Cipatujah, Pantai Seribu Pesona di Tasikmalaya

Diposting pada

Lokasi: Desa Sindangkerta, Cipatuah, Tasikmalaya, Jawa barat
Harga Tiket Masuk: Rp.5000 per orang
Jam Buka/Tutup: 24 jam
Map: KlikDisini

foto by instagram.com/rai_putri29/

Pantai Cipatujah merupakan salah satu Pantai yang menarik bagi Anda yang suka menghabiskan waktu untuk berlibur ke pantai.

Dipantai ini Anda bisa merasakan ketenangan dengan suara deburan ombak yang bisa membuat pikiran Anda menjajdi tenang. Lebih menarik lagi, Anda bisa bisa menikmati suasana sunrise maupunsunset yang indah.

Namun, sebelum Anda berlibur ke pantai ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan saat berlibur, jangan sampai liburan Anda terganggu karna Anda lupa membawa barang yang diperlukan, ya.

Lokasi pantai Cipatujah

foto by instagram.com/arindaa03/

Sebagai masyarakat Tasikmalaya, Anda pastinya tahu tentang pantai Cipatuah. Pantai yang memiliki ombak yang cantik ini tentunya tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia.

Pantai yang berlokasi di Desa Sindangkerta, Cipatuah, Tasikmalaya, Jawa barat ini bisa Anda jadikan pilihan untuk bersantai melepas penat bersama teman maupun keluarga sambil menikmati birunya air laut yang membentang luas.

foto by instagram.com/nazrielanes/

Letak pantai Cipatujah yaitu sekitar 74 km jika dari pusat kota Tasik serta 179 km jika Anda dari Bandung.
Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bis dari Teminal Cicaheum dengan Trayek Bandung –Tasikmalaya dan akan dilanjutkan menggunakan bis jurusan Cipatujah setelah sampai di terminal Tasik.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan yang indah dan menikmati lagu mp3 saat menuju Cipatujah, Anda bisa melewati jalan Nagreng setelah kelur jalur tol Cileunyi dan setelah sampai kot tasil Anda tinggal mengikuti trayek yang sedikit berliku.

Legenda pantai Cipatujah

foto by instagram.com/lia_ia_yulianti/

Setiap tempat pasti memiliki legenda yang berbeda, begitu juga dengan pantai Cipatujah. Cipatujah sendiri diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti buhun “Petujah-tujah” atau saling menghantam.

Nama pantai Cipatujah pun berawal dari nama sebuah sungai Cipatujah.

Aliran sungai Cipatujah merupakan dua ujung sungai yang saling menghantam dan menyatu di pantai Selatan dan saat ini menjadi pembatas desa sebelah barat serta sungai Cipanyerang yang membagi kawwasan Desa Ciandum.

foto by instagram.com/yoan_fabian23/

Selain itu, pantai Cipatujah jua memiliki keunikan kisah hingga sekarang yang dipercaya sebagian besar masyarakat sebagai mitos.

Kisah ini memiliki kemiripan dengan kisah-kisah yang ada di pantai selatan lainnya yaitu dahulu terdapat puluhan nelayan setempat menjadi korban karena mengalami kecelakaan hingga dikabarkan bahwa para nelayan tersebut meninggal di perairan samudra Hindia.

Untuk memperingati peristiwa tersebut, maka setiap tahunnya masyarakat yang tinggal disekitar pantai Cipatujah selalu menggelar upacara khusus yaitu hajat laut atau lebih dikenal dengan larung sesaji yang dipercaya untuk penangkal kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

foto by instagram.com/aminsaepudin0505/

Namun, upacara ini tidak terlepas dari permohonan masyarakat kepada yang Kuasa untuk selalu diberikan pertolongan supaya nelayan selalu diberikan keselamatan saat bekerja serta sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan.

Dengan rutinnya diadakan, sekarang kegiatan upacara ini menjadi kegiatan utama yang dilakukan guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai Cipatujah.

Fasilitas di Pantai Cipatujah

foto by instagram.com/rendy.pramandha/

Meskipun pernah terkena dampak karena gempa dan tsunami di tahun 2006 serta mengakibatkan beberapa sarana dan prasarana rusak, tidak lantas membuat pantai Cipatujah kehilangan pesonanya yang indah.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, seluruh fasilitas dibangun kembali agar pantai Cipatujah tetap bisa menjadi tempat wisata bagi masyarakat.

foto by instagram.com/yoan_fabian23/

Alhasil, saat ini di Cipatujah sudah mempunyai tempat makan, resort, toko wisata, hotel yang letaknya dekat dengan pantai, sehingga bisa menambah kenyamanan Anda saat berkunjung ke pantai ini.

Lokasi yang Anda bisa gunakan jika ingin lebih lama menikmati pantai Cipatujah adalah dengan memilih menginap di resort dan hotel dengan kisarn harga antara Rp. 437.500 hingga Rp. 450.000 untuk fasilitas kamar yang standart.

Keunikan pantai Cipatujah

foto by instagram.com/yulia_yunii/

Bagi Anda yang memiliki hobi atau instagramable pantai Cipatujah bisa menjadi salah satu pilihan destinasi foto.
Di pantai ini Anda bisa mengambil gambar dengan pemandangan yang menakjubkan. Keindahan yang ada di pantai Cipatujah ini juga merupakan keunikan yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Dengan luas yang lebih dari 100 hektare tentunya pantai Cipatujah memiliki banyak keunikan seperti banyaknya terumbu karang yang bisa Anda lihat secara langsung sebagai tempat berkembang biaknya ikan-ikan, perkebunan kelapa yang terhampar luas dan subur.

Tiket Masuk Pantai Cipatujah

foto by instagram.com/rendy.pramandha/

Hal yang juga penting bagi para wisatawan ada harga tiket masuk ke empat wisata. Nah, untuk tiket masuk ke pantai Cipatujah ini Anda cukup merogh kocek sebesar Rp.5000 per orang.

Jika Anda berkunjung diwaktu yang tepat, Anda bisa menikmati atraksi balap kerbau yang pasti gratis.
Pantai Cipatujah buka enam hari yaitu senin sampai sabtu selama 24 jam. Jika ingin menginap, Anda bisa menyewa villa yang lokasi tidak jauh dari Pantai.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.