa pulang dari daerah ini adalah keripik pisang.

Makanan ini sebenarnya bisa Sahabat JejakPiknik temukan dimana saja, namun berbicara soal rasa, penganan khas Sumberlawang ini tentunya jangan sampai dilewatkan saat tengah berkunjung ke Sragen.

Selain rasanya gurih dan nikmat, dagingnya juga sangat empuk lalu vitamin serta mineralnya pun cukup banyak. Itulah yang membuatnya berbeda dari keripik pisang di daerah lain.

Keripik pisang tersebut juga sangat mudah ditemui di Sumberlawang baik di UKM, toko atau minimarket. Soal harga, hanya dibanderol sekitar Rp.5.000 saja per ons. Nah, murah kan?

10. Emping Garut

Foto Bykuliner-sragentina.blogspot.com

Nah, makanan terakhir yang kerap dijadikan oleh-oleh ini bahannya tidak terbuat dari melinjo melainkan umbi garut.

Garut disini bukan merujuk pada nama kota di Jawa Barat melainkan sebuah tanaman umbi yang banyak ditemukan di desa Blangu, Kec.Gesi, Sragen.

Bila ingin berburu emping garut, toko Fadillah di Gesi adalah tempat paling pas dituju. Selain enak, harganya pun murah yakni Rp.30.000 untuk yang mentah dan Rp.45.000/kg bila sudah digoreng.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.