10 Pantai Terbaik dan Terbagus di Situbondo Jawa Timur

Diposting pada

Situbondo adalah salah satu kota wisata di provinsi Jawa Timur, terletak dengan lokasi strategis tepatnya di pesisir utara pulau Jawa dan terkenal sebagai salah satu daerah yang selalu ramai.

Tak hanya dipenuhi dengan perkebunan tebu, tembakau dan juga hutan lindung, Situbondo yang terletak di pesisir utara ini juga mempunyai segudang tempat wisata khususnya pantai.

Nah, buat para traveler beach yang ingin mencicipi pesona semua pantai di Indonesia, jangan sampai pantai eksotis di Situbondo ini dilewatkan begitu saja ya.

1. Phatek

foto by eastjava.com

Alamat: Jln.Pantai Phatek, Gelung Selatan, Kec.Panarukan, Situbondo, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: (0338)674 096

Objek wisata bahari pertama yang harus masuk dalam daftar destinasi liburan ketika sedang berada di daerah Situbondo adalah pantai Phatek di kecamatan Panarukan.

Meskipun tidak mendukung untuk kegiatan snorkeling namun kawasan Phatek ini menjadi salah satu spot terbaik bagi mereka yang punya hobi memancing.

Bahari ini bisa dibilang masih perawan dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, jadi untuk pemandangan serta kelestariannya tergolong sangat alami juga cukup indah.

Buat yang ingin berburu ikan segar untuk dijadikan kuliner ataupun oleh-oleh, bahari Phatek adalah tempat paling tepat untuk dikunjungi.

2. Tampora

foto by tripadvisor.com

Alamat: Ds.Tampora, Kalianget, Banyuglugur, Besuki, Situbondo Regency, East Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: 0852 1518 7555

Bicara tentang bahari terindah yang masih alami di sekitar kabupaten Situbondo mungkin tidak akan ada habisnya, sebut saja seperti pantai Tampora di kecamatan Besuki ini.

BacaJuga:  10 Oleh Oleh Khas Jombang Yang Banyak Diburu Pelancong

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang bagus, karena masih belum terjamah, membuat biota laut dan terumbu karang di sekitar wilayah Tampora ini cukup terjaga kelestariannya.

Karena melimpah akan terumbu karang dan juga biota laut, tak heran banyak wisatawan dari luar kota mengincar spot tersebut untuk dijadikan sebagai lokasi diving ataupun snorkeling.

Selain itu, nama bahari Tempora juga cukup dikenal oleh kalangan wisatawan karena menawarkan keindahan sunrise dan sunset yang sempurna.

3. Pasir Putih(Pasput)

foto by surabayaadventure.com

Alamat: Jln.Raya Pasir Putih No.87, Selomukti, Mlandingan, Pandansari, Bungatan, Situbondo
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.7.000(Weekday), Rp.10.000(Weekend)
No.Telp: 0859 7343 43363

Berbeda dengan pantai yang ada di sekitar Situbondo lainnya, bahari Pasir Putih(Pasput) ini terkenal karena memiliki air laut tenang dan nyaris tak berombak.

Terumbu karangnya yang unik memiliki beraneka macam warna dihiasi dengan ikan-ikan membuat spot ini menjadi tempat paling tepat untuk snorkeling.

Tak hanya itu, Pasput ini juga dikenal memiliki topografi yang unik dengan bentuk melengkung ke arah laut serta ditanami beraneka macam pohon seperti cemara, kelapa dan jati.

Bagi pecinta photography, panorama Pasir Putih ini dijamin bakalan menjadi latar gambar yang paling ciamik untuk koleksi fotomu.

4. Banongan

foto by pantainesia.com

Alamat: Jln.Waringin Anim Utara, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Siapa bilang bahari berpasir hitam tidak memiliki daya tarik? Buktinya Banongan dengan garis pantai panjang ini menjadi salah satu kawasan yang banyak dilirik oleh wisatawan.

Memiliki letak lokasi yang cukup strategis di jalur Pantura, desa Waringin dan menyuguhkan ombak cenderung tenang membuat kawasan Banongan menjadi tempat paling pas untuk melihat sunset.

Ditambah lagi, deretan perahu nelayan yang bertengger di pinggir pantai firdaus ini pun sukses membuat suasana menjadi semakin terasa alami dan juga sempurna.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Jolosutro Blitar Jawa Timur + Rute dan Sejarah Asal Usul

5. Balanan

foto by ksmtour.com

Alamat: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo Regency, East Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.15.000
No.Telp: (0333)461 936

Pantai terbagus di kawasan Taman Nasional Baluran ini sangat cocok buat para wisatawan yang punya hobi memancing, snorkeling ataupun melihat perkelahian sekawanan rusa jantan.

Dengan menyuguhkan air yang sangat jernih terlihat berwarna biru muda, membuat tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi berlibur dan quality time bersama orang-orang terdekat.

6. Bama

foto by maknews.id

Alamat: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Banyuputih, Kab.Situbondo, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.15.000
No.Telp: (0333) 461 936

Selain Balanan, kawasan Taman Nasional Baluran juga masih memiliki satu bahari cantik, nama pantainya adalah Bama.

Memiliki keunikan tersendiri dan belum banyak dijamah pengunjung, membuat air laut bahari Bama ini masih terbilang jernih serta pasir putihnya pun sangat menawan.

Menyuguhkan suasana dama, dihiasi hamparan pasir putih, air jernih, dikelilingi hutan mangrove juga dihuni biota laut membuat kawasan Bama ini menjadi destinasi paling tepat untuk mengisi waktu liburan.

7. Tangsi

foto by lelungan.net

Alamat: Ds.Pecinan/Semiring, Kecamatan Mangaran, Kab.Situbondo, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Terletak di ujung kota Situbondo dan disuguhi dengan sederetan tambak dan juga hutan mangrove, membuat perjalanan ke lokasi Tangsi ini menjadi terasa semakin seru.

Meskipun masih sepi pengunjung dan memiliki pasir berwarna hitam, namun pantai Tangsi yang ikonik dengan mercusuar ini cukup banyak dilirik oleh wisatawan dari berbagai luar kota.

Selain mercusuar, di kawasan Tangsi juga terdapat pohon seperti yang ada di Taman Nasional Baluran. Dimana spot ini bisa dimanfaatkan sebagar latar instagramble buat foto semakin kekinian.

BacaJuga:  Omah Kayu Batu, Berapa Harga Sewa dan Tiket Masuknya?

8. Bilik Sijile

foto by djalan2.com

Alamat: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo Reg, East Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.00
HTM: Rp.15.000/orang
No.Telp: (0333) 461 936

Berada di kawasan yang sama dengan pantai Balanan dan Bama tepatnya di Labuan Merak, bahari Bilik ini pun tak ingin kalah dalam menyajikan pesona indahnya.

Memiliki ciri khas dengan ombak yang tenang dan air surut membuat daratan pasir putih di tepi pantainya memiliki bentuk menyerupai lidah atau sejile dalam bahasa Maduranya.

9. Pandean

foto by tripadvisor.com

Alamat: Ds.Pandean, Wonorejo, Banyuputih, Situbondo
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Memiliki area pantai yang cukup luas dengan banyak daya tarik, membuat bahari Pandean menjadi tempat paling oke untuk melihat sunset terbaik sembari mencicipi aneka kuliner seafood.

10. Blitok

foto by pantainesia.com

Alamat: Jln.Raya Pasir Putih, Mlandingan, Situbondo
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Nah, buat yang sedang melakukan perjalanan panjang menuju Banyuwangi, jangan lupa untuk mampir sebentar ya ke pantai Blitok.

Salah satu bahari terbaik di Situbondo, dimana lokasinya dekat ke jalan utama dan terkenal memiliki keindahan yang juga sangat sempurna.

Nah, selain info diatas, berikut ini masih ada beberapa objek wisata lainnya yang bagus untuk dikunjungi ketika sedang berada di sekitar kota Situbondo, yaitu:

– Sitonggak Arjasa
– Bilik beach
– Kalbut beach
– Kahona beach
– Duta beach
– Bukit Pecaron
– Samir Rafting
– Lempuyang beach
– Keperan beach
– Pelabuhan Jangkar dan
– Pantai Bentar

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.