Wisata Ke Wonogiri, Ini Dia 10 Oleh-Oleh Yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Diposting pada

Wonogiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Selain terkenal akan sederet spot wisatanya, daerah tersebut juga cukup populer sebagai tempat untuk berburu aneka kuliner, jajanan dan minuman yang enak-enak.

Sederet aneka kuliner khas Wonogiri tersebut bahkan kerap dibawa pulang oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan buat orang-orang tersayang.

Tapi sebelumnya dilanjut, Sahabat JejakPiknik sudah pada tau belum apa saja oleh-oleh khas Wonogiri yang paling rekomendasi untuk dibawa sebagai bingkisan? Nah, ini dia bocoran info lengkapnya.

1. Tiwul

Foto By jateng.tribunnews.com

Tiwul, mendengar nama oleh-oleh  pertama ini pastinya sudah bukan menjadi hal asing lagi ya. Bahkan mungkin Sahabat JejakPiknik sudah sering mencicipinya.

Seperti kita ketahui, tiwul adalah salah satu makanan tradisional masyarakat Indonesia yang bisa dengan mudah dijumpai di berbagai daerah.

Tiwul ini bahan dasarnya terbuat dari singkong yang sudah dikeringkan lalu ditumbuk halus dan kemudian dioalah dengan cara dikukus sebelum disajikan.

Untuk melengkapi citarasanya agar semakin lezat dan gurih, tiwul biasanya diberi gula merah serta taburan parutan kelapa.

Untuk mendapatkannya sebagai oleh-oleh, Pondok Degan dekat RS.Maguan Husada adalah spot paling pas buat dikunjungi. Disini, harga tiwul hanya dibanderol mulai dari 8-20 ribuan saja. Sangat terjangkau kan?

2. Sambal Cabuk

Foto By bukalapak.com

Makanan khas Wonogiri selanjutnya yang juga patut buat dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang namanya adalah sambal cabuk.

Cabuk adalah makanan tradisional khas Wonogiri berbahan dasar biji wijen dan merang padi yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu diolah dengan cara dibakar.

BacaJuga:  Benteng Karang Bolong Cilacap, Sang Penyimpan Jejak Napoleon

Meski warnanya cenderung hitam, tapi sambal ini memiliki rasa khas begitu menggoda. Sahabat JejakPiknik wajib membawanya sebagai oleh-oleh.

Selain pasar tradisional dan pusat oleh-oleh, sambal cabuk juga biasanya dijual di berbagai toko online seperti Bukalapak atau Tokopedia dan harganya umumnya dibanderol kisaran Rp.20.000/kemasan, dengan isi 5 bungkus.

3. Wader Goreng

Foto By inibaru.id

Nah, buah tangan berikutnya yang rasanya juga tak kalah enak dan cocok untuk menemani sambal cabuk adalah wader goreng. Sahabat JejakPiknik sudah pernah belum mencobanya?

Sesuai namanya, makanan tersebut bahan dasarnya memang terbuat dari ikan wader yang diolah dengan cara digoreng.

Wader itu adalah sejenis ikan air tawar yang banyak ditemui di daerah wisata Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri.

Selain enak disajikan bersama sepiring nasi hangat, wader goreng juga cocok buat dijadikan sebagai cemilan di waktu santai bersama keluarga.

Memburu wader goreng biasanya paling mudah di kawasan Waduk Gajah Mungkur. Soal harga, tak perlu khawatir, karena cemilan ini dibanderol hanya Rp.40.000-Rp.60.000/kg.

4. Lentho

Foto By kulinersoloraya.com

Aneka jajanan pasar khas Wonogiri berikutnya yang juga cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah yaitu lentho.

Lentho adalah makanan ringan yang bahan dasarnya terbuat dari singkong dan kacang tolo. Meskipun tampilannya tampak sederhana tapi citarasa jajanan tradisional ini begitu lezat loh.

Tak hanya enak, harga jajanan ini juga sangat merakyat dan mudah dijumpai saat pagi hari di pasar tradisional kota Wonogiri.

5. Geti

Foto By inibaru.id

Oleh-oleh berikutnya yang cukup populer dan paling sering dibawa pulang para wisatawan dari kota Wonogiri namanya yaitu geti.

Geti adalah makanan ringan berbahan dasar campuran biji wijen, jahe dan gula jawa. Meski merupakan jajanan khas Tulungagung tapi cemilan ini juga banyak dijumpai di Wonogiri.

BacaJuga:  7 Hal Penting Sebelum Berlibur ke Kopeng Treetop Advanture Park

Perpaduan antara gurihnya wijen dan manisnya gula merah membuat kudapan manis ini banyak dicari untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Wonogiri.

Geti sendiri banyak dijual di pusat oleh-oleh maupun toko-toko online. Dan untuk sebungkus biasanya dibanderol dengan harga sangat terjangkau hanya kisaran Rp.5.000-Rp.7.000 aja.

6. Emping

Foto By makananoleholeh.com

Emping, mendengar nama cemilan renyah tersebut siapa sih tak kenal? Bahkan tidak bisa lagi  dipungkiri jika makanan tersebut merupakan salah satu kudapan favorit semua kalangan.

Emping adalah cemilan favorit masyarakat senusantara berbahan dasar buah melinjo yang ditelah disangrai terlebih dahulu kemudian dipipihkan agar tampak seperti kerupuk.

Setelah dipipihkan kemudian  dijemur dibawa terik matahari sampai kering lalu siap digoreng atau ditambahkan dengan bumbu apa saja sesuai dengan selera.

Emping melinjo mentah biasanya paling mudah ditemui di pasar tradisional sementara untuk yang sudah digoreng kebanyakan dijual di pusat oleh-oleh. Soal harga meskipun bervariasi tapi relatif terjangkau kok.

7. Kacang Mede

Foto By bukalapak.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang suka ngemil, mungkin membawa pulang kacang mede dari Wonogirit sebagai buah tangan bisa menjadi ide paling tepat.

Cemilan ringan berbahan dasar biji jambu mede ini rasanya  gurih juga renyah, hal tersebut dikarenakan kacangnya sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Meskipun nilai jualnya cukup tinggi di pasaran, tapi kacang mede menjadi salah satu buah tangan paling banyak digemari wisatawan saat berkunjung ke Wonogiri.

Untuk mendapatkan kacang mede sebagai buah tangan tidaklah sulit karena cemilan tersebut banyak dijual di toko oleh-oleh yang tersebar di kota Wonogiri.

8. Kaos Singsot

Foto By zhelaeradress.blogspot.com

Berbicara tentang aneka buah tangan, Wonogiri juga tak mau kalah dari Bali atau Jogja, kota ini juga menawarkan souvenir unik berupa kaos oblong.

BacaJuga:  10 List Travel Tegal Ke Jogja Dengan Harga Mulai Rp.110.000

Kaos oblong yang diberi dengan nama Singsot ini cukup nyaman untuk dipakai karena dibuat dari bahan berkualitas dan desainnya pun begitu fashionable.

Kaos Singsot ini biasanya banyak dijajakan di pusat sentra oleh-oleh dan harganya dibanderol hanya kisaran Rp.60.000/pieces.

9. Brem

Foto By bukalapak.com

Tak hanya di daerah Madiun saja, brem juga banyak ditemui di kota Wonogiri. Bahkan kerap dibeli wisatawan untuk dijadikan sebagai alternatif buah tangan.

Brem adalah sejenis makanan ringan berbahan dasar fermentasi sari ketan yang dimasak dan kemudian dikeringkan sebelum dikemas sebagai buah tangan.

Brem juga banyak dijual di pusat oleh-oleh dan harganya dijual dengan terjangkau. Sangat cocok bila dijadikan buah tangan buat saudara ataupun tetangga.

10. Souvenir khas Wonogiri

Foto By rideralit.wordpress.com

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang kebingungan mencari cinderamata murah dengan jumlah banyak, maka souvenir khas Wonogiri adalah solusinya.

Souvenir ini bentuknya bermacam-macam ada berupa  gantungan kunci, kerajinan ukir kayu hingga berupa akar wangi.

Untuk mendapatkannya biasanya wisatawan menyambangi Waduk Gajah Mungkur. Tak hanya menyajikan panorama alam yang indah, disini kita juga dapat memborong segudang souvenir murah meriah.

Nah, itulah sederet informasi mengenai daftar buah tangan khas Wonogiri yang cocok untuk dibawa pulang. Bagaimana, Sahabat JejakPiknik sudah tentukan mau beli yang mana?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.