10 Foto Pantai Cicalobak Garut, Rute Ke Lokasi + Penginapan di Jawa Barat

Posted on
Pantai cicalobak garut di jawa barat indonesia photo photos karangwangi mekarmukti lokasi letak wisata penginapan foto alamat selatan gambar pameungpeuk rute ke sejarah pasir putih gunung geder
Pantai Cicalobak, Foto: inigarut.com

Lokasi: Desa mekarsari, Kecamatan garut, Provinsi jawa barat
Map: Klik Disini
HTM: 5.000/Orang
Buka/Tutup: –
Telepon: –

Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki cukup banyak tempat objek wisata dengan menyuguhkan keindahan alamnya. Selain itu Jawa Barat merubpakan salah satu wilayah yang sering di kunjungi oleh pengunjung domestik maupun mancanegara karena ciri khas dan keindahan yang dimilikinya. Diantaranya adalah daerah Garut,  yang memiliki ciri khas berupa dodolnya yang begitu lezat.

Selain terkenal dengan dodolnya, Garut juga populer dengan Domba garut yang memiliki bentuk tanduk besar. Yang tak kalah menarik, Garut memiliki sebuah pantai yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, yaitu Pantai Cicalobak.

Pendopo Pantai Cicalobak, Foto: dwilestariyuniawati.wordpress.com

Keindahan Pantai Cicalobak

Pantai cicalobak yang berada di garut ini merupakan tempat wisata yang mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena pantai ini memiliki pesona pantai yang sangat indah dan memberikan suasana yang berbeda. Oleh karena itu tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun kerabat.

Pantai Cicalobak sering sekali digunakan sebagai tempat rekreasi dan berlibur bagi para pengunjungnya untuk mengisi hari libur mereka. Pantai ini menawarkan gugusan karang yang unik kepada para pengunjungnya.

Destinasi Wisata Potensial di Garut, Foto: disparbud.jabarprov.go.id

Pantai Cicalobak adalah muara yang berbentuk kecil dengan menggunakan air yang langsung turun ke curukan dengan melalui diantara dua gugus karang. Gugus karang yang ada juga berfungsi untuk menahan deburan ombak yang kencang sehingga air cerukan di pantai ini cukup tenang. Maka dari itu para penduduk lokal membuat tali agar para pengunjung dapat berenang dengan aman ke arah pantai dengan menggunakan ban pelampung.

Pemandangan pantai cicalobak sangat indah dan mempesona ditambah lagi dengan hamparan karang dan juga ditumbuhi dengan pohon-pohon khas pantai. Di bagian kiri dan kanan pantai terdapat tebing yang menjulang tinggi sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

BacaJuga:  10 Foto Babakan Siliwangi Bandung + Map Jalan Menuju Lokasi & Harga Tiket Masuk Hutan Kota
Rute dan Transportasi Menuju Pantai Cicalobak, Foto: berduakelilingindonesia.com

Posisi pantai cicalobak ini menghadap ke arah Samudera Hindia sehingga deburan ombak yang berada di pantai ini cukup besar namun ombak tersebut terhempas oleh karang yang berada di pantai ini, oleh karena itu pengunjung juga masih dapat berenang dan bermain di tepi pantai.

Selain itu, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan tenggelamnya matahari yang begitu indah dari arah barat. Pemandangan ini bisa anda lihat hanya dengan mata telanjang dan sangat bagus bila dijadikan latar gambar dari photo anda. Pantai Cicalobak ini sangat ramai dikunjungi oleh para pengunjung apalagi menjelang hari libur nasional atau akhir pekan.

Pantai Cicalobak Mekarmukti, Foto: hoteldigarut.net

Fasilitas yang terdapat di Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak memiliki fasilitas yang cukup memadai dan pelayanan yang juga cukup memuaskan. Antara lain yaitu terdapat area parkir kendaraan sehingga bagi anda yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkirkan kendaraannya dengan aman di tempat ini. Untuk menikmati keindahan pantai ini anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah per orang saja.

Di Pantai ini juga memiliki mushola, kamar mandi dan tentunya di Pantai Cicalobak terdapat tempat penginapan bagi para pengunjung. Jadi bagi anda yang ingin bermalam disini, dapat menyewa tempat penginapan dengan haraga yang cukup terjangkau.

Tempat Wisata Pantai Cicalobak Mekarmukti Garut Yang Populer, Foto: wisata-tanahair.com

Rute menuju pantai cicalobak

Pantai Cicalobak sendiri berada di alamat Desa Mekarmukti, karangwangi atau lebih tepatnya berada di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Pantai ini berada di pinggir jalur Trans Jabar Selatan, yang terletak diantara Pameungpeuk dan Rancabuaya.

Banyak sekali rute untuk Menuju ke Pantai Cicalobak. Pada umumnya terdapat 2 jalur alternatif jika ingin berkunjung ke pantai ini. Pertama adalah dari arah daerah Bandung menuju Garut lalu ke Pameungpeuk, setelah itu sampai di Mekarmukti. Dari pantai Cicalobak ini dengan Kota Pameungpeuk kira-kira sekitar 28 Km. Jalur alternatif kedua yaitu dari arah Bandung menuju Pangalengan kemudian sampai di Mekarmukti.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Matahari Puncak Bogor, Ditutup? + Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata Cisarua
Pantai Cicalobak Kab.Garut Selatan, Foto: youtube.com

Namun jika diurutkan dari jalur pantai terdapat 2 rute. Rute yang pertama adalah Via Garut menuju Sayang Heulang lalu ke Santolo dan sampai di Cicalobak atau di Rancabuaya. Jarak Pusat Kota Garut ke pantai Cicalobak cukup lumayan jauh yaitu sekitar berjarak 90 Km.

Rute yang kedua adalah Via Pangalengan lalu menuju Talego setelah itu arah Cisewu ke Caringin dan sampai di Pameungpeuk. Jarak Pantai Cicalobak dari kota Pameungpeunk ke arah Rancabuaya sekitar hampir 28 Km. Sepanjang jalan pengunjung akan melihat pemandangan yang cantik dan juga menkjubkan dari berbagai rute jalan.

Perlu Berjuang Untuk Sampai Disini, Foto: dickyangga.wordpress.com

Selain itu, anda juga dapat menggunakan jalur Bungbunglang. Dengan Rute Garut menuju Cikajang lalu ke arah Bungbunglang, kemudian melewati Cijayana setelah itu sampai di Cicalobak. Jalanan ini sebagian besar sudah bagus namun masih ada juga  beberapa titik yang masih rusak dan berlubang. Melalui rute ini kira-kira menempuh jarak sekitar 85 Km.

Jika anda ingin berkunjung ke pantai Cicalobak ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan juga transportasi umum lainnya karena di daerah sekitar garut terdapat banyak kendaraan umum. Selain itu anda juga dapat menggunakan travel untuk mempermudah perjalanan anda.

Panorama Hamparan Lintasan Pantai, Foto: garutkab.go.id

Saran dan Tips berkunjung ke pantai cicalobak

Hal pertama adalah anda harus mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan seperti pakaian ganti, handuk dan lain-lain. Dan jangan lupa untuk membawa kamera anda karena di pantai cicalobak terdapat spot foto yang sangat indah. Dan perlu diingat untuk selalu membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan dan sebagainya.

Selain memiliki Pantai Cicalobak, Garut juga memiliki Pantai pasir putih Gunung Geder yang tak kalah indahnya dengan lainnya. Pada 5 tahun kebelakang  Pantai Gunung Geder mulai menjadi tempat wisata pantai yang alternatif bagi wisatawan domestik maupun mancanegara sebab pantai ini memiliki pesona alam yang tidak jauh berbeda dengan pantai Kuta yang berada di Bali.

BacaJuga:  15 Objek Tempat Wisata di Indramayu Jawa Barat dan Sekitarnya Terbaik Menarik Indah Terbaru
Pantai Ini Terletak Dipinggir Jalur Trans Jabar, Foto: cbunicorndazzler.blogspot.com

Pantai Gunung Geder memiliki pasir perpaduan antara pasir putih yang berda di bibir pantai dan pasir kecokelatan yang berada di daratan. Pemandangan yang sangat eksotis dapat dinikmati pada setiap hari di pantai ini dan hembusan angin yang cukup kencang serta suara deburan ombak dengan tinggi membuat suasana sangat nyaman.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat juga akan menjadikan pantai Gunung Geder sebagai ikon objek wisata di Jawa barat karena lokasinya sangat strategis yaitu berada diantara objek wisata pantai di kecamatan Cikelet dan Pameungpeuk sehingga dapat menjadi penghubung antara objek pantai wisata yang satu dengan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *