10 Foto Pantai Cemara Tuban Jatim, Rute Letak Lokasi Peta Tempat Wisata + Mitos Sejarah

Posted on
Pantai cemara tuban jatim letak wisata jawa timur wajah warna rute restaurant ronggolawe rondo roya remen sowan kelapa tasikharjo tanjung kodok tempat utara panyuran peta indah putih desa lokasi laut lagu kota kute kelan kerang kabupaten kambang putih keindahan kirja kijang hotel hati hari ini hutan gambar gerdu gua guo foto sejarah sukolilo alamat arah mitos mangrove map menuju modern motor ngliyep nglirip bancar bergoyang bulu bung bonang video center sugihwaras jenu 62352 liburan regency east java kerokan jetak boom biaya masuk informasi wahana
Pantai Cemara Tuban (foto: gotuban.blogspot.co.id)

Lokasi: Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, 62352
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam

Bagi traveller yang kerap mengunjungi Pulau Dewata, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Tuban, karena Tuban adalah nama sebuah kelurahan yang menjadi bagian dari kecamatan  Kute Kabupaten Badung dan memiliki pantai yang cukup banyak dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Jerman dan Pantai Kelan.

Namun, Tuban yang dimaksud dalam tulisan ini bukan Tuban yang ada di Bali, melainkan nama sebuah regency yang terletak di ujung Barat Propinsi Jatim dan berbatasan dengan Propinsi Jateng. Kota yang mendapat sebutan Kota Ronggolawe, karena dalam sejarah kerajaan Majapahit menjadi tempat tinggal salah seorang Patih Majapahit bernama Ranggalawe ini tidak kalah dengan Tuban yang ada di Bali dalam hal pariwisata, karena alamnya yang indah mampu menyedot cukup banyak wisatawan.

Hamparan Pasir yang Berpadu dengan Pohon-pohon Cemara di Pantai Cermara Tuban (foto: matajatim.com)

Beberapa tempat wisata di Tuban yang banyak dikunjungi para wisatawan tersebut diantaranya adalah: Air Terjun Nglirip, Air Terjun Kerokan, Air Terjun Lembah Bongok yang ada di Desa Jetak Kecamatan Montong, Guo Akbar, Gua Ngerong, Goa Putri Asih, Pemandian Bekti Harjo, Pemandian Air Panas Prataan, Makam Sunan Bonang, Museum Kambang Putih, Kambang Putih Tuban Park serta Taman Jaka Tarub yang memiliki koleksi ular besar, burung merak dan beberapa ekor kijang,

Selain wisata alam, wisata buatan dan wisata religi, salah satu regency yang ada di east Java ini juga memiliki sejumlah pantai yang cukup indah, karena secara geografis Tuban memiliki bibir pantai yang cukup panjang yakni sepanjang 65 km yang membentang mulai dari Desa Bulu Sukolilo di kecamatan Bancar sampai dengan ujung kecamatan Palang.

Karena itulah Tuban juga berusaha mengembangkan wisata bahari sebagaimana kabupaten Lamongan yang sukses mengangkat nama Pantai Tanjung Kodok setelah menambahkan sejumlah wahana permainan dan olah raga air yang bernuansa modern, juga Kabupaten Malang yang sukses mengusung Pantai Ngliyep yang sarat dengan mitos dan berbagai cerita misterinya dengan mendirikan pesanggrahan, cottage dan hotel di sekitar lokasi wisata.

Salah Satu Sudut Pantai Cemara (foto: Jelajahnesia)

Beberapa objek wisata pantai di Tuban dengan keindahan yang tidak kalah dari pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Jawa, diantaranya adalah Pantai Boom, Pantai Sowan, Pantai Pasir Putih Remen, Pantai Tasikharjo serta Pantai Kelapa Panyuran yang dikenal memiliki banyak batu karang yang menjadi habitat kerang. Satu lagi pantai yang ikut memberi warna dan mempercantik wajah Kabupaten Tuban adalah Pantai Cemara dan Mangrove Center yang akan kita jelajahi dalam tulisan ini.

