10 Pantai di Ancol Ini Cukup Asyik Buat Dikunjungi

Diposting pada
Rate this post

Taman Impian Jaya Ancol yang terletak di wilayah Jakarta Utara sudah lama terkenal sebagai ikon wisata. Wahana taman bahari dan wisata ria tersebut sangat bagus dikunjungi bersama keluarga.

Tak hanya di hari minggu, di setiap saat kawasan indah ini pun selalu ramai pengunjung baik itu pagi, siang, sore ataupun malam hari. Bisa dibilang area nongkrong yang tidak pernah sepi.

Merujuk keteranganWikipedia, sejarah berdirinya kawasan ini bermula dari keinginan Pemda DKI yang ingin membangun sebuah tempat rekreasi terpadu untuk warga kota Jakarta.

Dan alhasil dibangunlah fasilitas wisata di wilayah Ancol. Namun selain itu, sebenarnya masih ada beberapa objek wisata lainnya yang menarik dikunjungi di sekitar kawasan ini yakni pantainya.

Tanpa panjang lebar, langsung saja ya kita cari tahu apa aja sih nama pantai terdekat ke Ancol ini dan berapa biaya tiket masuk yang harus dibayar. Nah, berikut adalah daftar info lengkapnya.

1. Ancol Beach City (ABC)

foto by twitter.com

Alamat: Jln.Lodan Raya, Pandemangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Sebagai kawasan wisata terpadu yang sudah di reklamasi, pantai Ancol tidak hanya menyuguhkan keindahan alam bahari pesisir utara kota Jakarta saja.

Berbagai wahana serta tempat hiburan juga disediakan di dalam kawasan wisata tersebut mulai dari Dunia fantasy(dufan), Ocean Ecopark,Seaworld, Atlantis Water advanture hingga daratan buatan.

Namun sayangnya, kawasan ini pernah hampir ditutup sementara karena terjadi kerusakan laut yang disebabkan kawasan pantainya kotor dan tercemar menyebabkan banyak ikan pada mati sehingga wisatawan tidak bisa mancing.

BacaJuga:  15 Restoran di Taman Anggrek Jakarta Enak Murah Favorit

Berbicara mengenai Ancol, tak hanya Jakarta yang punya, beberapa kota di Indonesia juga memiliki kawasan mirip seperti tempat terpadu ini misalnya Mempawah di Kalbar dan Seluma di Bengkulu

2. Karnaval

foto by ihategreenjello.com

Alamat: Jln.Lodan Raya, Pandemangan, Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Menurut review Wiki, Pantai Carnaval ini adalah bagian dari kawasan rekreasi terpadu Taman Ancol dan sudah menjadi destinasi wisata keluarga dari tempo jaman dulu sampai sekarang.

Suasana yang bersih dihiasi dan ditanami sejumlah pohon rindang di sekitar area, membuat tempat ini sangat cocok buat jogging sembari menikmati keindahan alam bahari.

Mengambil lokasi di sebelah Pantai Indah Ancol, kedua bahari tersebut menyediakan banyak tempat untuk berwisata kuliner baik itu restoran ataupun cafe mirip spot Lateng di Banyuwangi.

3. Ria

foto by exploretempatwisata.blogspot.com

Alamat: Jln.Lodan Raya, Pandemangan, Kab.Jakarta Utara, DKI Jakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Saat masuk melalui gerbang timur Ancol, pengunjung pertama kali akan disambut dengan sebuah view bahari yang sangat cantik dari pantai Ria.

Dengan didominasi oleh hamparan pasir putih dan sejumlah pohon kelapa menjulang tinggi menawarkan kesejukan, membuat area tersebut sangat cocok buat destinasi wisata keluarga.

Bahkan kawasan tersebut telah dilengkapi dengan sebuah arena permainan untuk anak-anak yang unik mirip kapal terdampar dimana didalamnya ada seluncuran dan juga jembatan berwarna-warni.

Namun sayangnya, di area ini pengunjung tidak disarankan untuk berenang karena kawasannya tergolong curam tapi sebagai gantinya kita bisa jogging ataupun bersepeda santai disini.

