10 Pantai di Dekat Wonosari Gunung Kidul Yang Aman

Diposting pada

Berbicara mengenai pantai, bisa dipastikan bahwa objek wisata satu ini merupakan destinasi liburan favorit bagi semua kalangan baik itu mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Tak hanya menawarkan sensasi liburan berbeda dan menyenangkan, objek wisata laut sendiri juga merupakan tempat paling tepat bermain air, berenang, hunting foto atau mencicip kuliner seafood.

Dan Wonosari sebagai ibukota Gunung Kidul Jogja dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak sekali objek cantik dengan sejuta pesona.

Tak usah bingung mencari objek wisata bahari recommended terdekat dari Wonosari. Karena pada artikel ini kami telah mengulas deretan daftar pantai terbaik dan cukup rekomendasi untuk dikunjungi.

1. Timang

foto by dakatour.com

Alamat: Jln.Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Bagi yang ingin menikmati keindahan alam pantai dengan pasir putih bersih sembari memacu adrenalin, maka berkunjung ke lokasi Timang di Purwodadi akan menjadi pengalaman paling seru.

Tak cukup hanya menikmati keindahan hempasan ombak, di lokasi Timang sendiri kita juga dapat menaiki fasilitas kereta gantung yang terbuat dari kayu untuk menuju pulau Watu Panjang.

Tapi untuk menaiki kereta gantung tersebut kita juga harus menguras dompet ya sekitar Rp.200.000. Bagaimana, tertarik ingin mencoba?

Oh iya, objek wisata yang lokasinya agak tersembunyi ini juga menawarkan spot kece loh, jadi jangan heran jika banyak pecinta fotografi datang berkunjung hanya untuk sekedar hunting foto.

BacaJuga:  10 Foto Jogja Bay Waterpark Pirates, Harga Tiket Masuk Lokasi + Alamat Wisata Yogyakarta

2. Baron

foto by pantainesia.com

Alamat: Ds.Kemadang, Kec.Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.10.000 per orang
No.Telp: 0813 2541 4441

Keindahan pemandangan cantik dengan air laut berwarna kebiruan bisa dipastikan para pengunjung tak akan sabar ingin nyebur langsung ke dalamnya.

Diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan kanan, lokasi wisata tersebut merupakan tempat yang aman untuk anak-anak baik itu untuk berenang maupun sekedar bermain air.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang, para pengunjung tak hanya disuguhkan view indah dan keren saja, namun disini kita juga dapat membeli aneka macam ikan segar dari nelayan.

Disamping itu juga, kita dapat melihat deretan perahu tradisional milik para nelayan setempat yang ditambatkan di tepi pantai sehingga menambah keunikan objek wisata tersebut.

3. Ngobaran

foto by tripadvisor.ie

Alamat: Ds.Kanigoro, Saptosasi, Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00 – Malam
HTM: Rp.5.000

Berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosasi, destinasi wisata bahari yang dikenal dengan nama Ngobaran ini hadir menawarkan keindahan pantai laut selatan memukau dan sangat menakjubkan.

Ombak besar, air laut jernih, memiliki hamparan pasir putih serta sejumlah pepohonan rindang di sekitarnya menambah kemolekan objek wisata Ngobaran yang lokasinya masih tersembunyi ini.

4. Kukup

foto by gemza.my.id

Alamat: Ds.Kemadang, Kec.Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-Malam
HTM: Rp.10.000 per orang

Tak kalah dengan Bali, destinasi liburan yang terletak di desa Kemadang kecamatan Tanjungsari ini juga dikenal sebagai Tanah Lot-nya provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal ini disebabkan di sisi timur objek tersebut terdapat sebuah pulau Karang Jumino dan didalamnya sengaja dibangun gardu pandang sebagai spot untuk menikmati pemandangan Samudra Hindia.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Congot Kulon Progo Purworejo: Jalan Menuju Hutan Mangrove Ada Buaya?

Selain itu juga, objek wisata Kukup terkenal memiliki hamparan pasir putih luas dengan ombaknya yang kecil sehingga sangat bagus untuk dijadikan sebagai tempat bermain air atau sekedar mandi.

5. Ngrenehan

foto by pantainesia.com

Alamat: Ds.Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-Malam hari
HTM: Rp.3.000

Bagi para pelancong yang ingin menikmati panorama indah dengan nuansa alami sembari menikmati kuliner lezat hasil tangkapan dari nelayan, maka pantai Ngrenehan menjadi pilihan paling tepat.

Indahnya gugusan batu karang yang berada di sekitar pantai dan memiliki bentuk menyerupai teluk menjadi salah satu daya tarik dari wisata laut satu ini.

Sayangnya, untuk menuju lokasi Ngrenehen tersebut rute medan yang ditempuh cukup sulit jadi setiap pengunjung diharuskan membawa kendaraan pribadi.

6. Jogan

foto by tempatwisataindonesia.id

Alamat: Jln.Pantai Siung, Dsn.Wates, Ds.Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000 per orang

Menghadirkan pesona keindahan dengan ciri khas dan keunikan berbeda dari pantai lainnya, objek wisata bahari Jogan merupakan salah satu destinasi liburan paling dekat dengan Jogja.

Memiliki air terjun terindah setinggi 10 meter yang berasal dari perbukitan kapur kawasan Geopark Gunung Sewu menjadi daya tarik dan keunikan objek Jogan tersebut.

Selain itu, bagi pelancong yang ingin ngecamp, area Jogan juga menjadi tempat paling cocok dan nyaman untuk camping loh. Jadi bila ke Jogja, jangan sampai tak mampir ke spot hits ini ya.

7. Nglambor

foto by tpratama.mhs.uksw.edu

Alamat: Purwodadi, Tepus, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: Senin-Jumat(07.30-17.00), Sabtu-Minggu(06.30-17.00)
HTM: Rp.5.000
No.Telp: 0821 3469 2388

Bagi yang sedang kebingungan mencari tempat terbagus untuk bisa snorkeling dan berenang di sekitar wilayah Yogya, maka berkunjung ke pantai Nglambor akan menjadi pilihan spot paling tepat.

BacaJuga:  Pantai Indrayanti Jogja, Berapa Harga Tiket Masuknya?

Lokasinya yang masih sepi dan tergolong belum terjamah menjadi spot paling romantis bersama pacar untuk menikmati keindahan alam sekaligus melihat sunset.

8. Indrayanti

foto by nativeindonesia.com

Alamat: Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunkid, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.10.000(termasuk ke Drini, Krakal, Sundak, Krakal, Pok Tunggal)

Selain dikenal sebagai salah satu objek wisata tersohor sampai ke mancanegara, wisatawan juga menyebut destinasi Indrayanti yang satu ini termasuk spot paling romantis loh di Jogja.

9. Wediombo

foto by brobali.com

Alamat: Jepitu, Pendowo, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Menikmati keindahan alam yang eksotis, hamparan pasir putih dan angin pantai berhembus menjadi alasan paling tepat buat berkunjung ke lokasi wediombo di daerah Pendowo ini.

10. Watu Kodok

foto by eksotisjogja.com

Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Termasuk sebagai salah satu objek wisata terbaru, Watu Kodok yang terkenal memiliki batu karang indah dan tajam ini masih belum banyak diburu para wisatawan.

Nah, selain daftar diatas masih ada banyak lagi pantai terbaik di Wonosari seperti Slili, Sayung, Wohkudu, Ngrumput, Ngandong, Kesirat, Nguyahan, Ngetun, Jungwok, Ngedan, Andong, kosakora.

Kemudian Morosari Demak, Lambor, Lolang, Watu Lumbung, Mbuluk, Watulawang, Widodaren dan lain sebagainya.

Dan bagi yang ingin menginap juga tak perlu khawatir karena di sekitar objek wisata ini juga terdapat beraneka macam penginapan seperti hotel, villa, homestay, losmen hingga resort bertarif murah.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.