Pantai Gatra di Malang Selatan Jawa Timur, Alamat Rute Map + Tiket Masuk Akses Ke Sana

Posted on
Pantai gatra di malang selatan jawa timur alamat rute map tiket masuk akses ke camping jatim 2017 jalan menuju harga lokasi letak peta google foto gambar denah wisata sejarah misteri mitos
Pantai Gatra di Malang, Foto: indonesiawisatanic.blogspot.com

Lokasi: Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Map: Klik disini
HTM: Rp.6.000 per Orang
Jam Operasional: 24 Jam
Telepon: 0813-3318-3380

Sebagai salah satu Kota Wisata di Jawa Timur, Kota Malang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Selain udaranya yang sejuk, kenyamanan di Kota Malang ini sangat bisa dirasakan wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung ke Kota ini. Malang memang punya banyak titik wisata menarik yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata yang mengedukasi, wisata kuliner, wisata sejarah maupun modern sampai dengan wisata alam bisa Anda nikmati disini.

Bermain Air di Pantai, Foto: jijihans.com

Dan jika memang Anda penyuka wisata alam, salah satu wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Malang adalah Pantai-Pantai di daerah Malang Selatan, karena pesona pantai yang masih sangat jernih dan alami bisa Anda nikmati disana. Salah satu tempat wisata di Malang Selatan yang harus kamu datangi adalah  wisata Pantai Gatra. Lokasinya dekat dengan tempat pelelangan ikan Sendang Biru, Malang Selatan, Jawa Timur. Pantai Gatra ini masih belum banyak dikenal wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang karena masih terbilang baru yakni dibuka tahun 2014. Meskipun pantai ini terbilang baru namun pantai ini tak kalah dengan pantai-pantai andalan di Jawa Timur lainnya. Lokasi pantai yang berada di kawasan Mangrove ini menambah keeksotisan pantai yang masih sangat alami dan bersih sehingga semakin memanjakan mata para penikmat alam yang berkunjnung ke Malang. Keindahan Pantai Gatra yang di tahun 2017 ini mulai dikenal banyak wisatawan ini dikelilingi oleh rimbunan pepohonan hijau yang membuat udara semakin sejuk ini akan membuat anda lupa daratan. Jika anda sedang di Malang, jangan melewatkan untuk berkunjung menikmati pesona alam di Pantai Gatra Malang karena wisata bahari yang memukau akan Anda temukan di Pantai Gatra ini.

Pantainya Bersih, Foto: matajatim.com

 

Keindahan Pantai Gatra

Pantai –Pantai di Desa ini memang sudah dikenal sekarang, apalagi pantai Clungup yang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan sebelumnya. Tidak kalah dengan Pantai Clungup, Pantai Gatra yang masih terbilang baru bisa menjadi pantai andalan para wisatawan di Malang Selatan. Keindahan dan Potensi di wisata Pantai Gatra yang memesona ini membuat Pantai Gatra dapat menjadi pilihan anda untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Pantai ini memiliki ciri khas nya tersendiri dengan gradasi warna laut biru yang sangat indah ditambah dengan pemandangan gugusan-gugusan pulau yang berada ditengah pantai sehingga membuat wisata ini tampil menawan dan sering disebut dengan “Raja Ampat nya Jawa Timur”. Tak mau kalah dengan Raja Ampat Sang Primadona Papua, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan yang berfoto dan mengabadikan moment nya disini seakan-akan sedang berada di Raja Ampat Papua. Dengan keberadaan gugusan pulau-pulau karang di laut pantai ini, menyebabkan gelombang ombak di Pantai Gatra tidak terlalu besar karena terhalang dengan pulau-pulau karang, sehigga membuat anda merasa nyaman untuk berwisata disini tanpa harus takut dengan ombak pantai selatan yang terkenal besar. Tapi sebagai wisatawan anda harus tetap berhati-hati jika berkunjung di pantai manapun.

Pemandangannya Sangat Indah, Foto: tribunnews.com

Pantai Gatra ini juga terkenal dengan pasir putih yang halus nan indah dan kebersihan di Area pantai yang membuat para wisatawan semakin nyaman berlama-lama berada di Pantai yang berada di Kawasan Mangrove Clungup ini. Air laut yang jernih membuat bebatuan karang yang ada di dasar laut terlihat jelas ditambah suara deburan ombak lautan di tepi Pantai Gatra turut menenangkan pikiran para wisatawan Pantai Gatra. Sungguh eksotis dan menawan kecantikan Pantai Gatra ini, dijamin akhir pekan kalian akan menyenangkan jika berada disini.

Dijuluki “Raja Ampat nya Jawa Timur”, Foto: wisatamalang.info

Rute Jalan Menuju Pantai Gatra

Secara administratif, pantai Gatra Malang Selatan berada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan. Jika anda berangkat dari Kota Malang, akses menuju Pantai Gatra sejauh 73 kilometer yang akan memakan waktu perjalanan selama 2 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan roda dua dan 3 jam jika menggunakan kendaraan roda empat. Dari Kota Malang anda harus menuju ke daerah Gadang Turen, dan lanjut mengambil rute ke arah Pantai Sendang Biru. Ditengah perjalanan anda akan menemukan petunjuk arah untuk belok ke arah kanan untuk mengambil rute ke Pantai Clungup. Tidak lama setelah belok kanan anda akan bertemu persimpangan dan anda bisa ambil arah kiri dan ikuti terus petunjuk jalan sampai tiba ke arah tempat pelelangan ikan, tidak lama anda akan sampai di pintu utama pantai Clungup, Pantai Gatra, dan Pantai Tiga Warna. Tidak perlu khawatir, banyak petunjuk jalan kesini yang akan membantu anda untuk sampai disini. Namun jika anda tetap kesulitan dalam menuju Pantai ini, anda bisa menggunakan google maps pada ponsel atau  jangan segan untuk bertanya kepada warga sekitar karena warga Malang akan berbaik hati menujukkan jalan ke Pantai ini.

Pasir Putihnya Bersih dan Lembut, Foto: journesia.com

Setibanya disana karena pantai ini berada di dalam kawasan konservasi mangrove, anda akan disambut  oleh petugas pengelola konservasi Mangrove yang akan meminta anda untuk melakukan pendataan pengunjung terlebih dahulu. Jarak dari pintu utama ke Pantai Gatra ini sejauh 1 km yang harus dilewati dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit. Selama berjalan kaki menuju Pantai Gatra, banyak wisatawan yang menikmati keindahan kawasan Mangrove Clungup dan Pantai Clungup sambil mengambil beberapa foto karena untuk menuju Pantai Gatra harus melewati kawasan Mangrove Clungup ini. Lelah yang Anda rasakan saat trekking dan berjalan kaki tidak akan terasa sia – sia karena akan langsung terbayar dengan lokasi Pantai Gatra yang indah disana. Biasanya pada siang hari saat panas terik, banyak pula pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki karena lelah karena harus memiliki stamina yang banyak,  jika seperti itu anda bisa menyewa jasa ojek di pintu utama dengan biaya sekitar Rp 10.000 per motor sehingga anda akan lebih cepat pula tiba di Pantai Gatra.

Jalan Menuju Pantai Gatra yang Banjir Saat Pasang, Foto: tripadvisor.com

Harga Tiket Masuk ke Pantai Gatra

Untuk memasuki Pantai Gatra, di Pos awal anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp. 6000 per orang, sebenarnya dana ini juga bukan hanya untuk tiket masuk tapi diperuntukkan untuk konservasi mangrove di wilayah ini berupa pembelian bibit mangrove yang nantinya akan ditanam oleh pengelola di tempat ini. Jadi selain berwisata di pantai, anda juga dapat berperan serta dalam kelestarian hutan mangrove di kawasan ini. Saat dilakukan pendataan pengunjung di pos awal, petugas pengelola pun akan memeriksa barang anda yang berpotensi sebagai sampah yang akan dicek kembali nantinya saat pulang, jika jumlah sampah tidak sesuai dengan data awal, maka pengunjung akan dikenakan denda sebesar Rp.100.000 per sampah. Wah bisa dibayangkan kalau anda ceroboh membuang sampah di pantai maka berapa jumlah rupiah yang harus iklaskan. Pemberian denda seperti ini dlakukan bukan untuk menarik dana dari pengunjung melain kan untuk mengedukasi pengunjung agar pengunjung tetap menjaga kebersihan pantai demi kenyamanan bersama.

Bisa Camping di Pinggir Pantai, Foto: tripadvisor.com

Sayangnya, di area pantai tidak ada hotel maupun penginapan di wilayah konservasi mangrove ini. Untuk anda yang berencana menginap, anda dapat menginap di rumah warga sekitar pantai yang menyediakan penginapan. Jika anda ingin lebih lama menikmati pesona pantai Gatra dan mendengar deburan ombak pada malam hari, anda bisa camping disini bersama teman-teman anda dengan mendirikan tenda di area bumi perkemahan di tepi pantai Gatra. Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke petugas pengelola untuk mendirikan tenda. Jika anda tidak membawa tenda dan peralatan berkemah, anda tidak perlu membawa maupun membeli terlebih dahulu karena petugas pengelola di kawasan ini juga menyediakan jasa sewa untuk tenda dan peralatan berkemah dengan harga yang bersahabat. Harga sewa tenda untuk camping di pantai juga terbilang murah, anda cukup dengan membayar Rp. 25.000 dan sudah bisa mendirikan tenda dan menikmati suasana sunset hingga sunrise di pantai tersebut. Saat ini semakin banyak wisatawan yang mendirikan tenda di camping ground dan banyak pula yang berlama-lama di tepi pantai untuk bersantai maupun bermain air laut hingga mentari tenggelam muncul karena Pantai Gatra Malang juga terkenal dengan pesona sunsetnya yang indah dengan warna kuning keemasan yang kan memanjakkan mata anda di sore hari.

Jalan Menuju Pantai Gatra, Foto: flickr.com

Nah, setelah mendengar tentang keindahan Pantai Gatra Malang ini apakah anda juga tertarik berkunjung ke Pantai Gatra di Malang Selatan ini? Kalau tertarik anda bisa kunjungi pantai yang indah ini namun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam Pantai Gatra dengan membawa pulang sampah atau membuangnya ke tempat sampah yang sudah disediakan. Selamat berlibur!

Hutan Mangrove di Sekitar Pantai, Foto: feryarifian.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *