Jalan Menuju Pantai Cijayana Garut Pameungpeuk + Penginapan di Lokasi Wisata

Posted on
Jalan Menuju Pantai Cijayana Garut Pameungpeuk + Penginapan di Lokasi Wisata
Rate this post
Pantai cijayana garut pameungpeuk bandung penginapan lokasi jalan menuju bungbulang wisata
Pantai Cijayana, Foto: digarut.com

Lokasi: Cijayana, Kecamatan Bugbulang, Garut, Jawa Barat, 44153
Map: Klik Disini
Htm: Rp. 2.000 per orang
Buka/Tutup: 07.00 – 1700 WIB
Telepon:

Keindahan Pantai Cijayana

Garut tak pernah habis-habisnya menawarkan sensasi keindahan alam, tak henti-hentinya memesona mata para wisatawan, termasuk Anda yang ingin merencanakan liburan keluarga. Selain terkenal dengan wisata alam curug, wisata kuliner, Garut juga popuer dengan wisata pantainya. Seperti di Garut Selatan, selain Santolo dan Sayang Heulang, masih ada objek wisata pantai yang perlu Anda kunjungi. Salah satu yang tengah ramai diperbincangkan wisatawan akhir-akhir ini adalah Pantai Cijayana.

Jalur Menuju Pantai, Foto: garutgarutgarut.blogspot.com

Secara geografis, luas Pantai Cijayana kurang lebih 9 Ha dengan area wisata yang masih asri, bersih, masih terkesan alami. Panjang pantai Cijayana diperkirakan sekitar 2000 meter. Lebarnya 200 meter. Tingkat abrasinya sangat kecil, pantainya datar dengan pasir yang halus sehingga mudah ditumbuhi pandan bidur.  Jarak dari kota Garut diperkirakan 87 km. Sedangkan secara administratif,  pantai ini berada di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat.

Cijayana merupakan satu dari beberapa wisata yang bisa Anda kunjungi di Garut Selatan. Laut di atas awan, itulah julukan dari para wisatawan yang merujuk pada keindahanya. Tingginya ombak serta birunya laut sangat tepat merepresentasikan ‘laut di atas awan’. Laut seperti berada di atas kita. Sungguh pemandangan unik, wajib menjadi tujuan wisata Anda.

Laut Di Atas Awan yang Indah nan Elok, Foto: tempat.co.id

Pantai Cijayana merupakan kawasan wisata pantai tapi masih belum dikelola secara maksimal. Fasilitas bagi para wisatawan belum memadai. Mungkin belum tereksplorasi dengan baik atau mungkin kurang diekspose. Akan tetapi, kebersihan di kawasan wisata ini masih terjaga baik. Ini berkat dukungan masyarakat lokal. Mereka cukup sadar akan pentingnya kebersihan demi terciptanya keasrian ruang pariwisata bagi pengunjung.

Area wisata Pantai Cijayana sebenarnya hampir sama dengan beberapa objek wisata pantai atau laut lainya di Garut. Ada pesona pemandangan, pasir, bebatuan, laut, biru, keindahan terumbu karang. Selain itu, ombak di laut ini tinggi-tinggi, khas gelombang pantai selatan.

BacaJuga:  Menjelajahi Kampung Cina yang Keren di Bogor
Masih Alami, Foto: suyudiestthea.wordpress.com

Selain bisa menikmati indahnya alam pantai, laut, para wisatawan juga bisa melakukan beragam aktifitas lain, seperti memancing, hunting foto, berselancar, berjemur di atas pasir, jalan-jalan, bermain di tepi pantai, atau kegiatan lain yang tentu menyenangkan.

Bagi para pengunjung yang ingin memancing, tidak hanya di area laut, muara Sungai Cikandang, lokasinya persis dekat Pantai Cijayana, bisa dijadikan spot mancing. Banyak jenis ikan air tawar, air payau, siap menggoyangkan senar dan mata pancing pengunjung.

Ada lagi yang menarik, yaitu Tradisi Nyalawea, merupakan tradisi berburu ‘Inpun’, jenis ikan kecil pada bulan-bulan tertentu bermigrasi dari laut menuju ke area sungai. Ini adalah tradisi turun-temurun  warga lokal di sana. Jika musim inpun tiba, hampir semua nelayan bahkan masyarakat sekitar menuju pantai untuk menjaring inpun. Kebiasaan ini tentu menjadi daya tarik sendiri sehingga sedikit wisatawan bergabung untuk menangkap inpun. Percaya saja Anda pasti akan menyesal jika melewatkan panorama dan keindahan surga kecil yang tercecer di selatan Garut ini.

Mengagumi Halusnya Pasir Pantai, Foto: panduanwisata.id

Fasilitas

Walaupun belum sepenuhnya lengkap, pihak yang mengelola area wisata Pantai Cijayana juga menyediakan beragam fasilitas bagi para pengunjung. Sepanjang pantai disediakan tempat untuk bersantai atau tempat untuk beristirahat. Kemudian, di sekitar area pantai juga berjejer warung-warung makan yang menyuguhkan menu masakan khas Sunda dan juga tempat khusus yang menjual kuliner khas Garut, yaitu dodol. Lalu, bagi yang ingin sembahyang atau sholat tersedia musola lengkap dengan kamar mandi dan WC. Toko-toko souvenir juga dibangun untuk memenuhi keinginan wisatawan yang mau berbelanja souvennir untuk oleh-oleh saat pulang.

Pantai Andalan Garut, Foto: traveloka.com

Berburu Foto di Cijayana

Pantai Cijayana merupakan salah satu tempat wisata menarik bagi mata para pengunjung. Apalagi bagi Anda yang suka berburu foto. Banyak view dan spot bisa untuk berfoto ria. Latar belakang pasir putih kecokelatan menjadikan gambar hasil jepretan Anda semakin menarik. Kemudian laut biru dengan terumbu karang indah juga bagus untuk difoto sebagai tambahan koleksi dokumentasi Anda. Bagi yang ingin mendokumentasikan foto prewed, Pantai Cijayana juga bisa menjadi alternatif tempat paling tepat. Anda perlu mencoba sendiri.

BacaJuga:  10 Gambar Teras Cikapundung Bandung, Harga Tiket Masuk + Alamat

Rute dan Transportasi

Jika Anda dan keluarga menggunakan kendaraan pribadi dari arah kota Garut maka akan menempuh jarak 87 kilo meter, kira-kira menghabiskan waktu tempuh sekitar 5 jam hingga sampai di Pantai Cijayana. Namun, jika menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan bis Bandung – Garut melalui Ciwidey, Cidaun, lalu Rancabuaya terus ke area wisata Pantai Cijayana. Alternatif rute yang bisa Anda tempuh adalah jalur Bandung – Rancabuaya.

Pemandangan Indah, Foto: digarut.com

Harga Tiket Masuk dan Sewa Parkir

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Cijayana akhir-akhir ini ramai dikunjungi wisatawan. Selain keindahan alam pantai dan lautnya, harga tiket murah juga menjadi faktor banyaknya wisatawan berkunjung. Hingga saat ini harga tiket masuk masih dipatok Rp. 2.000 per orang, baik dewasa maupun anak-anak. Dengan membayar tiket satu kali wisatawan bisa sepuasnya menikmati suasana Pantai Cijayana. Sedangkan untuk sewa parkir, harganya dikategorikan berdasarkan jenis kendaraan pengunjung. Untuk kendaraan roda dua harga sewa parkir sebesar Rp. 2.000 sedangkan kendaraan besar Rp 10.000. Harga tiket masuk serta biaya sewa parkir di atas sewaktu-waktu bisa saja berubah, tergantung aturan atau kebijakan pihak pengelola kawasan wisata ini.

Sisi Lain Pantai Berbatu, Foto: digarut.com

Jam Operasional Pantai Cijayana

Perlu Anda ketahui bahwa kawasan wisata pantai Cijayana dibuka untuk umum setiap hari termasuk libur dan akhir pekan. Loket pembelian tiket dibuka sejak pagi pada pukul 07.30 WIB dan ditutup menjelang sore hari pukul 17.00. Jam buka dan tutup ini sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kebijakan pihak pengelola.

Tampak Dari Bukit, Foto: oknusantara.com

Tips-tips Bagi Wisatawan

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Cijayana sebaiknya mengikuti tips-tips berikut agar bisa berwisata hingga kembali dengan nyaman dan puas.

  1. Jika mengunjungi Pantai Cijayana, maka usahakan agar selalu menjaga kebersihan area pantai dan laut dengan cara tidak membuang sampah sembarang apalagi meninggalkan sampah berserakan. Di sana, oleh pengelola, sudah disediakan tempat sampah. Ini dimaksudkan agar area wisata ini tetap terjaga kebersihanya, tidak terlihat tak terurus.
  2. Bagi wisatawan yang cinta pada kulit sehat disarankan untuk membawa sunblock atau krim untuk mencegah iritasi kulit, karena panas di sana cukup menyengat.
  3. Wisatawan diharapkan mematuhi semua aturan atau tata tertib yang telah ditetapkan oleh pihak pengeola. Ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan serta kenyamanan para pengunjung sendiri agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan.
  4. Bagi wisatawan, jika membawa barang pribadi disarankan untuk dijaga agar tidak terjadi kehilangan. Karena jika ada kehilangan maka itu bukan tanggungjawab pihak pengelola.
BacaJuga:  10 Gambar Curug Cibeureum Cianjur, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Total Ketinggian, Villa di Sekitar + Rute Jalan Menuju Wisata
Tempat Wisata Pantai Cijayana Garut, Foto: wisata-tanahair.com

Liburan adalah bagian penting dalam upaya menghilangkan penat setelah bekerja. Jika Anda merencanakan liburan, maka Pantai Cijayana bisa menjadi aternatif, karena rasanya tidak lengkap jika ke Garut tapi tidak berkunjung ke tempat ini. Demikianlah artikel informatif terkait area wisata Cijayana yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga semua informasi dalam artikel ini membantu Anda menemukan area wisata sebagai tujuan liburan bersama dan keluarga. Selamat menikmati liburan.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.