10 Potret Indahnya Pantai Cemara Sewu, Pantai Dengan Banyak Pohon Cemara

Posted on
10 Potret Indahnya Pantai Cemara Sewu, Pantai Dengan Banyak Pohon Cemara
Rate this post
foto by instagram.com/atik_putri24/

Lokasi: Jalan Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55772
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5000 (Satu Paket dengan Tiket Masuk Pantai Parangtritis)
Buka/Tutup: 24 Jam

Menempati urutan kedua di Indonesia setelah Bali dari sisi banyaknya wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya membuat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tidak pernah berhenti membenahi sektor pariwisata.

Baik dengan meningkatkan fasilitas di sejumlah tempat wisata yang telah ada maupun membuka atau menambah objek wisata baru.

Tidak heran jika dari waktu ke waktu daftar spot wisata yang ada di Jogja terus bertambah, mulai dari wisata buatan yang benar-benar baru sampai dengan memberdayakan potensi alam yang ada.

Dari semula tidak disentuh atau dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain, lantas dialihfungsikan menjadi objek pariwisata.

foto by instagram.com/intialsi_456/

Diantara beberapa objek wisata terbaru yang ada di Jogja tersebut, salah satu diantaranya adalah Pantai Cemara Sewu.

Sebuah nama tempat wisata yang tidak asing lagi di telinga para traveller, karena nama yang sama juga digunakan oleh beberapa tempat wisata lain yang ada di tanah air.

Beberapa diantaranya adalah Pantai Cemara Sewu yang ada di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Pantai Cemoro Sewu di Desa Wisata Jetis, Kecamatan Nusawung, Cilacap.

Serta Pantai Cemara Sewu di Tulungagung, Jawa Timur yang memiliki sebuah danau di pinggir pantai dengan nama “Danau Cinta”.

Jika Pantai Cemara Sewu yang ada di berbagai daerah tersebut sudah cukup lama dikenal, berbeda halnya dengan Pantai Cemara Sewu yang ada di Bantul, Jogja.

Pantai ini belum begitu akrab di telinga traveller karena usianya memang relatif baru, dalam arti baru dikenalkan ke publik sebagai objek pariwisata.

foto by instagram.com/samuelsubekti/

Dengan mengusung kata “cemara”, tidak sedikit para wisatawan yang terkecoh dengan menganggap bahwa Pantai Cemara Sewu ini sama dengan Pantai Goa Cemara, karena keduanya sama-sama berlokasi di Kabupaten Bantul.

BacaJuga:  10 Foto Museum De Mata Trick Eye 3d Jogja, Harga Tiket Masuk + Alamat

Padahal kedua pantai tersebut berbeda, karena lokasi Pantai Cemara Sewu berada di Kecamatan Kretek sedang Pantai Goa Cemara berada di Kecamatan Sanden.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi

Nama Pantai Parangtritis tentu sudah tidak asing lagi, karena pantai ini banyak menginspirasi lagu-lagu, utamanya lagu-lagu bergenre dangdut koplo yang banyak dibawakan group-group musik, baik lewat gambar-gambar video maupun pada saat melakukan pentas.

Jika Anda pernah mendengar atau bahkan berkunjung ke Pantai Parangtritis, maka Anda tidak akan sulit untuk menuju ke Pantai Cemara Sewu.

Karena letak pantai ini berada di satu kawasan dengan Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo serta Gumuk Pasir Parangkusumo, tepatnya di Jalan Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55772.

foto by instagram.com/danynur112/

Karena itu, untuk berkunjung ke Pantai Cemara Sewu, Anda tinggal mengikuti rute yang menuju ke Pantai Parangtritis, berlanjut ke Pantai Gumuk Pasir, terus ke Barat hingga Pantai Parangkusumo dan lanjutkan perjalanan sekitar 500 meter maka Anda akan tiba di lokasi.

Namun, bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Pantai Parangtritis dan hanya mendengar namanya saja, ada baiknya untuk menjadikan kota Jogja sebagai pedoman sebelum menuju ke lokasi

Perjalanan menuju Pantai Cemara Sewu jika diawali dari kota Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, tinggal mengikuti jalan poros yang menghubungkan kota Jogja dengan Pantai Parangtritis, sedang yang menggunakan kendaraan umum dapat menumpang bus jurusan Jogja – Parangtritis.

Keindahan dan Daya Tarik

foto by instagram.com/yreafk/

Daya tarik yang disuguhkan Pantai Cemara Sewu sudah langsung dapat dinikmati begitu masuk ke lokasi wisata. Pengunjung akan disambut dengan rimbunnya pohon cemara yang memenuhi kawasan sebelum masuk ke lokasi pantai.

Pohon-pohon cemara yang rimbun tersebut membentuk lorong yang panjang dan teduh serta memberi kesan romantis saat melintas di bawahnya.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Siung Beach Wonosari Jogja + Letak Lokasi Rute Peta

Pemandangan yang menawan di kawasan hutan cemara ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan, karena di tempat ini kerap kali dijadikan sebagai objek untuk pengambilan foto pre-wedding.

Itu sebabnya bukan sesuatu yang mengherankan jika para pengunjung terlebih dahulu mencari spot yang terbaik untuk berfoto ria di kawasan huta cemara, baik selfie maupun wefie, sebelum memasuki area pantai.

foto by instagram.com/tiyan_ajaach/

Spot lainnya yang instagramable di pantai ini dapat ditemui begitu melewati kawasan hutan cemara. Anda akan menjumpai sebuah jembatan dari bambu yang selain berfungsi sebagai penghubung dengan bibir pantai, juga kerap dijadikan sebagai latar belakang foto.

Begitu melewati jembatan bambu, Anda akan bertemu dengan hamparan pasir luas yang siap untuk menemani beraktifitas.

Berbeda dengan pantai-pantai di Bali yang mayoritas memiliki pasir berwarna putih, pasir yang ada di Pantai Cemara Sewu sama halnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Jogja khususnya di Bantul yang memiliki pasir berwarna hitam.

foto by instagram.com/hartono2825/

Namun begitu keeksotisan dari pantai ini tidak terbantahkan. Terlebih pada sore hari, sunset yang dinikmati dari pinggir Pantai Cemara Sewu, terlihat begitu indah, lewat sinar keemasan dari sang surya yang dibiaskan oleh air laut dan hitamnya pasir yang berkilauan.

Selain beraktifitas di hamparan pasir serta menikmati keindahan panorama pantai dan kawasan hutan cemara, tidak ada lagi yang dapat dilakukan oleh para wisatawan, karena air laut di Pantai Cemara Sewu tidak dapat digunakan untuk mandi dan berenang.

Pertama karena air laut terlihat keruh dengan sampah-sampah yang menghiasi pinggiran pantai, kedua karena ombaknya yang sangat besar sebagaimana pantai-pantai yang ada di Pesisir Selatan, dan ketiga karena di kawasan perairan pantai ini terdapat palung.

foto by instagram.com/samuelsubekti/

Harga Tike Masuk dan Fasilias

Sama halnya dengan sebagian besar wisata pantai yang ada di Jogja, tiket masuk dikemas menjadi satu paket, artinya dengan membeli satu lembar tiket, pengunjung sudah dapat memasuki beberapa tempat wisata pantai.

BacaJuga:  10 Gambar Candi Ratu Boko, Harga Tiket Masuk, Lokasi Sunset, Sejarah + Alamat Letak Wisata

Untuk Pantai Cemara Sewu, penarikan tiket sudah dilakukan saat memasuki pintu gerbang Pantai Parangtritis dengan harga tiket sebesar Rp.5.000.

foto by instagram.com/me_errlina/

Tiket tersebut selain dapat dipakai untuk mengunjungi Pantai parangtritis juga dapat dipakai untuk memasuki kawasan Pantai Parangkusumo, Gumuk Pasir Parangkusumo serta Pantai Cemara Sewu.

Sehingga tiket masuk ke Pantai Cemara Sewu bisa dibilang gratis sebagai bonus karena telah berkunjung ke tiga pantai yang lain. Namun, untuk ongkos parkir kendaraan, dilakukan penarikan tersendiri senilai Rp.5.000 untuk motor dan Rp.10.000 untuk kendaraan roda empat.

Dengan harga tiket yang relatif murah, pantai ini memberikan sejumlah fasilitas umum bagi para pengunjung, Fasilitas tersebut diantaranya adalah Kamar mandi dan WC sebanyak 4 buah, mushollah, area parkir, camping ground, serta gubuk atau gazebo yang tersebar di pinggir pantai.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan dan minuman, tersedia beberapa warung sederhana yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga yang ramah di kantong.

foto by instagram.com/sanggarbiolaquinta/

Karena merupakan objek wisata baru, di kawasan Pantai Cemara Sewu masih belum ada satupun penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai.

Itu sebabnya, bagi pengunjung yang datang dari luar kota, disarankan untuk mencari penginapan di sekitar Pantai Parangtritis.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.