10 Pantai Yang Terkenal Indah di Kalimantan

Diposting pada

Kalau berbicara tentang Kalimantan, mungkin kita akan langsung membayangkan sebuah daerah dengan hutan luas yang belum terjamah oleh manusia.

Namun ternyata, provinsi ini tidak hanya sebatas kota pengeboran minyak lepas saja, sebab ada banyak destinasi wisata pantai indah nan eksotis yang keren di sekitar wilayah tersebut.

Nah, berikut ini adalah 10 daftar nama pantai cantik rekomendasi terbaik dari Jejakpiknik yang bagus untuk dikunjungi saat sedang berada di Kalimantan ataupun sekitarnya.

1. Kepulauan Derawan

foto by pesona.travel

Alamat: Kec.Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: 0821 8926 2599

Bisa dikatakan kalau pulau Derawan ini merupakan salah satu objek wisata alam dengan panorama alam paling eksotis. Bahkan ikon tempat tersebut sudah terkenal di kalangan traveler seluruh dunia.

Dihuni beraneka macam flora dan juga fauna laut yang cukup langka serta panoramanya juga mirip seperti Maldives, maka sangat wajar jika tempat ini dicalonkan masuk dalam warisan UNESCO.

Dengan menempuh jarak sekitar 45 menit dari Balikpapan, kita bisa menikmati suasana bahari indah sembari berenang bersama ubur-ubur tak beracun atau kura-kura hijau terbesar di dunia.

2. Maratua

foto by ksmtour.com

Alamat: Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Tempat wisata yang kedua ini memiliki eksotisme dan keindahan bahari luar biasa indahnya. Dan karena sangat cantik, popularitas Maratua sebagai mutiara tersembunyi sudah sampai luar benua.

Ditambah lagi, kualitas air yang jernih seperti kaca dengan ribuan terumbu karang membuat banyak wisatawan pecinta snorkeling dan diving ramai berbondong-bondong datang ke tempat ini.

Tak hanya mengeksplor alam bawah laut saja, kawasan indah Maratua juga kerap dijadikan sebagai spot untuk mendapatkan foto ataupun gambar yang keren.

3. Manggar

foto by ksmtour.com

Alamat: Jln.Pantai Manggar Segarsari, Balikpapan, Kalimantan Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-18.00
HTM: Rp.2.000(anak-anak), Rp.3.000(dewasa)
No.Telp: (0343)4393 469

Memiliki panorama eksotis yang mirip seperti di pulau Dewata Bali, maka tak heran bila obyek satu ini pernah digadang-gadang bakal menyaingi popularitas pantai di Cilacap.

Hadir dengan menawarkan paket wisata komplit dengan dihiasi hamparan pasir putih, air bening kebiruan gelombang ombak tidak begitu ganas serta pepohonan hijau di sekitarnya.

Dengan keeksotisan yang masih terjaga kelestariannya meskipun selalu ramai dikunjungi, maka sangat wajar bila surga terindah di jalan Manggar tersebut termasuk pantai favorit bagi masyarakat Balikpapan.

4. Pulau Samber Gelap

foto by idntimes.com

Alamat: Kotabaru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Beralih ke kalimantan Selatan, di wilayah ini juga terdapat sebuah objek wisata indah yang sempat viral di media sosial pada beberapa waktu lalu, namanya yaitu Pulau Samber Gelap.

Pulau perawan yang berada di kotabaru tersebut menghadirkan ocean view dengan pasir putih tidak begitu luas namun sangat mempesona.

Dengan air yang begitu jernih bak sebuah cermin, di area ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti memancing, snorkeling dan juga diving.

5. Kubu

foto by goestokalimantan.wordpress.com

Alamat: Kubu, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Terletak tidak jauh dari Pangkalan Bun, ada sebuah bahari dengan ombak tenang dan pasir lembut namun tidak berwarna putih serta airnya juga tak terlihat biru tapi sangat nyaman buat anak-anak.

Dikenal dengan nama pantai Kubu, bahari tersebut tidak hanya populer bagi masyarakat di daerah Pangkalan Bun saja namun juga seluruh warga Kalimantan Tengah.

Menghabiskan waktu liburan di kawasan bagus ini paling enak sama keluarga sembari menyantap seafood dan juga minum air kelapa muda yang ditemani udara sejuk dari pantai.

6. Joras

foto by sumber.com

Alamat: Jorong, Kab.Tanah Laut, Kalimantan Selatan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Berlokasi di daerah Jorong dan hanya berjarak sekitar 40 km dari ibukota Pelaihari, wisata bahari bernama Joras ini menghadirkan sebuah pantai yang bisa dikatakan masih perawan.

Walaupun masih minim fasilitas dan kawasannya tidak ramai penduduk namun karena nuansa yang ditawarkan cukup alami jauh dari tangan-tangan jahil, membuat suasana spotnya begitu adem.

7. Randayan Island

foto by pontianak.tribunnews.com

Alamat: Singkawang, Kalimantan Barat
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Bagi wisatawan yang sedang mencari ketenangan jauh dari keramaian, maka berkunjung ke pulau Randayan di kota Singkawang ini adalah destinasi paling tepat untuk dikunjungi.

Terletak tidak jauh dari pulau Lemukutan, kawasan pantai eksotis tersebut bahkan menghadirkan keindahan alam bawah laut luar biasa, para pecinta snorkeling dan diving wajib datang ke tempat ini.

Berlibur ke pulau Randayan tersebut layaknya kita sedang berada di sebuah kawasan private, tanpa adanya sedikitpun gangguan keramaian.

8. Amal Beach

foto by indonesia-tourism.com

Alamat: Tarakan Timur, Kalimantan Utara
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Selain Gunung Putih, kota Tarakan bagian timur juga masih sangat populer dengan kehadiran sebuah pantai eksotis bernama Amal.

Memiliki keindahan air laut biru yang berpadu dengan pasir berwarna cokelat dan lambaian pohon kelapa, menambah keeksotisan bahari tersebut.

Berkunjung ke pantai Amal ini, ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan dengan begitu saja yaitu mencicipi Kapah, salah satu kuliner khas kota Tarakan.

9. Asmara

foto by tempatwisataseru.com

Alamat: Muara Asam Jorong, Pelaihari, Tanah Laut, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.10.000

Nama bahari Asmara ini sendiri merupakan akronim dari Asam-Asam Muara. Memiliki kondisi yang terbilang bersih dengan pasir berwarna putih.

Liburan di kawasan ini, pengunjung tak hanya disuguhkan aktivitas berenang atau bermain saja, tapi juga dapat berfoto di tulisan “LOVE” yang sangat instagramable.

10. Angsana

foto by lifestyle.okezone.com

Alamat: Jln.Sawit Km.08, Angsana, Tanah Tumbu, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Map: Klik Disini
JamBuka: 24 Jam
HTM: Gratis

Meskipun tidak memiliki fasilitas modern seperti pantai di pulau Jawa dan belum dikenal banyak orang, tapi pantai Angsana ini cukup terkenal bagi pecinta diving, snorkeling dan watersport lainnya.

Air lautnya yang bersih ditambah lagi masyarakat disekitarnya peduli akan kelestarian lingkungan membuat kekayaan alam bawah laut Angsana sangat melimpah ruah.

Dan selain daftar diatas, masih ada sederet tempat menarik lainnya yang bagus untuk kita kunjungi saat liburan tiba yaitu:

– Cemara Labat beach
– Desa Kinjil Pesisir di Ketapang
– Bahari Sungai Cuka
– Gosong beach
– Gusung Leppasan
– Harapan beach
– Bahari Jodoh Banjarmasin
– Bahari Jawai
– Muara Kintap
– Kijing beach
– Kalap beach
– Lamaru Balikpapan
– Lembah Kahung
– Melawai Balikpapan
– Muara Badak dan
– Swarangan beach

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.