10 Gambar Pantai Goa Cina Malang Selatan, Harga Tiket Masuk + Rute Jalan Menuju Lokasi Wisata

Posted on
Pantai goa cina malang selatan harga tiket masuk rute jalan menuju lokasi wisata beach alamat jawa timur letak peta indonesia 65176 dari surabaya kota sidoarjo kediri gambar google maps jarak jalur penginapan hotel
Pantai Goa Cina, Foto: bayuandra13.blogspot.com

Lokasi: di Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176, Indonesia
Map: Klik disini
HTM: Rp 5000
Buka/Tutup: 24 jam
Nomor Telepon:

Pantai Goa Cina, bagi Anda yang tinggal di Malang, pasti tidak asing mendengar nama pantai ini. Pantai Goa Cina adalah pantai yang berada di Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Pantai Goa Cina sebenarnya merupakan pantai yang baru-baru ini terkenal namanya, hal ini disebabkan karena banyak orang yang menguploadnya di media sosial.

Arti nama Pantai Goa Cina

Nama Pantai Goa Cina ini sebenarnya bukan tanpa alasan, karena di Pantai Goa Cina terdapat goa yang memiliki daya pikat tersendiri. Goa ini berada di Karang, sebelah kanan pantai yang memiliki jarak 50 meter. Goa tersebut mempunyai tinggi kurang lebih 2 meter serta lebar 2 meter dan mempunyai rongga yang menjorok sekitar 8 meter. Ruangan yang berada di dalamnya juga lebar. Di sini, Anda tidak akan menemukan stalaktit dan stalakmit, namun tenang saja karena Anda bisa melihat fenomena alam yang berada di Pantai Goa Cina.

Pantai Goa Cina Malang, Foto: tempatwisatamu.com

Dulunya Pantai Goa Cina memiliki nama Pantai Rowo Indah, namun karena terjadi peristiwa kematian seorang petapa yang berasal dari Cina puluhan tahun lalu, pantai iniĀ  disebut dengan nama Pantai Goa Cina hingga sekarang ini.

Aktivitas di Pantai Goa China

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Goa Cina, bermain pasir. Pantai Goa Cina memiliki air laut yang cukup bersih dan pasir yang putih. Bukan hanya bermain pasir, sepertinya jika kita hanya berdiam diri namun tidak mengambil gambar foto Pantai Goa Cina akan sangat sayang. Anda bisa mengambil gambar kebersamaan seluruh keluarga saat mengunjungi Pantai Goa Cina, atau Anda bisa mengabadikan moment kebersamaan ini dengan bentuk video.

Wisata Mempesona di Malang Selatan, Foto: up2det.net

Ingin bersantai di Pantai Goa Cina? Jika ingin menikmati keindahan Pantai Goa Cina sembari bersantai, Anda bisa duduk di pinggir pantai ditemani dengan es kelapa muda, pasti akan sangat menyegarkan. Lebih-lebih Pantai Goa Cina memiliki hawa yang begitu panas, dibandingkan dengan pantai yang lainnya.

Keunikan Pantai Goa Cina

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Pantai Goa Cina adalah keindahan ombak liar pantai yang menghadap langsung di Samudera Hindia, tetapi ada hal istimewa di salah satu pantai ini. Walaupun berada di bagian selatan Jawa, dari Pantai Goa Cina Anda bisa menikmati sunrise di pagi hari.

Pantainya Bagus, Foto: iqbalazhari.com

Pantai Goa Cina juga menyajikan fenomena alam yang cukup langka, yakni terdapat gelombang air laut bersimpangan dari 3 arah yakni dari timur, selatan dan barat. Arus gelombang tersebut bertabrakan diantara Pulau Bantengah serta Pulau Nyonya. Dengan arus gelombang yang sangat kuat, hal ini memunculkan suara gemuruh yang begitu kencang. Inilah salah satu fenomena alam yang begitu langka di Pantai Goa Cina.

Karena besarnya ombak di Pantai Goa Cina, tidak ada satu pun perahu nelayan yang bersandar dipantai. Kawasan Pantai Goa Cina hanya menjadi jalur lalu lintas nelayan dari berbagai penjuru ke Pantai Sendangbiru. Sebenarnya, Pantai Goa Cina tidak begitu luas, tetapi dengan adanya 3 pulau yang berada di tengah-tengah pantai, hal ini membuat pemandangan pantai menjadi semakin indah. Pohon-pohon pun tampak berjejer rapi di pinggir pantai.

