Ke Tegal, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Ini Ya, Terutama Yang Nomor 7

Diposting pada

Tegal adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang mempunyai puluhan destinasi wisata tak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia.

Sebut saja seperti Rita Park, taman bermain di Tegal ini digadang-gadang sebagai dufan-nya provinsi Jawa Tengah loh.

Selain terkenal akan segudang  pariwisatanya, Tegal juga tak mau kalah dalam menyajikan aneka buah tangan yang menonjolkan ciri khas dari daerah tersebut.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik sedang mampir ke kota tersebut dan bingung ingin membawa buah tangan apa untuk orang-orang di rumah.

Jangan khawatir, beli saja salah satu dari 12 daftar oleh-oleh khas Tegal rekomendasi dari JejakPiknik.com dibawah ini.

1. Kacang Bogares

Foto By m.ayotegal.com

Oleh-oleh khas Tegal pertama yang terkenal dan sering menjadi buruan wisatawan namanya adalah kacang bogares.

Jajanan tradisional yang terbuat dari kacang ini memiliki perpaduan rasa antara renyah, asin, gurih dan juga manis. Akan sangat cocok bila disajikan sebagai cemilan ataupun hidangan untuk para tamu.

Di Tegal sendiri untuk menemukan makanan ringan satu ini bukanlah satu hal sulit karena sudah tersedia dimana saja baik di pusat oleh-oleh, pasar tradisional ataupun toko online.

Mengenai harga, kacang bogares sendiri dijual dengan harga sangat terjangkau hanya kisaran Rp.38.000/kg. Nah, masih tergolong murah kan?

2. Pilus

Foto By instazu.com

Selain kacang bogares yang super renyah, pilus bercitarasa gurih khas kota Tegal satu ini pun termasuk jajanan pasar paling oke untuk dijadikan sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Pilus ini sangat aman untuk dikonsumsi karena digoreng dengan minyak sayur, tanpa bahan pengawet dan tidak menggunakan MSG.  Selain itu makanan tersebut juga bisa tahan selama 1 bulan.

Pilus yang juga cukup populer di kota Brebes ini paling lezat jika dijadikan teman makan nasi goreng, bakso, mie ayam atau hanya dicemil begitu saja juga bisa.

Untuk mendapatkannya cukup gampang karena mudah ditemui di setiap pusat oleh-oleh dan harganya cuman kisaran Rp.30.000 saja per kilonya.

3. Manisan Cerme

Foto By manisancermekhastegal.id.tc

Manisan buah cerme memang selalu identik dengan kota Tegal. Tak heran jika penganan ini pun kerap dibeli untuk dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.

Manisan cerme yang berasal dari desa Guci ini citarasanya benar-benar unik dan terdiri atas beberapa varian rasa ada manis, pedas serta original, tinggal pilih aja sesuai selera.

Penganan tersebut paling mudah ditemui di daerah Guci dan soal harganya sangatlah murah hanya dibanderol kisaran Rp.6.000 saja.

4. Kue Kamir

Foto By youtube.com

Oleh-oleh khas Tegal berikutnya yang rasanya tak kalah enak dan sangat cocok dijadikan  buah tangan namanya yaitu kue kamir.

Kue tersebut bahan dasarnya terbuat dari olahan tape singkong, tepung terigu, gula pasir dan sedikit susu. Tak hanya enak, makanan ringan ini juga bisa tahan sampai 2 hari.

Kue kamir sendiri sangat mudah didapatkan sepanjang pinggir jalan Tegal dan dibanderol hanya dengan seharga Rp.1.000/bijinya.

5. Kerupuk Antor

Foto By pricearea.com

Indonesia memang terkenal memiliki banyak sekali aneka jenis cemilan ringan berwujud kerupuk, salah satu yang cukup populer adalah dari Tegal namanya dikenal dengan Antor.

Bila dilihat sekilas dari gambar, cemilan ringan satu ini bentuknya mirip dengan kerupuk upil hanya saja ukurannya lebih kecil dan citarasanya pun cukup kuat.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang ingin membelinya sebagai buah tangan, silahkan saja datang ke pasar tradisional di kota Tegal.

Mengenai harganya, makanan ringan yang biasa disebut dengan kerupuk pasir atau badeg ini pada umumnya dijual sangat terjangkau hanya sekitar Rp.15.000 saja satu balnya.

6. Latopia

Foto By kue-latopia-mandra-guna.business.site

Bakpia merupakan salah satu makanan ringan yang cukup populer di pulau Jawa. Tak hanya Jogja serta Solo, di Tegal cemilan tersebut juga banyak ditemukan dan lebih dikenal dengan nama latopia.

Latopia khas Tegal ini beda dengan bakpia di Jogja dimana ukurannya lebih besar, kulitnya pun sangat renyah, kemudian teksturnya begitu padat.

Makanan ini bisa dengan mudah didapatkan karena tersedia hampir di seluruh pusat oleh-oleh ataupun di kawasan pasar tradisional.

Harga latopia sendiri bisa dibilang sangat murah, untuk satu bungkusnya hanya dibanderol sekitar Rp.13.000 saja dengan isi 10 biji. Selain itu varian rasanya juga bermacam-macam ada kacang hijau, coklat ataupun aneka buah-buahan.

7. Tahu Aci

Foto By liputan6.com

Jika berbicara mengenai oleh-oleh khas Tegal, tahu aci memang selalu menjadi salah satu yang tidak pernah dilewatkan dari pembahasan.

Dengan citarasanya yang begitu nikmat, tak heran jika tahu aci selalu menjadi buruan utama oleh para wisatawan dan bahkan kerap dijadikan buah tangan untuk orang-orang di rumah.

Selain bercitarasa sangat lezat, tahu aci yang identik dengan daerah Slawi ini harganya juga sangat terjangkau hanya sekitar Rp.1.000 saja per bijinya.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang ingin menjadikannya sebagai buah tangan bisa membelinya di Toko Tahu Murni Putra di Jln.Pangeran Diponegoro, lokasinya hanya berjarak sekitar 100 meter dari Alun-alun kota Tegal.

8. Poci

Foto By womantalk.com

Selain tahu aci, Poci juga sangat identik dengan kota Tegal. Benda unik untuk menyeduh teh ini termasuk salah satu souvenir paling oke untuk dibawa pulang.

Poci sendiri termasuk souvenir yang mudah ditemukan karena banyak dijajakan di toko oleh-oleh dan dibanderol dengan harga Rp.80.000/set, sudah termasuk cawan, cangkir serta teko.

Selain toko oleh-oleh, poci ini juga bisa ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan ataupun supermarket yang tersebar di Slawi dan Mesajem.

9. Kaos Galgil

Foto By vimanews.com

Jika Bali tenar akan Joger, Jogja dengan Dagadu, maka Tegal juga punya produk kaos khas bernama Galgil.

Kaos Galgil tersebut hadir dengan desain menampilkan tulisan berbahasa Tegal serta plesetan khas dari daerah setempat. Sahabat JejakPiknik juga bisa menggunakan motif pilihan sendiri.

Baju oblong ini juga dibanderol dengan sangat terjangkau mulai dari Rp.60.000-Rp.65.000 saja dan bisa ditemukan di jln.Lemah Duwur No.29, Adiwerna atau di Jln.KH.Ahmad Dahlan No.39, Mangkukusuman, Tegal.

10. Gemblong Ocar-Acir

Foto By gotravelly.com

Mendengar namanya mungkin masih sangat asing, tapi soal rasa jangan salah penganan gemblong ocar-acir tersebut citarasanya cukup menggiurkan.

Jajanan tradisional ini dibuat dari ketan yang kemudian diberi topping kelapa parut dan gula merah cair.

Gemblong ocar-acir sendiri mudah dijumpai di pasar tradisional dan dibanderol sekitar 5 ribu saja satu porsinya. Selain cocok dijadikan cemilan dalam perjalanan, juga mantap untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

11. Kerajinan Eceng Gondok

Foto By jejakpiknik.com

Sahabat JejakPiknik tau eceng gondok kan? Nah, di kabupaten Tegal, tumbuhan air tersebut dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan loh.

Produk kerajinan tangan tersebut bentuknya beraneka macam ada berupa tas,sepatu, dompet, sandal dan lain-lain. Souvenir ini sangat cocok bila dijadikan hadiah buat teman dekat atau orang di rumah.

Untuk menemukannya tidaklah sulit, karena mudah ditemukan di berbagai tempat di Tegal dan harganya pun cukup bervariasi, tergantung jenisnya.

12. Mug Tanah Liat

Foto By bukalapak.com

Selain teko poci, Tegal juga masih punya satu lagi souvenir khas yang cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan buat orang-orang terkasih namanya yaitu mug tanah liat.

Dinamakan demikian, ya karena bahan pembuatan souvenir satu ini memang terbuat dari tanah liat yang kemudian diukir sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah mug.

Mug tersebut bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko souvenir dan harganya pun sangat ramah dikantong. Bagaimana, tertarik?

Jadi buat Sahabat JejakPiknik yang sedang traveling atau sekedar transit di Tegal, jangan lupa untuk beli salah satu oleh-oleh khas diatas ya!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.