Alamat Supermall Pakuwon Indah SPI Mall Surabaya City East Java Kota Sby Jawa Timur

Posted on
Alamat Supermall Pakuwon Indah SPI Mall Surabaya City East Java Kota Sby Jawa Timur
Rate this post
Pakuwon mall surabaya city alamat supermall indah baru east java kota sby jawa timur tenant group imax xxi jakarta skyscrapercity sogo premiere apartemen apple apartment bioskop buka jam cafe cinema cineplex jadwal event food society court facebook galaxy hotel h&m instagram job kodepos karaoke 60213 kuliner kecamatan logo lokasi map makanan movie money changer maps playground restoran restaurant resto shop ada apa aja terbesar indonesia trampoline travel fair telp twitter uniqlo website wikipedia lontar
Pakuwon Mall (foto: dilokasi.com)

Lokasi: Pakuwon Mall Ground Floor 49A, JL. Puncak Indah Lontar 2, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60216
Map: KlikDisini
Buka/Tutup: 10.00 – 22.00 WIB
Telepon: 031 – 7393888

Tidak dapat dipungkiri bahwa munculnya e-commerce dan sejumlah bisnis online cukup berdampak pada sejumlah pusat perbelanjaan, karena sebagian masyarakat ada yang lebih suka berbelanja di depan komputer, laptop atau gadget dibanding harus berkunjung ke pusat-pusat perbelanjaan. Dampak tersebut akan sangat terasa di sejumlah kota yang daya beli masyarakatnya masih rendah dan menjadi tidak begitu terasa jika pusat perbelanjaan berada di daerah yang daya beli masyarakatnya cukup tinggi seperti Surabaya.

Tingginya daya beli masyarakat Surabaya dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya dapat dilihat dari agresifnya pertumbuhan sub sektor pusat belanja dengan semakin banyaknya para peritel yang melakukan ekspansi ke Surabaya. Alhasil, meski selama ini Surabaya telah memiliki cukup banyak pusat perbelanjaan, namun mall-mall baru terus bermunculan, dan yang lama melakukan pengembangan serta perluasan, salah satu diantaranya adalah Pakuwon Mall (PM) yang merupakan penjelmaan dari Supermall Pakuwon Indah (SPI).

Pengembangan dan perluasan dari pusat perbelanjaan ini tidak tanggung-tanggung, dari awalnya hanya seluas 30.000 meter2 meningkat menjadi 180.000 meter2, sehingga menjadikannya shopping center terluas dan termegah se-Indonesia. Tidak hanya itu, desain eksterior maupun interior dari shopping center ini dibuat sedemikian mewah dengan menggandeng DP Architect, sebuah perusahaan developer dari Singapura, sehingga tampilannyapun sangat menawan dan membuat betah pengunjung yang berada di dalamnya.

Pakuwon Mall tampak dari samping (foto: wikipedia)

Hasilnya, jumlah pengunjung yang datang ke pusat perbelanjaan ini meningkat pesat dengan jumlah traffick mobil antara 12.000 – 15.000 mobil pada hari-hari biasa dan sekitar 20.000 mobil pada hari Sabtu dan Minggu. Begitu juga dengan omzet dari tenant yang ada, semuanya mengalami peningkatan, seperti untuk tenant makanan yang paling sepi misalnya, pada hari Sabtu dan Minggu dalam sehari bisa mengantongi pendapatan tidak kurang dari Rp.36 juta. Bahkan, untuk tenant fashion, Zara pernah mencatat prestasi dengan rekor transaksi terbesar se-Asia Tenggara.

Dengan melihat besarnya perputaran uang di PM, kehadiran e-commerece dan sejumlah bisnis online seolah tidak berdampak di Surabaya, setidaknya tidak memberikan dampak yang berarti bagi Pusat Perbelanjaan yang satu ini. Karena itulah Pihak Pakuwon Group berencana untuk melakukan hal yang sama terhadap Tunjungan Plaza, sehingga nantinya akan ada dua Pusat Perbelanjaan terbesar se-Indonesia. Sebelum mengetahui, seperti apa wujud dari Tunjungan Plaza di masa yang akan datang, ada baiknya untuk menikmati terlebih dahulu wisata belanja di Pakuwon Mall.

Sekilas Tentang Pakuwon Mall

Berdasarkan sejumlah informasi yang dirujuk dari website resmi PM di https://pakuwonmall.com, wikipedia, lontar dan berbagai sumber yang lain, Pakuwon Mall awalnya bernama Supermall Pakuwon Indah yang beroperasi sejak tahun 2013 di atas lahan seluas 30 hektar. Dengan mempertimbangkan pesatnya laju perekonomian dan daya beli masyarakat east java, khususnya yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, Pakuwon Group pun melakukan sejumlah pengembangan dan perluasan, sehingga sejak 22 Pebruari 2017, Pusat Perbelanjaan ini hadir dengan wajah baru sekaligus menggunakan identitas baru: Pakuwon Mall.

Pakuwon Mall Dalam Proses Pembangunan (foto: skyscrapercity.com)

Tidak hanya sekedar merubah wajah dan identitas saja, PM juga menjelma menjadi Pusat Perbelanjaan terbesar dan termegah se-Indonesia dengan nett leasable area (NLA) seluas 180.000 meter2.  Sebelumnya pusat perbelanjaan terbesar se-Indonesia dipegang oleh salah satu mall di Jakarta yang memiliki NLA 1555.000 meter2.

Hadir dengan konsep Mixed Used Concept, PM tidak hanya menjadi Pusat Perbelanjaan, tapi juga diisi dengan kondominium serta hotel. Disamping itu PM juga menawarkan one stop living concept berupa Supermall Mansion, Supermall Extension, Tanglin Apartment, Orchard Mansion, The Ritz Mansion dan Hotel Bintang 5.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Jumiang Madura, Harga Tiket Masuk, Rute Menuju Wisata, Lokasi Alamat + Jam Buka

Selain menjadi wadah bagi brand-brand ternama bahkan beberapa diantaranya dari manca seperti brand fashion H&M dari Swedia, PM juga memberikan ruang serta peluang bagi para pelaku UMKM lewat sektor Food and Beverage (F&B) yang tersebar di beberapa lantai dan dengan berbagai nama, seperti PasaRame, Food Society, serta area F&B yang lain.

Secara fisik, PM yang merupakan penjelmaan dari SPI ini terbagi atas 2 bangunan utama, yaitu Pakuwon Mall yang memiliki 6 lantai dan Pakuwon Trade Center yang terdiri atas 3 lantai.  Dikedua bangunan itulah banyak tenant, baik yang mengusung brand lokal, nasional maupun internasional menempati ruang-ruang yang ada, seperti SOGO Department Store yang menempati ruang seluas 13.000 meter2, Zara 3.000 meter2, H&M 2.000 meter2, dan juga lebih dari 300 tenant yang lain.

Grand Atrium Pakuwon Mall Lantai LG dengan luas 1.200 m2 (foto: wikipedia)

PM juga dilengkapi Supermall Ballroom yang memiliki luas 1.375 meter2 dengan daya tampung 1.500 orang serta Supermall Surabaya Convention Center (SSCC) yang merupakan convention center terbesar di Jawa Timur dengan area utama seluas 4.217,5 meter2 dengan daya tampung 5.000 orang. Selain itu, di atas Pakuwon Mall dilengkapi 2 apartemen yaitu Tanglin Tower dan Orchard yang menjadi bagian dari La Riz Condominium dan Supermall Mansion. Pusat perbelanjaan yang berada di bawah managemen Pakuwon Permai ini, pada hari Senin – Jumat buka pada jam 10.00 – 22.00, sementara Sabtu – Minggu buka pada jam 10.00 – 24.00.

Rute Menuju Pakuwon Mall

Berada di sebelah Barat Pusat Kota Surabaya, tepatnya di kawasan elit Bukit Dharmo, lokasi PM  tidak jauh dari Citraland, Lenmark Mall, Gerbang Tol Kota Satelit serta Kampus Universitas Negeri Surabaya, dengan alamat lengkap di Pakuwon Mall Ground Floor 49A, JL. Puncak Indah Lontar 2, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur, kode pos 60213.

Untuk menuju ke lokasi dapat ditempuh dari berbagai arah dan dari berbagai kota terdekat dengan Surabaya City, seperti Gresik, Waru, Sidoarjo dan Malang. Perjalanan dari Gresik dapat melewati Tol Sby – Gresik, berlanjut ke JL. HR Muhammad dan JL. Puncak Indah baru sampai ke PM.  Perjalanan dari Waru dan Sidoarjo memiliki rute yang sama, karena kedua kota ini memang satu jalur, yaitu dengan melewati Tol Surabaya – Gempol dan Exit di Kota Satelit. Selanjutnya tinggal menyusuri JL. HR Muhammad lalu JL. Bukit Darmo Boulevard hingga JL. Puncak Indah sebelum sampai tujuan.

Fashion Atrium Pakuwon Mall Lantai LG (foto: wikipedia)

Untuk yang berangkat dari Jembatan Suramadu dapat lewat JL. Kedung Cowek ke JL. Kenjeran, lalu JL. Kapasan, JL. Gembong dan JL. Stasiun Kota, diteruskan ke JL. Pahlawan, JL. Tembaan dan JL. Raya Dupak. Perjalanan diteruskan dengan memasuki Tol Surabaya – Gempol dan exit di Kota Satelit. Setelah itu melewati rute  yang sama dengan mereka yang berangkat dari Waru dan Sidoarjo.

Perjalanan dari Malang dapat menyusuri Singosari, Lawang, Purworejo dan Pandaan, kemudian masuk Tol Surabaya – Gempol, lalu mengikuti rute sebagaimana perjalanan dari Waru/Sidoarjo. Dengan banyaknya rambu petunjuk arah, Anda tidak butuh maps untuk dapat sampai ke lokasi. Tapi jika masih bingung karena padatnya arus kendaraan, Anda tinggal mengaktifkan google map pada layar smartphone.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, PM dapat diakses dengan menggunakan berbagai macam sarana transportasi umum, baik taksi, bus kota maupun angkot, karena lokasinya berada di kawasan perkotaan yang memiliki akses jalan dari berbagai arah. Untuk memudahkan pengunjung yang menggunakan sarana transportasi umum, bandara terdekat dengan PM adalah Bandara Juanda, Pelabuhan terdekat adalah Tanjung Perak, Stasiun terdekat adalah Stasiun Tandes dan terminal terdekat adalah Terminal Joyo Boyo. Di semua tempat pemberhentian fasilitas umum itulah dapat ditemui bus kota, angkot maupun taksi yang akan mmengantar Anda menuju ke tempat tujuan.

BacaJuga:  10 Gambar Mercusuar Sembilangan Madura, Lokasi Alamat, Jam Buka + Keindahan di Atas Sana

Menikmati Wisata Belanja di Pakuwon Mall

Sebagai shopping center terbesar di Indonesia, bukan hal yang berlebihan jika Pakuwon Mall mengusung konsep one stop living, karena apapun yang menjadi kebutuhan customer, semua tersedia di sini, mulai dari barang-barang kebutuhan sehari-hari yang harganya murah sampai dengan barang-barang eksklusif seperti produk fashion dari merek-merek ternama, perhiasan serta gadget yang harganya mahal.

Atrium Pakuwon Mall Saat Dipadati Pengunjung (foto: skyscrapercity.com)

Bahkan di Pusat Perbelanjaan ini juga terdapat beberapa kantor perwakilan bank yang memberikan layanan perbankan, sejumlah biro tour and travel yang melayani pembelian tiket dan paket tour, juga layanan SIM Corner oleh SATLANTAS Polrestabes Surabaya.

Berbagai barang kebutuhan sehari-hari dilayani oleh 4 stores, yaitu Hipermart, Sogo, LOTTEmart dan Watsons. Untuk produk fashion terdapat 44 tenant yang sebagian diantaranya merupakan brand internasional seperti H&M, Polo Ralp Laurent, Marks & Spencer, Jack Nicklaus, Kipling, Giordano, Guess, Uniqlo, Zara, Stradivarius, Levi’s, Oysho  serta yang lain.

Sebagaimana produk fashion, brand-brand ternama juga dapat ditemui pada produk Watches & Jewellery seperti Frank & Co, Crown Jewellery, Watch Studio, Prince, Swatch, Marko dan Casio, begitu juga untuk produk Gadget & Electronics seperti Samsung, Oppo, Oke Shop, Erafone, JBL, Sentra Ponsel dan Telesindo Shop.

Selain itu masih terdapat beberapa kategori produk yang lain, seperti Bags & Footwear, Accessories & Souvenirs,  Eyewear & Optical, Health, Beuty & Perfumery, Home Appliance, Personal Care & Pharmacies, Photography, Sports, Stationery, Book Store serta Service.

Bagi pengunjung yang datang dengan membawa anak, tidak perlu takut terganggu pada saat berbelanja, karena sejumlah wahana permainan terdapat di semua lantai. Sehingga disaat orang tua sedang berbelanja, anak-anak dapat menyibukkan diri dengan berbagai jenis permainan seru yang telah disiapkan oleh Lego, Toys Kingdom, Kidz Station, Chicco, Bonchou serta 13 Playground yang lain.

Aktifitas Pengunjung di Pakuwon Mall (foto: wibiyanatravels.blogspot.co.id)

Selain menjadi surga bagi mereka yang memiliki hobby berbelanja, PM juga bakal memanjakan penggemar wisata kuliner, karena berbagai jenis makanan dan minuman tersedia di food court, dimana cafe dan resto yang ada dikemas dengan konsep yang menarik, seperti PasaRame, Food Society, bahkan menggunakan kendaraan unik yang  dinamai Food Truck.

Ratusan bahkan ribuan menu makanan yang lezat dapat dipilih sesuai dengan selera, mulai dari makanan tradisional khas Indonesia sampai dengan  menu-menu internasional, termasuk tenant Tokyo Town yang ditempati 50 toko kuliner Jepang. Sebanyak lebih dari 70 brand restaurant yang menghuni lini Food & Beverage di PM memiliki nama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, seperti Burgher King, Baskin Robbins, Es Teller 77, KFC, Pizza HUT, Texas Chicken, Wendy’s, Starbucks, dan masih banyak lagi yang lain.

Selain menjadi tempat untuk berwisata belanja dan wisata kuliner, Pakuwon Mall juga menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai, menikmati berbagai macam hiburan. Karena di Pusat Perbelanjaan ini telah disiapkan berbagai macam fasilitas untuk menyalurkan hobby dan kesenangan lewat Amped Trampoline Park, Chipmunks, Amazing Zone, Timezone dan Yamnaha Music School.

Bagi yang ingin berkaraoke, “Diva Family Karaoke” memberikan suasana yang nyaman untuk dikunjungi dan bernyanyi bersama keluarga karena dilengkapi dengan audio sound system modern dan komputer berteknologi tinggi serta tempat yang bersih, modern dan berkelas.

Salah Satu Sudut Pakuwon Trade Center (foto: deviantart.com)

Tampilan lux dan modern juga dapat dirasakan oleh mereka yang nonton bioskop di Cineplex XXI Imax yang terdapat di lantai 2M. Dengan menggunakan sistem audio “Dolby Atmos” yang memiliki sound effect dahsyat dan berkualitas, cinema yang Anda saksikan di theater ini bakal memberikan sensai tersendiri.

BacaJuga:  10 Foto Air Terjun Dolo Kediri, Lokasi Alamat, Sejarah Legenda, Asal Usul, Harga Tiket Masuk + Hotel Villa di Area Wisata

Satu lagi yang menarik dari PM adalah banyaknya event menarik yang digelar oleh Pusat Perbelanjaan ini. Dalam satu bulan bisa digelar 3 – 4 event berbeda. Beberapa event yang digelar dalam beberapa bulan terakhir diantaranya adalah: BCA Travel Fair, Interior Design Exhibition, Halloween Fest, Society Single Dart Competition, dan event-event mernarik yang lain.

Karena event yang digelar selalu berbeda dan waktu pelaksanaannya tidak menentu, bagi mereka yang tertarik untuk mengetahui jadwal dari event-event yang digelar PM dapat mengunjungi website resminya atau melalui situs sosial media PM, baik instagram, facebook maupun twitter. Dapat pula dengan menghubungi customer service di No. Telp. 031 – 7393888.

Sejumlah Fasilitas di Pakuwon Mall

Keamanan, kemudahan dan kenyamanan bagi para pengunjung benar-benar diperhatikan oleh Pakuwon Mall, karena kehadiran merekalah yang membuat mall ini dapat tetap eksis. Untuk itu fasilitas lengkap tersedia di Pusat Perbelanjaan ini, diantaranya adalah:

Tenan Food & Beverage di Pakuwon Mall (foto: surabayafamily.com)

– Information Desk yang akan membantu pengunjung memberikan informasi apapun yang dibutuhkan, terkait dengan layananan PM serta menyediakan Mobile Charger Station bagi customer yang bermaksud mengisi daya ponsel mereka.

– Bagi yang membutuhkan layanan keuangan, sejumlah Mesin ATM dan Money Changer, tersedia di lokasi. Bahkan sejumlah Bank juga membuka kantor cabang di PM, yaitu BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga dan Maybank.

– Bagi penyandang difabel maupun lansia dapat menikmati kenyamanan saat berbelanja karena PM menyediakan wheelchair yang dapat dimanfaatkan gratis dengan menghubungi bagian Information Desk. Selain itu tersedia pula Disabled Toilet di beberapa lantai.

– Pengunjung yang datang dengan membawa bayi akan terbantu, karena PM menyediakan Nursery Room untuk merawat bayi dan Baby Stroller yang dapat dipinjam di bagian Information Desk.

– Kamar mandi dan toilet yang selalu terjaga kebersihannya, tersedia di setiap lantai, sehingga pengunjung yang membutuhkannya tidak perlu bingung.

Bioskop di Pakuwon Mall (foto: 21cineplex.com)

– Meski secara keseluruhan area Pusat Perbelanjaan ini dilengkapi dengan AC dan ada larangan merokok, namun masih memberi toleransi kepada perokok berat dengan menyediakan Smoking Area di Pakuwon Mall level 1 dan level LG serta di PTC level G.

– Sejumlah tempat ibadah tidak luput dari perhatian pihak pengelola dengan tersedianya Mushollah di setiap lantai yang letaknya di dekat toilet serta Masjid Al-Ghuroba’ yang ada di area parkir P5. Masjid yang dilengkapi AC ini juga menyediakan sajadah, sarung dan mukena bagi yang tidak membawa peralatan sholat. Sedang bagi umat Nasarani tersedia 3 Gereja, masing-masing di Terrace PTC, ballroom dan rooftop.

– Customer yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraan mereka di Valet Parking yang luas di setiap lantainya, sedang yang memanfaatkan jasa transportasi umum dapat menuju ke Taxi Stand yang ada di lobi PTC level G dan lobi Pakuwon Mall level G.

– Berbagai acara yang seru dan menarik kerap digelar di PM, karena Pakuwon Mall memiliki Convention Center dan Ballroom yang cukup luas untuk menggelar acara-acara formal maupun informal.

Itulah sejumlah fasilitas yang melengkapi Pakuwon Mall, sehingga Pusat Perbelanjaan ini memiliki daya tarik lebih untuk dikunjungi. (*)

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.