10 Oleh-Oleh Khas Tuban Yang Paling Oke Buat Dibawa Pulang

Diposting pada

Tuban merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang selama ini dikenal sebagai kota Wali, hingga tak heran jika wilayah tersebut kerap dijadikan destinasi wisata religi oleh kalangan wisatawan.

Namun selain dikenal sebagai destinasi wisata religi, Tuban juga mempunyai banyak sekali pantai cantik yang bagus buat dijelajahi oleh Sahabat JejakPiknik.

Berbicara soal Tuban, tak lengkap rasanya jika kita berkunjung namun tidak membawa pulang oleh-oleh dari daerah tersebut.

Nah, penasaran apa saja buah tangan yang cocok buat dibawa pulang saat berkunjung ke Tuban? Ini dia sederet daftarnya!

1. Cumi Crispy

Foto By bukalapak.com

Memiliki letak yang cukup geografis dekat dengan pesisir membuat Tuban memiliki banyak sekali kuliner enak berbahan dasar hasil laut, salah satu contohnya cumi crispy.

Belakangan ini cumi crispy khas Tuban ini sangat banyak diburu oleh wisatawan, tak hanya kerap dijadikan lauk nasi atau sekedar kudapan namun juga sering dibawa pulang sebagai buah tangan.

Rasanya yang sangat nikmat dan cukup renyah membuat cumi crispy ini laris manis dan jadi buruan para wisatawan dari luar kota.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh maupun toko online. Mengenai harga, cukup bervariasi biasanya dibanderol mulai 35 ribuan sebungkusnya.

2. Kecap Laron

Foto By tokopedia.com

Meski memiliki nama demikian namun bukan berarti jika kecap khas Tuban ini bahannya terbuat dari hewan laron ya. Ini hanyalah merupakan sebuah merk.

BacaJuga:  10 Cafe di Jombang Ini Kekinian dan Nge-Hits Bagi Kalangan Milenials

Meski bahan pelengkap makanan ini mudah ditemui namun kecap laron khas Tuban satu ini memiliki citarasa berbeda dari biasanya, dimana teksturnya lebih kental dan kualitasnya sangat terjamin.

Buat yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh tak perlu bingung mencari dimana tempat paling tepat buat menemukannya, silahkan saja datang ke pasar tradisional ataupun kawasan wisata. Soal harga hanya berkisar Rp.10.000-Rp.30.000/bungkus, tergantung ukuran.

3. Keripik Gayam

Foto By travelingyuk.com

Gayam adalah salah satu jenis tumbuhan khas daerah Tuban yang diolah menjadi makanan ringan berupa keripik.

Untuk proses pembuatan keripik gayam sendiri dibutuhkan waktu cukup lama, dengan tujuan agar citarasanya sangat unik, lezat dan gurih.

Selain enak dijadikan sebagai cemilan di tengah perjalanan, keripik gayam ini juga cocok buat dibawa pulang buat oleh-oleh untuk orang tersayang.

Dan keripik gayam sendiri mudah ditemui di toko ataupun pusat oleh-oleh yang ada di sekitar kota Tuban. Mengenai harga, biasanya dijual hanya berkisar 18-85 ribuan saja, tergantung beratnya.

4. Buah Siwalan

Foto By pasberita.com

Siwalan atau dikenal juga dengan lontar adalah salah satu buah yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh saat tengah berkunjung ke daerah Tuban.

Buah siwalan bentuknya mirip kolang-kaling. Bisa disantap begitu saja ataupun dikombinasikan bersama bahan makanan lainnya baik itu campuran pudding, kue, dessert hingga minuman segar.

Untuk mendapatkannya bukanlah hal sulit karena banyak kios buah yang menjualnya dan harganya pun cukup terjangkau hanya berkisar 5 hingga 8 ribuan sebungkus, dengan isi 5-6 biji.

5. Legen

Foto By cpertanian.blogspot.com

Selain buahnya, air siwalan juga ternyata bisa dijadikan sebagai oleh-oleh buat Sahabat JejakPiknik yang tinggalnya tidak jauh dari kota Tuban.

