10 Gambar Pantai Cermin Medan Pariaman: Theme Park, Bali Lestari + Harga Tiket Masuk 2017

Posted on
Pantai cermin medan pariaman theme park & resort hotel bali lestari harga tiket masuk 2017 waterpark sumatera utara sumut perbaungan gambar foto pekanbaru kalimantan waterboom wisata lokasi labuan serdang bedagai peta indonesia port dickson pondok permai bali
Pantai Cermin, Foto: wisata-tanahair.com

Alamat: Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Sergai (Serdang Berdagai), Sumatera Utara.
Koordinat Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp. 10.000 perorang (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

Tahun 2017, semakin banyak destinasi wisata yang digalakan oleh pemerintah di tiap-tiap wilayah Indonesia, tak terkecuali di Sumut. Sumatera Utara merupakan sebuah kota besar yang masih menyimpan keindahan alam sebagai tempat tujuan wisata. Kali ini, salah satu objek wisata yang akan dibahas adalah Pantai Cermin dimana pantai ini terkenal di kalangan masyarakan Medan Pariaman.

Pemandangannya Bagus, Foto: m-explorer.blogspot.com

Tak hanya Malaysia saja yang memiliki wisata pantai yang bernama Pantai Cermin di daerah Port Dickson, namun Sumatera Utara memiliki kawasan wisata modern dan alami yakni bernama Pantai Cermin. Bahkan di Pekanbaru sendiri ada juga desa yang bernama Desa Pantai Cermin, sama dengan halnya sebuah danau di daerah Kalimantan bernama Danau Labuan Cermin. Pantai Cermin sendiri merupakan paduan wisata modern dimana terdapat kawasan waterboom atau waterpark bernama Pantai Cermin Theme Park & Resort Hotel. Pantai Cermin juga cukup populer di kalangan masyarakat sehingga terkadang tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi.

Kampung Nelayan di Pantai Cermin, Foto: tempatberliburwisata.blogspot.co.id

Layaknya tipikal pantai umum, wilayah Pantai Cermin ini sendiri memiliki pasir putih yang halus, melandai, dan disertai dengan deburan ombak jernih dan bening. Pemandangan Pantai Cermin sendiri sangat indah dengan warna air laut yang biru cerah, saat matahari terbenam atau matahari terbit pun akan tersaji kecantikan alami dari pantai ini. Hal apa saja yang bisa dilakukan disini? Berikut ulasan selengkapnya.

Fasilitas dan Akomodasi

Selain pantai dengan keindahan alam yang memanjakan mata, wisatawan dapat mencoba fasilitas waterpark disini berupa paduan rekreasi buatan dan rekreasi alam. Salah satunya yang dapat dicoba adalah Watersport, kegiatan olahraga air ini tersedia lengkap seperti jetski, banana boat, fishing boat, speed boad, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dapat dilakukan di pantai sambil menikmati panorama alamnya yang sangat indah, namun bagi yang hanya sekedar ingin menjelajahi pantai dan duduk-duduk sudah tersedia fasilitas bangku dan meja untuk bersantai.

Waterpark Pantai Cermin, Foto: indonesiawow.com

Selain wisata air, terdapat fasilitas berupa Kebun Binatang Mini di taman rekreasi Pantai Cermin ini. Dengan koleksi hewan menari seperti siamang, rusa, kangguru, hingga walabi, pengunjung dapat melihat sejenak kebun binatang yang tak terlalu luas ini. Selain kebun binatang, terdapat Pet Shop dimana wisatawan dapat membeli berbagai peralatan hewan peliharaan. Atau bagi yang ingin memelihara hewan bisa membeli salah satu hewan peliharaan yang diinginkan di tempat ini seperti hamster, iguana, kura-kura, kelinci, atau ikan-ikan kecil yang unik. Bagian kebun binatang masih memiliki Taman Burung dimana disini pengunjung bisa melihat spesies unggas yang unik dan langka. Bahkan di area ini juga tersedia arena pacuan kuda atau fasilitas menyewa kuda untuk berkeliling pantai.

Fasilitas Banana Boat, Foto: vie87.wordpress.com

Asyik melihat fasilitas hewan peliharaan dan kebun binatang, pelancong dapat kembali bermain air di fasilitas Water Castle. Disini pengunjung yang masih di bawah umur dapat bermain sepuasnya di sebuah wahana taman bermain air berbentuk istana. Berenang di kolam renang air tawar sambil menikmati pemandangan laut di kejauhan adalah salah satu alternatif yang sangat menyenangkan untuk diikuti. Terlebih banyak wahana air lain seperti seluncuran, air tumpah, kolam arus, dan masih banyak lagi.

Taman Bermain Air, Foto: panduanwisata.id

Beralih ke restoran dan penginapan di daerah Pantai Cermin, ada banyak pilihan tempat makan yang menyajikan menu tradisional Indonesia maupun luar negeri disini. Resort di Pantai Cermin sendiri dapat dijadikan salah satu penginapan yang bisa diandalkan karena fasilitasnya setara dengan hotel berbintang. Masih ada lagi berbagai macam fasilitas pendukung di pantai ini seperti area berkemah, toko souvenir dan cinderamata, taman bermain, pondok atau saung untuk bersantai, hingga panggung hiburan.