Eloknya Pantai Goa Cina, Foto: newshub.id

Kuliner di Pantai Goa Cina

Berbeda dari pantai yang lainnya, Pantai Goa Cina memiliki sajian kuliner yang tidak begitu banyak. Di Pantai Goa Cina, Anda bisa memesan makanan seperti nasi goreng, soto, mie instant. Tidak banyak menu yang tersedia di warung sekitar pantai, lebih-lebih saat weekday. Untuk weekend, biasanya pedagang memperbanyak menu yang mereka jual, namun harganya juga akan sedikit mahal.

Menikmati sunrise di Pantai Goa Cina

Seperti yang sudah disampaikan, Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai yang cocok digunakan untuk menikmati sunrise. Tidak mungkin bukan untuk menikmati sunrise ini, Anda akan berangkat malam hari? Anda bisa berangkat di siang hari dan sampai di Pantai Goa Cina sore hari, setelah itu Anda tinggal camping di pinggir Pantai Goa Cina. Banyak wisatawan yang membangun tenda di sekitar Pantai Goa Cina. Apalagi ketika siang hari Goa Cina Beach ini begitu panas, jadi waktu yang paling tepat untuk mengunjungi adalah di sore hari dan bermalam di Pantai Goa Cina.

Tepi Pantai Yang Bersih, Foto: wisataterindah.net

Karena tidak banyak penginapan dan warung di Pantai Goa Cina, lebih baik Anda menyiapkan bekal Anda, selain itu bawa tenda dan seluruh perlengkapan lain. Mungkin Anda akan kaget, memang Pantai Goa Cina bukan sebuah pantai yang populer, namun di Pantai Goa Cina sudah dilengkapi fasilitas camping ground yang memadai. Pasti indah rasanya saat pagi-pagi bangun disambut dengan mentari dan langit kemerahan.

Ada hal yang harus Anda perhatikan ketika mengunjungi Pantai Goa Cina, karena ombak di Pantai Goa Cina cukup ganas, Anda tidak boleh berenang atau mandi di laut, peringatan ini sangat keras, bahkan pihak dari Pantai Goa Cina tidak akan segan-segan memberikan sanksi jika Anda melanggarnya.

Pantai Goa Cina, Foto: newshub.id

Oleh-oleh Pantai Goa Cina

Bila ingin membeli oleh-oleh, Anda bisa memilih oleh-oleh seperti ikan segar. Banyak ikan segar yang dijual di sekitar pantai. Biasanya ikan segar yang dijual di sekitar pantai dibanderol dengan harga yang cukup murah. Selain ikan segar, Anda bisa membeli oleh-oleh lainnya seperti makanan ringan yang berasal dari bahan ikan. Makanan ringan ini juga memiliki harga terjangkau.

Pesona Alami Nan Menakjubkan, Foto: panduanwisata.id

Tips berjemur di Pantai Goa Cina

Seperti yang kita ketahui, Pantai Goa Cina memiliki panas matahari yang cukup menyengat, Anda bisa menggunakannya sebagai sarana berjemur. Ada beberapa tips berjemur di Pantai Goa Cina, antara lain:

  • Pilih waktu berjemur yang paling tepat. Meskipun ingin memiliki kulit yang berwarna tan, bukan berarti Anda harus berjemur ketika matahari sedang terik, saat matahari terik, kulit Anda bukan menjadi tan namun mengelupas. Waktu yang pas untuk berjemur di jam 9 pagi dan 4 sore,
  • Gunakan topi dan kacamata hitam. Sinar matahari bisa membuat penglihatan Anda menjadi terganggu. Jadi, pergunakan kacamata hitam yang mempunyai perlindungan sinar UV, selain akan menjaga kesehatan mata, kacamata hitam juga membuat Anda bisa menikmati keindahan pantai tanpa perlu gusar dengan gangguan mata. Anda bisa foto eksis di Pantai Goa Cina sembari menggunakan kacamata hitam, pasti akan terlihat lebih keren. Selain itu gunakan topi agar kepala terlindung dari sinar matahari yang bisa membuat kepala menjadi pusing,
  • Kenakan tabir surya. Meskipun Anda ingin berjemur, atau menggelapkan kulit, bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan tabir surya. Tabir surya ini justru penting agar kulit tidak langsung terkena sinar matahari, selain itu tabir surya juga akan membuat warna tan pada kulit menjadi semakin merata. Pengolesan tabir surya harus dilakukan 20 menit sekali, untuk angka SPF, sesuaikan dengan warna kulit, semakin putih warna kulit Anda, akan semakin tinggi SPFnya.
  • Pergunakan pakaian yang tipis. Mungkin Anda ingin tidak menggunakan baju sama sekali, agar kulit tan bisa merata, namun hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Lebih baik gunakan baju tipis, sehingga Anda tidak merasa gerah, sinar matahari pasti akan membuat badan Anda menjadi berkeringat dan kegerahan jika menggunakan baju tebal. Untuk Anda kaum adam, Anda bisa memilih celana renang.

