Selain Kue Lapis, Ini Dia 12 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Recommended

Diposting pada

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta yang kemudian disusul oleh Malang, Medan, Tangerang, Samarinda, Makassar dan lainnya.

Daerah berjuluk kota Pahlawan  ini kerap disambangi untuk urusan bisnis. Padahal selain pekerjaan, Surabaya juga menawarkan keindahan alam tak kalah menarik dari Lombok, Malang, Bandung, Jogja atau Bali.

Nah, jika sewaktu-waktu Sahabat JejakPiknik merencanakan liburan ke Surabaya, jangan sampai lupa untuk menikmati objek wisata dan kuliner khasnya ya.

Bukan hanya itu, Sahabat JejakPiknik juga disarankan untuk membeli oleh-oleh buat dibawa pulang sebagai buah tangan.

Agar tidak bingung memilih mana yang mau dibeli, JejakPiknik akan membantu mengulas 12 daftar oleh-oleh khas Surabaya paling rekomendasi untuk dibawa pulang lengkap beserta lokasi tempat membelinya dan juga harganya.

1. Almond Crispy Cheese

Foto By id.carousell.com

Jika ada orang yang bertanya apa oleh-oleh terbaru yang terkenal di tahun 2019 di ibukota Jawa Timur, jawabannya pasti almond crispy cheese.

Yup, almond crispy cheese memang merupakan salah satu contoh cemilan kekinian khas Surabaya yang sangat hits baru-baru ini di dunia maya.

Makanan ringan berbahan dasar kacang almond ini memiliki rasa cheesy, renyah, gurih juga enak. Disamping itu teksturnya lembut, packaging juga terkesan mewah, varian rasanya pun banyak jadi akan cocok dijadikan oleh-oleh.

Jenis kue yang awet dan tahan lama ini bisa ditemukan di sejumlah pusat oleh-oleh, salah satunya toko Lusiana dengan harga kisaran biasanya hanya Rp.45.000 per bungkus. Murah kan?

2. Belinjo Udang (Blidang)

Foto By telusurindonesia.co

Nama buah tangan kedua yang paling pas untuk dibawa pulang dari kota Surabaya berikutnya adalah Belinjo udang atau biasa disingkat menjadi blidang.

Blidang sendiri adalah jenis makanan ringan berwujud kue yang bahan dasarnya terbuat dari campuran udang serta melinjo dan memiliki rasa manis.

Untuk mendapatkan blidang, Sahabat JejakPiknik bisa datang langsung ke pusat produksinya di daerah Tibis Tama atau dapat juga dipesan dari toko-toko online. Soal harga tak perlu khawatir, masih ramah dikantong kok.

3. Siropen Telasih

Foto By plesirankotatua.blogspot.com

Buah tangan lain yang juga cukup rekomendasi untuk dibawa pulang dari kota Arek-Arek Suroboyo namanya yaitu siropen telasih.

Siropen telasih itu merupakan buah tangan sejenis sirup yang pertama kali diproduksi oleh JC Van Drongelen, seorang warga Belanda asli di kota Surabaya.

Dilihat dari foto, sirup tradisional yang legendaris ini didesain dengan tampilan kekinian. Jadi akan sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Selain itu, minuman nikmat ini terdiri atas 2 jenis dan menawarkan sebanyak 8 varian rasa yakni ada mawar, frambosen, lychee, arbei, melon, vanilli, jeruk keprok serta chocopandan.

Salah satu tempat untuk mendapatkannya adalah pusat oleh-oleh Panen Raya di jln.Genteng Besar No.77A. Harganya pada umumnya dibanderol kisaran 50 ribuan saja per botolnya.

4. Sambal Bu Rudy

Foto By makanan-khas-bu-rudy.over-blog.com

Buah tangan khas Surabaya selanjutnya yang JejakPiknik rekomendasikan adalah sambal Bu Rudy, yakni salah satu jenis kuliner pelengkap paling populer di ibukota Jawa Timur.

Rasanya yang super pedas siap untuk menggoyang lidah siapapun. Sambal milik Bu Rudy ini terdiri atas 3 varian rasa yaitu bajak, bawang dan hijau.

Untuk mendapatkannya, silahkan langsung menuju tokonya dengan alamat jalan Dharmahusada No.140 atau Anjasmoro No.50, Surabaya. Soal harga, biasanya dijual kisaran Rp.25.000/botolnya.

5. Kue Mente

Foto By tokopedia.com

Untuk Sahabat JejakPiknik penggemar kacang mente tentunya harus mencoba kue khas kota Surabaya yang enak dan lembut satu  ini.

Kue yang dibungkus dalam kotak berlogo ikan hiu dan buaya ini meski tampilan bawahnya terlihat gosong tapi rasanya tidak ada pahit-pahitnya.

