10 Gambar Pantai Bandengan Jepara 2017 Harga Tiket Masuk + Lokasi Wisata

Posted on
Pantai bandengan jepara 2017 wisata harga tiket masuk gambar lokasi hotel murah dekat sekitar resort penginapan villa dari semarang solo kendal malang pati kudus jawa tengah foto peta kartini obyek ditutup pulau panjang indonesia mahal wikipedia fasilitas alamat map menelan korban banana boat cerita mistis
Pantai Bandengan, Foto: wisatatempat.com

Alamat: Desa Bandengan, Jepara.
Koordinat Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06:00 – 18:00
HTM: Rp. 2.000 – Rp. 7.000 perorang (bisa berubah sewaktu-waktu)

Membicarakan tempat wisata di Jawa Tengah memang tidak akan ada habisnya, karena daerah ini sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata alam yang menarik dan eksotis. Sebut saja salah satu wilayahnya adalah Jepara, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan berbagai keindahan alam dan banyak dijadikan tempat tujuan wisata. Salah satu dari berbagai tempat wisata alam yang cantik di Jepara adalah Pantai Bandengan, pantai wisata alam, keluarga, rekreasi yang murah meriah.

Wahana Air, Foto: panduanwisata.id

Pantai Bandengan menjadi destinasi tujuan wisata yang strategis karena letaknya dapat dijangkau dari Solo, Semarang, Kudus, Pati, Kendal, Malang, dan berbagai kota besar di Jawa Tengah lainnya. Terletak di pesisir utara Pulau Jawa membuat pantai indah ini memiliki arus air laut yang tenang dan tidak terlalu kuat, tentunya berbeda dengan pantai-pantai di pesisir selatan Jawa. Pantai Bandengan sendiri awalnya bernama Pantai Tirto Samudro, pantai ini memiliki penampilan layaknya pantai di Jawa pada umumnya, dengan pasir kuning keemasan dan air laut yang biru cerah. Apa saja yang dapat dilakukan di Pantai Bandengan ini? Berikut ulasan lengkapnya mengenai fasilitas, harga tiket masuk, lokasi, rute, beserta beberapa foto dan gambar dari tempat wisata yang satu ini.

Pemandangan Pantai Bandengan dari Atas, Foto: lastrisulas.blogspot.com

Fasilitas dan Akomodasi

Pantai Bandengan menyediakan berbagai wahana permainan air yang sangat lengkap dan dapat disewa. Salah satunya adalah bermain banana boat sepuasnya dengan tarif penyewaan berkisar mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000. Bagi yang hanya ingin berenang saja bisa menyewa ban sepuasnya dengan kisaran harga penyewaan sebesar Rp. 10.000. Sedangkan untuk yang ingin berkeliling menggunakan jetski tersedia penyewaannya dengan tarif Rp. 60.000 untuk digunakan sepuasnya. Beberapa wahana air yang cukup unik lainnya pun juga patut dicoba, seperti kolam arus khusus yang bernama Wave House, hingga persewaan perahu untuk mengantarkan pengunjung ke Pulau Panjang yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bandengan.

Pintu Masuk, Foto: panduanwisata.id

Fasilitas lain seperti penyewaan tikar juga terdapat disini, wisatawan dapat membayar dengan harga Rp. 10.000 untuk menyewa tikar seharian penuh. Duduk-duduk sambil menikmati pemandangan pantai akan sangat menyenangkan, terutama saat menyantap makanan khas Jawa Tengah. Soal tempat makan pun tidak perlu khawatir karena banyak warung makan hingga restoran di dekat pantai yang menyajikan kuliner lezat Indonesia maupun luar negeri dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sedangkan bagi pelancong yang ingin menginap, banyak sekali penawaran penginapan yang murah di daerah sekitar pantai. Mulai dari hotel, resort, villa, hingga homestay tersedia dengan lengkap. Fasilitas umum lainnya seperti toilet, tempat parkir, dan tempat ibadah juga terdapat di area wisata ini, terkadang dikenakan tarif yang berlaku sesuai peraturan.

Permainan Air, Foto: yukpiknik.com

Terkadang, warga sekitar atau pemerintah setempat banyak mengadakan event atau festival tertentu di Pantai Bandengan ini. Ada juga beberapa wisatawan yang berkemah atau mendirikan tenda untuk menginap di area yang telah disediakan di pantai, mereka dapat menikmati pemandangan laut yang indah. Pandangan matahari terbenam disini sangat cantik, cocok bagi yang ingin berfoto atau mengambil gambar selfie. Atau beberapa pengunjung yang menginap juga kadang membakar ikan dan makanan seafood lainnya sambil menikmati pemandangan pantai. Warga sekitar menjual hasil tangkapan ikannya kepada pengunjung atau wisatawan dengan harga murah, atau bisa dengan membelinya langsung dari nelayan. Untuk lebih menyenangkan lagi dapat memancing di tempat yang sudah disediakan di pantai ini.

Penyewaan Ban Renang, Foto: piknikdong.com

Harga Tiket Masuk dan Retribusi Lainnya

Menuju Pantai Bandengan, pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebagai bagian dari retribusi pembangunan tempat wisata tersebut. Untuk hari-hari kerja dari Senin sampai Jumat, tarif bagi orang dewasa dikenakan Rp. 5.000 saja sedangkan anak-anak sebesar Rp. 2.000. Berbeda dengan weekend dan hari libur lainnya, pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk Rp. 7.000 dan anak-anak Rp. 3.000. Terkadang karena banyak event seperti panggung kesenian dan budaya yang diadakan disini, tarif masuk bisa naik menjadi Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan Rp. 7.000 untuk anak-anak. Sedangakan untuk biaya parkir tidak ada karena sudah termasuk dalam harga tiket masuknya.

Pohon Rindang, Foto: ensiklopediaindonesia.com

Lokasi Persis Pantai Bandengan

Jika dilihat dari peta online atau Wikipedia, lokasi Pantai Bandengan tidak terlalu jauh dari Pantai Kartini yang juga merupakan tempat wisata di Jepara. Pantai ini sendiri terletak di desa dengan nama yang sama, yakni Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Terkadang bila cuaca sedang buruk, Pantai Bandengan ditutup oleh penduduk sekitar supaya tidak menelan korban yang serius. Karena masyarakat sekitar masih mempercayai cerita mistis yang beredar seputar Pantai Bandengan itu sendiri.

Seperti di Bali, Foto: tribunnews.com

Rute Menuju Pantai Bandengan

Pantai Bandengan akan lebih dekat dan mudah diakses dari arah Semarang, tepatnya melewati perempatan lalu lintas Trengguli. Dari situ wisatawan dapat langsung mengambil kearah kiri dan lurus saja hingga sampai ke Jepara, karena dari situ arah menuju Pantai Bandengan pun sudah dekat. Masih ada banyak rute untuk menuju ke Pantai Bandengan ini, namun karena salah satu alternatif terdekatnya adalah melalui Kota Semarang, maka yang berasal dari luar kota dapat menuju Semarang terlebih dahulu. Di Semarang pun bisa mampir sebentar sebelum melanjutkan perjalanan, karena rutenya akan melalui Pasar Johar dan Kota Lama yang merupakan destinasi tujuan wisata juga di Semarang ini.

Permainan Banana Boat, Foto: pasirpantai.com

Bila dalam rangka liburan, dari Semarang kearah Demak, Kudus, dan Jepara akan sangat ramai, salah satu rute lainnya adalah melalui Kota Kudus. Dari Semarang, lebih tepatnya di Jl. Pantura atau Jl. Komdor Yos Sudarso langsung kearah Demak dengan melewati Pasar Johar yang ada disana. Ambil kearah kiri, yaitu Jl. Kudus – Semarang dimana disini sering terjadi pemadatan mobil di jalanannya yang menambah macet saat hari-hari libur. Setelahnya ikuti pentunjuk menuju Jl. Demak Welahan dan Jl. Raya Jepara – Kudus, dari sini sendiri rutenya sudah mudah untuk diikuti menuju lokasi persis Pantai Bandengan.

Deretan Cafe, Foto: lostpacker.com

Pantai Bandengan sampai saat ini masih eksis sebagai salah satu tempat wisata andalan yang wajib dikunjungi, terutama di tahun 2017 ini. Pengelolaan pantai yang dipegang oleh pemerintah setempat dan partisipasi warga, gabungan keduanya mampu menarik wisatawan lebih banyak menuju objek wisata tersebut. Ditambah lagi dari Pantai Bandengan, pengunjung dapat menuju alternatif destinasi wisata lainnya seperti Pulau Panjang, atau bahkan Kepulauan Karimunjawa. Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, turis macanegara pun dapat ditemukan disini, karena selain pemandangannya yang indah, lokasi menyelam di pantai ini pun sangat menarik untuk dijelajahi. Keindahan alam bawah laut seperti batu karang, biota laut, dan ikan-ikan air asin yang langka masih bisa ditemukan di dalam perairan sekitar pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *