Harga Tiket Masuk Pantai Cijeruk Indah Garut + Penginapan di Lokasi

Diposting pada
Pantai cijeruk indah garut penginapan kabupaten jawa barat lokasi harga tiket masuk map kota tasikmalaya dimana alamat hotel foto wisata rute ke gambar jalan menuju letak peta obyek tempat sancang
Pantai Cijeruk Indah Garut, foto: wisatapriangan.co.id

Lokasi: Sagara, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44176
Map: KlikDisini
HTM: Rp.6.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-17.00
Telepon: –

Bagi anda yang ingin berlibur pada akhir pekan terutama beraktivitas di sekitar jakarta atau jawa barat, ada rekomendasi dari salah satu keindahan alam  untuk dikunjungi. Tempat ini  belum begitu terjamah oleh wisatawan, termasuk pengunjung dari kota terdekat. Kondisinya masih sangat asri dan lumayan indah. Tempat ini bernama pantai Cijeruk Indah.

salah satu daya tarik dari pantai, foto: alamceria.com

Berbeda dari yang lain, ada keunikan tersendiri hanya dimiliki oleh pantai itu. Ciri khas  inilah daya tarik utama kawasan pantai dalam wilayah Garut tersebut.  Anda bisa melihat dua warna air laut yang berbeda. Terutama air laut  dekat dengan muara sungai. Pada pesisir laut, airnya berwarna biru. Namun, jika diperhatikan  air laut  dekat muara, warnanya adalah hijau kecoklatan

Pantai cijeruk termasuk kawasan dengan kondisi cukup aman. Terutama, bila pengunjung ingin bermain pasir, ombak dan berenang. Kondisi pantainya dengan kemiringan lumayan landai membuat aktivitas di lokasi tergolong  tidak begitu berbahaya. Meskipun begitu, sikap waspada juga perlu diperhatikan ketika berada di lingkungan alam seperti ini

Rute Menuju Lokasi Pantai Cijeruk indah

keindahan alam sekitar pantai, foto: bisnisbandung.com

Akses ke lokasi Cijeruk indah dari kota Garut lumayan jauh. Jika diperkirakan, jaraknya ke arah selatan adalah 108 kilometer. Kawasan  ini berada di Desa Sagara dan Pameungpeuk yang masuk ke dalam wilayah kecamatan Cibalong.

Bila pengunjung menggunakan kendaraan umum, mereka bisa menaiki bus mengarah ke Pameungpeuk dari Garut atau Bandung. Kemudian pengunjung bisa menggunakan ojek atau angkutan khusus pedesaan untuk beranjak ke kawasan Cijeruk indah. Agar  lebih hemat waktu dan biaya,  sebaiknya mereka menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau pun mobil  roda empat ketika berkunjung kesini.

BacaJuga:  Berpetualang ke Rumah House The Hobbit Bogor
Pesona yang dimiliki oleh tempat wisata, foto: tempat.co.id

Selain itu,  Kendaraan umum menuju pantai Cijeruk indah belum begitu banyak. Anda tidak akan puas untuk bermain jika harus menyesuaikan diri dengan ritme kendaraan umum. Karena itulah, bawa kendaraan sendiri atau disewa  lebih disarankan.

Untuk rute menuju lokasi, anda  cukup mengarahkan kendaraan pribadi menuju arah timur kota Pameungpeuk. Sekitar setengah jam kemudian plang yang merupakan pintu masuk Pantai cijeruk indah akan terlihat. Jika wisatawan ingin kepastian lokasinya, mereka bisa melihat google map karena letak pantai Cijeruk indah sudah di tandai di sana.

Tarif masuk Pantai Cijeruk indah

salah satu spot foto menarik, foto: tempat.co.id

Pantai Cijeruk indah masih tergolong kawasan terpencil dan alami. Karena itulah, pengunjung bisa menikmati pantai ini tanpa perlu membayar untuk tiket masuk. Pemerintah Garut belum menetapkan tarif khusus bagi wisatawan. Tapi, anda harus membayar biaya untuk parkir kendaraan seperti tarif biasanya.

Meskipun tidak pakai tiket masuk, lama waktu berkunjung ketika di pantai dibatasi dari pukul  tujuh pagi sampai dengan jam lima sore oleh penduduk sekitar. Ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Jika anda punya kegiatan berhubungan dengan alam seperti berkemah dengan teman-teman, laporlah terlebih dahulu kepada penduduk yang bertanggung jawab atas wilayah ini.

Keindahan Pantai Cijeruk indah

jalan menuju lokasi pantai, foto: jalurmudik.com

Sesuai namanya, pantai Cijeruk memang sangat indah. Ketika masih diperjalanan pun, anda akan terpaku dengan pemandangan yang disuguhkan  oleh alam.  Ada perkebunan karet yang terjaga dan membuat matamu terbuka untuk menikmatinya.

harga tiket masuk, foto: digarut.com

Kawasan Cijeruk Indah memiliki pasir berwarna cokelat dengan tekstur yang halus. Ketinggian gelombangnya hanya mencapai 1 meter dengan kondisi daratan landai sampai ke laut. Karena itulah, tempat ini tidak akan membuat anda terlalu takut, apalagi harus melepaskan anak-anak untuk berenang.

BacaJuga:  7 Info Penting Sebelum Pergi ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Pantai Cijeruk termasuk lingkungan alam perawan dengan kondisi sekitar lumayan bersih. Meskipun pencemaran oleh sampah ada. Namun, pencemaran ini tidak begitu banyak karena pantai tidak  terlalu ramai dan lokasinya tak mencolok alias tersembunyi.

keindahan sunset di sekitar tempat wisata, foto: sportourism.id

Di area ini, hidup berbagai hewan laut. Diantaranya  yaitu ikan tenggiri,  cangkel, hias, siput, kerang dan sebagainya. Keberadaan hewan bersirip ini bisa dijadikan alasan untuk penggemar kegiatan memancing. Selain itu, populasi rumput laut bisa dijadikan hiburan menarik untuk disaksikan.  Tumbuhan ini lumayan banyak hidup di kawasan Cijeruk Indah.

Hal paling menarik yang  anda lakukan ketika berada di pantai adalah berburu sunset. Kegiatan tersebut  juga berlaku disini  seperti kebanyakan pantai lain. Suasana asri dan alami membuat tempat ini cukup bagus untuk dijadikan obyek fotografi.

Pada hari libur, anda bisa menikmati aktivitas berperahu. Pengalaman menarik ini bisa menjadi kenangan untuk dibawa pulang. Para nelayan akan meminjamkan perahunya untuk digunakan oleh pengunjung. Tentu saja mereka  harus mengeluarkan biaya sewa untuk mencoba pengalaman ini.

salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata, foto: kendyferdian.files.wordpress.com

Meskipun pantai ini boleh dinikmati sepuasnya dan belum ada pengaturan resmi dari pemerintah, tapi ada beberapa fasilitas  bisa anda gunakan. Misalnya toilet umum, tempat parkir, dan mushalla. Jika anda ingin menikmati kawasan ini lebih lama, termasuk menikmati keindahan pantai yang terdapat di Garut  lainnya, pesanlah  penginapan atau hotel terlebih dahulu sebelum kesini.

Banyaknya obyek wisata di Garut yang mulai diminati oleh masyarakat membuat pengusaha hotel atau penginapan melirik tempat ini dengan biaya cukup bervariasi. Lokasi penginapan dari pantai ini lumayan jauh, paling dekat sekitar 200 meter.

keunikan yang dimiliki oleh pantai cijeruk indah, foto: seputarwisata.com

Kebanyakan hotel dan penginapan di sekitar kawasan pantai Cijeruk indah berada di jalan Miramere. Anda bisa menggunakan google map untuk mencari hotel dan penginapan yang cocok untuk berlibur di akhir pekan ke area ini.

BacaJuga:  5 Tempat Rental Motor Murah Paling Terkenal di Lembang dan Sekitarnya

Sebagai tips ketika berkunjung, sebaiknya anda menyediakan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, termasuk makanan dan minuman. Karena pantai ini sepi, anda belum tentu menemukan orang yang menjual makanan dan minuman. Meskipun ada, hanya sedikit yang akan anda temukan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.