Sunset Yang Indah, Foto: indonesiawow.com

Harga Tiket Masuk

Kawasan Kelurahan Pantai Cermin memiliki berbagai wilayah pantai yang tidak hanya berupa pantai wisata saja, tetapi juga theme park, waterboom, dan taman bermain anak. Untuk menikmati keindahan pantainya sendiri dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 perorang, sedangkan untuk parkirnya lagi dikenakan tarif sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 perunit kendaraan. Kawasan Pantai Cermin juga terdapat beberapa pantai lain seperti Pantai Bali Lestari dimana harga tiket masuknya dikenakan sebesar Rp. 15.000 perorang. Lalu ada juga Pantai Pondok Permai dengan tarif masuknya hanya seharga Rp. 10.000 perorangnya. Harga tersebut biasanya berlaku untuk setiap hari, namun dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pihak pengelola. Sedangkan untuk harga tiket masuk taman bermain air atau waterboom Pantai Cermin dikenakan harga Rp. 55.000 pada hari weekdays biasa, namun jika hari libur harga tiket bisa melonjak hingga Rp. 80.000 tetapi sudah termasuk tambahan snack dan minuman.

Gerbang Masuk, Foto: semedan.com

Letak dan Lokasi

Letak Pantai Cermin secara administratif berada di Kecamatan Cermin, Kabupaten Serdang Begadai, Propinsi Sumatera Utara. Namun secara geografis, pantai ini berhadapan dengan Selat Malaka dan terletak di pesisir timur sebelah Sumatera, terutama bila dilihat dari gambar peta. Lokasi Pantai Cermin sendiri berawal dari Perbaungan, layaknya sebuah pintu masuk menuju kawasan wisata Pantai Cermin. Perbaungan sendiri adalah daerah pesisir pantai yang sepanjang wilayahnya dipenuhi dengan pantai-pantai cantik dan indah. Seperti Pantai Romantis Bay, Pantai Cemara, Pantai Wong Rame, Pantai Gudang Garam hingga kawasan Pantai Cermin. Pantai-pantai ini dikenakan tiket masuk kembali bila pengunjung ingin menuju tempat tersebut, kisaran harga adalah antara Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 perorangnya. Karena wilayahnya yang asri dan indah, maka dari itu banyak pengunjung dan wisatawan yang bersinggah untuk mengambil foto terlebih dahulu.

Rute Menuju Pantai Cermin

Rute menuju kawasan Pantai Cermin ini sendiri sebenarnya dapat ditempuh dari kawasan Kota Medan dengan jarak sekitar 45 menit perjalanan. Jalur pertama yang harus dipilih dari Jl. Guru Patimpus Medan adalah kearah kiri menuju Jl. Putri Hijau atau Jl. Yos Sudarso. Setelahnya masuk ke arah kanan dimana terdapat Jl. Putri Hijau II dan tidak beberapa lama, belok kanan lagi ke arah Jl. Putri Merak Jingga. Kurang lebih setelah hampir 1 KM, pilih arah ke kiri menuju Jl. Perintis Kemerdekaan, setelah sampai disini silahkan lurus saja ikuti jalan hingga melewati Jl. Prof. HM. Yamin Sh dan Jl. Letda Sudjono. Selanjutnya belok ke kanan ke arah Jl. Tol Belmera dan pada jalan yang bercabang pilih ke Jl. Lintas Timur atau Jl. Medan – Pematang Siantar.

Jalan Menuju Pantai Cermin, Foto: ridealone01.wordpress.com

Dari sini rute menuju Pantai Cermin sudah dekat, wisatawan bisa langsung memilih ke arah Jl. Pantai Cermin di sebelah kiri dan lurus terus menuju Jl. Mayjen H. T. Rizal Nurdin. Belok kanan menuju Jl. Abdul Wahaf, lalu belok kanan sebentar dan belok kiri lagi sebelum menemukan lokasi tempat Pantai Cermin yang ada di sebelah kanan. Pengunjung dapat menyewa rental mobil untuk berkendara menuju tempat wisata pantai tang satu ini. Atau bagi yang ingin menggunakan transportasi umum juga bisa namun kemungkinan akan sulit mendapatkan kendaraan umum yang menuju ke Pantai Cermin

Perkampungan Nelayan, Foto: alanusantara.blogspot.com

Demikianlah informasi lengkap seputar apa saja yang ada di kawasan wisata air Pantai Cermin ini, fasilitas disini sudah sangat lengkap hingga dijuluki sebagai wilayah waterboom terbesar dan terlengkap di luar Pulau Jawa. Di kawasan Pantai Cermin juga terdapat perkampungan nelayan dimana penduduknya adalah orang Melayu asli. Sehingga keramahan para penduduk lokal terhadap pengunjung dari luar disini sangat baik dan kental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *