Jalan Menuju Pantai Angsana Banjarmasin Kalsel Kalimantan Selatan + 10 Foto Tanah Bumbu

Posted on
Jalan menuju pantai angsana banjarmasin kalsel kalimantan selatan foto tanah bumbu sungai danau batulicin mp resort penginapan wisata letak lokasi 2017 terletak di bjm laut kotabaru hotel bunati jarak tempuh gambar rute dari
Pantai Angsana, Foto: sketsahss212.blogspot.com)

Alamat: Jl. Sawit KM.8, Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Koordinat Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Banjarmasin adalah sebuah kota tempat tinggal sekaligus tempat wisata yang sayang bila tidak dijelajahi. Beberapa pelosok daerah di kota di Kalsel ini menyimpan objek rekreasi eksotis, tak hanya wisata alam berupa air terjun, sungai, dan danaunya. Salah satu destinasi tempat wisata alam yang tak kalah indah adalah pantai dan laut yang bernama Pantai Angsana.

Jembatan Kayu, Foto: kabarkalsel.info

Lokasinya tepat berada di belakang wilayah perkebunan kelapa sawit menjadikan pantai ini objek wisata yang sangat kaya akan pemandangan alam hutan maupun pantai. Walaupun destinasi wisata yang satu ini masih belum lama dibuka karena pemerintah setempat baru saja membenahi Pantai Angsana ini, tetapi tempat ini perlahan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Karena memang promosi pantai wisata ini masih kurang maksimal sehingga membuat pantai ini belum banyak diketahui oleh kalangan turis. Namun bukan berarti keindahan alam dan fasilitas menarik lainnya disini tidak patut untuk dicoba.

Snorkeling, Foto: nananggaluhbanjarbaru.org

Ada banyak hal yang bisa ditemukan dan dilakukan di pantai wisata yang satu ini, pasirnya yang putih dan halus, warna air laut yang biru kehijauan, hingga kekayaan biota laut yang menakjubkan. Sekaligus mempromosikan kawasan wisata Pantai Angsana, berikut penjelasan lengkap mengenai objek wisata cantik yang satu ini. Aktifitas menyenangkan apa sajakah yang dapat pelancong lakukan disana? Bagaimana dengan rute dan arah jalan menuju kesana? Berikut ulasan lengkapnya.

Keindahan Bawah Laut Pantai Angsana, Foto: tribunnews.com

Fasilitas dan Akomodasi

Pantai ini memang belum memiliki fasilitas selengkap pantai modern lainnya yang ada di Pulau Jawa. Maklum karena penataan tempat wisata di Kalimantan sendiri sudah mulai digalakkan mengingat wisatawan belum terlalu ada yang mengenal dan mengetahui adanya pantai ini. Seperti halnya Bunaken dan Raja Ampat, Pantai Angsana menyajikan fasilitas scuba diving, snorkeling, dan beberapa kegiatan berenang atau menyelam di bawah laut. Pengunjung akan menemukan banyak terumbu karang dan hewan-hewan lautnya yang unik di sepanjang pesisir sekitar Pantai Angsana. Air laut yang sangat bersih, ditambah masyarakatnya yang peduli akan menjaga lingkungan pantai membuat kekayaan alam bawah airnya sangat melimpah disini.

Bermain Air, Foto: panoramio.com

Pengunjung yang ingin menyelam dapat menyewa peralatan selam dengan kisaran harga yang berbeda, ada yang sudah termasuk paket kapal. Bagi pengunjung yang membawa peralatan menyelam sendiri dapat menyewa perahu dari para nelayan untuk menuju beberapa titik penyelaman paling menarik di area pantai. Membicarakan tentang spot penyelaman di Pantai Angsana, disini terdapat tiga tempat menyelam yang menyajikan pemandangan kekayaan laut luar biasa indah. Yang pertama adalah Batu Anjir, lalu ada Sungai Dua Laut sebagai tempat kedua, dan spot yang ketiga adalah Karang Kima.

Pantai Angsana dari Atas, Foto: youtube.com

Sedangkan bagi pelancong yang ingin menikmati keindahan pantainya saja tanpa perlu menyelam masih bisa melakukan kegiatan seru lainnya disini. Ada penyewaan banana boat dan jetski untuk bermain air di sekitar Pantai Angsana, menikmati pemandangan matahari terbenam juga jangan sampai dilewatkan. Salah satunya ada di jembatan kayu yang menjorok tidak terlalu jauh kearah laut, tempat ini menyajikan landscape pemandangan alam yang indah untuk mengambil foto atau gambar. Soal penginapan disini pun tidak perlu khawatir karena sudah banyak tersedia hotel, resort, villa, hingga homestay atau guest house yang terletak di area pantai. Rencananya, pemerintah setempat akan kembali menambahkan fasilitas lainnya seperti area parkir yang lebih tertata, kantor pengelolaan, taman kota, tempat berjalan kaki di tepi pantai, menara pemantau, tempat menjual souvenir, hingga perbaikan jalan Trans-Kalimantan yang masih kurang bagus.

Bermain Banana Boat, Foto: youtube.com

Untuk saat ini sendiri, pengunjung yang ada disana pun bisa mendirikan tenda untuk berkemah di area pantai dan membakar ikan sebagai alternatif kegiatan menarik lainnya. Warung-warung makan pun akan banyak dijumpai oleh wisatawan di pinggiran pantai, mereka menyajikan santapan khas Kalimantan dan kuliner tradisional Indonesia lainnya. Beberapa restoran yang juga menyediakan masakan luar negeri pun dapat ditemukan disini. Salah satu menu andalan beberapa tempat makan disini yang cukup banyak diminati oleh pengunjung adalah Soto Banjar dan Bula-Bula Lombok, yakni sambal khas Banjar. Ada juga beberapa olahan seafood yang segar dan langsung diambil dari Pantai Angsana sendiri.

Pemandangannya Bagus, Foto: kazumiha.blogspot.com

Harga Tiket Masuk

Walaupun pantai ini dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah dan warga setempat, namun bukan berarti pengunjung yang masuk ke pantai ini harus membayarkan biaya retribusi. Yap! Memasuki pantai ini, wisatawan tidak dikenakan biaya apapun alias gratis, karena pada dasarnya Pantai Angsana juga diharapkan menjadi objek wisata murah meriah bagi warga sekitarnya. Bahkan untuk parkir kendaraan di area pantai pun tidak perlu membayar, tetapi pelancong juga harus berhati-hati untuk keamanan kendaraan yang terparkir. Karena disini tidak ada tukang parkir, walapun warga sekitar juga bersama-sama menjaga keamanan pantai.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin bersnorkeling, scuba diving, dan menyelam dapat menyewa peralatan di tempat yang sudah disediakan. Peralatan sewa ini cukup murah dengan kisaran harga sebesar Rp. 30.000 saja sudah termasuk baju pelampung, pipa snorkel, dan kacamata pelindung. Wisatawan dapat menyewa kapal motor yang cukup besar dan mampu menampung kapasitas 10 orang sekaligus dengan harga Rp. 350.000 untuk satu kali jalan menuju spot atau lokasi menyelam.

Letak dan Lokasi

Jarak Pantai Angsana dari BJM (singkatan dari Kota Banjarmasin), lebih tepatnya bisa ditempus dengan jarak sekitar 5 jam perjalanan dari pusat kota. Sedangkan dari Pantai Pagatan yang juga cukup terkenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata, berjarak 53 KM dari sana. Dari Batulicin sendiri berjarak sekitar 76 KM menuju ruas jalan Trans-Kalimantan selanjutnya ke Pantai Angsana tersebut. Berada di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, terdapat salah satu resort penginapan setara hotel disana yang cukup terkenal dan dijadikan patokan bagi pengunjung yang datang kesana, yakni MP Resort Pantai Angsana. Bagi pengunjung yang ingin menginap di tempat akomodasi yang tidak terlalu mahal untuk setaraf resort dapat menyewa kamar disini.

Sunsetnya Keren, Foto: kalacingan.wordpress.com

Rute Menuju Pantai Angsana

Pantai Angsana terletak tidak terlalu jauh dari poros jalan Trans-Kalimantan, hanya sekitar berjarak 8 KM saja. Sepanjang perjalanan ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan kebun kelapa sawit yang melimpah, bahkan disini pun dapat dijadikan spot berfoto yang indah. Jalanan sekitar pun dirasa belum terlalu rata karena hanya baru beberapa ruas saja yang diaspal, maka dari itu tidak ada banyak transportasi umum disini, pelancong kebanyakan akan menyewa rental mobil. Perjalanan menuju Pantai Angsana sendiri dari Banjarmasin memiliki rute kira-kira seperti ini; Banjarbaru – Plaihari – Asem-Asem – Kintab – Sungai Danau – Desa Angsana, selanjutnya dari desa ini sendiri wisatawan dapat bertanya seputar letak pantainya jika agak kesulitan.

Jalan ke Pantai Angsana, Foto: titipmahya.com

Sedangkan rute menggunakan transportasi umum hanya bisa dicapai dari Terminal Kilometer 6 yang terletak di Kota Banjarmasin, itupun dengan tarif yang cukup mahal untuk sebuah transportasi umum. Pengunjung dapat menaiki angkutan umum bernomor L300 menuju Pagatan, wisatawan akan dibawa hingga di depan gapura Pantai Angsana. Disini sudah memasuki wilayah Desa Angsana sehingga akan lebih mudah, dari gapura itu sendiri pengunjung dapat menyewa ojek karena perjalanan masih cukup jauh. Persewaan ojek perorangnya cukup membayar kisaran Rp. 20.000 sebelum benar-benar sampai ke pantai tersebut. Untuk yang ingin carter mobil langsung dapat menyewa dengan kisaran harga Rp. 800.000 selama seharian dan sudah termasuk supir sebagai pemandu, tempat penyewaan mobil biasanya dapat dijumpai dengan mudah di Kota Banjarmasinnya langsung.

Itulah informasi lengkap seputar Pantai Angsana, mulai dari beberapa fasilitas yang bisa didapatkan di pantai tersebut, hingga rute dan lokasi menuju tempat wisata eksptis yang satu ini. Selain Pantai Angsana sendiri, masih banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi di daerah sekitaran Kota Banjarmasin. Terutama lokasi penyelaman yang menyimpan keindahan batu karang dan biota laut indah untuk snorkeling, seperti wilayah Kotabaru atau Pantai Bunati. Tahun 2017 ini sendiri, Kalimantan mulai digalakan sebagai kota pariwisata dengan tempat-tempat wisata tersembunyi yang masih belum tereksplor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *