10 Gambar Pantai Bantol Malang Selatan + Alamat Lokasi

Posted on
Alamat lokasi donomulyo kedung celeng dan pulodoro jawa timur pantai bantol di malang selatan seling kates wonogoro licin jalan menuju rute harga tiket masuk letak akses peta google map foto gambar denah wisata sejarah misteri mitos
Pantai Bantol, Foto: esokharinanti.com

Alamat: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 60253
Map: Klik disini
HTM: Rp5.000
Buka/Tutup: 24 jam

Tinggal di Malang memang tak akan pernah kehabisan tempat wisata yang bisa disambangi kala suntuk atau butuh menyegarkan kembali pikiran. Puluhan pantai yang berderet di tepi Laut Selatan akan memberikan Anda berbagai pilihan yang unik dan khas dengan ciri masing-masing yang istimewa. Selain pantai-pantai utama Malang yang telah lama menarik pengunjung seperti Balekambang, Ngliyep, Sendangbiru, Wonogoro atau Seling Kates, pantai-pantai lain di Malang kebanyakan masih perawan. Salah satu dari pantai indah yang masih belum banyak dijamah tersebut adalah Pantai Bantul. Meskipun masih belum terlalu banyak dibicarakan di media-media mainstream, pantai ini tak kalah menakjubkannya dengan pantai-pantai lain yang sudah lebih dahulu populer yang berada di Malang Selatan.

Keindahan Pantai Bantol, Foto: seputarmalang.com

Pantai Bantol terletak di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjar Rejo, Donomulyo, Malang Selatan. Pantai ini terletak berhimpitan dengan dua pantai lainnya yaitu Pantai Kedung Celeng dan Pulo Doro.

Salah satu alasan yang menjadikan pantai ini masih belum menjadi destinasi utama para wisatawan dari sekitar Malang maupun kota-kota lainnya adalah karena keberadaannya yang jauh dari rumah penduduk dan perkampungan ramai. Pantai ini bisa dibilang masihlah sepi. Selain mereka yang memang di sini untuk tujuan mencari hewan laut untuk menghidupi diri dan keluarga, pengunjung pantai ini hanyalah para petualang dan penggemar wisata jelajah alam yang rela jauh-jauh untuk mendapatkan keindahan tersembunyi. Selain itu, pada hari-hari tertentu,  pantai ini juga dijadikan tempat melakukan upacara adat.

Pemandangan Pantai Bantol, Foto: whiempy.blogspot.co.id

Keindahan Pantai Bantol

Salah satu kelebihan mengunjungi pantai yang masih sepi dan belum terlalu terekspos adalah mendapati pantai yang masih alami dan bersih tanpa adanya sampah yang merusak pemandangan. Pantai Bantol sendiri memiliki keindahan yang sangat eksotik. Adanya lengkung teluk  dengan rerimbunan pepohonan di sekitarnya membuat air di pantai ini menjadi biru kehijauan jernih. Kilauan air laut ketika cahaya sang matahari menerpanya akan mengundang siapa pun untuk menceburkan diri di dalamnya. Pasir yang putih, bersih, dan lembut akan menjadi tempat yang pas untuk bersantai, seperti berjemur, bermalas-malasan sambil melihat pemandangan, atau bermain-main. Adanya batu karang yang seolah melindungi pantai ini membuat ombak berdebur indah. Ketika air surut, karang tersebut akan semakin terlihat jelas memamerkan kegagahannya.

Pantai Bantol juga memiliki danau dengan air yang payau karena menjadi tempat bermuaranya sungai kecil yang berasal di dalam hutan di dekatnya. Air payau ini rasanya lebih mendekati ke tawar sehingga bisa digunakan para wisatawan untuk minum dan membilas diri sehabir bermain dengan air laut yang asin dan lengket. Tentunya, air ini akan sangat menyegarkan.

Pantai Bantol ini Masih Cukup Alami, Foto: ferdywaterfall.blogspot.com

Selain itu, jika Anda berjalan ke dalam hutan, Anda akan bisa menemui gua-gua yang merupakan bekas sejarah dari pertambangan kapur.  Pegunungan gamping Malang Selatan memiliki deretan karst paling baik yang ada di Pulau Jawa. Karena itulah, gua-gua dan pegunungan kapurnya sangat indah dan eksotik. Tak heran, beberapa wisatawan  tertarik mengambil gambar foto gua-gua ini.

Sunset di Pantai, Foto: pantaimalang.com

Rute Menuju Pantai Bantol Malang Selatan

Pantai Bantol bisa diakses dengan mengikuti jalur yang kurang lebih sama dengan jalur ke Ngliyep dari pusat kota Malang. Dari kota ini, berkendaralah menuju selatan dengan mengikuti denah, peta atau papan penunjuk yang banyak ditemukan menuju Pantai Ngliyep. Papan ini akan membawa Anda ke arah yang sama. Papan petunjuk akan mengantarkan Anda ke perempatan di Desa Sumbermanjing Kulon di kecamatan Pagak. Berbeloklah ke arah kanan sampai sekitar tiga kilo dan Anda akan menemukan pertigaan menuju Desa Banjarejo. Sesampainya di pertigaan desa yang letaknya sebelum pertigaan besar menuju ke arah Pantai Ngliyep terletak, ikuti jalan masuk aspal yang berada setelah gapura desa.

Anda harus melanjutkan perjalanan sejauh delapan kilometer lagi untuk sampai di Pantai Bentol. Jalan yang harus Anda tempuh ini cukup menantang karena masih licin, belum diaspal dan penuh dengan batu-batu. Anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan menembus hutan di jalan tersebut. Perlu diketahui bahwa kondisi jalan yang buruk ini akan membahayakan jika kendaraan yang Anda bawa tidak prima. Di tengah hutan, Anda tidak akan menemukan bengkel atau tambal ban sehingga pastikan semuanya telah diperiksa sebelum memasuki area ini. Selain itu, pastikan juga Anda membawa perbekalan air minum dan makanan karena Anda akan kesulitan jika membutuhkannya dalam perjalanan. Belilah perbekalan ini di desa terakhir sebelum Anda memasuki area hutan yang sepi.

Pesona Pasir Putih, Foto: tumblr.com

Harga Tiket Masuk Pantai Bantol

Untuk menikmati keindahan pantai in, Anda hanya perlu membayar Rp5.000 sekali masuk. Kendaraan Anda juga akan ditarik biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk sekali parkir. Tergolong murah untuk wisata alam yang indah.

Di Pantai Bantol, Anda akan menemukan area yang cocok untuk mendirikan tenda. Sangat direkomendasikan untuk berkemah di pantai ini karena perjalanan yang jauh dan berat. Bukan hanya itu, keindahannya akan sangat sayang untuk tidak dinikmati berlama-lama. Anda akan meneukan bangunan-bangunan warung warga yang menawarkan beberapa macam minuman dan makanan di sini.

Pantai Yang Masih Alami, Foto: wikimapia.org

Selain itu, Pantai Bantol merupakan pantai yang wajib dikunjungi oleh para pecinta lobster. Pasalnya, di pantai ini juga banyak sekali lobster dengan berbagai jenis seperti lobster macan, lobster kembang, dan lobster warna. Anda bisa membeli lobster-lobster tersebut dan juga ikan kepada nelayan atau penjual yang berada di sekitar pantai ini dengan harga antara Rp100.000-Rp150.000.

Alternatif Pilihan Wisata, Foto: esokharinanti.com

Ketika matahari terbenam, Pantai Bantol adalah tempat yang tepat untuk menyaksikanya. Langit yang berwarna oranye kemerahan akan terlihat dengan jelas, terutama dari karang Pesanggrahan di pantai ini. Pesanggrahan yang menyimpan misteri tersebut terletak di deretan karang yang menjadi batas Pantai Bantol pada sisi sebelah timur. Pesanggrahan ini terbuat dari lantai semen dan tangga kapur serta memiliki desain semi permanen.

Masih Sepi, Foto: esokharinanti.com

Sedangkan, karang tersebut adalah tempat yang paling pas untuk menyaksikan terbenamnya sang surya karena lokasinya yang cukup menjorok ke lautan sehingga tidak banyak penghalang pemandangan tersebut. Banyak pengunjung Pantai Bantol yang menantikan saat ini untuk mengabadikan peristiwa terbenamnya matahari tersebut.

Namun,  Pesanggrahan tersebut bukan hanya berperan sebagai spot untuk melihat matahari terbenam terbaik. Pesanggrahan kaya mitos itu juga ramai dikunjungi warga sekitar pada tanggal-tanggal tertentu karena merupakan tempat dilangsungkannya beberapa ritual keagamaan.

Wisata Pantai Yang Indah, Foto: matajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *