10 Pantai di Jawa Tengah, Ada Yang Belum Terjamah dan Jarang Dikunjungi

Diposting pada
Rate this post

Mengisi masa liburan akhir pekan sembari menikmati suara deburan ombak dan angin berhembus serta bermain pasir bersama keluarga di pantai pasti akan menjadi liburan paling menyenangkan.

Selain Yogyakarta, ada banyak sekali daerah di Indonesia yang kaya akan keindahan wisata alam dan pesona tak kalah menarik dengan negara lainnya, salah satunya adalah Jawa Tengah.

Memiliki lokasi tersembunyi membuat sebagian besar pantai di provinsi Jawa Tengah masih sangat jarang dikunjungi dan bisa dibilang belum terjamah sama sekali.

Penasaran apa saja namanya? Mari kita simak bersama ulasan singkat mengenai tempat wisata alam di Jawa Tengah terbaru 2019 berikut ini.

1. Menganti

foto by zonekebumen.blogspot.com

Alamat: Ds.Karangwudur, Kec.Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-17.00
HTM: Rp.10.000

Memiliki lokasi tersembunyi di balik bukit menghijau seperti di Selandia Baru dengan pemandangan indah mempesona mata membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata terbaik di Jawa Tengah.

Meskipun jarak lokasinya berkisar 35 km dari Gombong dan dekat pantai Suwuk serta dibutuhkan perjuangan ekstra menuju lokasi ini namun panorama objek wisata ini terbilang sangat memukau.

Selain menikmati pemandangannya yang begitu bagus dan juga eksotis, di lokasi Menganti tersebut kita pun bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan para nelayan ataupun sekedar bermain air.

2. Widarapayung

foto by ksmtour.com

Alamat: Ds.Widarapayung, Kec.Binangun, Cilacap, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000/Rp.3.000 per orang

Selain menjadi ciri khas pantai daerah bagian Selatan Jawa Tengah, Widarapayung juga kerap berfungsi sebagai destinasi wisata serta tempat camping dan juga lokasi perlombaan selancar.

BacaJuga:  10 Tempat Nongkrong Paling Cozy di Salatiga, Nggak Bikin Kantong Kering!

Tak hanya itu saja, bahkan di wilayah Widarapayung kita tak hanya disuguhi view laut saja namun disini pengunjung juga dapat menikmati keindahan pasir hitam bersih penyejuk mata.

Aneka macam kegiatan bisa kita lakukan saat berlibur ke Widarapayung, seperti contoh bermain pasir, menunggang kuda, hunting foto keren dengan background gambar laut dan lain sebagainya.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu rekreasi selama beberapa hari, maka para pengunjung dapat menginap di hotel di sekitar kawasan wisata tersebut.

3. Bandengan

foto by pantainesia.com

Alamat: Ds.Bandengan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Rp.2.000-Rp.7.000 per orang

Bagi yang ingin rekreasi sembari menikmati angin laut dan bermain dengan beraneka macam permainan air, maka berkunjung ke lokasi objek wisata Bandengan merupakan jawaban paling tepat.

Keindahan panoramanya dan telah didukung berbagai fasilitas seperti banana boat, jetski ataupun kano, membuat kawasan Bandengan menjadi destinasi rekreasi favorit keluarga.

Ditambah lagi, tempat tersebut merupakan spot paling recommended untuk melihat keindahan sunset. Jadi tak heran jika banyak pasangan memilih lokasi ini sebagai destinasi wisata romantis.

Disamping itu, destinasi wisata satu ini lokasinya juga dekat ke pantai Pulau Panjang yang terkenal dengan hamparan pasir putih dan air jernihnya.

4. Karang Jahe

foto by tungguapalagi.com

Alamat: Jln.Lingkar Utara, Peganjaran, Rembang, Pati, Kudus, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Bagi yang ingin meng-explore keindahan bawah laut atau snorkeling di daerah tambang pasir Rembang, coba saja berkunjung ke pantai cantik karang Jahe di jalan lingkar utara.

Keindahan alam terumbu karang dan hamparan pasir yang begitu luas membuat banyak wisatawan senang dan betah mengitari area Karang Jahe tersebut.

BacaJuga:  15 Villa di Bandungan, Menambah Kesan Liburan Kamu. Harga Mulai Rp.84.500

5. Nampu

foto by yogyakarta.panduanwisata.id

Alamat: Dsn.Dringo, Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Memiliki hamparan pasir putih indah dan gugusan terumbu karang di sekitar bibir pantai membuat objek wisata bahari di daerah Wonogiri tersebut sangat cocok untuk dikunjungi saat akhir pekan.

Menikmati indahnya panorama yang masih sangat alami sembari mendengarkan gemuruh ombak menjadi salah satu alasan tepat untuk berkunjung ke lokasi tersebut.

Bagi para penikmat wisata bahari dengan deburan ombak bergemuruh, maka objek wisata Nampu yang berada diantara Jawa Tengah dan Gunung Kidul DIY menjadi tempat paling tepat dikunjungi.

6. Randusanga Indah

foto by pantainesia.com

Alamat: Randusanga Wetan, Brebes, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No.Telp: 0856 4001 0095

Berkunjung ke wisata laut kebanggaan Kabupaten Brebes yang dikenal dengan nama Randusanga Indah ini juga bisa menjadi momen liburan paling mengasyikkan.

Selain menikmati keindahan matahari terbenam, Randusanga juga menjadi lokasi paling hits dan rekomendasi untuk menyantap kuliner dengan menu khas ikan bakar.

Dan untuk memanjakan para pengunjungnya, Randusanga Indah telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti waterboom, ATV, camping ground, cafe serta perahu wisata.

7. Morosari

foto by seputarsemarang.com

Alamat: Jln.Semarang-Demak Km.09, Morosari, Kab.Demak, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin-Jumat(07.00-19.00), Sabtu-Minggu(06.00-21.00)
HTM: Rp.5.000
No.Telp: 0811 274 433

Di km 9 jalan Semarang-Demak provinsi Jawa Tengah, kita juga akan menemukan sebuah objek wisata laut yang memiliki panorama unik, yakni pantai Morosari.

Tak hanya untuk menyusuri mangrove saja, kawasan Morosari juga terkenal karena di tengah laut tersebut terdapat makam Syah Mudzakir yang tidak akan tenggelam meski air laut pasang.

8. Kartini

foto by wikipedia.org

Alamat: Rawa IV, Ds.Bulu, Jepara, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-18.00
HTM: Rp.5.000(Weekday), Rp.7.500(Weekend)

BacaJuga:  10 Penginapan Murah di Karimunjawa Dekat Pantai Mulai 80 Ribu

Bagi yang ingin mengisi akhir pekan dengan mengajak keluarga berlibur, berkunjung ke pantai Kartini di desa Rawa Bulu mungkin bisa menjadi alternatif paling oke.

Objek wisata Kartini yang tak pernah sepi ini terkenal karena memiliki spot unik berupa kura-kura ocean park, salah satu spot edukasi mengenal ikan-ikan laut dan juga tempat kolam sentuh.

9. Sunter Depok Indah

foto by pesonawisatapekalongan.blogspot.com

Alamat: Sawah, Depok, Pekalongan, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00

Objek wisata alam yang terletak di perbatasan Pemalang-Pekalongan juga ini termasuk sebagai salah satu pantai terindah di Jawa Tengah.

Sejumlah pohon nyiur yang tumbuh di sekitar kawasan Sunter Depok menjadi daya pikat utama bagi pengunjung disamping keindahan panoramanya.

10. Jatimalang

foto by ksmtour.com

Alamat: Patu, Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Tak hanya menjadi tempat pelelangan ikan saja, objek wisata Jatimalang di Purworejo ini juga merupakan salah satu destinasi paling hits dan terbagus di provinsi Jateng.

Dan selain daftar diatas, masih ada beberapa objek wisata laut lainnya yang akan kita temukan di Jateng seperti: Caruban di Lasem, Larangan di Tegal, Cahaya Weleri Kendal, Rowo Jombor Klaten.

Kemudian selain itu masih ada juga Lampon di Kebumen, Watu Karung di Pacitan, Pecaron di Solo dan Ndrini di Wonosari.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.