10 Gambar Pantai Jetis Purworejo, Rute Jalur Menuju Lokasi + Keindahan Wisata

Posted on
10 Gambar Pantai Jetis Purworejo, Rute Jalur Menuju Lokasi + Keindahan Wisata
Rate this post

Lokasi : Patutrejo, kecamatan grabag, kabupaten purworejo, jawa tengah 54265
Map :
KlikDisini
HTM :
Gratis
Buka/Tutup :
Setiap hari 24 jam
Telepon :

foto by instagram.com/rachmadpujianto/

Selain kabupaten wonosobo yang terkenal dengan kawasan wisata dataran tinggi diengnya. Jawa tengah masih memiliki beberapa kabupaten lain yang juga tidak kalah menariknya untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Dan yang menjadi pilihan ulasan kami kali ini, ialah kabupaten purworejo yang letaknya berjarak sekitar 55 kilometer dari kabupaten wonosobo. Di kabupaten ini, terdapat sebuah objek wisata baru yang kepopulerannya mulai menanjak sejak dua tahun terakhir.

Adalah pantai jetis yang berlokasi di desa patutrejo, kecamatan grabag, kabupaten purworejo, jawa tengah, yang seolah terlahir kembali setelah mendapatkan sentuhan reklamasi dari PT aneka tambang.

PT ini melakukan reklamasi, setelah mengahiri galian pasir besinya di pantai tersebut pada tahun 2007 silam. Karenanya, bagi yang pernah datang kesini pada rentang tahun 2008-2009. Mungkin masih mendapati adanya lubang galian yang belum diratakan di sekitaran pantai.

foto by instagram.com/lilyholipah/

Namun saat ini pantai jetis sudah benar-benar berubah. Upaya pemerintah daerah dan masyarakat sekitar untuk menjadikannya sebagai lokasi wisata akhirnya membuahkan hasil.

Setelah bertahun-tahun dipoles dengan tambahan wahana dan fasilitas, pantai inipun mulai dilirik dan mendapat lonjakan kunjungan setiap tahunnya. Dan saat ini, kabarnya wisatawan yang datang setiap minggunya rata-rata mencapai 800-1000 orang.

Daya tarik

Berpasir hitam dan berombak besar adalah ciri khas dari kebanyakan pantai di daerah selatan pulau jawa, tak terkecuali pantai jetis.

Karenanya untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, wisatawan, lebih dianjurkan untuk menikmati wahana wisata di pinggir pantai daripada berenang ke tengah laut.

foto by instagram.com/ristiyananin/

Sejalan dengan itu, pihak pengelola juga telah membangun banyak spot menarik di sekitaran pantai. Spot-spot ini, bisa dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai lokasi bersantai ataupun hunting foto.

BacaJuga:  Keramat Tetapi Indah! Pantai Karang Pandan Cilacap, Surga Kecil di Pulau Kematian

Salah satu spot yang terkenal dan menjadi unggulan di tempat ini ialah wahana taman payung. Selain instagramable untuk spot foto, lokasinya juga cukup sejuk dengan ratusan pohon pinus yang tumbuh menghijaukan lokasi.

Sebagai gambaran, taman payung ini adalah sebuah taman yang di dalamnya terdapat banyak sekali pohon pinus. Kemudian di atas tiap ruas jalan taman, dihiasi dengan payung berwarna warni. Selain itu, di beberapa pohon pinus juga telah disediakan hammock sebagai tempat istirahat.

Selanjutnya spot lain yang juga sering menjadi buruan para pelancong saat berada di pantai jetis ialah panggung atau gardu pandang. Para wisatawan biasanya memanfaatkan spot ini sebagai tempat untuk berfoto bersama pasangan.

foto by instagram.com/mirabela_miyostela/

Ada beberapa gardu pandang di objek wisata ini, bentuk dan tingginya pun berbeda-beda. Yang cukup menarik perhatian adalah sebuah gardu pandang dengan tinggi 3 meter berhiaskan ukiran bunga berbentuk hati.

Karena hiasan berbentuk pola hati tersebut, banyak wisatawan memilih gardu ini sebagai spot selfie ataupun berfoto bersama yang terkasih.

Selain itu, gardu ini juga terbilang tidak terlalu tinggi dibanding gardu-gardu yang lain. Sehingga siapapun pastinya tidak takut untuk naik ke atasnya.

Fasilitas wisata

Keseriusan pemerintah daerah bersama masyarakat sekitar dalam mengembangkan potensi pantai jetis sebagai objek wisata tidak hanya sebatas pada pembangunan wahana-wahana wisatanya saja.

foto by instagram.com/ratna_cake/

Namun, untuk memberi rasa nyaman dan membuat pengunjung betah berlama-lama di lokasi, beberapa fasilitas penunjang juga sudah mulai dilengkapi secara bertahap.

Untuk menampung kendaraan pengunjung, pihak pengelola sudah menyediakan areal parkir yang cukup luas di sebelah pintu masuk, lengkap dengan petugas parkirnya yang akan menjaga kendaraan anda sepanjang hari.

Kemudian di sekitaran pantai, berdiri juga berapa gazebo sebagai tempat istirahat dan tempat menaruh bekal bagi pengunjung.

Fasilitas lain seperti toliet dan musholla juga sudah tersedia, dan apabila anda kehabisan bekal, warung-warung penjaja minuman dan makanan pun telah disiapkan.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Pecaron Kebumen, Lokasi Alamat, Rute Jalur Menuju Wisata + Keindahan di Sekitar Area
foto by instagram.com/purworejoimages/

Aktivitas wisata

Selain memanjakan diri di taman payung dan berfoto di gardu pandang. Beberapa aktivitas yang identik dengan wisata pantai juga bisa dilakukan di sini. Aktivitas-aktivitas tersebut diantaranya adalah :

  • Jalan santai sambil menyaksikan deburan ombak

Sebagai aktivitas pembuka, anda bisa berjalan-jalan menyusuri tepian pantai. Sembari menikmati kencangnya angin, anda bisa menyaksikan kerasnya gulungan ombak pantai jetis.

Jangan lupa untuk menyiapkan kamera, siapa tau anda menemukan hal menarik dan ingin memotretnya.

  • Bermain pasir
foto by instagram.com/novitarinii_/

Aktivitas yang satu ini sangat lekat dengan wisata pantai, jika anda menyukainya, maka anda juga bisa melakukannya di sini. Anda bisa menggambar ataupun membangun replika apa saja menggunakan pasir hitam pantai jetis.

Atau. Anda bisa menghangatkan badan dengan membenamkan diri ke dalam pasir hitam tersebut.

  • Berburu sunset

Apabila anda datang atau berada di lokasi pantai sampai sore hari, atau lebih tepatnya sampai waktu sunset tiba. Maka dari sini anda bisa menyaksikan indahnya momen ketika matahari seolah-olah tenggelam ke dalam dasar laut.

foto by instagram.com/wahyu_mei13/

Air laut pun berkilauan layaknya serpihan emas ketika terkena sinar sang surya. Sungguh pemandangan yang sangat indah, anda tentu ingin mengabadikannya dengan kamera bukan ?

Lokasi dan rute menuju pantai jetis

Pantai jetis berlokasi di desa patutrejo, kecamatan grabag, kabupaten purworejo, jawa tengah. Rute yang bisa anda lewati untuk sampai ke tempat ini ialah :

  • Dari yogyakarta

Bagi anda yang datang dari yogyakarta, maka rute perjalanan yang bisa anda tempuh untuk sampai di lokasi pantai jetis ialah dengan memulai perjalanan dari wates ke puworejo.

Di pertigaan sebelum gapura kabupaten purworejo, silahkan anda pilih jalur kiri dan lurus terus sampai pertigaan pantai jatimalang. Sebelum sampai di pertigaan ini anda akan melewati jembatan congot serta jalan deandles.

Lalu dari pertigaan tersebut, silahkan lanjutkan perjalanan anda hingga sampai di desa patutrejo. Di kiri jalan, anda akan melihat gerbang bertuliskan selamat datang di pantai jetis.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Winong Wonosobo, Harga Tiket Masuk Wisata, Lokasi Alamat, Sejarah Legenda + Jam Buka Tutup
foto by instagram.com/idinibudi/
  • Dari kebumen

Untuk anda yang datang dari kebumen, maka rute yang bisa dipilih adalah dengan memulai perjalanan menuju jalan deandles. Dari jalan ini kemudian anda bisa mengikuti rute perjalanan seperti di atas.

  • Dari purworejo kota

Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari arah purworejo kota bisa memulai perjalanan dengan mengarahkan kendaraan menuju arah kutoarjo. Dari stasiun kutoarjo, silahkan lurus terus sampai jalan deandles hingga sampai di desa patutrejo.

Harga tiket masuk dan jam buka tutup

foto by instagram.com/inkaakd/

Berbeda dengan lokasi wisata pantai lainnya. Wisatawan yang datang berlibur ke tempat ini tidak dikenai biaya tiket masuk. Artinya anda bisa bebas keluar masuk tanpa menggunakan tiket.

Hanya saja jika anda berkenan. Anda bisa menyumbang beberapa ribu rupiah sebagai biaya pengembangan semua wahana wisata dan fasilitas di pantai jetis. Sumbangan ini bisa anda masukkan ke kotak amal pada saat memasuki ataupun menggunakan setiap wahana.

Sementara itu mengenai jadwal kunjungan, sampai saat ini pantai jetis dibuka setiap hari 24 jam. Dengan begitu, anda bisa datang kesini kapan pun anda mau. Tapi biasanya, pantai ini akan sangat ramai oleh pengunjung pada hari-hari libur.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.