4. Beach Pool (Lagoon)

foto by tripadvisor.ca

Alamat: Jln.Lodan Raya, Pandemangan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Objek wisata yang terdapat di sebelah kanan pantai Ria ini, topografinya cukup landai. Di kawasan inilah biasanya pengunjung ataupun anak-anak senang menyalurkan hobi renang mereka.

BacaJuga:  Liburan Anak Sambil Menyelam di Pulau Pramuka? Coba Deh!

Saat weekend dan hari libur seperti lebaran tiba, sekitar pinggir pantai ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan yang hendak berjemur sembari mengawasi anak-anak mereka bermain di atas ban warna-warni.

5. Bende

foto by metro.tempo.co

Alamat: Jln.Lodan Raya, Pandemangan, North Jakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Nah tidak jauh dari pantai Ria juga terdapat sebuah bahari kecil dengan jembatan kayu, dimana bentuknya dibangun melengkung ke arah pendopo yang mengapung megah di tengah laut.

Memiliki jembatan dermaga cinta sebagai ikonnya, bahari romantis tersebut sangat rekomendasi buat pasangan yang ingin melakukan sesi foto prewedding ataupun untuk acara wedding party.

Selain itu, menikmati sunset elok di dermaga cinta ini akan menjadi pengalaman paling berkesan. Spot jembatan gembok cintanya yang indah dengan latar langit berwarna kemerahan tentu akan menjadi background bagus untuk mendapatkan foto, gambar ataupun video keren.

6. Indah Ancol

foto by jakarta.panduanwisata.id

Alamat: Jln.Lodan Raya, kec.Pandemangan, Jakarta Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Selain menyediakan aneka macam wisata kuliner, bahari satu ini juga populer karena dekat ke mall dan hotel Mercure yang berdiri megah di pinggir pantai.

Pesisirnya yang cukup luas membuatnya kerap dijadikan sebagai lokasi untuk berbagai festival. Bahkan di area tersebut telah dibangun sebuah panggung musik buat memfasilitasi berbagai acara.

7. Festival

foto by jakarta.panduanwisata.id

Alamat: Jln.Lodan Raya, Pandemangan, Kab.Jakarta Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Beralih ke pesisir barat Ancol, kita bisa menuju pantai Festival dihiasi dengan dermaga kayu kokoh yang mana dibangun melintang di bibir baharinya agar memudahkan pengunjung menikmati keindahan lautnya.

Dan disini pengunjung juga bisa berfoto di spot favorit berupa jembatan kecil yang mengarah ke dermaga atau menaiki gondola untuk melintasi Ancol Jakarta Bay City.

BacaJuga:  Mau Backpacker Ke Pulau Pantara? Baca Ini Dulu

8. Marina

foto by mapio.net

Alamat: Jln.Lodan Raya, Kec. Pandemangan, Kab.Jakarta Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.25.000

Nah, kalau pantai Marina ini sebenarnya merupakan pelabuhan kecil tempat bersandarnya kapal pesiar ataupun pribadi dan area tersebut terkenal cukup angker.

Biasanya pengunjung yang ingin menyeberang ke Kepulauan Seribu menyewa kapal berbagai ukuran di area ini. Selain itu, kawasan tersebut juga menjadi spot foto prewedding paling populer di Jakarta.

Dan untuk menuju kawasan wisata terpadu ini, pengunjung dapat naik kereta(KRL), sepeda motor, busway ataupun kendaraan pribadi.

9. GOR

foto by wisatajabodetabek.wordpress.com

Alamat: Jln.R.E Martadinata No.02, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Meski tak secantik Carita Anyer atau pantai Cermin di Lubuk Pakam Deli Serdang kota Medan dan Lumban Bulbul di Balige, tapi bahari terdekat ke Ancol bernama GOR ini juga kerap dijadikan sebagai destinasi wisata oleh masyarakat ibukota khususnya Jakarta Utara.

10. PLTU

foto by youtube.com

Alamat: Jln.Ketel, Kalijapat, Ancol Timur
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Dan satu lagi kawasan terdekat ke Ancol yang menyajikan bahari cantik adalah pantai PLTU, salah satu destinasi wisata murah di sekitar Jakarta.

Tidak hanya menyediakan panorama bahari, kawasan tersebut juga telah dibekali penginapan baik itu hotel, resort ataupun villa sebagai akomodasi bagi para wisatawan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.