10 Gambar Air Terjun Pantai Jogan Wonosari Jogja, Jalan Menuju Lokasi + Peta Denah

Diposting pada
Yogyakarta beach jalan menuju lokasi alamat gambar peta foto denah air terjun pantai jogan wonosari jogja gunung kidul kabupaten gunungkidul daerah istimewa 55881 indonesia rute ke purwodadi tepus harga tiket masuk letak akses google map wisata sejarah misteri mitos
Pantai Jogan (foto: travel.detik.com)

Lokasi: JL. Pantai Siung, Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55881 Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000 (Termasuk tiket masuk ke Pantai Siung dan Pantai Nglambor)
Buka/Tutup: 24 Jam

Andil besar diberikan Kabupaten Gunungkidul dalam menunjang sektor pariwisata di DIY, sehingga Jogja dapat bersanding dengan Bali sebagai primadona pariwisata Indonesia. Besarnya peran Gunung Kidul, karena wilayah ini kaya akan tempat wisata terutama wisata pantai yang terhampar sepanjang 71 km di pesisir Pantai Selatan. Menariknya, meski sama-sama menyuguhkan wisata pantai, namun pesona yang dihadirkan memiliki keindahan, ciri khas dan keunikan yang berbeda antara pantai yang satu dengan yang lain.

Ombak Pantai Jogan yang Menawan (foto: mywisatafaisal.blogspot.co.id)

Salah satu wisata pantai dengan suguhan fenomena alam yang unik dan jarang dijumpai di tempat-tempat lain adalah Pantai Jogan. Jika dilihat di google map, lokasi atau alamat dari Pantai Jogan  terdapat di JL. Pantai Siung, Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 55881 Indonesia. Tempat wisata ini terbilang unik karena memadukan wisata pantai dengan wisata air terjun.

Artikel Bagus: 55 Tempat Wisata di Yogyakarta

Keunikan itulah yang membuat Pantai Jogan menempati posisi istimewa, karena fenomena yang sama hanya dapat dijumpai di McWay Beach Waterfall yang ada di California, Amerika Serikat. Sayang sekali keistimewaan dari Pantai Jogan masih belum tergarap secara maksimal, dengan terbatasnya infrastruktur dan fasilitas pendukung seperti akses jalan, transportasi, penerangan, akomodasi serta yang lain, sehingga pantai ini belum menjadi tujuan utama para wisatawan saat berkunjung ke propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Jogan yang Menawan (foto: telusurindonesia.com)

Rute Menuju Pantai Jogan

Denah untuk menuju ke Pantai Jogan tidak berbeda halnya dengan rute menuju ke Pantai Siung dan Pantai Nglambor, karena sebagaimana yang tertera pada peta, letak ketiga pantai ini saling berdekatan. Perjalanan menuju ke Pantai Jogan dapat diawali dari Solo, Klaten maupun Yogyakarta.

Perjalanan yang diawali dari Solo rutenya melewati Praci menuju ke Kecamatan Rongkop atau Baran berlanjut ke Nglindur. Saat tiba di pertigaan yang di tengahnya terdapat tugu (sebelum Pasar Ngrancah) berbeloklah ke kanan  menuju ke Pasar Jepitu. Teruskan perjalanan hingga sampai pertigaan Winangun dan ambil jalan yang berbelok ke kiri. Tidak berapa lama kemudian Anda akan tiba di Pos Retribusi Pantai Siung/Jogan/Nglambor.

BacaJuga:  10 Spot Foto Kekinian dan Hits di Jogja, Feeds Hunter Segera Merapat Yuk!

Jika berangkar dari Klaten, Anda dapat melewati Semanu, Giripanggung, Sumberwungu, berlanjut ke Klayu, Blekonang dan Winangun sebelum sampai di Pos Retribusi. Dapat juga setelah dari Giripanggung Anda mengambil jalan yang menuju ke Cuelo kemudian berbelok ke Selatan melewati Winangun sebelum alkhirnya sampai di Pos Retribusi.

Jalan Setapak Menuju Pantai Jogan (foto: telusurindonesia.com)

Perjalanan dari Jogja ditempuh dengan melewati Piyungan menuju Wonosari, terus ke Selatan menuju arah Pantai Baron. Setelah melakukan perjalanan sekitar 9 km, Anda akan menjumpai pertigaan Desa Mulo, berbeloklah ke kiri mengambil jalan ke Jurusan Mentel, dan Anda akan melewati Bintaos serta Tepus sebelum akhirnya tiba di pertigaan Winangun. Berbeloklah ke kanan dan terus lurus hingga menemukan lagi pertigaan. Selanjutnya berbelok lagi ke kanan dan Anda akan menjumpai Pos Retribusi.

Setelah menempuh perjalanan panjang, selanjutnya Anda akan melewati jalan beraspal yang mulus dan berkelak-kelok melintasi perbukitan karst yang menurut sejarah pada jutaan tahun yang lalu merupakan bagian dari wilayah lautan. Setelah itu, Anda akan berganti melewati jalan setapak sekitar 400 meter. Tepatnya setelah Anda sampai di Pos Retribusi Pantai Siung. Di pos retribusi itulah Anda akan menjumpai papan penunjuk arah menuju ke Pantai Jogan yang terbuat dari Kayu.

Tumbuhan Pandan di Tebing Pantai Jogan (foto: apriliaendradewi.blogspot.co.id)

Ikuti terus jalan tersebut dengan panduan dua aliran sungai kecil di sebelah kiri, dan Anda akan sampai di tempat tujuan. Dua aliran sungai yang mendampingi perjalanan Anda tersebut, pada akhirnya akan bermuara di satu tempat dan menciptakan air terjun yang menjadi sajian utama pantai Jogan.

Untuk keberadaan pos retribusi Pantai Siung dan Pantai Jogan, serta Pantai Nglambor memang dijadikan satu karena lokasi dari ketiga tempat wisata tersebut berdekatan. Sehingga cukup dengan membayar harga tiket masuk satu kali, Anda sudah dapat menikmati sajian keindahan alam di tiga pantai.

Pesona dan Daya Tarik Pantai Jogan

Salah Satu Sudut Pantai Jogan (foto: tempatwisataindonesia.id)

Meski disebut pantai, jangan berharap dapat menjumpai hamparan pasir di Pantai Jogan, karena karakteristik dari pantai ini memang berbeda dari pantai-pantai yang lain. Pantai ini hampir tidak memiliki pasir karena batas antara wilayah laut atau pesisir dengan wilayah daratan berupa tebing.

Keindahan alam yang disuguhkan Pantai Jogan adalah air terjun yang berasal dari 2 aliran sungai. Air terjun dengan rasa tawar karena berasal dari air sungai yang mengalir diantara perbukitan karst tersebut selanjutnya jatuh ke laut.

Pada saat air laut sedang pasang, lokasi dari jatuhnya air terjun akan langsung terendam oleh air laut. Namun disaat air laut sedang surut, pengunjung akan dapat menyaksikan jatuhnya air dari tebing menuju ke bawah menimpah bebatuan yang dikelilingi sedikit pasir. Air terjun itulah yang menyajikan pemandangan cantik untuk dilihat dan dijadikan latar belakang foto. Gambar yang Anda ambil dengan background air terjun Pantai Jogan dipastikan akan banyak yang menyukai saat diunggah ke sosial media.

BacaJuga:  7 Paket Wisata Goa Pindul Harga Murah Mulai Rp.160.000
Air Terjun Pantai Jogan (foto: telusurindonesia.com)

Tidak hanya untuk dilihat dan diabadikan dengan lensa kamera, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air terjun Pantai Jogan, sebab rasa airnya yang tawar  dan tentunya segar karena berasal dari air sungai yang bersumber dari perbukitan karst. Namun, untuk dapat menikmati kesegaran air terjun, dibutuhkan usaha yang tidak ringan, karena hanya ada 2 cara untuk bisa sampai di dasar tebing yang menjadi tempat jatuhnya air.

Cara pertama dengan menggunakan tali beserta peralatan untuk memanjat tebing. Sehingga mereka yang turun dengan cara ini, selain harus memiliki keberanian juga harus menguasai tekhnik canyoning atau rappeling.

Cara kedua adalah menapaki jalan menurun yang basah dan licin. Satu-satunya bantuan untuk menjaga keseimbangan badan agar tidak sampai terpeleset dan jatuh pada saat melewati jalan yang curam tersebut adalah pegangan dari kayu yang harus digenggam erat pada saat meniti. Setelah berhasil melewati jalan yang curam dan licin, Anda masih harus melewati satu tantangan lagi, yaitu hamparan karang yang dipenuhi ribuan bayi kepiting, karena di kawasan tersebut memang menjadi habitat hidup kepiting. Kepiting-kepiting tersebut oleh penduduk setempat biasanya dimanfaatkan untuk sayur dan lauk-pauk sebagai pelengkap nasi. Karena terpaksa harus menginjak anak-anak kepiting berwarna transparan dengan ukuran sekitar 5 mm, maka sebaiknya Anda tidak membiarkan kaki dalam keadaan telanjang. Apalagi sebagian karang yang ada di tempat tersebut lumayan tajam, sehingga sebaiknya mengenakan sepatu.

Jalan Curam dengan Titian Bambu di Pantai Jogan (foto: teraswarta.com)

Jika Anda tidak memiliki nyali untuk turun dan menikmati segarnya air di Jogan Waterfall, nikmati saja keindahannya dari atas tebing sambil memandang lanskap Samudera Hindia dengan gulungan ombaknya yang tinggi dan besar, atau berburu spot-spot menarik di sekitar bukit untuk dijadikan latar belakang foto, karena di sekitar tebing banyak dijumpai tumbuhan pandan.

Selain menyuguhkan pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya, sisi lain yang membedakan Pantai Jogan adalah tidak adanya mitos dan cerita-cerita misteri seputar pantai ini, sebagaimana halnya Pantai Parangtritis, Pantai Karang Bolong, Pantai Klayar serta pantai-pantai yang lain. Karena itu tidak ada aktifitas berbau ritual dan upacara adat yang dilakukan masyarakat setempat.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Jogan

Menuruni Tebing Pantai Jogan (foto: mywisatafaisal.blogspot.co.id)

Harga tiket masuk Pantai Jogan memang sangat murah, karena hanya dengan Rp.5000, Anda sudah dapat menikmati 3 pantai sekaligus, yaitu Pantai Siung, Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Begitu juga dengan ongkos parkir yang hanya Rp.5.000 untuk sepeda motor dan Rp.15.000 untuk mobil.

BacaJuga:  10 Pilihan Tempat Belanja di Yogyakarta yang Murah dan Dekat Pusat Kota

Murahnya HTM tersebut bisa jadi karena pihak pengelola menyadari terbatasnya fasilitas bagi para wisatawan yang ada di Pantai Jogan, termasuk juga Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Belum lagi akses jalan menuju ke lokasi wisata yang masih cukup sulit untuk dijangkau dan sempit, sehingga kalau ada 2 mobil dari arah yang berlawanan, maka salah satu diantaranya harus menepi atau berhenti.

Selain tempat parkir yang tidak begitu luas, di kawasan Pantai Jogan hanya terdapat beberapa gubuk untuk beristirahat yang terbuat dari kayu dan bambu yang dibangun dengan sekedarnya, satu buah toilet dan satu toko yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Begitu juga untuk urusan mengisi perut, di area wisata ini hanya terdapat beberapa warung kecil yang hanya menjual makanan ringan, minuman dan mie instan.

Pantai Jogan Berpagar Tumbuhan Pandan (fotopaketwisatajogja.net)

Dengan keterbatasan fasilitas yang ada, jangan berharap menemukan hotel mewah di kawasan Pantai Jogan, karena penginapan yang sederhana pun tidak dijumpai disini. Oleh sebab itu, bagi para wisatawan yang datang dari luar kota dan butuh tempat untuk bermalam, hanya ada dua alternatif yang dapat dilakukan, pertama dengan mendirikan tenda di kawasan sekitar pantai dan bermalam di alam terbuka. Tentu saja sebelum melakukan camping harus terlebih dahulu meminta ijin kepada pengelola atau masyarakat setempat.

Alternatif kedua adalah menuju ke lokasi wisata lainnya yang terdekat seperti Goa Pindul, Pantai Kukup dan Pantai Indrayanti. Diketiga lokasi wisata ini, Anda dapat menemukan cukup banyak penginapan mulai dari harga yang murah sampai dengan penginapan yang memiliki fasilitas mewah, seperti: Calida Hotel, Griya Limasan, Hotel Puri Damai, Wisma Joglo Samiaji, Hotel Dewi Ratih, Bamboo Lengkung, Bamboo Sadranan, Joglo Watu Kelir, Rock Garden Homestay, Bamboo Sadranan, Spacious Pendopo, serta yang lain.

Keterbatasan infrastruktur dan fasilitas di Pantai Jogan termasuk juga Pantai Siung dan Pantai Nglambor memang sangat disayangkan, karena ketiga pantai ini sangat potensial dalam mengundang para wisatawan lewat keindahan panorama pantainya serta keunikan fenomena alam yang dimilikinya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.