10 Gambar Pantai Pulau Derawan Island Tour, Kepulauan di Kalimantan Timur

Posted on
Gambar pantai pulau derawan island tour kepulauan di kalimantan timur paket wisata berau open trip penginapan kaltim biaya backpacker maratua labuan cermin dimana keindahan hotel beachindah indonesia murah resort liburan 2017 balikpapan travel water villa paradise danau kakaban honeymoon cara perjalanan bandara cottage lapauta tarakan pesawat cafe peta gusung diving jakarta tempat dive harga dari samarinda sejarah tiket kita utara nabucco airport homestay transportasi akses accommodation lapauta harga snorkeling akhir ini daerah tujuan baru pengalaman objek borneo danau kota travel homestay jalan menuju rute harga tiket masuk alamat lokasi letak peta google map
Pantai Pulau Derawan, Foto: alyamarwa.blogspot.com

Alamat: RT III, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, 77381.
Koordinat Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 821 8926 2599
HTM: Gratis

Kalimantan Timur adalah salah satu kota di Indonesia yang tidak hanya terkenal karena budaya, perrkonomian, dan sejarahnya, tetapi juga sangat populer dari segi pariwisata. Terdapat banyak sekali objek-objek tujuan wisata yang kebanyakan adalah destinasi wisata alam dengan pemandangan yang masih asli, indah, dan perawan. Mulai dari Kepulauan Maratua, Danau Labuan Cermin, Danau Kakaban, Kota Tarakan yang bersejarah, hingga keindahan Pulau Gusung yang bagaikan The Hidden Paradise di KalTim. Sehingga tak jarang banyak pengunjung yang memilih untuk travel ke kepulauan di daerah Borneo ini untuk honeymoon. Salah satu tempat tujuan wisata untuk liburan murah meriah adalah di Pantai Derawan yang akan kita bahas kali ini lebih lengkapnya.

Sekumpulan Ikan di Tepi Pantai, Foto: kompas.com

Pantai Derawan memiliki kecantikan layaknya Pristine Island atau merupakan sebuah julukan untuk kepulauan yang masih terjaga keasliannya. Banyak sekali tour and travel yang menawarkan paket open trip dengan biaya yang murah dimana salah satu destinasi wisatanya adalah Pulau Derawan. Berwisata ke Pantai Derawan tidak hanya menawarkan pengalaman baru yang menakjubkan, tetapi juga wisata sejarah yang seru dan menarik. Pantai Derawan sendiri dikelilingi oleh kepulauan sehingga pasirnya masih berwarna putih bersih dan sangat halus. Warna air lautnya pun sangat bening dan jernih, dengan warna ombak yang berpadu antara biru kehijauan sehingga menyajikan pemandangan cantik yang luar biasa. Pantai Derawan beserta kepulauannya ini sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Snorkeling, Foto: tempatwisataunik.com

Terdapat banyak spot yang dapat digunakan untuk diving, snorkeling, atau menyelam, maka dari itu Pantai Derawan ini cukup terkenal dikalangan backpacker yang berhobi menyelam. Selain itu, wilayah pantai ini juga dekat dari pusat Kota Balikpapan dan Samarinda karena aksesnya yang mudah ditempuh. Karena keindahan alam bawah lautnya ini juga, kepulauan di sekitar wilayah Pantai Derawan sangat banyak diminati untuk penyelaman, banyak terumbu karang dan ikan-ikan langka yang juga dilindungi. Berikut ini beberapa informasi lengkap mengenai fasilitas, tarif dan retribusi untuk masuk ke Pantai Derawan, lokasi persis, hingga rute dan jalan menuju tempat tersebut.

Biota Laut, Foto: telusurindonesia.com

Fasilitas dan Akomodasi

Pemerintah daerah Kabupaten Berau bersama dengan Kalimantan Timur sendiri sedang gencar-gencarnya mempromosikan Pantai Derawan dan kepulauan di sekitarnya sebagai objek wisata andalan. Banyak sekali aktifitas yang dapat dilakukan di tempat wisata eksotis ini selain snorkeling, diving, dan menyelam sambil menikmati keindahan biota bawah lautnya. Pantai ini juga terkenal memiliki penangkaran penyu hijau dimana salah satu kepulauan di daerah dekat Pantai Derawan banyak penyu-penyu yang bertelur. Karena pada dasarnya, kepulauan di Pantai Derawan ini berpotensi memiliki terumbu karang langka, ikan karang, padang lamun, hutan mangrove, kawasan perikanan, dan kawasan konservasi.

Homestay di Pinggir Pantai, Foto: tibberlone.wordpress.com

Kepulauan Derawan ini menjadi ekosistem laut terkaya nomor 2 di Indonesia setelah Raja Ampat di Papua. Karena keindahan alam bawah lautnya, banyak pengunjung yang mengambil foto atau gambar kecantikan terumbu karang di dalamnya. Di tahun 2015 pun, kepulauan ini sendiri pernah dicalonkan ke UNESCO sebagai situs warisan dunia, hingga tahun 2017 sendiri masih dalam proses. Fasilitas water sport disini pun tidak kalah lengkap, wisatawan dapat menyewa peralatan menyelam, banana boat, perahu, jetski, dan peralatan olahraha air lainnya. Sedangkan untuk fasilitas tempat makan, tidak perlu khawatir karena tersedia banyak warung makan murah hingga cafe yang menyajikan hidangan internasional. Salah satunya adalah Restoran Lapauta yang menghidangkan aneka masakan tradisional Kalimantan berbahan dasar seafood.

Pemandangan Sore Hari, Foto: derawanparadise.com

Perihal penginapan sendiri, tidak perlu khawatir karena disini tersedia berbagai macam hotel, resort, villa, homestay, maupun guest house dengan kamar unik yang dapat disewa. Mulai dari high class accomodation hingga yang low budget beach accomodation sekalipun ada di sekitar Pantai Derawan, terdapat juga berbagai macam kamar berbentuk cottage atau bungalows sehingga menyajikan pemandangan yang indah saat menginap. Seperti penginapan Nabucco Island Resort, Maratua Paradise Resort, Derawan Dive Lodge, dan lain sebagainya. Penginapan di tengah laut pun tersedia dimana penyewa dapat langsung scuba dive ke laut langsung untuk berenang atau menyelam.

Berenang Bersama Penyu, Foto: tempatwisatamu.com

Harga Tiket Masuk

Menuju Pantai Derawan, pengunjung tidak perlu khawatir akan harga tiket masuknya atau biaya retribusi memasuki kawasan wisata ini. Karena sebenarnya kapanpun dan dalam rangka waktu apapun untuk mengunjungi objek wisata Pantai Derawan tidak dikenakan tarif atau biaya retribusi apapun. Namun bagi beberapa pengunjung yang membawa kendaraan tersendiri kemungkinan akan dikenakan biaya parkir perkendaraan. Fasilitas parkir ini dapat menitipkan kendaraan di beberapa tempat makan atau penginapan yang ada di sekitar pantai. Sedangkan bagi pelancong yang ingin berkunjung ke beberapa pulau di kawasan wisata Kepulauwan Derawan ini dapat menyewa perahu atau speed boad sebagai cara akhir. Memasuki kawasan pulau sendiri tidak dikenakan biaya apapun, tetapi untuk penyewaan speed boad menuju pulau dikenakan harga sekitar Rp. 80.000 hingga Rp. 100.000 perorangnya. Sebenarnya banyak sekali paket wisata di tour and travel yang menawarkan liburan di kepulauan Derawan ini dengan harga murah ala backpacker. Biasanya dari harga tersebut juga sudah termasuk akomodasi, makan, dan transportasi.

Sunrise yang Indah, Foto: wijayaryputu.wordpress.com

Letak dan Lokasi

Jika dilihat dari peta Google, akan nampak jauhnya perjalanan dari Jakarta menuju Kalimantan Timur, tentunya harus menaiki pesawat untuk lebih cepatnya. Secara administratif, Pantai Derawan sendiri berada di pulau yang juga memiliki nama yang sama, yakni di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan ini sendiri memiliki tiga kecamatan atau lebih tepatnya berada di tiga kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Pulau Derawan, Kecamatan Maratua, Kecamatan Biduk Biduk, dan Kecamatan Berau. Sedangkan kepulauan ini memiliki sedikitnya empat pulau utama yang eksotis dan dijadikan destinasi wisata bahari dan wisata alam terfavorit disini. Empat pulau tersebut adalah Pulau Maratua, Pulau Derawan dimana Pantai Derawan berada, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban tempat penangkaran penyu hijau dan penyu sisik bertelur. Untuk letak geografisnya sendiri jika dilihat, kepulauan ini berdekatan dengan Kalimantan Utara walaupun berada di Kalimantan Timur.

Transportasi Laut, Foto: fimela.com

Rute Menuju Pantai Derawan

Cara menempuh jarak ke Kepulauan Derawan sendiri akan lebih mudah apabila perjalanan dimulai dari Kota Tanjung Redeb yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Berau, dan Kota Tarakan. Bila dari Bandara Soekarno Hatta sendiri pilihlah tiket penerbangan arah Jakarta ke Tarakan Airport dimana nantinya pelancong akan transit di Balikpapan terlebih dahulu. Setelah sampai di Kota Tarakan, pengunjung bisa menuju Pelabuhan Sengkawit Tanjung Selor menggunakan rute laut maupun darat. Harap diketahui bahwa pemilihan jalur laut harus didukung dengan stamina dan fisik yang kuat dan persiapan yang matang. Sampai di Tanjung Selor sendiri akan ada banyak kendaraan yang menawarkan menuju Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Sepanjang perjalanan tidak perlu khawatir jalanan yang tidak rata karena nyatanya jalanan disini sudah beraspal dan halus.

Dermaga Pantai Derawan, Foto: intaninchan.wordpress.com

Sesampainya di Tanjung Redeb, pelancong masih belum bisa menghela nafas lega karena perjalanan masih akan berlanjut. Dari Terminal Tanjung Redeb sendiri, wisatawan bisa naik kendaraan menuju Tanjung Batu yang merupakan sebuah pelabuhan. Melewati jalanan lintas Kalimantan, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan belantara yang rimbun serta perkampungan Suku Dayak yang masih sangat tradisional disini. Setelah mencapai Pelabuhan Tanjung Batu barulah disini pengunjung bisa menaiki kapal atau perahu menuju Kepulauan Derawan untuk menuju Pantai Derawan. Perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan, namun semua itu terbayar lunas saat mengunjungi Pantai Derawan dengan segala keindahan dan kecantikan alamnya yang luar biasa menakjubkan.

One thought on “10 Gambar Pantai Pulau Derawan Island Tour, Kepulauan di Kalimantan Timur

  1. Sayang sekali, paulau indah ini sebenarnya telah sekarat. Keindahan dan kecantikannya mulai tergerus waktu karena beban yang dipikulnya.
    Dari pengamatan sepintas terlihat jelas bahwa pulau Derawan sebenarnya “over populated”, ini terlihat jelas dari rasio jumlah jiwa terhadap luas wilayah yg telah melampaui batas wajar. Indikasi lainnya adalah jumlah sampah baik organik maupun plastik yg telah menimbulkan masalah. Indikator bahwa perairan pesisir pulau Derawan telah tercemar limbah organik dan detergen adalah makin banyaknya hewan landak laut dari jenis Diadema.
    Bila kita ingin mengagumi derawan dan mewariskannya menjaganya untuk generasi selanjutnya, maka sudah saatnya upaya pengelolaan dengan mempertimbangkan aspek kerentanan perlu segera dilakukan…
    Mari peduli….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *