10 Foto Pantai Empu Rancak Jepara + Jalan Menuju Lokasi

Posted on
Sejarah lokasi jalan menuju kabupaten jawa tengah indonesia 2017 pantai empu rancak purancak di jepara daftar peta letak bondo pailus blebak pungkruk benteng portugis ombak mati rute harga tiket masuk alamat akses peta google map foto gambar denah wisata misteri mitos
Purancak. Foto: grenoille454.wordpress.com

Lokasi: Karanggondang, Mlonggo, Jepara Regency, Central Java 59452, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 291 591219

Jepara sudah sangat terkenal dengan keindahan karya seni terutama seni pahat dan ukir. Memang kota di salah satu pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah ini cukup terkenal bahkan hingga ke mancangeara tentang keindahan karya seni yang mereka miliki. Akan tetapi bukan hanya karya seni ukirnya saja yang cukup terkenal di sini, Jepara juga memiliki keindahan dan juga sisi menarik dari sektor pariwisata. Salah satunya adalah pesona pantai yang menawan dan siap memanjakan para turis. Untuk kawasan wisata pantai, di Jepara ini tidak kalah dengan Karimunjawa. Pasalnya di sini ada berbagai macam kawasan wisata alam dan juga historis yang cukup kental di Jepara.

Pantai. Foto: panoramio.com

Keindahan Pantai Empu Rancak

Jepara memiliki sejumlah kawasan wisata yang siap memanjakan para turis. Seperti Pantai Bandengan, Pantai Kartini, Pantai Bondo, Pailus, Blebak, Pungkruk, Ombak Mati hingga Benteng Portugis yang bisa dinikmati oleh para wisatawan baik mancanegara dan juga domestik. Salah satu kawasan wisata yang digemari oleh para turis terutama di tahun 2017 ini adalah Pantai Empu Rancak atau biasa disebut Purancak. Pantai ini terletak di kecamatan Mlonggo atau tepatnya di Desa Karang Gandong.

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Jepara Jawa Tengah dan Sekitarnya

Kawasan wisata pantai ini sangat pas dan cocok dikunjungi bersama keluarga dan juga teman-teman. Pantai Empu Rancak ini memiliki keindahan pantai yang bersih dan jernih. Apalagi di pantai ini ombaknya sangat tenang bahkan cenderung diam. Ombak di pantai Purancak ini tidak besar. Hanya sedikit bergelombang di area tengah laut. Selain itu air lautnya sangat bersih dan juga jernih. Di sini para wisatawan bisa melihat dan menyaksikan banyaknya batu karang serta pecahan terumbu karang yang membuat keindahan alam bawah laut menjadi lebih mempesona.

BacaJuga:  Wana Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu Karanganyar + Harga Tiket Masuk Lokasi Kalisoro Kampung Halloween
Pasir Putih. Foto: finawardhani.blogspot.com

Para wisatawan bisa melihat dan juga menikmati alam bawah laut di pantai Empu Rancak yang cukup menawan. Ditambah lagi dengan keindahan panorama sunset dan juga sunrise yang bisa membuat pantai ini menjadi lebih menarik. Pemandangan di kala matahari tenggelam bisa menjadi salah satu pesona yang ditawarkan oleh pantai ini. Dan bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Selain itu, pesona sunrise di Pantai Empu Rancak ini juga menawarkan sesuatu yang menarik. Para wisatawan bisa melihat sinar matahari ketika pagi yang menyinari hamparan pasir putih dan juga air laut yang jernih. Tentu saja sangat pas untuk diabadikan ketika berlibur ke sini. Apalagi akses untuk menuju ke Pantai Empu Rancak ini cukup mudah dan juga bisa terjangkau. Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti adanya Google Map dan peta yang bisa mengantarkan para wisatawan dengan mudah.

Pantai. Foto: rumahedukasi.com

Pantai Empu Rancak ini memang masih belum terjamah secara keseluruhan. Sehingga pantai ini memang cukup layak untuk dijelajahi. Pantai ini menyajikan keindahan hamparan pasir putih yang sangat mempesona dengan adanya air yang jernih serta ombak di pantai yang sangat menawan. Bagi yang gemar untuk berenang dan juga bermain air, tentu saja kawasan wisata pantai ini bisa memberikan keasyikan tersendiri.

Empu Rancak. Foto: wisatawan.id

Seperti sudah disebutkan di awal bahwa di sini para wisatawan bisa melihat terumbu karang dan juga deretan batu-batu karang yang menghiasi area pantai. Sementara di salah satu sudut pantai, terdapat barisan pohon pandan yang memiliki pesona dna juga bisa membuat panorama di sekitar pantai yang terletak di utara Jawa ini semakin eksotis. Yang cukup menarik lagi adalah adanya pelabuhan mini yang biasanya dipakai oleh nelayan untuk menambatkan perahu-perahu mereka.

BacaJuga:  10 Foto Old City 3d Trick Art Museum Semarang + Harga Tiket Masuk Lokasi
Pantai. Foto: wisataterbaru.com

Seafood yang menggoda di Purancak

Selain keindahan wisata alam dan juga pesona pantainya, ternyata ada salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Pantai Empu Rancak tersebut. Yaitu kuliner seafoodnya yang menggoda. Di kawasan pantai ini tidak perlu heran jika para wisatawan bisa menemukan deretan warung makanan yang menyajikan menu kuliner seafood yang siap menggoda perut. Mulai dari ikan bakar, cumi asam manis, hingga makanan khas Kota Ukir Pindang Serani yang tentu saja sangat lezat dan nikmat. Oleh sebab itu pantai Purancak ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga.

Empu Rancak. Foto: viva.co.id

Sebuah aktifitas yang sangat pas dan menyenangkan di kawasan wisata Pantai Empu Rancak ini. Selain bisa melihat keindahan dan pesona pantai serta berenang dan mandi di laut, masyarakat langsung bisa mencicipi kenikmatan kuliner seafood yang langsung diambil dari laut. Sebuah momen liburan yang menyenangkan.

Pantai. Foto: blog.pergi.com

Akses Menuju Pantai Empu Rancak

Akses atau lokasi jalan menuju ke Pantai Empu Rancak ini bisa dilalui dengan sangat mudah. Bisa diakses dair Semarang dan juga Jogja. Ada 3 jenis moda transportasi yang bisa digunakan. Yaitu bus, sepeda motor, dan juga mobil. Jika memakai sepeda motor, disarankan untuk mengikuti tanda lalu lintas yang mengarah ke Jepara. Setelah itu berhenti di Alun-alun yang merupakan pusat kota Kabupaten Jepara. Dari alun-alun, perjalanan dilanjutkan ke arah Timur Laut atau melewati Jalan Raden Ajeng Kartini. Setelah sampai di jalan Ahmad Yani, ambil jalur Jepara – Bangsri hingga ke jalur Mlonggo – Bondo. Dari area Bondo, dilanjutkan sekitar 2 kilometer ke Pantai Empu Rancak. Di Bondo, para wisatawan bisa melihat banyak petunjuk jalan menuju ke arah pantai Empu Rancak. Perjalanan biasanya akan memakan waktu sekitar 1 jam.

BacaJuga:  Klenteng Tay Kak Sie Temple Semarang, Tiket Masuk Lokasi + Jam Buka
Pantai. Foto: panoramio.com

Harga tiket masuk dan fasilitas

Kawasan wisata Pantai Empu Rancak masih gratis. Para wisatawan bisa masuk ke kawasan wisata pantai ini tanpa dipungut bayarn. Pasalnya pantai ini masih dikelola swadaya oleh masyarakat. Oleh sebab itu pantai ini belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Akan tetapi fasilitas umum seperti toilet hingga fasilitas tempat ibadah sudah tersedia di pantai ini. Sayangnya untuk penginapan belum terlalu banyak ditemukan disini. Kawasan wisata pantai Empu Rancak ini memiliki sejarah, kisah misteri dan mitos yang kental dengan pulau Jawa. Kisah-kisah tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Warung di Purancak. Foto: panoramio.com

Tips berlibur ke Pantai Empu Rancak

Untuk berlibur ke pantai Empu Rancak ini, para wisatawan disarankan untuk membawa topi atau penutup kepala. Pasalnya ketika berada di pantai ini terutama di siang hari akan sangat panas oleh terik matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *