Bertandang Ke Temanggung, Jangan Lupa Borong 10 Oleh-Oleh Ini Ya

Diposting pada

Saat berlibur atau sedang berwisata ke suatu daerah manapun itu, tentu kita ingin membawa kesan yang menarik dari tempat tersebut.

Kesan ataupun kenangan tersebut biasanya berupa dokumentasi, cendramata atau membawa pulang makanan yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Berbicara tentang kenang-kenangan,  kota Temanggung di provinsi Jawa Tengah ini ternyata mempunyai banyak sekali aneka jenis oleh-oleh yang bagus buat dibawa pulang sebagai buah tangan.

Aneka buah tangan khas Temanggung ini jenisnya bermacam-macam ada berupa makanan, minuman ataupun souvenir-souvenir unik.

Lalu, apa saja sih jenis oleh-oleh khas Temanggung yang paling oke untuk dibawa pulang ? Yuk, kita simak ulasan lengkap dibawah ini.

1. Ndas Borok

Foto By masakandapurku.com

Mendengar nama makanan khas Temanggung satu ini memang terdengar cukup unik. Ndas yang artinya adalah kepala sementara borok sendiri merupakan luka lecet, jadi jika dipadukan mungkin terdengar sedikit menyeramkan.

Meski terdengar menakutkan namun citarasa sebenarnya tidaklah semenyeramkan namanya. Ya, dikarenakan bahannya terbuat dari singkong, kelapa parut serta cairan gula merah.

Selain mengenyangkan, ndas borok juga menjadi oleh-oleh yang paling mantap untuk dibawa pulang dari kota Temanggung.

Kuliner tersebut sangat mudah ditemui di pasar Entho di kawasan Pecinan, jalan Maryadi, kecamatan Parakan, kab.Temanggung. Jajanan ini termasuk ramah dikantong, cukup siapkan Rp.20.000 saja untuk membelinya.

2. Balung Kuwuk

Foto By makananoleholeh.com

Selain ndas borok, Temanggung masih punya banyak lagi jenis makanan yang namanya unik, salah satu contohnya balung kuwuk ini.

Balung kuwuk adalah salah satu makanan ringan berwujud keripik yang bahannya terbuat dari irisan tipis singkong atau ketela pohon dan diolah dengan cara digoreng.

Namun sebelum digoreng, irisan singkong ini terlebih dahulu dijemur sampai kering lalu diberi bumbu khusus agar citarasanya tak hanya renyah namun juga gurih luar biasa.

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik yang ingin berburu balung kuwuk, home industry pak Nur di Jln.Wonolobo, Tepusan, Kaloran, Temanggung adalah tempat paling rekomendasi.

Mengenai harga,cukup menyediakan budget Rp.10.000-Rp.20.000 saja kita sudah bisa bawa pulang satu bungkus balung kuwuk yang enak ini.

3. Mendut

Foto By suara.com

Makanan khas Temanggung bernama mendut ini, memang terdengar seperti nama sebuah candi yang ada di kabupaten Magelang.

Namun yang akan dibahas kali ini bukanlah tentang candi, melainkan mengenai makanan khas Temanggung berwujud kue manis.

Mendut adalah sejenis kue tradisional berbahan dasar beras ketan yang didalamnya diberi gula merah dan memiliki tekstur sangat kenyal.

Selain di pusat atau toko oleh-oleh, mendut juga sangat mudah ditemui di pasar Entho. Untuk harga, jajanan ini terbilang sangat murah hanya berkisar Rp.20.000-Rp.50.000 saja.

4. Tiwul

Foto By gotravelly.com

Tiwul adalah salah satu makanan tradisional masyarakat Indonesia yang masih eksis sampai sekarang. Penganan ini bahannya terbuat dari singkong atau tepung gaplek.

Teksturnya yang cukup kenyal serta sedikit gurih berkat parutan kelapanya membuat tiwul menjadi salah satu jenis oleh-oleh paling pas buat dibawa pulang.

Tiwul ini biasanya dijajakan dengan cara berkeliling dan harganya dibanderol hanya kisaran Rp.2.000 sampai Rp.3.000 saja.

5. Bajingan

Foto By kilasdaerah.kompas.com

Makanan khas Temanggung lainnya yang namanya juga cukup menyeramkan selain dari ndas borok dan balung kuwuk adalah bajingan.

Bajingan ini adalah sejenis makanan tradisional berbahan dasar singkong yang dipotong kecil lalu direbus dan kemudian diberi cairan gula merah, agar rasanya serta tampilannya menarik.

Bajingan sendiri paling mudah ditemui di pasar Entho. Tak hanya enak, buah tangan satu ini harganya juga begitu murah meriah hanya berkisar Rp.5.000 saja.

6. Ketan Gudig

Foto By gotravelly.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka dengan kudapan manis-manis, jangan lupa bawa pulang ketan gudig khas Temanggung ya.

Ketan gudig adalah salah satu jajanan tradisional bermotif polkadot karena dicampur dengan kacang gelandang.

Awalnya ketan gudig ini hanya disajikan saat acara hajatan atau pesta saja, namun sekarang  sudah menjadi oleh-oleh paling sering dibawa pulang saat berkunjung dari Temanggung.

Untuk mendapatkannya, Vivian Snack di jln.Dr.Cipto No.25, Banyuurip, Temanggung ialah tempat paling hits. Soal rasa tak perlu dipertanyakan lagi dan harganya pun sangatlah murah.

7. Entho  Chotot

Foto By enthocotot.blogspot.com

Meskipun namanya terdengar sedikit aneh, tapi makanan unik satu ini citarasanya luar biasa nikmat loh, Sahabat JejakPiknik mesti mencobanya.

Entho chotot adalah sejenis makanan ringan berbahan dasar singkong yang diolah dengan cara digoreng lalu diberi cairan gula pasir di bagian dalamnya.

Jajanan tradisional ini paling mudah ditemui di kawasan pasar Entho dengan harga hanya berkisar Rp.5.000-Rp.7.000 saja. Meskipun murah, namun rasanya tidak murahan loh.

8. Letho

Foto By jejakpiknik.com

Selain entho chotot, bajingan, ndas borok, balung kluwuk, tiwul dan bajingan, masih ada satu lagi makanan khas Temanggung yang bahannya terbuat dari singkong, namanya yaitu lethok.

Sekilas, lethok ini memang terlihat seperti kroket atau perkedel namun dengan bahan serta resep yang tidak sama.

Letho sendiri sangat mudah ditemui di pasar-pasar tradisional yang ada di Temanggung. Soal harga terbilang sangat murah dan cukup ramah dikantong.

9. Jaddah

Foto By gotravelly.com

Adapun oleh-oleh lainnya yang cocok untuk Sahabat JejakPiknik bawa pulang dari daerah Temanggung adalah jaddah.

Jaddah itu sejenis jajanan tradisional berbahan dasar beras ketan yang diolah dengan cara digoreng dan memiliki tekstur sangat kenyal.

Untuk mendapatkannya, RM.Temanggung Bersenyum dekat Alun-alun adalah tempat paling pas disambangi. Selain banyak variannya, harga jaddah disini juga tergolong murah hanya Rp.17.000 saja.

10. Gesing

Foto By cookpad.com

Buah tangan khas Temanggung terakhir yang juga cocok untuk dibagikan ke tetangga adalah gesing atau kue carang.

Gesing adalah salah satu jenis kue lezat berbahan dasar pisang yang mana diolah dengan cara dikukus dan diberi aneka bahan tambahan lainnya.

Meski sudah tergeser akan kehadiran sederet jajanan kekinian namun gesing masih mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional dan harganya pun masih sangat terjangkau.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.