Sekilas Tentang Pantai Cemara Tuban

Dahulu sebelum tahun 1980an, Pantai Cemara lebih dikenal dengan nama Pantai Tasikharjo dan menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu liburan karena panoramanya yang indah. Namun karena tidak dipelihara dengan baik dan akibat abrasi dari angin serta air laut membuat tempat wisata inipun rusak dan terlantar.

Air Laut yang Keruh di Pantai Cemara Tuban (foto: ndeso94.com)

Seiring dengan upaya Pemerintah Daerah Tuban untuk menghidupkan industri pariwisata, reboisasipun dilakukan di kawasan pantai dengan menanam ratusan bibit pohon cemara. Saat pohon-pohon cemara tumbuh besar dan kawasan pinggir pantai berubah menjadi kawasan hutan cemara, nama Pantai inipun berubah dari semula bernama Pantai Tasikharjo kini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Cemara.

Keindahan panorama pantai yang kembali dihadirkan, membuat pantai yang sempat sepi dari pengunjung tersebut kini kembali ramai. Hanya saja, Pemkab Tuban terkesan setengah hati dalam mengembangkan Pantai Cemara disebabkan karena status kepemilikan lahan. Sebab tanah yang menghampar di kawasan pantai ini dimiliki oleh perorangan, yaitu dua orang yang saat ini berdomisili di Surabaya dan Jakarta.

Pemkab Tuban pernah berusaha untuk mengambilalih kepemilikan tanah yang ada di Pantai Cemara dengan cara membeli tanah tersebut dari pemiliknya. Namun pemilik tanah yang tinggal di Surabaya menolak untuk menyewakan atau menjual tersebut. Sedang pemilik tanah yang tinggal di Jakarta, bersedia untuk menjual tanahnya yang seluas 4 hektar, hanya saja harga yang dia patok terlalu tinggi dan tidak terjangkau oleh anggaran Pemkab.

Kawasan Hutan Mangrove di Pantai Cemara Tuban (foto: mangrovetuban.wordpress.com)

Akhirnya sampai dengan hari ini tanah yang menghampar di Pantai Cemara pun masih dimiliki perorangan, sehingga sulit bagi Pemkab untuk melakukan pengembangan, walaupun keinginan dari pemerintah untuk mengembangkan tempat wisata tersebut sebenarnya sangat besar.

Keindahan dan Daya Tarik Pantai Cemara

Cukup banyak informasi tentang Pantai Cemara Tuban dalam bentuk artikel, foto maupun video yang bisa kita temukan, baik di berbagai media cetak maupun media online, sehingga sepintas lalu kita akan mendapatkan gambaran tentang keindahan dari pantai yang berada di jalur Pantai Utara (Pantura) ini.

Sebagaimana nama yang diusung, area di pinggir pantai ini dihiasi pohon-pohon cemara yang berjajar rapi dengan daunnya yang rimbun, sehingga menghadirkan suasana yang sejuk dan menenangkan hati serta kontras dengan area yang hanya berhias hamparan pasir di sebelahnya yang menyuguhkan suasana panas.

Pohon-pohon Cermara yang Berjajar di Pantai Cemara Tuban (foto: warungapung.com)

Dengan dua suasana berbeda yang dihadirkan tersebut, pengunjung dapat menikmati salah satu atau keduanya, yaitu membiarkan sinar matahari membakar kulit Anda dengan melakukan berbagai aktifitas yang menyenangkan di atas hamparan pasir atau menikmati sejuk dan segarnya udara dengan berjalan-jalan atau duduk santai di gerdu (bangunan kecil) berbentuk joglo yang ada di pinggir pantai atau di bawah pohon-pohon cemara.

Sayangnya, meski merupakan wisata pantai, air laut yang ada di Pantai Cemara tidak dapat digunakan untuk mandi. Kondisi pasir pantainya sendiri sebenarnya datar dan landai dengan ombak yang tidak seberapa besar layaknya pantai-pantai yang ada di wilayah utara Pulau Jawa. Hanya saja, air laut di Pantai Cemara saat ini berbeda dengan waktu pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Tasikharjo. Ketika itu air lautnya sangat jernih dan berbagai jenis binatang laut dapat ditemui di pinggir pantai. Saat ini sulit sekali untuk menjumpai binatang laut di pinggir pantai dengan kondisi air lautnya sangat keruh.

Aktifitas Wisatawan di Pantai Cemara Tuban (foto: ivanpatasjatim)

Setelah lelah beraktifitas atau puas berjalan-jalan menikmati keindahan pemandangan pantai, Anda bisa menghilangkan rasa lapar dan dahaga dengan membeli makanan dan minuman pada para pedagang keliling atau di warung-warung sederhana yang dapat dengan mudah Anda temui di pinggiran pantai.

Cukup variatif menu-menu yang dijual di warung-warung tersebut dengan harga yang ramah di kantong. Namun diantara berbagai pilihan makanan yang tersedia, cobalah kelezatan rujak khas Tuban yang dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang. Nikmati pula jajanan khas Tuban yakni tape goreng yang lebih populer dengan sebutan rondo royal.

Jika ingin menikmati aneka olahan seafood atau makanan mewah yang lain, di kawasan sekitar pantai juga terdapat banyak rumah makan dan restaurant. Anda bisa lebih santai lagi saat menikmati hidangan kuliner yang tersedia di tempat ini, karena selama bersantap Anda akan ditemani dengan lantunan lagu-lagu yang lembut.

Menyusuri Pohon-pohon Cermara di Pantai Cemara Tuban (foto: tripjalanjalan.com)

Masih belum puas menikmati liburan di Pantai Cemara? Lanjutkan lagi perjalanan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 300 meter menuju ke Mangrove Center. Di tempat wisata edukasi tersebut dapat Anda temui Pusat Pembibitan berbagai jenis pohon mangrove yang nantinya bibit yang dihasilkan akan didistribusikan atau di tanam di hutan-hutan mangrove yang ada di seluruh wilayah di Indonesia.

Rute Menuju Pantai Cemara Tuban

Sebagaimana yang tertera pada gambar peta atau yang tertulis pada google map, alamat atau lokasi dari Pantai Cemara Tuban berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, 62352. Karena berada di pinggir jalan raya peninggalan Daendels atau jalur Pantura, tidak sulit untuk menuju ke pantai ini, baik dengan menggunakan motor atau mobil pribadi maupun memanfaatkan angkutan umum.

Tempat Parkir dan Warung Lesehan di Pantai Cemara Tuban (foto: ronggolawenews.wordpress.com)

Pantai yang berada di ujung Barat Tuban yang menjadi wilayah perbatasan antara provinsi Jatim dengan Jateng ini jaraknya sekitar 6,3 km dari kota Tuban. Sehingga jika ditempuh dengan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan akses jalan yang mudah dilalui.

Rute yang harus dilalui untuk menuju Pantai Cemara adalah dengan membawa kendaraan menuju ke Terminal Baru Tuban atau menuju ke arah Barat. Cukup dengan mengikuti jalur utama, Anda sudah dapat sampai ke lokasi wisata yang letaknya di sebelah Barat Terminal Baru.

Perpustakaan Sederhana di Mangrove Center (foto: rusabawean.com)

Saat masuk ke lokasi wisata, Anda tidak perlu membayar biaya masuk, karena keindahan Pantai Cemara dapat dinikmati dengan gratis oleh para wisatawan. Namun demikian, untuk menjaga keamanan kendaraan, Anda akan ditarik ongkos parkir sebesar Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp.10.000 untuk mobil.

Meski tidak menarik tiket masuk, sejumlah fasilitas umum telah disiapkan untuk para pengunjung, seperti area parkir, kamar mandi dan MCK, mushollah, penginapan dan sejumlah fasilitas umum yang lain. Karena itulah, meskipun keindahan Pantai Cemara Tuban tidak bisa dikatakan istimewah, namun tempat wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terlebih pada saat liburan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *