10 Daftar Pantai di Sekitar Kabupaten Cianjur Yang Terbaik

Diposting pada

Cianjur adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal memiliki wilayah membentang luas, maka tak heran jika kota satu ini memiliki beragam destinasi wisata menarik.

Salah satu dari sekian banyaknya objek wisata di Cianjur yang cukup bagus untuk dikunjungi dan pastinya sangat disukai semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa yakni destinasi baharinya.

Sejumlah pantai di sekitar kota Cianjur ini menawarkan pesona dan pemandangan yang juga tak kalah indah bila dibandingkan dengan bahari-bahari di daerah lainnya.

Nah, berikut ini adalah sederet daftar nama pantai terbaik di sekitar Cianjur yang memiliki panorama terindah dan sangat sayang untuk dilewatkan dengan begitu saja.

1. Jayanti

foto by pantai99.blogspot.com

Alamat: Ds.Cidamar, Cidaun, Cianjur Selatan, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000(motor), Rp.15.000(mobil)

Tempat wisata bertema bahari pertama yang terkenal di daerah Cianjur dan merupakan destinasi paling wajib untuk dikunjungi adalah pantai bernama Jayanti di desa Cidamar.

Memiliki ciri khas dengan ombak dan batu karang besar serta pemandangan sunsetnya juga begitu indah kala sore hari, membuat bahari Jayanti tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Namun tak seperti beberapa bahari pada umumnya, butir pasir di pantai yang terkenal angker ini warnanya tidak putih melainkan hitam kecoklatan bersih tapi tetap menawan.

Bila ingin menginap, kita tak perlu khawatir sebab di sekitar lokasi Jayanti ini ada banyak tersedia penginapan dan juga rumah warga yang disewakan dengan kisaran harga sekitar Rp.50.000 /malam.

2. Apra

foto by pantainesia.com

Alamat: Ds.Saganteng, Kec.Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.2000-Rp.5.000

BacaJuga:  6 Pesona Geopark Ciletuh Sukabumi, Rugi Kalau Tidak Kesini

Selain sebagai muara sungai Cisadea, pantai Apra yang berada di desa Saganteng ini juga termasuk tempat wisata favorit, tak hanya masyarakat setempat namun juga wisatawan dari luar kota.

Berselancar, menikmati keindahan sunset, berenang hingga berwisata sejarah adalah beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke sini.

Apabila sedang mujur, di spot ini kita juga dapat menyaksikan langsung semacam festival khusus yang diisi dengan berbagai acara seperti pagelaran seni, bazar kuliner dan lain sebagainya.

3. Ciwidig

foto by metromedianews.co

Alamat: Kertajadi, Cidaun, Cianjur, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Berada di kawasan milik hutan perum Perhutani KPH Cianjur, objek wisata bahari Ciwidig ini hadir menyajikan keindahan pantai dengan pohon jati di sekelilingnya.

Tak hanya pohon jati, adanya sejumlah pohon pinus di sekitar lahan parkir juga menjadikan suasana semakin sejuk dan asri, sehingga sangat wajar bila banyak wisatawan betah berlama-lama disini.

4. Lugina

foto by suarajabarsatu.co

Alamat: Ds.Wanasari, Keacamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Objek wisata bahari selanjutnya yang juga menawarkan panorama cantik dapat kita temukan di desa Wanasari kecamatan Agrabinta, yakni pantai bernama Lugina.

Dengan letak masih sangat tersembunyi dan jauh dari jamahan, membuat suasana di sekitar lokasi tersebut sangat asri. Sangat cocok buat mereka yang mencari ketenangan bernuansa alami.

Meskipun lokasinya cukup tersembunyi dan belum begitu dikenal oleh para wisatawan, namun bukan berarti pantai Lugina ini tak memiliki potensi menarik ya.

Salah satu andalan yang ditawarkan oleh spot satu ini adalah pemandangan matahari terbenam dari tempat ini begitu indah dan menawan kala senja tiba.

5. Karang Potong

foto by youtube.com

Alamat: Desa Saganten, Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jama Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

BacaJuga:  10 Foto the Jungle Fest di Bogor, Harga Tiket Masuk + Alamat Lokasi Wisata Nirwana Residence

Karena terletak di balik bukit Aseng, pantai Karang Potong yang berada di desa Saganten ini pun kini dijuluki sebagai salah satu surga tersembunyi kota Cianjur.

Meski tak begitu dikenal banyak orang, tempat tersebut menjadi salah satu spot paling bagus untuk melihat pesona keindahan matahari terbenam kembali ke peraduannya di ufuk barat.

Tempatnya yang bersih dan belum seramai pantai lainnya di Cianjur membuat kelestarian kawasan tersebut masih terjaga dari tangan usil para pengunjung.

Selain itu, keasrian alam yang ditawarkan oleh objek wisata bahari satu ini juga menjadi obat paling tepat untuk melepas kepenatan dari segudang aktifitas sehari-hari.

6. Cipanglay

foto by buttamaulana.blogspot.com

Alamat: Ds.Cidamar, Cidaun, Cianjur, Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Karena lokasinya yang tersembunyi, pantai di desa Cidamar kecamatan Cidaun ini pun memiliki alam cukup asri dan udara juga masih belum tersentuh oleh polusi apapun sehingga cenderung sejuk.

Tak hanya menawarkan view sunset, bahari Cipanglay ini juga menyuguhkan pesona matahari terbit begitu memukau bagi siapa saja yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Ditambah lagi, Cipanglay ini sendiri merupakan objek wisata terdekat ke pantai Jayanti. Jadi, ibarat katanya, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

7. Sarongge

foto by google.com/maps/place/Pantai+Sarongge+Mekarsari+Cikalongkulon+Cianjur

Alamat: Ds.Mekarsari, Cikalongkulon, Cianjur Jawa Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: 0878 1991 8686

Bahari selanjutnya yang juga masih tersembunyi dan belum banyak diketahui orang adalah pantai Sarongge di desa Mekarsari kecamatan Cikalongkulon dekat Wana Wisata Cirata Jangari.

Tidak hanya menyuguhkan panorama cantik, bahari Sarongge tersebut juga menjadi tempat paling cocok untuk menyalurkan hobi berenang ataupun hunting foto keren dengan latar view laut.

BacaJuga:  Liburan Akhir Pekan di Puncak, Hangatkan Tubuhmu di 6 Tempat Ngopi Ini Yuk!

Bagi yang hobi mancing, objek wisata Sarongge ini juga termasuk sebagai salah satu tempat pemancingan terbaik favorit masyarakat sekitar lho.

8. Maleber

foto by indonesiaindah.web.id

Alamat: Jln.Perk, Maleber, Ciherang, Kec.Pacet, Kab.Cianjur, Jawa Barat
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Menikmati pemandangan alam rekreasi terbuka, berkeliling naik perahu, memancing atau sekedar jalan santai di sekeliling pantai adalah sederet hal menyenangkan yang ditawarkan bahari Maleber.

Meski tak sepopuler pantai Indrayanti, bahari cantik yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota ini tak hanya menyajikan pesona alam namun juga telah didukung dengan berbagai fasilitas memadai.

9. Rancabuaya

foto by willylandscape.blogspot.com

Alamat: Desa Purbayani, Kec.Caringin, Garut
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000
No.Telp: (022)7273 209, 7103 605

Meskipun berada di wilayah Garut, namun pantai Rancabuaya ini termasuk sebagai salah satu bahari indah terdekat ke Cianjur dan merupakan objek wisata favorit juga di kota tersebut.

Keindahannya juga tak kalah dengan bahari lainnya. Penasaran kan? Nah, untuk melihat bagaimana pesonanya, silahkan aja cek sendiri di youtube ya.

10. Ciujung Beach

foto by youtube.com

Alamat: Ds.Jayagiri, Sindangbarang, Cianjur
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Pantai Ciujung ini yang sebenarnya terletak di desa Gardu Cidaun ini termasuk sebagai salah satu objek wisata baru lho di kota Cianjur.

Saat berkunjung ke Cianjur, tak ada salahnya kita mengajark keluarga mampir sebentar ke lokasi Ciujung beach tersebut untuk sekedar menyejukkan mata.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.