12 – 20 Destinasi Wisata Alam, Pantai dan Curug di Cirebon Yang Bagus Indah

Posted on
Pantai di cirebon kejawanan ade irma losari destinasi wisata curug alam yang bagus photos hotel dekat jadi pengobatan tempat ada sosro jawa barat indah pasir putih terindah nama sekitar baru kabupaten ambulu alamat baro bali berada yg daerah daftar gebang glayem tepi indramayu kota kesenden keren laut lokasi mundu mancing objek pelabuhan pesisir pangandaran pinggir penginapan rekreasi sawarna tirtamaya tpi terkenal terbaik utara wilayah waterland 3 kuningan maja putri bangkong baligo cilengkrang cigetruk cipeuteuy sidomba cibuntu ciputri ciranca dukupuntang kedondong pelangi palutungan sawer sabuk terdekat wetan 2018 dan sekitarnya majalengka obyek
Pantai Kejawanan Cirebon Dengan keindahan Sunset, Gambar: PintuWisata.com

Baca Halaman Sebelumnya, Klik: 6 – 11 Wisata Kolam Renang di Cirebon Angker?

12. Pantai Kejawanan

Lokasi: Desa Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk
Map: Klik Disini
Harga Tiket Masuk: Rp. 2.000
Jam Operasional: 24 Jam

Pantai Kejawanan (foto: rebon.org)

Duduk di pinggir pantai Kejawanan pada sore hari sambil menikmati sunset di ufuk Barat yang menebarkan warna keemasan, akan menghadirkan romantisme tersendiri dalam hati.

Pemandangan pantai dengan laut biru berlatar belakang Gunung Ciremai juga menjadi sajian yang memanjakan mata di setiap waktu serta merupakan objek yang menarik untuk diabadikan ke dalam bahasa gambar.

Jika ingin mencoba diombang-ambingkan gelombang, perahu nelayan yang bersandar di pantai tersebut dapat disewa sewaktu-waktu  seharga hanya Rp.20.000.

Dengan ongkos sewa yang murah tersebut, Anda akan dibawah ke tengah laut oleh pemilik perahu sejauh kurang lebih 1 km.

13. Curug Sawer

Lokasi: Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Majalengka, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

Curug Sawer (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.co.id)

Berada di ketinggian 900 – 1300 meter dpl dan dilingkupi oleh hutan belantara membuat Curug Sawer jarang terjamah manusia. Itu sebabnya kondisi alam sekitar masih indah alami dengan air yang jernih dan tidak terkontaminasi oleh sampah.

Curug Sawer terdiri atas 5 curug pertama dan kedua lokasinya tidak terlalu tinggi namun sulit untuk dijangkau karena medannya yang curam.

Curug ketiga dipenuhi pohon-pohon besar dengan dinding curug berupa batuan keras dan cadas yang kerap digunakan untuk olahraga panjat tebing, sementara daerah di sekitarnya dimanfaatkan sebagai camping ground.

Curug keempat dan kelima lokasinya berdekatan dengan areal yang luas dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah, terutama pada saat kabut menyelimuti lembah.

Curug Sawer menjadi sangat istimewah, karena tempat ini dijadikan tempat bersarang salah satu binatang langka yang dilindungi yaitu Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi).

Selain itu juga terdapat vegetasi Pohon Jamuju (Podocarpus Imbricata) yang umumnya tumbuh di ketinggian 1000 meter dpl.

14. Curug Putri

Lokasi: Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp.5.000
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

BacaJuga:  Jalan Menuju Curug Putri Kuningan Palutungan Jawa Barat + Harga Tiket Masuk Lokasi
Curug Putri (foto: wisatawanalam.blogspot.co.id)

Diberi nama Curug Putri karena konon di lokasi air terjun ini sekali waktu terlihat penampakan berupa ular berkepala manusia (perempuan).

Curug ini juga memiliki nama Curug Kuwung-kuwung (pelangi) karena lokasi air terjun yang menghadap ke timur membuat sinar matahari yang menimpah air secara langsung akan dibiaskan sehingga membentuk pelagi di bagian depan air terjun.

Wisata air terjun yang sudah dikelola dengan baik ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti kamar ganti dan kamar bilas, bangku knock down yang dilengkapi payung sebagai tempat beristirahat, juga warung-warung yang menyediakan berbagai menu makanan.

15. Setu Patok

Lokasi: Desa Setu, Kecamatan Mundu
Peta: Klik Disini
HTM: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

Setu Patok (foto: dakocanpunya.blogspot.co.id)

Keindahan panorama waduk Setu Petok dengan latar belakang Gunung Ciremai tidak perlu disangsikan lagi, terlebih pada sore hari saat matahari beranjak ke peraduan dengan sinas keemasannya yang memantul dari permukaan air danau, membuat mereka yang datang ke sini akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama.

Keindahan waduk akan terlihat lebih istimewah lagi dipandang dari bukit kecil yang ada di tengah waduk. Untuk menuju ke bukit tersebut, tersedia boat yang dapat disewa dengan ongkos Rp.20.000 pulang – pergi.

Selain itu fasilitas wisata lainnya juga tersedia di tempat ini, seperti camping ground, outbond area, kolam renang dan pondok wisata. Untuk mengisi perutpun juga tidak sulit, karena di pinggir waduk banyak warung –warung kecil yang menjual berbagai macam makanan.

16. Wanawisata Ciwaringin

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Rp. 10.000
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Wanawisata Ciwaringin (foto: donymagazine.com)

Kawasan konservasi hutan yang satu ini menyuguhkan keindahannya lewat deretan pepohonan hijau yang menarik untuk digunakan trekking bagi mereka yang suka berpetualang.

Keunikannya, di tempat ini banyak dipenuhi Pohon Kayu Putih yang justru sulit dijumpai di hutan-hutan yang ada di tempat lain.

BacaJuga:  60 Wisata Lembang Maribaya Terbaru 2018 Murah Meriah: Dusun Bambu dan Bandung Ala Eropa

Untuk mereka yang gemar memancing, Wanawisata Ciwaringin juga memiliki sebuah danau yang bernama Danau Ciranca dengan ikan-ikan air tawarnya yang siap dipancing. Terdapat juga arena motor cross yang pada saat-saat tertentu digunakan untuk berlatih dan berkompetisi oleh para pebalap motor cross.

17. Situ Sedong

Lokasi: Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Cirebon
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

Situ Sedong (foto: travelingcirebon.com)

Waduk yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1918 dan mulai difungsikan sebagai irigasi persawahan pada tahun 1921 ini dilingkupi pemandangan yang indah lewat hamparan air yang terbentang luas dengan latar belakang Gunung Ciremai.

Keindahan tersebut semakin sempurna di sore hari pada saat matahari sedang tenggelam.

Di lokasi wisata ini, pengunjung bisa bersantai dengan menikmati keindahan alam sekitar, atau bermain dengan bebek air di atas permukaan air danau yang tenang.

Di Situ Sedong juga terdapat banyak spot untuk memancing sehingga waduk ini menjadi tempat favorit bagi mereka yang gemar memancing.

18. Bukit Gronggong

Lokasi: Desa Patapan, Kecamatan Beber, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini

Bukit Gronggong (foto: cirebon.biz)

Tidak hanya Bogor saja yang memiliki kawasan Puncak, Cirebon pun juga memiliki kawasan yang berada di atas ketinggian bukit dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang memikat.

Kawasan yang disebut Bukit Gronggong tersebut juga seperti Puncak Bogor yang dihiasi dengan bar, cafe & resto, serta penginapan dengan berbagai kelas.

Keindahan Bukit Gronggong tidak hanya dapat dinikmati pada pagi dan siang hari saja. Pada sore dan malam hari, tempat ini justru menghadirkan keindahan yang lebih karena dari sini dapat dilihat gemerlap lampu kota Cirebon dari atas ketinggian, yang menciptakan suasana romantis.

19. Desa Wisata Cikalahang

Lokasi: Desa Cikalahang, Kecamatan Depok, Cirebon, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini

Desa Cikalahang (foto: pegipegi.com)

Berlokasi di bawah kaki Gunung Ciremai membuat Desa Wisata Cikalahang dilingkupi pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk di sekelilingnya.

Namun bukan hanya itu yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung ke desa ini, melainkan wisata kulinernya yang unik dan memanjakan lidah.

BacaJuga:  10 Gambar Kolam Renang Tirta Sari Depok, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Asal Usul, Nomer Telepon + Jam Buka Tutup

Dikatakan unik karena banyak warga yang memiliki kolam pemancingan yang diisi dengan berbagai jenis ikan air tawar, seperti Nila, Gurame, dan ikan Mas.

Pengunjung yang datang bisa memancing sendiri ikan-ikan yang ada di kolam tersebut, dan ikan yang diperoleh boleh dibawah pulang dengan membayar sesuai dengan bobot ikan yang didapat.

Begitu juga dengan rumah makan dan restoran yang ada di sini, hampir semuanya memiliki kolam ikan, sehingga pengunjung yang datang dapat memancing sendiri ikan di kolam tersebut untuk  selanjutnya dimasak oleh koki restoran sebelum dihidangkan.

20. Telaga Remis

Lokasi: Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tiket Masuk: Anak-anak Rp.2.500, Dewasa Rp.5.000
Jam Operasional: 24 Jam

Telaga Remis (foto: indonesiakaya.com)

Secara keseluruhan Telaga Remis menempati area seluas 13 hektar dengan luas telaga sekitar  3,25 hektar. Lokasi wisata ini terlihat sangat indah karena banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang umurnya ratusan tahun.

Keindahan alam sekitar itulah yang membuat Telaga Remis kerap dijadikan objek foto pre-wedding serta banyak menghiasi akun instagram.

Keindahan alam tersebut semakin terasa saat sampai di tepi telaga. Airnya yang jernih dengan riak-riak kecil yang mewarnai sangat enak untuk dipandang. Terlebih udara yang menyelimuti terasa sejuk dan segar.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Jika ingin mencoba mengarungi luasnya telaga, tersedia sepeda air dan perahu motor yang dapat disewa. Sedang bagi wisatawan yang ingin menikmati malam di sekitar telaga, terdapat Talaga Remis Park and Resort sebagai tempat untuk menginap.

Baca Halaman Selanjutnya, Klik: Objek Wisata Kota di Cirebon, Keraton dan Religi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *