Pantai Dampar, Hamparan Pasir Hitam nan Bersih Belum ada Bintang

Posted on

Lokasi: Gondoruso, Kalibendo, Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67372
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5.000/orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/lumajang_tourism/

Lumajang lagi-lagi menawarkan tempat wisata indah yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Dampar, sebuah tempat menarik yang terletak di desa Bades tersebut menawarkan hamparan pasir hitam dan berdampingan dengan danau.

Inilah keunikannya, jika pantai-pantai lain langsung menghadap hamparan laut lepas, maka tidak begitu dengan pantai Dampar. Tempat wisata ini justru menyajikan pemandangan danau indah yang harus dilewati sebelum mencapai tepian pantai.

Wisata Pantai Dampar

foto by instagram.com/lensanegri_/

Beberapa waktu lalu, sistem pengelolaan pantai Dampar sempat mengalami masalah. Pemerintah dan pengelola setempat melakukan pengaturan ulang untuk para pengunjung. Hal tersebut dilakukan guna mempermudah akses masuk serta pengawasan pantai.

Setelah masalah tersebut berlalu, kini pantai Dampar kembali dengan wajah tak kalah indah. Tak hanya menyajikan hamparan pantai berpasir hitam, tetapi adapula objek wisata lain yang disediakan, seperti berkeliling menggunakan perahu atau berbagai macam kuliner berbahan dasar ikan.

Menikmati angin sepoi-sepoi dari tepian pantai akan semakin lengkap dengan pemandangan di seberang pantai. Dari tempat pengunjung duduk, mereka dapat menyaksikan keindahan pulau Barong yang berada di seberang pantai.

foto by instagram.com/krisma_hudie17/

Pulau Barong sendiri diisi oleh hamparan tebing yang cukup terjal dan tinggi. Mengingat lokasinya yang cukup jauh dari perkotaan, wilayah ini sangat nyaman untuk beristirahat atau bersantai.

Anda takkan mendapat gangguan berupa polusi udara maupun suara yang sangat bising. Sementara anda berleha-leha sambil menyeruput air kelapa, buah hati anda dapat bermain air di tepian pantai.

foto by instagram.com/mistonoabie/

Selain berselancar, banyak pula wisatawan yang berenang atau sekedar bermain air. Puas berenang, mereka umumnya membilas diri di danau Dampar. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan air laut yang terkenal asin dan pekat serta lengket di tubuh.

BacaJuga:  10 Foto Ijen Boulevard di Malang, Tiket Masuk Kawasan Lokasi + Sejarah

Meskipun masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, nyatanya pantai Dampar sudah dilengkapi fasilitas lengkap. Disini terdapat toilet, mushola serta area parkir yang sangat luas, mampu menampung ratusan kendaraan para pengunjung.

Pengunjung yang ingin membilas tubuh dengan air bersih tak perlu khawatir. Fasilitas kamar mandi sudah tersedia dan bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung. Mereka cukup membawa sabun, sampo, dan peralatan mandi lainnya dari rumah.

foto by instagram.com/momyjianraya/

Agar tak terbakar sinar matahari yang cukup menyengat di pantai Dampar, pengunjung dianjurkan membawa tabir surya dari rumah. Bawa pula perlengkapan piknik bagi yang ingin bersantai sembari menikmati makanan buatan tangan dari rumah.

Jangan lupa untuk membawa kamera, supaya anda bisa mengabadikan momen selama di pantai Dampar. Ada begitu banyak spot yang bisa dijadikan latarbelakang pengambilan gambar. Mulai dari pantai berpasir hitam dan bersih hingga pemandangan pulau Barong.

foto by instagram.com/zakydrie/

Pastikan anda tak melupakan perlengkapan pribadi lainnya yang bisa menambah keseruan berlibur disini. Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, jangan sampai meninggalkan surat-surat kendaraan dan identitas diri sendiri.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang tengah bingung mencari tempat wisata yang murah dan terjangkau, bisa mendatangi pantai Dampar di waktu libur maupun weekdays. Pasalnya biaya masuk objek wisata tersebut tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 5.000 per orang.

foto by instagram.com/sofyanbaihaqi079/

Meskipun sangat murah, tapi anda takkan dikecewakan dengan keindahan yang tersaji di depan mata. Masyarakat Lumajang pun tak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota hanya untuk menikmati pemandangan pantai indah guna menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

Pantai Dampar sendiri terbuka bagi umum dan dapat diakses 24 jam. Artinya pantai ini tetap buka sepanjang hari dengan petugas yang berjaga dan mengawas. Jadi, tak perlu takut bagi anda yang ingin datang di malam atau dini hari untuk menghabiskan waktu.

BacaJuga:  10 Gambar Alun Alun Kediri, Letak Peta, Sejarah Legenda + Tempat Wisata di Buat Olahraga?
foto by instagram.com/rizkydanar/

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkeliling dengan perahu di sekitar danau, cukup membayar Rp 5.000 per orang. Dengan biaya tersebut, pengunjung akan diperbolehkan berkeliling danau dalam satu putaran.

Mengingat signifikannya jumlah pengunjung di hari-hari libur, sebaiknya datang di hari biasa. Untuk perahunya sendiri, pemiliki perahu sangat memperhatikan keselamatan penumpang. Setiap perahu hanya memuat 10 – 15 orang saja, tidak lebih dari itu.

foto by instagram.com/sam_kaffin_oi/

Cara tersebut dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Termasuk kecelakaan atau perahu karam di tengah danau. Bisa dibilang para wisatawan terjaga keamanan dan keselamatan selama berwisata ke pantai Dampar.

Rute Menuju Pantai Dampar

Rute ke arah pantai Dampar dari kota Lumajang termasuk gampang ditemukan. Akses yang dilalui sudah sangat mulus dan tak begitu jauh, hanya sekitar 45 km dari pusat kota. Sebagian besar masyarakat Lumajang sudah tidak kebingungan untuk dapat sampai kesini.

foto by instagram.com/echaca536/

Hanya saja wisatawan dari luar kota umumnya akan mengalami sedikit masalah untuk sampai kesini. Jika anda datang dengan kendaraan pribadi, sebenarnya taklah begitu sulit. Cukup gunakan Google Maps sebagai penunjuk arah dan ikuti instruksi yang diberikan.

Wisatawan yang datang menggunakan kendaraan umum juga bisa berlibur dengan sangat mudah kesini. Mereka dapat menumpang bus atau travel dan berhenti di terminal terdekat, termasuk terminal desa Bades. Dari sini cukup bertanya dengan masyarakat sekitar.

Penduduk sekitar akan dengan senang hati memberikan arahan kepada anda untuk sampai ke pantai Dampar.

Sangat mudah bukan untuk wisatawan asing sekalipun mencapai akses pantai cantik yang satu ini?

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.