Transportasi untuk ke Pantai Goa Cina

Apabila ingin berwisata dengan nyaman di Pantai Goa Cina, Anda memerlukan transportasi kendaraan yang akan digunakan selama perjalanan. Bila tidak membawa kendaraan sendiri, lebih baik Anda menggunakan jasa rental mobil sehingga liburan menjadi semakin menyenangkan. Tarif rental mobil di Malang cukup terjangkau, selain itu biaya booking rental mobil jauh lebih murah bila dibandingkan menggunakan alat transportasi umum untuk sampai ke Pantai Goa Cina.

Menggunakan rental mobil juga lebih efisien, menghemat waktu dan semakin efektif. Dengan menggunakan rental mobil, Anda bisa memilih berbagai macam wisata yang Anda ingini, bila belum paham dengan daerah Malang, lebih baik booking rental mobil dengan sopir dan guide wisata Anda.

Pemandangan Indah Pantai, Foto: naturalsunrisetour.com

Rute menuju ke Pantai Goa Cina Malang

Rute jalan untuk sampai di Pantai Goa Cina sebenarnya mudah. Alamat Pantai Goa Cina berada di Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. jika Anda sudah pernah pergi ke Pantai Bajul Mati serta Pantai Sendang Biru, Anda akan mudah menuju ke Pantai Goa Cina, karena jarak Pantai Goa Cina dengan kedua pantai ini hanya 15 menit saja.

Jika Anda dari Malang Kota, Anda bisa langsung mengambil jalan menuju ke Gadang, setelah sampai di perempatan Gadang, ambil jalan ke arah Bululawang, Turen dan Sumbermanjing Wetan. Pilih jalan ke Dusun Sitiarjo, nantinya Anda akan menemukan petunjuk arah untuk sampai ke Pantai Sendang Biru, sampai di pertigaan Pantai Sendang Biru, ambil arah kanan ke Pantai Goa Cina.

Banyak rambu yang akan mengantarkan Anda untuk sampai di Pantai Goa Cina, namun Anda harus berhati-hati karena jalan menuju ke Pantai Goa Cina berkelok-kelok serta berada di sebelah jurang, jadi Anda harus benar-benar berhati-hati. Apalagi, akses jalan utama menuju ke Pantai Goa Cina sedikit susah, sekitar 500 meter dari Pantai Goa Cina jalan rusak parah, walaupun jalan cukup lebar, jalanan terasa licin dan lembek, apalagi saat tergenang hujan.

Apabila menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan angkot AG/GA dari Arjosari Malang, dan berhenti di Terminal Gadang. Selanjutnya, setelah dari Terminal Gadang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot bison menuju Sumbermanjing Wetan, dan tinggal naik ojek untuk menuju ke Pantai Goa Cina. Bila menggunakan alat transportasi umum, lebih baik Anda memperkirakan jam berangkat dan pulang Anda. Jangan pulang terlalu petang karena Anda akan sulit menemukan angkutan umum di sini.

Masih bingung menuju ke Pantai Goa Cina? Jika Anda akan menuju ke Pantai Goa Cina dari Kediri, Surabaya, hingga Kota Sidoarjo, Anda bisa menggunakan Google Map dan mengikuti petunjuk jalan yang berada di Google Map.

Suasana Alami Masih Terasa, Foto: outboundindonesia.com

Fasilitas di Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina memiliki fasilitas cukup lengkap. Anda bisa menemukan beberapa warung kecil yang menyediakan menu makan berat, masjid, mushola, hingga kamar mandi. Dengan berbagai macam fasilitas pendukung ini, liburan Anda pasti menjadi semakin menyenangkan. Untuk hotel, Anda bisa menginap di luar daerah Pantai Goa Cina, karena belum terdapat hotel di sekitar sini.

Harga tiket masuk Pantai Goa Cina Malang

Harga tiket masuk dari Pantai Goa Cina bisa dikatakan sangat murah, karena untuk memasuki kawasan Pantai Goa Cina Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang.

Bila Anda menggunakan motor, biaya parkir yang harus Anda keluarkan sebesar Rp 5.000 dan untuk parkir mobil sebesar Rp 10.000, apabila Anda memutuskan untuk bermalam di Pantai Goa Cina, terdapat biaya tambahan parkir motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *