10 Gambar Pantai Alam Indah Tegal, Harga Tiket Masuk, Jalur Menuju Ke Lokasi + Jam Buka Tutup

Posted on

Lokasi: Mintaragen, Tegal Tim, Kota Tegal, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5.000,-
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/toniachmadi/

Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, jadi wajar kalau daerah di seluruh Indonesia mempunyai pantai, termasuk Tegal. Tegal memiliki pantai yang menawan yaitu Pantai Alam Indah.

Pesona alamnya begitu luar biasa mampu memukau setiap pengunjungnya. Meski ombaknya tak semegah pantai-pantai di Laut Selatan, tapi justru ketenangan lautnya menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Ombak landainya mampu menjadi teman menenangkan bagi siapapun yang datang kesana. Terlebih lagi di kawasan ini terdapat beberapa gasilitas menarik untuk dikunjungi. Jadi, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung kd Pantai Alam Indah Tegal. Berikut deskripsi pantainya!

Misteri dan Mitos Pantai Alam Indah

foto by instagram.com/indah_legi/

Tak hanya lau selatan saja yang memiliki kisah mistis, tapi laut utara juga mempunyai cerita mistis seperti di Pantai Alam Indah ini. Kisah mitosnya berhubungan tentang hal gaib di Laut Jawa.

Menurut kisah beredar di masyarakat sekitar, ada sosok perempuan bernama Dewi Rantamsari yakni penguasa gaib yang menguasai 3 kabupaten. Salah satunya Kabupaten Tegal. Sosok gaib itu menjadi populer karena kesenian Sintren.

Sintren merupakan suatu seni tari dengan penari utamanya seorang wanita dan diiringi musik gamelan, penari tersebut dalam kondisi tak sadarkan diri. Konon katanya, penari itu dirasuki oleh perempuan gaib Dewi Rantamsari.

foto by instagram.com/sisty_setia/

Disamping kesenian sintren ini, menurut warga sekitar ada yang pernah melihat Dewi Rantamsari di tepi pantai alam indah. Soal benar atau tidaknya belum bisa dipastikan, semua itu terserah kita bagaimana menyikapi cerita ini.

Biasanya kalau sudah beredar kisah-kisah seperti ini membuat kita harus hati-hati saat berkunjung ke Pantai. Jangan berbuat yang tidak-tidak, apalagi sampai melanggar larangan dari pengelola atau warga sekitar. Kamu harus menjadi wisatawan baik.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Agrowisata Sondokoro Karanganyar Solo Tasikmadu 2018 + Asal Usul Tempat Wisata

Daya Tarik Pantai Alam Indah

foto by instagram.com/asihalfariezy/

Pemandangan pantai alam indah cukup menyenangkan mata. Pasir pantainya terbentang luas, nampak bebatuan menghiasi pasirnya. Lautnya begitu jernih dan bersih, suasananya juga sejuk serta memiliki udara segar.

Nampak kapal maupun perahu-perahu nelayan berlayar. Pantai ini sedang dalam pembangunan fasilitas, sehingga viewnya belum sempurna. Tapi, kamu tetap bisa menikmati keindahan alam yang eksotis. Di sekitar pantai ada jalan setapak dengan pepohonan hijau mangrove di kanan kirinya.

Disana ada jembatan kayu mengarah ke tengah lautan, dapat menjadi spot foto yang bagus. Selain itu terdapat spot spot foto menarik lainnya. Cobalah berjalan menyusuri tepi laut menyaksikan panorama sekitar, tentu akan merefreshkan pikiran kamu.

foto by instagram.com/chacaprinzessa/

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Alam Indah (PAI)

Bermain-main air laut atau berenang merupakan kegiatan yang bisa kamu lakukan disana. Tapi, hati-hati ombaknya tenang bukan berarti tidak membahayakan. Jangan berenang sampai melewati batas aman. Main pasir juga bisa kamu lakukan dan itu mampu menghibur dirimu dari kejenuhan.

Datang di pagi hari maka, kamu akan mendapatkan pemandangan matahari terbit. Atau jika datang siang hari, tunggulah sampai sore karena kamu juga dapat menyaksikan panorama matahari terbenam serta senja yang menawan mata.

foto by instagram.com/bagaz_salman/

Di sela-sela penantian sunset, kamu dapat mencari spot foto selfie. Di jalan setapak sekitar pantai juga dapat menjadi lansdcap foto terbaik. Bahkan bila kamu berencana menikah pada waktu dekat, jadikan tempat tersebut sebagai lokasi prewedd, pastilah sangat bagus hasilnya.

Menariknya, kawasan PAI ini menyediakan waterboom. Nah, bagi yang takut berenang di laut bisa berenang di waterboom ini. Leokasinya tak jauh dari bibir pantai. Di waterboom, kamu akan merasakan kesegaran guyuran air dari wadah besar berbentuk poci setiap beberapa menit sekali.

BacaJuga:  10 Gambar Eling Bening Ambarawa, Harga Tiket Masuk, Rute Jalur Menuju Lokasi + Jam Buka

Selain mendapatkan guyuran poci setinggi 15 meter, kamu pun dapat menikmati bermain di slider berbentuk spiral sepanjang 30 meter. Karena wadah tadi bentuknya seperti poci, maka wisatawan menyebut wisata ini dengan Waterboom Poci. Harga tiket masuk sebesar Rp 8.000,- saja.

foto by instagram.com/dinatun__/

Selain mengunjungi waterboom, dapatkan pelajaran berharga dengan berkunjung ke Museum Bahari. Museum Bahari didirikan tahun 2008 sebagai tempat penyimpanan alat-alan tempur TNI yang tidak terpakai lagi.

Kamu akan menemukan kendaraan tempur seperti Pintam BRDM, meriam darat, tank dan pesawat udara. Tak hanya itu, disana pun ada peralatan tempur TNI seperti jangkar, torpedo, rantai, lampu navigasi serta beberapa benda lainnya.

Semua benda-benda yang terpajang sudah dilengkapi keterangan mengenai nama, tahun pembuatan beserta fungsi dari masing-masing benda. Sebagai kenang-kenangan, kamu dapat berfoto dengan semua alutsista.

foto by instagram.com/noviistiqo/

Satu hal lagi, kamu dapat berlayar mengelilingi lautan lepas, memahami kondisi ketenangan lautan utara ini serta memancing. Disana belum ada penyewaan alat pancing, jadi bawa perlatan sendiri. Hasil pancingan dapat dibawa pulang atau dibakar dipinggir pantai bersama orang-orang tercinta.

Fasilitas Pantai Alam Indah

Sebagaimana namanya Pantai Alam Indah sudah kelihatan jelas bagaimana pemandangannya, begitu pula fasilitasnya. Pengelola menyediakan fasilitas lengkap bagi para pengunjung, sehingga nyaman berkegiatan disana.

Lokasi parkir cukup luas bisa menampung banyak motor dan mobil. Lalu, ada pula mushola, toilet serta beragam wahana penunjang lainnya. Disana juga ada warung-warung menyediakan aneka ragam makanan, kampung seni, panggung hiburan dan gardu pandang.

foto by instagram.com/faruqhusein/

Apabila ingin bermalam, disekitar sana juga terdapat penginapan atau hotel untuk menginap. Harga permalamnya juga tidak terlalu mahal kok.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Alam Indah

Pantai alam indah buka 24 jam, sementara harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,-. Tapi kalau ingin menyewa kapal untuk berkeliling lautan siapkan biaya sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000 dapat menampung 10 orang penumpang. Jika ingin ringan, sewa per kelompok saja.

BacaJuga:  40 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah Terbaru Daerah Guci, Kota, Rita Park Yang Indah Bagus

Letak dan Cara Menuju Pantai Alam Indah

Lokasi objek wisata pantai alam indah di Mintaragen, Tegal Tim, Kota Tegal, Jawa Tengah. Jika mau kesana, bawa kendaraan sendiri karena tidak ada sarana transportasi umum menuju pantai. Jaraknya sekitar 500 meter dari jalan Pantura, Jateng.

foto by instagram.com/ariswahyudin69/

Rute dari pusat kota Tegal hanya membutuhkan 15 menit melalui l. Raya Pantura/Jl. Tol Batang – Pemalang. Mulai dari Jl. Kapten Sudibyo, ke arah selatan menuju Gg. Rama ikuti jalan dan tetap di Jl. Kapten Sudibyo.

Kemudian, ambil arah menuju Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tegal – Pemalang/Jl. Tol Batang – Pemalang ke Jl. Sangir di Mintaragen. Kemudian, carilah Pantai Alam Indah. Alamatnya mudah ditemukan. Jangan takut bertanya karena sudah cukup populer di Tegal.

Lebih mudah soal rute atau cara menuju PAI, lihat google map saja. Hidupkan GPS supaya diberikan petunjuk arah yang tepat. Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik, sehingga tidak mengganggu perjalanan liburan menyenangkan.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Ingat, jangan melakukan hal-hal yang merusak pantai atau alam sekitar. Ajak keluarga, teman maupun pasangan untuk menikmati alam yang indah ini. Jangan lupa bawa kamera atau pastikan kamera ponselmu berkualitas tinggi agar dapat menghasilkan foto terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.