10 Gambar Pantai Cibuaya Sukabumi, Penginapan di Lokasi Ujung Genteng Jawa Barat

Posted on
Selamat Datang (foto: noniq.co)
Selamat Datang (foto: noniq.co)

Lokasi: Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 10.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Indonesia adalah negara berbentuk kepulauan. Banyak sekali keindahan yang tersimpan dengan baik di Bumi Pertiwi ini. Bahkan sebutan zamrud khatulistiwa juga dimiliki olehnya. Wilayah Indonesia sebagian besar berupa perairan. Hal ini membuat kemaritiman menjadi sektor sangat menjanjikan. Tetapi daratannya juga begitu subur. Biji yang dibuang sembarangan dapat muncul dan berubah wujud menjadi pohon berbatang.

Tak terbayang kayanya negeri ini. Namun pada kenyataaanya, potensi yang begitu besar itu masih belum termanfaatkan dengan baik. Dari sektor wisata alam juga sangat banyak dan memiliki keindahan luar biasa hingga tak susah diungkapkan. Bahkan beberapa diantaranya sudah terdengar hingga ke negara tetangga, bahkan hingga ke benua lainnya.

Ketika Ombak Tenang (foto: indonesiakaya.com)
Ketika Ombak Tenang (foto: indonesiakaya.com)

Memang tidak dapat dipungkiri. Sektor pariwisata dapat dibilang menjadi unggulan lain di Nusantara, terutama Bali. Namun masih banyak lagi daerah di Indonesia yang memiliki keindahan alam dengan pemandangan memukau. Melalui situs-situs dengan bahasan tempat wisata Indonesialah yang membuat destinasi wisata alam Indonesia tersebut dapat diketahui oleh banyak orang.

Salah satu destinasi wisata alam paling digemari dari Indonesia adalah pantai. Memang tempat wisata alam ini memiliki ciri khas. Tidak ada satupun orang membenci berlibur di pantai. Banyak sekali tempat wisata bahari tersebut di Indonesia dan salah satu diantaranya ada di provinsi Jawa Barat.

Memang ketika mendengar kata Jawa Barat kebanyakan orang langsung membayangkan dataran tinggi. Namun di sini juga ada pantai. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Pantai Cibuaya. Destinasi wisata tersebut terletak di daerah Selatan Sukabumi, yaitu di Kecamatan Surade dekat dengan Pantai Ujung Genteng.

Dulu Banyak Buaya di Pantai Ini

Sudah Tidak Ada Buaya (foto: tripadvisor.com)
Sudah Tidak Ada Buaya (foto: tripadvisor.com)

Nama pantai ini memang diambil dari kondisinya pada dulu kala. Dulu tempat wisata Sukabumi ini menurut penuturan salah satu warga sekitar mengatakan jika di pantai ini banyak buaya di muara.

Kondisi demikian menjadi nama untuk tempat ini yaitu Cibuaya. Mungkin plesetan dari Si Buaya atau memang imbuhan “ci” adalah ciri khas dari nama-nama tempat yang berada di provinsi Jawa Barat? Mungkin ada yang bisa menjawabnya?

BacaJuga:  10 Foto Kebun Begonia di Lembang Bandung, Tiket Masuk 2018 + Jalan Menuju Taman

Tak heran dulu banyak hewan berjenis reptil ini berkeliaran dengan leluasa di daerah Cibuaya. Untung dulu, jika muara tersebut masih ada, mungkin tempat ini sangat berbahaya jika dijadikan sebagai destinasi wisata. Sekarang Cibuaya menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

 Masih Bersih dan Berombak Tenang

Tenang Banget (foto: initempatwisata.com)
Tenang Banget (foto: initempatwisata.com)

Ombak tenang dengan kondisi pantai yang masih bersih membuat Cibuaya karawang rengasdengklok mulai diminati oleh para wisatawan. Tak heran tempat di dekat dengan pantai Ujung Genteng ini kerap kali dijadikan tujuan wisata setelah ke pantai Ujung Genteng maupun sebaliknya.

Berenang di sini tentu cukup aman. Tetapi tetap saja harus berhati-hati dan memperhatikan rambu atau larangan ataupun aturan di sana. Terkadang pengunjung terlalu tergiur untuk merasakan air laut yang khas hingga keasikan berenang, tetapi lupa jika ada larangan yang harusnya dipatuhi. Berikut ini gambarnya.

Ini Loh Larangannya (foto: sukabumiupdate.com)
Ini Loh Larangannya (foto: sukabumiupdate.com)

Umumnya ada bendera ataupun diberi tali pembatas sebagai tanda zona aman untuk berenang. Jadi asik liburan boleh, tetapi tetap sadar keselamatan. Tentu semua orang tidak ingin masuk berita duka kan?

Lelah setelah berenang maka segera bilas diri dan nikmati pemandangan yang ditawarkan Cibuaya. Ini adalah kegiatan yang paling nikmat. Badan sudah lelah, tinggal tidurnya saja. Angin yang berhembus sepoi-sepoi dengan diiringi suara kicauan burung dan deburan ombak yang lembut adalah simfoni alam yang sangat ampuh untuk membuat tidur lebih pulas.

 Menurut pendapat dari para wisatawan yang pernah berkunjung ke Cibuaya mengatakan jika pemandangan matahari tenggelam atau sunset di sini sangat indah. Selain itu, lokasinya juga lebih mudah diakses. Kedua faktor inilah yang membuat tempat ini lebih banyak dikunjungi.

Fasilitas yang Cukup Lengkap

Penginapan di Sekitar Sana (foto: reportaseharga.com)
Penginapan di Sekitar Sana (foto: reportaseharga.com)

Pantai Cibuaya termasuk masih baru sebagai tujuan wisata Sukabumi. Walaupun demikian tak lantas membuat fasilitas di sini sangat minim. Fasilitas di sini terbilang cukup lengkap. Adapun fasilitasnya yaitu area parkir, kamar mandi, penginapan dan musholla serta penjual makanan.

BacaJuga:  10 Gambar Farmhouse Susu Lembang Bandung + Tiket Masuk Lokasi

Penginapan di sekitar Cibuaya juga memiliki harga per malam yang terjangkau. Harga ini mulai dari Rp. 100.000 an hingga lebih dari Rp. 1.000.000. Penginapan yang ditawarkan bisa berbentuk rumah maupun bungalow.

Cocok untuk Destinasi Wisata Keluarga

Lokasinya yang dikelilingi dengan beberapa penginapan. Membuat tempat wisata yang berada di Selatan Sukabumi ini sangat cocok menjadi tujuan wisata bersama keluarga tercinta. Tarif per malam penginapannya juga masih terjangkau. Tidak hanya itu saja, lokasinya juga sangat strategis, karena juga ada pantai lain di sekitar Cibuaya. Jadi bisa melakukan eksplorasi bersama keluarga.

Salah Satu Tempat Makan (foto: mountinblack.blogspot.co.id)
Salah Satu Tempat Makan (foto: mountinblack.blogspot.co.id)

Untuk makanan juga mudah dijumpai. Aneka olahan ikan laut akan mengundang rasa lapar semakin sering. Mulai dari menu ikan bakar hingga olahan ikan lainnya dapat dijumpai dengan mudah disini. Harga menu makanan bervariasi. Tergantung dari jenis ikan serta beratnya. Jadi bisa disesuaikan dengan keinginan.

Pantai Dekat Cibuaya

Sunsetnya Gak Nguatin (foto: tripadvisor.com)
Sunsetnya Gak Nguatin (foto: tripadvisor.com)

Pantai Cibuaya ternyata bertetangga dekat dengan beberapa pantai yang berada di Selatan Sukabumi ini, yaitu daerah Ujung Genteng. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata bahari dekat Cibuaya.

  • Kalapa Condong
  • Pangumbahan
  • Pasir Putih
  • Minajaya
  • Ombak Tujuh
  • Amanda Ratu

Dari keenam pantai tersebut, mungkin bisa ke Pantai Pangumbahan terlebih dahulu. Di destinasi wisata Selatan Sukabumi tersebut ada penangkaran penyu hijau. Tukik atau anak penyu yang lucu akan mudah ditemui di pantai tersebut. Kapan lagi bisa bermain dan mengetahui mengenai hewan yang dilindungi tersebut.

Jika ingin menikmati hidangan laut yang segar dan murah maka bisa mengunjungi Pantai Minajaya. Hasil laut di sini tergolong melimpah. Warga sekitar juga banyak yang menjajahkan hidangan ikan laut. Tidak hanya itu saja, pemandangan tempat wisata ini juga terbilang unik. Dihiasi dengan rumput laut di bibir pantainya dan banyak pepohonan rindang di sekitar areanya.

BacaJuga:  10 Foto Museum Peta Bogor, Sejarah, Lokasi Terletak di Kota?

Lokasi Pantai Cibuaya

Tuh Sunsetnya Bikin Kalem (foto: indonesiakaya.com)
Tuh Sunsetnya Bikin Kalem (foto: indonesiakaya.com)

Lantas dimana lokasi wisata bahari Cibuaya Sukabumi ini? Pertanyaan itu pasti terpikirkan karena rasa penasaran akan keindahan tempat wisata ini. Salah satu destinasi wisata Sukabumi ini terletak di Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, West Java. Tak usah bingung mengenai lokasi yang mungkin saja belum dimengerti letaknya. Ini karena lokasi Cibuaya sudah dapat diakses dengan Google Maps. Jadi cukup nyalakan GPS dan sampailah di pantai indah ini.

Cara ke Pantai Cibuaya

Awal Tenggelam (foto: indonesiakaya.com)
Awal Tenggelam (foto: indonesiakaya.com)

Walaupun sudah ada GPS dan beberapa kecanggihan teknologi lainnya, tetapi tetap harus mengetahui bagaimana dan rute mana yang harus diambil untuk sampai ke Cibuaya. Teknologi terkadang mengalami masalah dan cara manual adalah cara kedua yang paling ampuh.

Rute ke Cibuaya jika dari Kota Sukabumi terbagi menjadi dua rute, yaitu melalui Jl. Pelabuhan Ratu dan Jl. Tangkil Agrabanita. Jika melalui Jl. Pelabuhan Ratu maka dimulai dari Jl. Bunut – Jl. Tipar – Jl. Pelabuhan II – Jl. Pramuka – Jl. Lio – Jl. Balandongan – Jl. Tangkil – Agrabinta – Jl. Nasional III – Jl. Raya Simpenan/ Jembatan Cimandiri – Jl. Pelabuhan Ratu – Jl. Raya Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng – Jl. Cipaku – Jl. Ciburial –Cibuaya.

Memang sangat banyak jalan ydilalui dan untuk rute tersebut kurang lebih membutuhkan waktu 4 jam 30 menit untuk sampai di Cibuaya. Jika bingung, maka coba menanyakan jalan ke warga sekitar, karena cara ini tidak hanya dapat membuat lebih paham mengenai arah jalan, melainkan juga sebagai ajang saling sapa khas Indonesia.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *