10 Gambar Pantai Buyutan Pacitan Jawa Timur Jatim, Tiket Masuk + Jalur Arah Denah

Diposting pada
Rate this post
Pantai buyutan pacitan jawa timur jatim kabupaten 63554 indonesia widoro wonogiri gunung kidul jogja banyu tibo harga tiket masuk watu karung kunir gambar jalur 2019 wisata denah arah akses lokasi rute keindahan penginapan paranggupito jalan menuju alamat letak peta google map
Pantai Buyutan. Foto: triplarasaty.blogspot.com

Lokasi: Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/tutup: 24 jam
Telepon: +62 821-1330-6232

Indonesia tidak habis memanjakan para wisatawan terutama para turis mancanegara dengan menyajikan keindahan alam yang dimiliki. Kawasan wisata alam menjadi daya tarik dari Indonesia. Salah satunya adalah kawasan wisata pantai. Jika mendengar kata pantai, tentu yang hadir di kepala kita adalah Bali dan Lombok. Tidak salah memang jika kedua daerah tersebut yang langsung muncul di benak kita. Pasalnya Pulau Bali dan Lombok sama-sama memiliki kawasan wisata pantai yang indah. Jika sudah bosan dengan kedua pulau tersebut, tidak perlu khawatir. Indonesia masih memiliki kekayaan alam pantai yang tidak ada habisnya. Pacitan menjadi salah satu kabupaten yang menyajikan keindahan pantainya.

Pasir pantai. Foto: tripadvisor.com

Rute menuju ke pantai Buyutan

Pertama kali mendengar Pacitan, tentu masih merasa heran kenapa kota ini mampu menyajikan keindahan alam pantainya. Cukup wajar mengingat letak Pacitan  yang berada di daerah pesisir selatan. Pacitan berada di daerah tepi pantai selatan atau lebih tepatnya berada di garis lintang selatan 8′ 3 – 8′ 17 dan juga bujur timur 11′ 2 – 11′ 28. Pacitan merupakan kabupaten yang berada di daerah ujung barat daya dari provinsi Jatim atau Jawa Timur. Dan memiliki jarak sekitar 270 km dari kota Surabaya dan juga 100 km dari Solo. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam dari Surabaya jika menggunakan kendaraan pribadi.

Melihat letak dan denah Pacitan di peta Indonesia, sangat wajar jika kota ini memiliki aneka pantai yang bisa memanjakan para wisatawan. Salah satu kawasan wisata pantai yang bisa dikunjungi adalah Pantai Buyutan selain pantai Watu Karang, Kunir dan Paranggupito. Pantai ini berada di daerah Desa Widoro Kecamatan Donorojo. Tentu untuk menempuh dan akses serta rute menuju ke Pantai Buyutan ini yang paling mudah adalah melalui jalur ke Goa Gong.

BacaJuga:  Catat ya! 8 Alasan Mengapa Pantai Balekambang Sering Ramai Dikunjungi Banyak Wisatawan
Batu karang. Foto: wisataterbaru.com

Jika menggunakan kendaraan pribadi, jalur utama Pacitan – Solo menjadi jalur yang bisa dilalui. Setelah pertigaan di dekat Masjid Besar Punung yang berarti setelah SPBU Punung dari arah Pacitan, belok ke kiri. Setelah itu ambil kanan setelah bertemu pertigaan. Lalu ikuti terus jalan utama Goa Gong. Setelah beberapa lama dan sampai ke kompleks Goa Gong, bisa mengambil jalan lurus  menuju ke jurusan Kalak yang sudah memiliki arah petunjuk jalan.

Sesampainya di perempatan Balai Desa Kalak, ambil jalur ke kiri yang menuju ke Pasar Kalak hingga bertemu dengan pertigaan. Setelah itu ambil jalur ke kanan yang menuju ke desa Widoro. Terus ikuti jalan hingga menemui pertigaan yang memiliki papan petunjuk informasi Pantai Buyutan. Papan petunjuk ini berada di sebelah kiri jalan. Dan jalanannya agak menurun.

Pantai Buyutan. Foto: detik.com

Tentu saja sebuah perjalanan yang cukup melelahkan. Akan tetapi rasa lelah akan hilang setelah melihat pantai yang sangat indah tersebut. Sementara jika mengambil rute dari Solo, bisa melalui jalur Solo – Sukoharjo – Wonogiri – Ngadirojo – Batu – Donorojo – Widoro. Searah ketika hendak menuju ke Pantai Klayar. Akan tetapi ketika berada di pertigaan pasar kecil, ambil jalur yang ke arah Barat menuju Desa Widoro. Akses menuju ke Desa Widoro ini memang cukup sulit. Jalanan yang sempit dan juga belum terlalu halus menjadi hambatan. Bahkan mobil 2 pun tidak muat. Sehingga harus mengalah salah satunya. Jalanannya juga cukup berliku-liku serta naik turun. Dari arah rute pasar, ikuti jalan hingga menemukan mushola kecil dan juga tempat berjualan bakso. Dan di sebelah selatan ada petunjuk jalan menuju ke Pantai Buyutan.

Suasana pantai. Foto: utiket.com

Keindahan Pantai Buyutan

Dari area parkir, para wisatawan sudah bisa melihat keindahan dan kemegahan salah satu pantai yang menjadi primadona di Pacitan ini. Dari area ini keindahan laut, pasir dan tebing di Pantai Buyutan siap memanjakan siapa saja yang berlibur ke sini. Sementara perjalanan dari area parkir ke arah bibir pantai sendiri hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua. Salah satunya dengan cara berjalan kaki. Pasalnya kondisi jalan yang berkelok-kelok dan juga curam. Dengan berjalan kaki para wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sembari berolahraga.

BacaJuga:  10 Barbershop Paling Banyak Diminati Oleh Warga Kediri
Pantai Buyutan. Foto: wisataterbaru.com

Ada ciri khas tersendiri yang bisa ditemukan oleh para wisatawan ketika berada di Pantai Buyutan ini.  Pantai ini memiliki ciri khas dengan adanya batu-batu karang yang memiliki bentuk yang beraneka ragam dan juga corak. Yang menarik adalah batu karang dengan bentuk yang sangat mirip dengan perahu. Sementara yang menjadi incaran dan juga menjadi salah satu hal yang cukup khas dari pantai ini adalah batu karang yang mirip dengan bentuk mahkota dewa. Menurut sejarah dan mitos yang sudah cukup terkenal di sekitar penduduk setempat adalah bahwasanya batu ini adalah bentuk dari mahkota dewa Narada yang ketika itu sedang terbang di sekitar pantai dan mahkotanya terjatuh.

Sunset di Buyutan. Foto: wisataterbaru.com

Bibir pantai yang eksotis

Pantai Buyutan memiliki alasan tersendiri mengapa pantai ini sangat pas untuk dikunjungi. Di area bibir pantai, para wisatawan bisa melihat tebing dan batu karang yang berada di tengah laut yang mampu memberikan panorama yang sangat eksotis. Apalagi air laut yang jernih berwarna biru semakin membuat pemandangan menjadi lebih indah.

Selain menawarkan keindahan, di sekitar bibir pantai ini para wisatawan bisa bersantai. Apalagi areanya cukup luas dan juga bisa digunakan untuk para wisatawan guna mendirikan tenda untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Buyutan ini. Yang menarik lagi dengan adanya sumber air tawar kecil yang tidak jauh dari kawasan wisata pantai. Sumber air tawar ini bisa digunakan guna memasak, minum dan juga mandi atau berbilas setelah cukup puas bermain di sekitar pantai.

Batu karang. Foto: panoramio.com

Meskipun berada di pesisir selatan, pantai Buyutan ini tidak memiliki tingkat bahaya seperti pantai-pantai selatan di Jogja. Meski begitu kewaspadaan tetap harus dijaga ketika berlibur ke pantai ini.

BacaJuga:  6 Air Terjun di Tulungagung Ini Bikin Liburanmu Semakin Seru
Suasana pantai. Foto: wisataterbaru.com

Aneka aktifitas di Pantai Buyutan

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai Buyutan. Dengan harga tiket masuk yang gratis, tentu saja membuat para wisatawan bisa bebas bersantai di sepanjang area pantai ini. Selain bersantai, para wisatawan bisa berenang di sekitar laut. Akan tetapi tidak diperbolehkan terlalu jauh jika berenang di lautan. Cukup berada di bibir pantai saja. Salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan adalah berfoto, atau selfie dan mengambil gambar panorama di sekitar pantai Buyutan tersebut.

Pantai Buyutan ini memang belum dikelola dengan cukup baik. Sehingga fasilitas untuk kegiatna seperti berenang, snorkeling dan juga aneka kegiatan lainnya memang belum memadai. Akan tetapi untuk penginapan sudah cukup banyak ditemukan di sekitar Pantai Buyutan tersebut. Meski bukan hotel atau penginapan berbintang, cottage-cottage yang bisa ditemukan di sekitar desa Widoro ini sudah cukup memberikan kepuasan tersendiri.

Suasana pantai. Foto: wisatapriangan.com

Yang menarik dari pantai Buyutan ini adalah adanya habitat monyet yang berada di sekitar tebing-tebing yang terletak di daerah belakang kawasan pantai tersebut. Area tebing ini memang menjadi tempat atau habitat dari para kawanan monyet. Kawanan ini tidak terlalu mengganggu para wisatawan. Dan pada dasarnya memang takut dengan manusia. Akan tetapi tidak ada salahnya jika barang bawaan tetap dijaga agar tidak diambil oleh kawanan monyet tersebut. Dan tentu saja jangan lupa untuk mengabadikan momen kala melihat kawanan monyet tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “10 Gambar Pantai Buyutan Pacitan Jawa Timur Jatim, Tiket Masuk + Jalur Arah Denah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.