10 Foto Pantai Cemara Kembar Medan Sei Rampah Sumatera Utara, Jalan Menuju + Biaya Masuk

Posted on
Pantai cemara kembar sumatera utara di medan serdang bedagai 2017 sumut yang bagus biaya masuk tiket htm gambar perbaungan kabupaten alam naga kisar adat wisata lokasi paket rute budaya indonesia harga tercantik sergai unik rumah-rumah tradisional atp alami wanita romantis pegunungan mahal mahalnya wajah euro uang islam id online lucu laki kulit kilat kita komeng kolam korela hari ini hilang haid gunung danau dua dual sakit awal awan awek batu bunga bintang bola bogor villa video vixion cinta cermin sei rampah nagalawan desa alamat lengkap nuansa photo objek bahari
Pantai Cemara Kembar (foto: aroundguides.com)

Lokasi: JL Pantai ATP No.15, Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, 20987
Map: KlikDisini
HTM: Harga Perpaket mulai dari Rp.40.000/Orang, Anak-anak Setengah Harga
Buka/Tutup: 10.00-17.00
Telepon: 0813-7009-9936

Sebagaimana pantai-pantai lainnya yang ada di belahan Timur Pulau Sumatera, seperti Pantai Sri Mersing, Pantai Kuala, Pantai Mangrove, Pantai Putra Deli, Pantai Tengah (Pantai Romantis), Pantai Cermin hingga ke Tanjung Tiram, pantai yang menjadi bagian dari wilayah Provinsi Sumut ini juga tidak sebiru dan sejernih pantai-pantai yang ada di Bali, Lombok ataupun pantai-pantai yang ada di pulau Jawa.

Namun demikian bukan berarti Pantai Cemara Kembar tidak memiliki daya tarik. Hamparan pasirnya yang putih bersih ditambah dengan nuansa alam sekeliling yang romantis, menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan untuk datang berkunjung. Apalagi pengelolaan tempat wisata bahari ini cukup bagus, kreatif dan profesional, sehingga keunggulan yang ada dapat dieksploitasi secara maksimal.

Hamparan Pasir Putih di Pantai Cemara Kembar (foto: liputan6.com)

Itu pula sebabnya, meski tempat wisata ini baru dibuka pada 15 Juli 2015, atau hingga pertengahan tahun 2017 umurnya baru sekitar 2 tahun, namun Pantai Cemara Kembar banyak diperbincangkan di berbagai media online, begitu juga dengan foto dan video dari pantai ini banyak yang diunggah, baik media sosial, media forum, hingga situs-situs pariwisata. Utamanya oleh masyarakat Sumatera utara dan komunitas orang Medan yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

Kreatifitas dari pengelolaan objek wisata ini dapat dilihat dari upaya untuk memadukan wisata alam dalam hal ini wisata pantai dengan wisata kuliner sekaligus wisata budaya yang berpadu satu dan saling melengkapi. Dengan memadukan 3 jenis wisata itulah yang menjadikan biaya  tiket masuk ke Pantai Cemara Kembar cukup mahal, karena ketiganya dikemas menjadi satu paket. Namun demikian, apa yang diperoleh para wisatawan saat berkunjung ke pantai yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai yang juga dikenal dengan Kabupaten Sergai ini akan sebanding dengan mahalnya harga tiket yang diberlakukan.

Keindahan dan Daya Tarik Pantai Cemara Kembar

Suasana di Pantai Cemara Kembar (foto: wisataterindah.net)

Bibir pantai yang panjang dan lebar dengan hamparan pasir yang putih bersih akan langsung menyambut para pengunjung begitu menapakkan kaki di lokasi pantai Cemara Kembar. Dengan luasnya hamparan pasir, berbagai aktifitas yang menyenangkan dapat dilakukan oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Jika kita tidak tertarik beraktifitas dan hanya ingin menikmati keindahan pantai atau membaluri kulit dengan sinat matahari, pengunjung dapat memanfaatkan sunbed yang dinauingi payung dengan gratis.

Tidak hanya itu, kawasan pinggir pantai yang dipenuhi dengan berbagai jenis pepohonan termasuk diantaranya adalah pohon cemara menjadi lokasi yang menyenangkan untuk dipakai beraktifitas dan berburu spot-spot menarik sebagai  latar belakang foto, karena wajah pinggiran pantai tersebut tidak dibiarkan begitu saja, melainkan dipermak sedemikian rupa sehingga menyajikan suasana yang berbeda.

Hiasan-hiasan Unik dan Menarik di Pantai Cemara Kembar (foto: cintalagu.org)

Keindahan kawasan pinggir pantai tersebut dapat dilihat dari pohon-pohonnya yang dibungkus dengan kain kotak-kotak berwarna hitam-putih yang oleh wisatawan kerap disebut pohon kelambu, berbagai hiasan dan ornamen unik yang memenuhi kawasan pantai, seperti perahu cinta, ayunan cinta, rumah pohon, gembok cinta, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai hiasan dan ornamen unik yang semuanya melambangkan cinta dan kasih sayang tersebut seolah ingin menguatkan istilah “Cemara Kembar” yang menjadi nama dari pantai ini. Tidak heran jika pantai ini sangat pas buat laki-laki dan wanita yang sedang dimabuk cinta, karena di setiap sudutnya diwarnai dengan hiasan dan ornamen yang bernuansa romantis. Sehingga selain dapat menikmati romantisnya suasana sekeliling, pengunjung juga dapat mengabadikan kasih-sayang mereka dengan mengambil gambar bersama pasangan berlatar belakang hiasan dan ornamen-ornamen tersebut. Bahkan pantai yang konon pantai tercantik di Sumatera Utara ini kerap dijadikan sebagai lokasi untuk pre-wedding photo.

Pohon Kelambu di Pantai Cemara Kembar (foto: wisatamedan.net)

Selain menyuguhkan suasana yang romantis, kearifan lokal juga dipancarkan oleh tempat wisata ini lewat keberadaan sebuah replika bangunan rumah adat Sumatera Utara yang seluruh bahan bakunya terbuat dari kayu dan bambu, sehingga tidak ada satupun paku yang menancap untuk memperkuat berdirinya bangunan rumah adat ini.

Tidak hanya itu, rumah-rumah adat tradisional yang lain juga dapat ditemukan di pantai Cemara Kembar dalam bentuk  dangau/saung yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung dengan gratis untuk beristirahat atau menikmati santapan yang dapat dipesan pada pengelola tempat wisata ini. Beberapa bentuk rumah adat yang menghiasi Pantai Cemara Kembar diantaranya Rumah Adat Simalungun, Melayu, Kalimantan, Jawa, Bali, Banjar, Batak, serta yang lain. Karena banyaknya replika rumah adat itulah membuat Pantai Cemara Kembar juga populer dengan  sebutan Pantai Adat.

Ornamen Cinta di Pantai Cemara Kembar (foto: negaraislam.net)

Rute Menuju Pantai Cemara Kembar

Jika mengunjungi googlemap atau melihat gambar peta, bakal Anda temukan alamat lengkap dari Pantai Cemara Kembar yaitu di JL Pantai ATP No.15, Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia 20987. Pantai ini apabila ditempuh dari kota Medan akan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan akses jalan yang cukup mudah untuk ditempuh. Hanya saja saat sampai di simpang pekan Sialang Buah, jalan yang terhampar sejauh sekitar 2 km terlihat rusak dan dihiasi lubang-lubang yang cukup berbahaya untuk dilewati.

Jalan Menuju Pantai Menara Kembar (foto: 3.bp.blogspot.com)

Untuk berkunjung ke pantai ini jika berangkat dari Medan harus menuju ke Perbaungan dengan melewati simpang Sei Buluh. Sesampai simpang Sei Buluh berbeloklah ke kiri menuju ke Desa Sei Nagalawan. Teruskan perjalanan dengan mengikuti jalan utama dan sekitar 10 menit kemudian Anda akan sampai di Pantai Cemara Kembar.

Jika perjalanan diawali dari Tebing, Anda dapat menuju ke Sei Rampah kemudian lewat simpang Sei Buluh. Sesampai simpang Sei Buluh, berbeloklah ke kanan dan lanjutkan perjalanan menuju  ke Desa Sei Nagalawan, hingga akhirnya tiba di Pantai Cemara Kembar.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Cemara Kembar

Saung/Dangau di Pantai Cemara Kembar (foto: lihat.co.id)

Jangan berprasangka buruk jika di tengah perjalanan menuju lokasi, Anda akan ditarik tiket masuk 2 kali. Pertama setelah melewati gapura bertuliskan “Pantai Sei Nipah Indah” Anda akan ditarik tiket sebesar Rp.10.000, kedua saat dekat dengan lokasi Anda akan kembali dipungut HTM sebesar Rp.40.000.

Retribusi tiket yang pertama, masuk ke Pemerintah Daerah Serdang Bedagai dan dengan tiket tersebut pengunjung dapat mengunjungi lokasi Pantai Sei Nipah Indah dengan gratis. Sedang retribusi yang kedua, sebagian menjadi PAD kabupaten Sergai dan sebagian lagi masuk ke kas pengelola, karena pantai ini pengelolaannya ditangani oleh pihak swasta yang bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Rumah Pohon di Pantai Cemara Kembar (foto: wisatamedan.net)

Dengan harga tiket masuk yang tidak murah tersebut, pengunjung dapat menikmati semua fasilitas yang ada dengan gratis, mulai dari parkir, kamar mandi, spot-spot cantik untuk foto, pondok-pondok berbentuk rumah adat untuk beristirahat dan bersantap, serta minuman dingin dan snack.

Jika pengunjung ingin mendapatkan pelayanan lebih, dalam hal ini ingin bersantap dengan berbagai menu yang tersedia, pihak pengelola juga menyiapkan sejumlah paket. Untuk paket Rp.99.000/orang, pengunjung akan mendapatkan 6 menu makanan, untuk paket Rp.189.000/orang, pengunjung akan mendapatkan 9 menu pilihan. Begitu juga dengan paket-paket yang lain, semakin mahal harga yang ditawarkan, maka semakin banyak pula jenis menu makanan yang disajikan.

Pondok Santai di Pantai Cemara Kembar (foto: liputan6.com)

Beberapa jenis paket lainnya yang juga ditawarkan oleh pengelola diantaranya adalah Paket Pre-wedding dengan harga Rp150.000/orang, Paket makan berdua Rp230.000, Paket makan berlima Rp550.000, Paket arisan 15 orang Rp1.300.000, dan Paket arisan 20 orang Rp1.500.000.

Karena ditangani dengan profesional, maka jangan ragu soal rasa dari menu-menu yang disajikan. Bersantap di Pantai Cermin akan membuat lidah dimanjakan, begitu juga dengan mata Anda yang akan dibuai oleh kecantikan dari pantai ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *