Selain Losari, Ini Daftar Pantai di Makassar Yang Akan Bikin Kamu Pengen Balik Lagi

Diposting pada
Pantai di makassar hotel dekat losari bantimurung pulau kayangan bira akkarena panti asuhan galesong gusung samalona 2019 gapura lanjukang lae sulawesi selatan selayar wisata resort selain yang ada kodingareng bara dutungan terkenal barombong sekitar tempat apa indah nama cinta lakkang kota terindah bagus bintang bulukumba penginapan foto agoda panambungan homestay indonesia daftar pinggir cangke jual payung laguna objek reklamasi pijat daerah terbaik adalah appalarang apparalang area biru bayam bugis cantik cafe danau destinasi galut galeson
Tanjung Bira, foto by okezone.com

Baca Halaman Sebelumnya: 40 Tempat Wisata di Makassar, Nomer 10 Keren Banget

16. Pulau Gusung

Alamat: Bontoharu, Kepulauan Selayar
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Gusung (foto: indonesia-tourism.com)

Pulau Gusung adalah salah satu pulau indah yang berada di gugusan kepulauan pesisir Makassar. Pulau ini bisa dibilang dekat karena hanya memerlukan waktu 8 menit untuk menuju kesana dari Pelabuhan Makassar menggunakan kapal motor.

Bila menggunakan kapal, penumpang dikenakan biaya Rp. 20.000 untuk perjalanan pulang balik dari Pulau Gusung ini kembali ke Pelabuhan Makassar.

Pulau ini bisa dibilang tidak berpenghuni karena tidak memiliki fasilitas penginapan dan sebagainya. Namun jangan salah karena keindahannya masih asri dan alami, tidak kalah dengan pulau kecil lainnya yang ada di sekitar pesisir Makassar.

17. Pantai Losari

Alamat: Jl. Pengibur, sebelah barat Kota Makassar.
Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Pantai Losari (foto: kidnesia.com)

Pantai Losari sangat terkenal di kalangan turis lokal maupun mancanegara karena pemandangan matahari terbenamnya yang sangat indah. Pengunjung pun juga bisa menikmati keindahan matahari terbit saat di pagi hari.

Di Pantai Losari tidak memiliki banyak pasir yang berlimpah pada pantai umumnya, namun ada fasilitas internet disini yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Tersedia juga fasilitas untuk memancing di beberapa pinggiran pantai yang sudah dibeton ini. Warung makan yang menjual makanan khas Makassar pun bisa ditemukan di sekitarnya.

18. Pulau Samalona

Alamat: Pulau Samalona, Mariso
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Samalona (foto: indonesiakaya.com

Makassar sangat terkenal dengan pulau kecil yang membentang di perairannya dan dekat dengan pantai tertentu. Salah satunya adalah pulau Samalona yang bisa ditempuh dengan menggunakan perahu atau kapal motor selama 2 jam perjalanan.

Pengunjung bisa memulai perjalanan dari Pantai Losari dan menyewa perahu khusus dengan biaya Rp. 5.000 saja untuk 1x perjalanan ke Pulau Samalona.

Di Pulau Samalona tersedia penginapan, tempat makan, hingga fasilitas untuk diving atau snorkeling di pantai sekitarnya. Pemandangannya pun juga tidak kalah indah, layaknya pemandangan berada di pulau terpencil yang masih asri.

BacaJuga:  10 Mall Terbaik di Makassar Lengkap dan Bagus

19. Pulau Kayangan

Alamat: Pulau Kayangan, Ujung Pandang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Kayangan (foto: indonesiakaya.com)

Satu lagi pulau menarik yang indah dan masih belum terjamah oleh banyak manusia di sekitar pesisir Makassar. Pulau Kayangan pada dasarnya hanyalah pulau koral yang berbentuk bulat dan memiliki pasir putih yang jernih. Pulau ini masih menyimpan keindahan aslinya karena pulau ini tidak dihuni oleh manusia.

Pulau Kayangan merupakan pulau yang paling dekat dengan Kota Makassar dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit menggunakan kapal motor dari dermaga Khayangan. Untuk menyewa kapal motor, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 20.000 perorang menuju pulau eksotis ini.

20. Pantai Kuri Indah

Alamat: Jl. Pattene, Sudiang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Kuri Indah (foto: anekawisatanusantara.blogspot.com)

Pantai Kuri Indah atau yang juga sering disebut sebagai Pantai Kuri Marusu Maros memiliki pemandangan indah dengan hamparan pasir putih yang sangat jernih.

Uniknya, disekitar pantai ini ada hutan mangrove yang berfungi mencegah air laut pasang terlalu tinggi ke permukiman warga. Untuk yang ingin diving atau snorkeling disarankan jangan sampai sore hari karena air laut di waktu tersebut sedang tinggi.

Justru pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit disini juga sangat indah, kelebihan utamanya adalah suasananya yang lebih kearah pedesaan dibandingkan Pantai Losari.

21. Pantai Akkarena

Alamat: Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Akkarena (foto: hellomakassar.com)

Selain Pantai Losari, salah satu pantai yang juga tidak kalah terkenal adalah Pantai Akkarena. Terdapat area rekreasi juga disini yang bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk tertentu, namun bagi yang ingin menikmati pemandangan pantainya saja secara cuma-cuma juga bisa.

Pada dasarnya tempat ini adalah kawasan bisnis dan hunian Tanjung Bunga di Makassar.

Pantai ini berdekatan dengan Mall Trans Studio dan juga Mall GTC, sehingga bagi pengunjung yang sudah puas berbelanja di mall dapat langsung menikmati pemandangan Pantai Akkarena di dekatnya.

22. Pulau Lae-Lae

Alamat: Lae-Lae, Ujung Pandang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Lae-Lae (foto: hellomakassar.com)

Pulau Lae Lae adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terletak tidak terlalu jauh dari Kota Makassar itu sendiri. Berjarak 1,5 KM saja dari Makassar membuat wisatawan dapat melihat pulau ini sekilas dari Pantai Losari.

BacaJuga:  10 Homestay Murah di Makassar Untuk Harian Atau Bulanan Mulai Dari 99 Ribu Saja

Pulau ini juga hanya perlu waktu 15 menit untuk menempuhnya dari dermaga Bangkoa atau dari pantai depan Benteng Fort Rotterdam.

Uniknya, di dalam Pulau Lae-Lae ini memiliki terowongan bawah tanah yang sangat panjang hingga dibawah laut.

Terowongan ini berujung ke Benteng Fort Rotterdam sebagai bentuk pertahanan di masa perang kolonial Belanda dulu. Sayangnya terowongan tersebut sudah tertimbun, sehingga pengunjung dilarang memasuki area bawah terowongan.

23. Tanjung Bira

Alamat: Jl. Tj. Bira, Sambung Jawa, Mamajang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tanjung Bira (foto: pegipegi.com)

Tanjung Bira berjarrak 200 KM dari Kota Makassar dan termasuk salah satu tujuan wisata bahari yang paling unggul bagi para penyelam. Pantai di Tanjung Bira ini sendiri memiliki pasir putih yang super halus layaknya tepung, serta kekayaan alam di lautnya sangat indah.

Pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam disini pun sangat menakjubkan, terdapat beberapa fasilitas penginapan dan hotel di daerah sini. Tingkat kedalaman laut di Tanjung Bira menyebabkan pengunjung dapat melihat 3 warna air laut karena saking jernihnya.

24. Taman Laut Takabonerate

Alamat: Kepulauan Selayar
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Taman Laut Takabonerate (foto: blog.ivacanza.co)

Walaupun berjarak lumayan jauh dari Kota Makassar, Taman Laut Takabonerate ini wajib dikunjungi karena keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Taman laut yang menjadi salah satu situs warisan dunia (UNESCO) secara tentatif ini merupakan ikon wisata bahari yang paling terkenal di Sulawesi Selatan.

Taman Laut Takabonerate ini juga mendapatkan peringkat ketiga sebagai karang atoll terbesar di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvavida di Kepulauan Maldives. Sebagai orang Indonesia patut berbangga dan jangan lupa mengunjungi taman laut nan indah ini bila berwisata ke Makassar.

25. Pulau Dutungan

Alamat: Cilellang, Mallusetasi, Barru Regency
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Dutungan (foto: anekawisatanusantara.blogspot.com)

Pulau Dutungan adalah salah satu obyek wisata pulau yang memiliki pasir putih dengan hamparan pantai indah. Untuk menyewa perahu ke Pulau Dutunga ini dikenakan kisaran biaya Rp 50.000, jarak tempuh menggunakan kapal motor pun hanya 30 menit.

Di pulau ini, wisatawan bisa memancing, melihat hutan pohon jati, dan pohon bakau, tersedia juga penginapan dan tempat makan.

Banyak mitos mengatakan bahwa pulau ini sedikit angker walaupun hanya kata beberapa para masyarakat saja. Namun keindahan pulau ini wajib sekali dikunjungi karena pantainya yang juga unik dan masih terkesan alami.

BacaJuga:  10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Bikin Ngiler

26. Pulau Bulupoloe

Alamat: Luwu Timur
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Bulupoloe (foto: hellomakassar.com)

Pulau Bulupoloe memiliki keindahan yang masih asli, alami, dan tidak tersentuh oleh tangan manusia sama sekali karena pulau ini tidak berpenghuni. Saking indahnya kekayaan bawah laut di pulau ini, banyak wisatawan dan turis yang melakukan snorkeling dan diving di area pesisir pantai.

Uniknya, karena pulau ini tidak berpenghuni, di dalamnya terdapat sumber mata air tawar walaupun pulau kecil ini dikelilingi lautan air asin. Sayangnya fasilitas pendukung seperti penginapan atau tempat makan memang tidak tersedia di pulau ini, tetapi pemandangannya cukup luar biasa indah dan menarik.

27. Pulau Kodingareng Keke

Alamat: Ujung Tanah, P. Kondingareng, Ujung Tanah
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Kodingareng Keke (foto: panduanwisata.id)

Satu lagi pulau tidak berpenghuni yang menjadi salah satu destinasi wisata para turis dan wisatawan yang terkenal akan wisata baharinya dan alam bawah laut yang belum terekspoitasi sama sekali. Pulau ini hanya sebuah hamparan pasir putih yang sangat halus, disertai beberapa rumput dan pepohonan yang tumbuh.

Banyak kapal motor dan perahu yang menawarkan pengunjung untuk menuju Pulau Kodingareng Keke ini. Bisa ditempuh dari Pantai Losari, pantai yang dekat dengan Fort Rotterdam, atau demaga kayu Bangkoa.

28. Pulau Kapoposang

Alamat: Kepulauan Spermonde
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

foto by lihat.co.id

Walaupun memang namanya tidak sepopuler dan seterkenal pulau lain di pesisir Makassar, namun Pulau Kepoposang menyimpan keindahan alam yang masih asli. Terutama bagi beberapa turis dan pengunjung banyak yang melakukan wisata bahari disini.

Wilayah kepulauan Kapoposang ini sendiri mempunyai 3 pulau berpenghuni dan 3 pulau yang tidak berpenghuni, jadi totalnya ada 6 pulau.

Perlu diketahui bahwa gaung di kepulauan Kapoposang ini sangat terkenal di kalangan turis mancanegara dan seluruh dunia. Pulau Kapoposang juga dijuluki sebagai tempat yang menjadi lokasi terindah untuk memancing, diving, maupun snorkeling.

Halaman Selanjutnya: 40 Daftar Tempat Rekreasi Yang Ada di Makassar Wajib Dikunjungi

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.