Keindahan Pantai Banyu Tibo Pacitan

Diposting pada
Foto By @adhiiwicaksonoo

Lokasi: Widoro, Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Google Maps: Klik disini

Harga Tiket Masuk

  • Hari biasa Rp.3.000 (dewasa), Rp.2.000 (anak-anak)
  • Hari libur Rp.5.000 (dewasa), Rp.3.000 (anak-anak)

Jika Anda datang berkunjung ke Pantai Banyu Tibo di hari-hari biasa, anda hanya diminta membayar HTM sebesar 3.000 rupiah per orang dewasa dan 2.000 rupiah untuk anak-anak.

Sementara bila hari libur maka tarif yang dikenakan sedikit lebih mahal yakni 5.000 rupiah per orang dewasa dan 3.000 rupiah untuk anak-anak.

Pantai Banyu Tibo ini terkadang disamakan dengan pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Karena namanya hampir sama, spot Banyu Tibo ini sering salah disebut menjadi Pantai Banyunibo, padahal keduanya berbeda.

Memang Pantai Banyunibo pun unik bahkan bisa dibilang mirip karena sama-sama memiliki air terjun layaknya Pantai Banyu Tibo.

Dari segi bahasa pun arti dari nama keduanya sama, Banyu (air) dan Nibo (jatuh). Alamat Pantai Banyunibo sendiri terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Foto By @tyo_soetyo

Tidak Kalah

Sebagian wisatawan penyuka wisata bahari mungkin akan merujuk pada pulau Bali yang identik dengan pantai-pantainya indah.

Namun, tahukah Anda bahwa di kabupaten Pacitan juga terdapat pantai yang tak kalah indahnya? Bahkan bisa jadi lebih mempesona dan lebih bersih dari pantai di Pulau Dewata.

Salah satu pantai yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi namanya adalah Pantai Banyu Tibo.

Lokasinya berada di Desa Widoro, kecamatan Donorojo, Pacitan Regency, East Java, Indonesia.

Pantai ini tak hanya dikenal indah, tapi juga unik karena adanya air terjun yang jatuh langsung ke pantai.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung karena rasa penasaran, ingin tahu langsung bagaimana air terjun tersebut dan benar saja kian hari makin banyak pengunjung datang ke Pantai Banyu Tibo ini.

Foto By @achmadi_anggi

Tak hanya warga sekitar, bahkan banyak pengunjung dari luar daerah rela datang jauh-jauh untuk menikmati keindahan dan keunikan Pantai Banyu Tibo tersebut.

Asal Usul Nama

Nama Banyu Tibo berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah air (banyu) yang jatuh (tibo).

Usut punya usut sumber air terjun yang menjadi ciri khas pantai ini berasal dari mata air bawah tanah pegunungan karst di utara.

Keunikan Pantai Banyu Tibo semakin bertambah dengan perpaduan antara air laut dengan air tawar yang asalnya dari air terjun.

Air terjun ini disebut-sebut berasal dari terbentuknya anak sungai yang berada tepat di atas pantai.

Foto By @tyo_soetyo

Alhasil air yang bermuara tersebut akhirnya tumpah dan membentuk air terjun yang tingginya mencapai 2 meter.

Konon sumber mata air tersebut tak akan surut ataupun mengering di musim kemarau sekalipun sehingga kapanpun Anda datang berkunjungakan tetap bisa menikmati keunikan dari Pantai banyu Tibo ini.

Keindahan Bikin Betah

Pemandangan pantai ini dikenal eksotis. Sangat indah. Dengan hamparan pasir putih nan halus, dipadu birunya air laut membuat siapapun betah berlama-lama menghabiskan waktu di Pantai Banyu Tibo.

Foto By @mufidha.nadia

Dihiasi dengan cahaya sinar mentari yang terbias membuat air laut berkilauan. Nah, bisa dibayangkan kan betapa indahnya view pantai ini.

Meski keindahannya sudah tersebar ke mana-mana, tapi bahari ini masih tergolong sepi. Bagi Anda yang menyukai kesunyian, Pantai Banyu Tibo ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata favorit.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama berada di pantai. Kegiatan klasik seperti berjalan di tepi pantai, bermain air atau berjemur tetap menyenangkan untuk dilakukan.

Datanglah saat air sedang surut sehingga anda bisa bermain di bawah air terjun, airnya begitu jernih dan menyegarkan.

Rasanya sangat alami, bagai menyatu dengan alam. Belum ditambah suasana syahdu, dikelilingi ratusan pepohonan hijau berdaun lebat yang menjulang tinggi.

Lantaran ombaknya cukup besar Anda tak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini. Jangan berkecil hati dulu, tak ada akar rotan pun jadi, tidak berenang memancing juga jadi.

Ya, di Pantai Banyu Tibo Anda bisa menghabiskan waktu sambil memancing. Selain itu, banyak spot yang dapat di jelajahi di sini.

Kebanyakan wisatawan menyukai memancing dari atas tebing atau rock fishing. Memang cukup beresiko, tetapi pencinta aktivitas ini justru menyukai sensasi saar adrenalinnya begitu terpacu.

Foto By @shandyoctav

Jika Anda lelah dan ingin beristirahat sejenak ada cukup banyak warung yang menyediakan aneka makanan khas pantai dengan harga yang ramah kantong.

Tunggulah hingga sore tiba untuk menikmati sunset di Pantai Banyu Tibo ini. Anda dijamin tak akan menyesal meluangkan waktu melihat betapa indahnya warna senja yang terbias.

Birunya langit berpadu dengan cahaya merah kejinggaan menciptakan warna yang begitu cantik hingga sulit untuk dideskripsikan.

Jangan sia-siakan momen tersebut, ambil kamera dan abadikan keindahan tersebut dalam sebuah gambar.

Pantai Banyu Tibo ini juga dikenal sebagai spot yang bagus untuk pecinta fotografi utamanya landscape.

Tak heran banyak fotografer yang sengaja mendirikan tenda di atas bukit untuk menikmati alam dan menunggu momen terbaik. Dari atas tebing gambar yang dihasilkan pun lebih bagus dan dramatis.

Foto By @evyana_puspi

Saking cantiknya, banyak pengunjung yang sengaja merekam momen berlibur di Pantai Banyu Tibo dan sengaja memposting videonya melalui social media dan juga channel youtube.

Jika penasaran Anda bisa mencari video atau pun keseruan lainnya melalui mesin pencari. Dijamin setelah melihatnya pasti ingin langsung berkemas untuk berlibur ke Pantai Banyu Tibo ini.

Jalan Menuju Lokasi

Ada banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk sampai ke Pantai Banyo Tibo ini. Kebanyakan wisawatan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Bukan karena di kawasan tersebut tidak ada angkutan umum, tetapi agar lebih mudah dan cepat mencapai tujuan.

Foto By @tyo_soetyo

Adapun rute yang dapat Anda gunakan diantaranya sebagai berikut:

Rute dari Kota Pacitan: Jalan Letjend S. Parman – Jalan nasional III – Jalan Punung-Goa Gong – Jalan Punung-Kalak – Pantai Banyu Tibo.

Rute dari Terminal Bus Pacitan: Jalan Bima – Jalan Jend. Gatot Subroto – Jalan Letjend MT. Haryono – jalan Dewi Sartika – Jalan Nasional III – Jalan Punung-Goa Gong – Jalan Punung-Kalak – Pantai Banyu Tibo.

Rute dari terminal bus dapat Anda pakai bila menggunakan bis dari kota asal atau domisili.

Sementara bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi dari luar Kabupaten Pacitan ada beberapa jalur dari beberapa kota di Provinsi Jawa Timur yang sering digunakan, antara lain:

Rute dari Surabaya: Jalan Kayon – Jalan Raya Malang-Surabaya – Jalan Raya Geluran –Jalan Raya Madiun-Surabaya – Jalan Tol Kertosono-Mojokerto – Jalan Mager Sari-Ngares Kidul.

Kemudian di lanjut ke Jalan Raya Gedek-Ploso – Nglames – Jalan Soekarno Hatta – Jalan Gatot Subroto – Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo – jalan Punung-Goa Gong – Jalan Punung-Kalak – Pantai Banyu Tibo.

Foto By @ramaparama

Rute dari Malang: Jalan Raya Lawang-Malang – Jalan S. Supriadi – Jalan Raya Kb. Agung – Jalan Raya Genengan – Jalan Lkr. Bar. Kepanjen – Jalan Nasional III – Siraman – Jalan Raya Selopuro – jalan Raya Bendosewu – Jalan Singajaya – Jalan Raya Tlogo-Serut – Jalan Nasional di Tuliskriyo.

Lalu dilanjutkan ke Jalan Reco Barong – Jalan Raya Pucung Kidul – Jalan Moh Yamin – Jalan Nasional III di Trenggalek – Jalan Raya Pacitan-Ponorogo- Jalan Nasional III ke Sooka – Jalan Punung-Goa Ging – Jalan Punung-Kalak – Pantai Banyu Tibo.

Rute lain yang juga sering digunakan oleh para wisatawan berasal dari luar Provinsi Jawa Timur diantaranya:

Rute dari Semarang: Jalan Sompok Baru – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Tol Tembalang-Ungaran – Jalan Tol Ungaran-Bawen – Jalan Semarang-Surakarta – Jalan Lingkar Selatan Salatiga – Jalan Paranggupito – Widoro – Pantai Banyu Tibo.

Rute dari Solo: Jalan DR Radjiman – Jalan Baki-Solo – Jalan Raya Solo-Wonogiri – Jalan Dalangan-Tawangsari – Jalan Bulu-Manyaran – Jalan Manyaran – Jalan Nampu Kalak – Widoro – Pantai Banyu Tibo.

Rute dari Yogyakarta: Jalan Kenari – Jalan Kusumanegara – Jalan Gedong Kuning – Jalan Wonosari – Jalan Nasional III – Jalan Kyai Legi – Jalan KRT Judodiningrat.

Kemudian lanjut ke Jalan Nasional III di Wonosari – Belok kanan – Jalan Nasional III – Jalan Paranggupito – Jalan Raya Pantai Nampu – Jalan Nampu Kalak – Widoro – Pantai Banyu Tibo.

Foto By @nurulfitriyaa

Jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup selama perjalanan dan siapkan juga peta gambar ataupun aplikasi peta online di smartphone Anda. Bila masih kebingungan lebih baik tanyakan pada penduduk sekitar.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

5 thoughts on “Keindahan Pantai Banyu Tibo Pacitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.