10 Foto Pantai Ancol, Harga Tiket Masuk Karnaval Lagoon Marina 2017

Posted on
Foto pantai ancol harga tiket masuk karnaval lagoon marina 2017 wisata ria yang bagus transportasi biaya hotel dekat pinggir impian jaya lokasi alamat peta taman rute seaworld gratis fasilitas terletak di jakarta utara malam hari baru medan buka jam berapa wikipedia sejarah gambar suasana sekitar nama tarif kondisi bersih sepi ada jembatannya indah
Pantai Ancol, Foto: hukumonline.com

Alamat: Jalan Lodan Raya, Ancol, Pandemangan, Jakarta Utara
Peta: Klik disini
HTM: Rp. 25.000/ orang
Jam buka: 24 Jam
Website: www.ancol.com

Taman Impian Jaya Ancol sudah lama dikenal sebagai ikon wisata yang terletak di Jakarta Utara. Wahana taman bahari dan wisata ria yang bagus ini selalu ramai pengunjung baik di akhir pekan maupun hari biasa. Menurut situs Wikipedia, sejarah berdirinya taman hiburan di sepanjang garis Pantai Ancol ini bermula dari keinginan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sebuah kawasan wisata terpadu untuk warga Jakarta. Hasilnya dibangunlah fasilitas wisata di wilayah Ancol yang dimulai pada tahun 1954 dan selesai pada tahun 1968. Taman Impian Jaya Ancol sendiri baru resmi dibuka untuk publik di tahun 1966. Semenjak itu, berbagai pembangunan dan penambahan wahana baru terus digalakkan hingga saat ini, sehingga kawasan wisata Ancol tidak kalah indah dan seru dengan objek wisata pantai lainnya baik di dalam dan di luar negri.

Sunset, Foto: tribunnews.com

Sebagai kawasan wisata terpadu, Pantai Ancol tidak hanya menawarkan keindahan alam pesisir utara kota Jakarta saja. Berbagai wahana dan tempat hiburan juga tersedia di dalam komplek wisata Taman Impian Jaya Ancol, yaitu Dunia Fantasy, Seaworld Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Ocean Ecopark, Pasar Seni, Ancol Beach City, Faunaland, Alive Museum, dan Wahana Gondola. Wisata Dunia Fantasy bahkan sudah terkenal hingga mancanegara akan aktraksi-aktrasi permainan yang modern, seru dan aman bagi wisatawan. Walaupun demikian, akses menuju semua tempat wisata tersebut akan dikenai biaya tiket tambahan yang terpisah dari tiket masuk di pintu gerbang Taman Pantai Ancol.

Pengunjung Sedang Bermain Air, Foto: pantauanharga.com

Pantai Ancol sendiri juga sudah dibagi-bagi menjadi beberapa lokasi untuk memudahkan pengunjung menikmati semua fasilitas yang ada. Sejauh ini terdapat enam pantai utama yaitu, Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Ria Ancol, Pantai Indah Ancol, Pantai Beach Pool atau Ancol Lagoon dan Pantai Marina Ancol. Semua pantai ini dapat diakses hanya dengan membayar tiket masuk di gerbang utama kawasan wisata Pantai Ancol saja. Seperti di gambar, pemandangan indah, suasana tenang dan angin semilir yang menyapa dari antara pepohonan kelapa membuat pantai-pantai Ancol selalu mendapat tempat spesial di warga kota Jakarta maupun wisatawan yang berkesempatan mengunjunginya.

Berenang, Foto: vibizmedia.com

Keindahan Pantai Ancol

Setelah masuk dari gerbang timur, pengunjung pertama-tama akan di sambut dengan Pantai Ria Ancol. Pantai Ria Ancol didominasi oleh hamparan pasir putih dengan pohon-pohon kelapa yang tinggi menjulang menawarkan keteduhan. Pantai ini sangat cocok sebagai tempat bermain anak karena terdapat tempat bermain anak yang dibangun menyerupai kapal yang terdampar. Lengkap dengan seluncuran dan jembatan kecil yang di cat warna warni, sehingga anak-anak dengan gembira dapat menjelajahi bagian dalam kapal. Namun, tidak disarankan untuk berenang di pantai karena dasar pantai tergolong curam. Pengunjung dapat berjalan-jalan atau melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda atau berlari di jogging track.

Dermaga, Foto: dunia-irly.com

Di samping kanan Pantai Ria, terdapat Pantai Beach Pool atau Ancol Lagoon yang berdasar landai. Disinilah biasanya pengunjung dan anak-anak berenang dan berendam sambil menikmati sejuknya angin pantai. Di hari libur dan akhir pekan, sekitar pesisir pantai akan ramai oleh wisatawan yang berjemur sambil mengawasi anak-anak bermain di atas ban warna-warni yang ramai menghiasi bibir pantai. Masih di dekat Pantai Ria, terdapat pantai kecil dengan jembatan kayu dibangun melengkung ke arah sebuah pendopo yang mengapung dengan anggun di tengah laut yang tenang. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Bende dengan jembatan Dermaga Cinta yang terkenal sebagai objek wisata romantis bagi pasangan. Menikmati pemandangan matahari terbenam di Dermaga Cinta akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Jembatannya indah dan latar belakang langit semburat kemerahan tentu akan menghasilkan foto kenangan yang cantik di Pantai Ancol.

Bergeser lagi ke Timur, pengunjung dapat menikmati Pantai Indah Ancol dan Pantai Karnafal Ancol. Kedua pantai ini banyak terdapat wisata kuliner dan resto-resto populer di Jakarta, seperti Jimbaran Cafe & Resto dan Segarra Resto. Di wilayah Pantai Indah Ancol juga terdapat pusat perbelanjaan Plaza Pantai Indah dan Hotel Mercure yang dibangun di dekat pinggir pantai. Pantai Karnaval Ancol juga berhadapan langsung dengan Laut Jawa. Pesisirnya yang luas membuatnya sering dijadikan lokasi berbagai pertunjukkan musik, perayaan hari besar dan libur nasional dan festival-festival lainnya. Bahkan sebuah panggung musik yang megah sudah dibangun di sana untuk memfasilitasi acara-acara tersebut.

Tepi Pantai, Foto: wisataterindah.net

Beralih ke pesisir bagian barat, pengunjung dapat menikmati Pantai Festival Ancol dan Pantai Marina Ancol. Pantai Festival Ancol lebih ditujukan sebagai area wisata bahari keluarga dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di sana. Dermaga kayu yang kokoh dibangun melintang dari bibir pantai untuk memudahkan pengunjung menikmati suasana laut. Ada jembatan kecil yang mengarah ke dermaga yang juga merupakan spot foto favorit pengunjung. Dari Pantai Festival Ancol, pengunjung juga dapat naik wahana gondola yang melintasi Ancol Jakarta Bay City dengan harga tiket Rp. 30.000 per orang di hari biasa dan Rp. 40.000 per orang di akhir pekan. Selain Gondola, pengunjung juga bisa menikmati aneka restoran yang dibangun berjajar di tepi pantai serta mengarungi penggalan Laut Jawa di sekitar Pantai Festival dengan perahu nelayan lokal yang tertambat di sana.

Sedangkan Pantai Marina Ancol sebenarnya merupakan pelabuhan kecil tempat kapal-kapal pribadi maupun pesiar biasa bersandar. Dari pelabuhan ini, pengunjung dapat menyewa kapal dengan berbagai ukuran untuk menyeberang ke Kepulauan Seribu yang cantik. Banyak agen wisata yang siap membantu dengan paket-paket wisata menarik ke Pulau Seribu yang bisa dipilih oleh pengunjung. Bisa juga menyewa private yacth untuk liburan keluarga dan menikmati sensasi liburan mewah mengelilingi keindahan Pantai Ancol. Selain itu, jajaran kapal cantik di dermaga Pantai Marina juga merupakan lokasi foto pre-wedding yang populer di Jakarta Utara.

Menikmati Sore, Foto: arklamasik.blogspot.com

Bagi pengunjung yang hendak bermalam di kawasan Wisata Ancol, tidak perlu khawatir akan susah mencari penginapan. Terdapat banyak pilihan akomodasi yang sudah di bangun di lokasi wisata maupun di sekitar area wisata. Hotel besar seperti Mercure Hotel dan Discovery Hotel & Convention Ancol sudah tersedia bagi pengunjung yang ingin menikmati kenyamanan bermalam dengan fasilitas lengkap di dalam kawasan Wisata Ancol. Atau jika ingin merasakan pengalaman menginap yang lebih eksotis, bisa mencoba bermalam di pondok tepi laut Puteri Duyung atau menyeberang ke Pulau Bidadari dan menginap di cottage-cottage kecil nan elok di sana. Sedangkan di sekitar kawasan wisata, beberapa pilihan yang dapat dituju adalah Hotel Grand Ancol, SmartHomm Hotel dan Alexis Hotel.

Rute Menuju Pantai Ancol

Untuk mengunjungi kawasan wisata Ancol, ada beberapa rute yang dapat di pilih baik melalui darat maupun laut. Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil atau bus, bisa masuk melalui pintu gerbang sebelah barat ataupun pintu gerbang sebelah timur. Pengunjung yang berasal dari arah Bandung, Sumedang, Tasikmalaya, Garut , Ciamis dan sekitarnya bisa mengakses jalur tol Jakarta-Cikampek ke arah Bekasi Timur. Dari gerbang tol Kemayoran/Ancol langsung saja ikuti Jl. R.E Martadinata lalu belok ke kiri hingga mencapai Jl. Lodan Raya dan mencari gerbang masuk terdekat. Sedangkan bagi pengunjung yang datang dari arah Tangerang, Banten, Padang, Palembang dan kota lainnya dari arah Sumatera, bisa mengakses jalur tol Jakarta-Tangerang. Setelah keluar di gerbang tol Pluit/Mangga Dua silakan langsung mengikuti Jl. Lodan Raya untuk mengakses gerbang masuk terdekat.

Jalur Joging, Foto: ancol.com

Selain kendaraan pribadi, berbagai sarana transportasi umum juga tersedia dengan tujuan langsung ke kawasan wisata Ancol, seperti Bus TransJakata dan bus dalam kota berAC. Medan tempuh yang harus dilalui juga terbilang mudah karena telah dibangun halte bus Ancol yang sangat dekat dengan lokasi wisata. Bus-bus ini dapat diakses dari berbagai terminal seperti Harmoni, Grogol, Cibinong, Cibubur dan Mangga Dua. Sedangkan melalui jalur laut, pengunjung dapat menaiki perahu dari berbagai pulau di Kepulauan Seribu yang nantinya bersandar di dermaga Pantai Marina Ancol.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk tahun 2017 ke kawasan taman wisata Pantai Ancol masih tergolong terjangkau yaitu Rp. 25.000 saja per orang. Harga tiket ini berlaku baik di hari biasa maupun di hari libur dan akhir pekan. Sedangkan biaya masuk mobil dan motor adalah Rp.25.000 dan Rp. 15.000 per unit baik di hari biasa maupun di hari biasa dan untuk bus pariwisata, tarif masuk Rp. 45.000 per unit juga berlaku tetap setiap harinya. Tiket ini sudah mencakup akses menuju keenam pantai utama dan menikmati fasilitas umum gratis yang sudah disediakan bagi pengunjung.

Perahu Disewakan, Foto: airyrooms.com

Namun untuk masuk ke Dunia Fantasi, tiket terusan premium dihargai Rp. 400.000 di hari biasa dan Rp. 500.000 di akhir pekan dan hari libur. Tiket ini mencakup akses Fast Track di 14 wahana favorit dan voucher gratis untuk pembelian makanan. Sedang tarif tiket masuk biasa dihargai Rp. 200.000 per orang dan berlaku tetap setiap harinya. Tiket masuk untuk mengunjungi Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, dan Seaworld Ancol bervariasi mulai harga Rp. 85.000 per orang dan sedikit lebih mahal di akhir pekan dan hari libur lainnya. Sedangkan berbagai wahana wisata bahari seperti Banana Boat, Kayak, Donut Boat dan Swan Pedal Boat dibuka mulai harga Rp. 30.000 per orang.

Kawasan wisata Pantai Ancol selalu dekat di hati masyarakat Jakarta dan masih menjadi tujuan wisata populer hingga saat ini. Pemeliharaan dan penambahan fasilitas secara berkala membuat objek wisata ini selalu dalam kondisi bersih, terawat dan tidak pernah kehilangan daya tarik. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang sepi dan alami di siang hari, sedangkan di malam hari kemeriahan suasana liburanpun masih terasa dengan hingar bingar atraksi dan keramaian. Tidak peduli berapa kali anda telah mengunjungi kawasan wisata Ancol, pastinya kesempatan untuk datang kembali akan membawa pengalaman liburan seru dan tak terlupakan.

Malam Hari, Foto: reportaseharga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *