Lokasi Pantai Cipanarikan Ujung Genteng Sukabumi, Peta Letak Jawa Barat

Posted on

Lokasi: Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: Senin – Minggu 08.00–20.00 WIB
Telepon:

foto by kawanjelajah.com

Bagi Anda yang bermukim di wilayah Jakarta dan ingin berlibur, daerah Sukabumi tentunya bisa menjadi pilihan alternatif bila Anda bosan berlibur ke Puncak.

Sukabumi sendiri ternyata memiliki cukup banyak tempat objek wisata sangat indah dan tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Selain itu wilayahnya yang sejuk dan berada di dataran tinggi sangatlah cocok untuk menenangkan pikiran.

Sukabumi juga terkenal dengan makanannya yaitu mochi. Makanan ini dibalut dengan tepung manis dengan tekstur lembut yang diisi dengan berbagai rasa, hal tersebut membuat mochi ini sangat lezat.

Bagi anda yang berkunjung ke Sukabumi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh mochi. Tentunya karena biasanya mochi lezat dan enak ini hanya ada di daerah Sukabumi saja.

Selain mochi, Sukabumi juga terkenal dengan cemilan manisan palanya yang sangat lezat serta manis. Membuat orang yang memakannya akan merasakan hangat di tenggorokan.

foto by resepbuntik.com

Dengan posisi daerah sukabumi masih asri alami membuat tempat ini banyak dijadikan sebagai objek wisata bagi para masyarakat. Sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung ke daerah ini.

Selain memiliki banyak sekali pemandangan alam yang sangat menyegarkan pandangan, Sukabumi juga memiliki banyak Pantai karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Salah satu pantai yang memiliki banyak keindahan alam di Kota Sukabumi adalah Cipanarikan.

Pantai Cipanarikan, Sukabumi

Lokasi Pantai Cipanarikan ini terletak di Gunung Battu, Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat 43176, Indonesia.

foto by teluklove.com

Objek Wisata Pantai Cipanarikan Sukabumi masih terletak kedalam rangkaian pantai di Pelabuahan Ratu, atau lebih tepatnya di bawah wilayah Ujung Genteng.

BacaJuga:  10 Gambar Objek Wisata Cibulan, Harga Tiket Masuk, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Fasilitas di Dalam Area + Jam Buka Tutup c. 800

Pantai Cipanarikan merupakan muara yang berasal dari sungai Cipanarikan dengan air berwarna hijau serta memiliki pantai cukup luas. Muara tersebut sering disebut dengan nama Muara Pantai Cipanarikan.

foto by marijelajahindonesiaku.com

Muara Cipanarikan secara Geografis terletak di sebelah barat Pantai Pangumbahan. Sehingga jika pada musim penghujan, aliran air ditempat ini akan sedikit deras, akan tetapi pada musim kemarau debit airnya akan menyusut.

Dengan memiliki pemandangan laut membentang indah dan deburan ombak tinggi serta deras, ditambah lagi dengan sebuah hamparan pasir halus juga terdapat sebuah sungai hutan bakau.

foto by sportourism.id

Di Pantai ini memiliki pasir putih dengan tekstur sangat halus, maka apabila kaki anda menginjak pasir-pasir tersebut, setiap langkahan kaki anda akan dibuat tenggelam oleh butiran-butiran pasir. Membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di Muara Cipanarikan.

Pemandangan yang berada ditempat ini akan dapat memanjakan pandangan para pengunjung dapat merileksasikan tubuh mereka karena lelah bekerja serta dapat membuat pikiran fresh kembali dangan menghirup udara segar.

Suasana di pantai ini sangat berbeda dengan suasana di perkotaan, akan memberikan sensasi unik dan tentunya berbeda dengan aktivitas sehari-hari.

Memiliki pemandangan indah dan juga menarik serta tentunya memiliki keindahan alam asri yang tidak ada duanya. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga, sahabat juga kerabat.

foto by youtube.com

Penduduk di sekitaran pantai juga sangat ramah terhadap pengunjung dan saling menghargai satu sama lain.
Meskipun demikian, pantai ini memiliki daya tarik pengunjung cukup tinggi, disertai dengan keindahan yang dimilikinya, namun wisatawan yang datang tidak seramai tempat wisata lain diberbagai tempat.

Sebab jalanan yang harus dilalui objek wisata ini sangat sulit dan memiliki medan cukup sulit untuk ditempuh, sehingga hal tersebut merupakan salah satu kendala bagi para pengunjungnya.

BacaJuga:  Tiket Masuk Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta / Lokasi Bukit Pinus Panyawangan

Pantai Cipanarikan merupakan sebuah surga terindah yang tersembunyi di daerah Sukabumi. Memiliki pantai bersih dan juga luas dapat membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung asing maupun local yang berdatang.

foto by adikristanto.net

Fasilitas Yang Terdapat Di Pantai Cipanarikan

Fasilitas yang dimiliki Objek Wisata ini bisa dibilang cukup memadai serta pelayanan ditempat ini cukup memuaskan. Diantaranya adalah memiliki area parkir kendaraan beroda 2 dan beroda 4.

Selain itu memiliki sebuah mushola yang dapat digunakan umat islam untuk beribadah. Disamping itu, mushola disini terawat dengan baik sehingga pengunjung dapat beribadah dengan nyaman.

Terdapat juga kamar mandi atau MCK. apabila anda ingin bermalam ditempat ini, maka anda dapat menyewa penginapan yang sudah disediakan. Anda dapat beristirahat dengan menyewa beberapa penginapan di jalur Ujung Genteng.

Untuk makanan anda dapat membeli di sekitar tempat ini, karena terdapat rumah makan hidangan laut berjejer di sepanjang Pantai, dengan menawarkan berbagai rasa.

Transportasi Menuju Pantai Cipanarikan

Bagi anda yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Jangan lupa untuk selalu melihat peta atau google maps.

Selain itu anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, angkot dan kendaraan umun lainnya yang dapat mengantarkan Anda ketempat tujuan. Karena memnag di daerah Sukabumi terdapat cukup banyak transportasi umum.

Namun dikarenakan medan jalanan yang sulit untuk ditempuh seperti banyaknya lumpur, maka pengunjung yang datang sering menyewa jasa ojek untuk sampai ke tempat tujuan. Harga yang ditawarkan oleh pengendaraan ojek pun cukup mahal.

Namun harga tersebut memang sebanding dengan medan yang akan dilalaui oleh pengemudi ojek. Harga yang ditawarkan adalah Rp 120.000 per orang tetapi bila Anda pintar menawar, Anda bisa mendapatkan harga lebih rendah.

BacaJuga:  10 Gambar Wisata Kampung Batik Trusmi Cirebon, Jam Buka Lokasi + Alamat Terkenal Dari Daerah

Lintasan medan akan semakin sulit apabila hujan deras turun. Sehingga membuat lumpur akan semakin banyak dan tinggi membuat kendaraan lebih sulit untuk melaju.

foto by imam-alfarisyi.blogspot.co.id

Perjalan dengan menyewa jasa ojek dapat membawa pengunjung ke 2 titik tempat wisata lainnya yaitu Pantai Pangumbahan dan Batu Besar. Selain itu di tempat tersebut terdapat lokasi wahana surfing yang sangat ramai karena dipadati oleh pengunjung.

Tips dan Saran Berkunjung ke Pantai Cipanarikan

Sebelum Anda berkunjung ke pantai Cipanarikan, anda harus mempersiapkan kebutuhan dan keperluan untuk di sana. Jangan lupa untuk membawa barang tambahan seperti membawa kamera pribadi. Sebab disana memiliki spot foto yang cukup bagus dan perlu diabadikan.

foto by instagram.com/sunburstadventure/

Kemudian jangan sampai lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan. Bawalah juga perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, odol dan lain-lain.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Anda juga harus selalu sedia uang lebih untuk keperluan mendadak. Hal terpenting adalah selalu utamakan keselamatan, jangan sampai menggunakan kendaraan pribadi dalam keadaan mengantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.