Rasanya yang enak dan menyegarkan menjadikannya sangat cocok disantap di saat cuaca panas. Tak jarang legen ini pun kerap dijadikan ciu(arak jawa) dengan proses fermentasi terlebih dahulu.

BacaJuga:  Ranu Pane, Desa Wisata Asal Suku Tengger

Seperti buahnya, legen tersebut juga mudah ditemui di sepanjang jalan kota Tuban dan tak perlu khawatir soal harga, hanya dengan budget Rp.3.000-Rp.3.500 saja kita sudah bisa menikmati legen yang menyegarkan ini.

6. Ampo

Foto By travel.tribunnews.com

Kudapan unik asli dari kota Tuban ini mungkin tidak akan Sahabat JejakPiknik temukan di daerah manapun di Indonesia.

Kenapa? Ya, karena ampo adalah salah satu jenis makanan ringan khas kota Tuban yang bahannya terbuat dari tanah liat.

Rasanya bagaimana ya kira-kira? Menurut masyarakat Tuban, ampo ini adalah sejenis cemilan ringan yang memiliki citarasa seperti stik coklat.

Bagaimana, tertarik ingin mencobanya? Nah, agar tidak penasaran, Sahabat JejakPiknik bisa membeli ampo di pasar-pasar tradisional. Untuk harga cukup murah hanya berkisar Rp.5.000/kg.

7. Gemblong

Foto By Bisikan.com

Oleh-oleh selanjutnya yang juga bisa dibawa pulang dari Tuban adalah gemblong, yakni salah satu jenis makanan ringan berwujud kue tradisional.

Kue yang termasuk ke jajanan pasar ini bahannya terbuat dari tepung ketan putih serta larutan gula merah sebagai pelapisnya.

Di daerah Jatim sendiri, gemblong lebih dikenal dengan nama getas. Meski memiliki citarasa dan bentuk sama namun kedua makanan ini sebenarnya terbuat dari bahan berbeda.

Gemblong sendiri mudah ditemui di pasar-pasar tradisional ataupun di sekitar desa Compreng, Kec. Widang, Tuban. Soal harga tak perlu khawatir masih sangat terjangkau.

8. Terasi Udang

Foto By penulispro.net

Buah tangan lainnya yang juga sangat terkenal dan banyak diburu wisatawan dari kota Tuban ialah terasi udang. Nah, mendengar namanya, Sahabat JejakPiknik tahu kan apa bahan utamanya?

Tak hanya mudah didapatkan di toko oleh-oleh atau pasar tradisional, harga terasi udang ini juga cukup murah hanya mulai Rp.5.000-Rp.25.000, tergantung kualitasnya.

BacaJuga:  Mitos Awet Muda Jadi Daya Tarik Goa Tetes

9. Kerupuk Ikan

Foto By bukalapak.com

Berhubung Tuban merupakan daerah pesisir jadi sangat wajar jika banyak penganan khas dari kota ini yang bahan dasarnya terbuat dari hasil laut, contohnya saja seperti kerupuk ikan ini.

Kerupuk ini memiliki citarasa sangat enak dan nikmat, hal tersebut dikarenakan bahan utamanya menggunakan ikan tenggiri berkualitas.

Tidak hanya cocok dijadikan sebagai lauk nasi atau cemilan saat santai, kerupuk ini juga sangat pas buat dibawa pulang sebagai buah tangan.

Sama seperti terasi udang, tidak sulit menemukan tempat menjual kerupuk ikan ini karena mudah ditemui baik di pasar tradisional ataupun toko oleh-oleh dan soal harga cukup bervariasi mulai Rp.9.000/bungkusnya.

10. Ikan Asin

Foto By bahasikan.com

Nah, oleh-oleh terakhir yang juga bisa dijadikan sebagai pilihan adalah ikan asin. Meski mudah untuk ditemui di daerah lain tapi tak ada salahnya kan mencoba penganan khas Tuban satu ini.

Tak perlu khawatir soal penggunaan zat kimia karena pengolahan ikan asin tersebut dibuat secara tradisional dan tanpa bahan pengawet.

Ikan asin ini juga sangat mudah ditemui terutama di kawasan pasar besar kota Tuban dan harganya pun cukup bervariasi, tergantung jenis ikannya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.