Salah satu produsen kue mente terbaik adalah dengan merk “Wisata Rasa”, ciri khasnya kemasannya berwarna hijau atau merah dan biasanya diberi gambar hiu serta buaya.

Toko ini terletak di jalan Genteng Besar No.83A dan Mayjen Sungkono No.135, Surabaya. Untuk per toplesnya biasanya dijual hanya seharga Rp.30.000 sampai Rp.60.000 saja.

6. Kue Lapis Surabaya

Foto By bukalapak.com

Kue yang diambil dari bahasa Belanda dan diberi nama Spekkoek ini memiliki tekstur begitu lembut dan rasanya tak kalah enak dibanding patata milik seorang artis ternama.

Salah satu merk paling banyak diburu adalah Spiku Livana dan harganya dijual hanya sekitar 50 sampai 65 ribuan saja. Letak tokonya ada di jln.Mulyasari, Mulyorejo, kota SBY, Jawa Timur 60115.

Toko kue ternama ini juga siap melayani layanan pesan antar baik ke hotel, Bandara Juanda, Stasiun Pasar Turi ataupun ke luar kota.

7. Sambel Cuk

Foto By gotravelly.com

Sambel Cuk khas Surabaya yang memiliki tagline “Sambal Anak Negeri, Kebanggan Jawa Timur Untuk Indonesia” ini hadir dengan menawarkan belasan varian rasa.

Rasanya yang unik dan cocok dipadukan dengan berbagai makanan membuatnya sangat pas untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke Jln.Ngagel No.127A, Ngagel di wilayah Wonokromo, kota Surabaya dan harganya biasanya dibanderol kisaran Rp.22.000 sampai Rp.27.000, tergantung varian rasanya.

8. Snow Cake

Foto By style.tribunnews.com

Mengawali bisnis kue kekinian di kota Surabaya, artis cantik bernama Zaskia Sungkar pun turut menghadirkan makanan bernama snow cake.

Snow cake tersebut memiliki 3 lapisan roti yang sangat empuk juga lembut dan terdiri dari berbagai varian rasa seperti keju, oreo, coklat serta lainnya.

Jika ingin membelinya, silahkan langsung ke tokonya di jalan Raya Jemursari No.91, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur. Dan harganya umumnya mulai dari 69 ribu saja.

9. Kaos Cak Cuk

Foto By hersyafrontoneinnsurabaya.com

Layaknya Joger di Bali dan Dagadu di Jogja, Surabaya juga memiliki oleh-oleh khas berupa baju dengan  gambar serta tulisan unik, namanya yaitu kaos cak cuk.

Cinderamata berupa barang ini merupakan salah satu souvenir yang cukup menarik untuk dijadikan buah tangan buat orang-orang terdekat.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, karena gerainya sudah tersebar di Surabaya, salah satunya di jalan Dharmawangsa No.35 dan biasanya hanya dihargai sekitar Rp.100.000/pieces.

10. Bandeng Asap

Foto By indonesiakaya.com

Buah tangan selanjutnya yang juga cukup rekomendasi untuk dibawa pulang dari Surabaya namanya yaitu bandeng asap, yakni salah satu jenis oleh-oleh khas asli dari daerah Sidoarjo.

Ikan bandeng yang diolah dengan cara diasapin ini banyak dijajakan di pinggiran jalan kota Surabaya dan biasanya dibanderol mulai dari Rp.35.000/kotaknya.

11. Rambak Sapi

Foto By stalkram.net

Untuk makanan berwujud kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ini bisa dibilang salah satu oleh-oleh paling praktis buat dibawa pulang sebagai buah tangan.

Kerupuk rambak sapi juga mudah ditemui di sejumlah toko oleh-oleh. Kita hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp.49.000-Rp.52.000 saja untuk membeli satu bungkusnya.

12. Sirup Mangrove

Foto By kompaswisata.com

Surabaya memiliki kawasan hutan bakau yang terletak di Rungkut dan kelompok petani di sana memanfaatkan tumbuhan mangrove ini menjadi bahan utama untuk pembuatan sirup.

Sirup mangrove yang enak disajikan secara dingin-dingin ini memiliki rasa asam, manis dan juga menyegarkan. Cocok untuk dinikmati ketika cuaca sedang panas.

Tidak hanya itu, sirup ini juga mengandung vitamin A, C, Yodium dan antioksidan sehingga  sangat bagus untuk dikonsumsi.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke jalan Sonnetaria kota Surabaya dan harganya biasanya dibanderol hanya kisaran Rp.35.000/botol.

Nah, itulah dia 12 daftar oleh-oleh khas Surabaya paling rekomendasi. Sahabat JejakPiknik udah tau mau beli yang mana? Oke, cukup sekian, semoga bermanfaat dan selamat berburu buah tangan ya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.