10 Foto Pantai Kartini Jepara Jawa Tengah, Tiket Masuk Wisata + Lokasi Alamat

Posted on
Pantai kartini jepara jawa tengah harga tiket masuk wisata lokasi alamat hotel dekat foto 2017 gambar kura kura letak sejarah bulu kabupaten map jateng youtube dimana pelabuhan peta jalan menuju dari kudus semarang pati rembang
Pantai Kartini Jepara (foto: id.worldmapz.com)

Lokasi: Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000
Buka/Tutup: 24 Jam

Lokasi yang strategis membuat Pantai Kartini tidak pernah sepi dari pengunjung. Pantai yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar ini hanya berjarak 2,5 km di sisi sebelah Barat Pendopo Kantor Bupati Jepara. Selain itu Pantai Kartini juga digunakan sebagai dermaga untuk jalur transportasi laut menuju ke Taman Laut Nasional Karimunjawa serta Pulau Panjang.

Pantai Kartini dari Atas Ketinggian (foto: piknikasik.com)

Nama Pantai Kartini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah kepada pelopor kebangkitan perempuan pribumi yang juga Pahlawan Nasional Indonesia yakni Raden Ajeng Kartini. Seperti diketahui bersama, dalam catatan sejarah, RA. Kartini lahir di Jepara 21 April 1879 dan meninggal di Rembang 17 September 1904. Karena Jepara merupakan tempat kelahiran RA Kartini dan pantai ini dulu juga menjadi salah satu tempat berlibur RA Kartini, maka tidak salah jika pantai ini dinamakan Pantai Kartini.

Pantai Kartini awalnya adalah sebuah pemandian yang dipercaya masyarakat setempat bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal, rematik, serta yang lain. Melihat besarnya potensi wisata yang dimiliki pantai ini, pemerintah daerahpun mengembangkannya dengan melengkapi berbagai macam fasilitas dan infrastruktur bagi para wisatawan, termasuk membangun Kura-Kura Ocean Park beserta wahana yang ada di dalamnya. Ocean Park yang berupa bangunan berlantai dua berbentuk kura-kura raksasa itulah yang kini menjadi ikon dari Pantai Kartini.

Sunset di Pantai Kartini (foto: anekatempatwisata.com)

 Pesona Pantai Kartini

Hamparan pasir berwarna putih dengan ombak yang sedang bahkan cenderung tenang menjadikan Pantai Kartini terlihat menawan. Berkunjung ke pantai ini bersama keluarga akan sangat menyenangkan, karena tersedia gazebo-gazebo yang dibuat menjorok ke arah laut. Gazebo-gazebo yang terpisah satu dengan yang lain tersebut dihubungkan jembatan semi permanen sehingga menambah keindahan panorama pantai. Tidak heran jika banyak pengunjung yang mengambil foto di bawah gazebo atau di atas jembatan dengan latar belakang air laut, karena gambar yang dihasilkan sangat menarik dan instagramable.

Pantai Kartini di Malam Hari (foto: wikipedia)

Keindahan yang tersaji tersebut akan semakin sempurna pada sore hari utamanya saat pergantian dari musim hujan ke musim kemarau atau sekitar bulan Juli – September, karena pada saat itu sunset yang dilihat dari Pantai Kartini menampakkan pemandangan yang paling indah.  Jika penasaran dengan keindahan panorama Pantai Kartini beserta sunsetnya, silahkan dilihat di youtube, karena banyak para wisatawan yang mengabadikan kunjungan mereka kesana lewat gambar video dan menguploadnya ke youtube.

Tidak hanya keindahan pantai dan sunsetnya saja yang membuat tempat wisata favorit di provinsi Jateng ini banyak menarik minat para wisatawan, tapi juga sejumlah wahana hiburan yang ada di sekitar lokasi wisata. Beberapa wahana hiburan tersebut diantaranya adalah Tugu Kartini, Waterboom, Komedi Putar, Panggung Hiburan, Kolam Kecek, Arena Bermain Anak, Catur Raksasa, Spoor Mini, serta yang lain.

Gazebo di Pantai Kartini (foto: ibnishalie.blogspot.co.id)

Diantara sekian banyak wahana yang ada, salah satu wahana yang menjadi ikon tempat wisata ini yang juga menjadi favorit para wisatawan adalah Kura-kura Ocean Park. Landmark berlantai dua berbentuk kura-kura raksasa ini merupakan wahana rekreasi sekaligus sarana edukasi tentang keragaman kehidupan bawah laut Indonesia.

Jika memasuki bangunan ini, pada lantai dasar bagian depan dapat dilihat kantor pengelola, stand-stand yang menjual berbagai macam souvenir khas Jepara, serta Taman Laut yang berupa akuarium raksasa dengan lorong bawah laut. Dengan menyusuri lorong tersebut pengunjung dapat menyaksikan kehidupan bawah laut berupa berbagai jenis ikan, seperti Ikan Hiu, Pari, Kerapu, Kakap, Buntal, Mimi & Mintuna, Angel Fish, Jenaha, Dotty Back, Penyu, serta berbagai macam habitat laut lainnya termasuk terumbu karang.

Putihnya Hamparan Pasir di Pantai Kartini (foto: sportourism.id)

Selain akuarium raksasa terdapat pula 12 buah akuarium dinding dan 4 buah akuarium portable yang diisi berbagai jenis ikan air laut dan ikan air tawar berukuran kecil, serta papan touch screen yang berfungsi sebagai papan informasi untuk mengenal lebih jauh tentang kota Jepara. Masih di lantai dasar, pengunjung juga dapat menemui ikan air tawar dan kura-kura dalam sebuah touch pool. Kura-kura yang jinak tersebut tidak hanya untuk dilihat, tapi juga boleh disentuh. Nikmati pula sensasi fish spa dengan merendamkan kaki di dalam kolam berisi ikan Garra Rufa dari Turki yang jumlahnya ribuan.

Lanjutkan perjalanan menuju ke lantai dua. Disana akan dapat dijumpai Jepara Sience Park yang terdiri atas Air Mancur Melayang, Kipas Angin Tanpa Baling-baling, Papan Kreatif, Peraga Sensor Tepuk dan Sensor Gerak, Simulator Pesawat Terbang dan berbagai macam sarana edukasi lainnya, termasuk pertunjukan theater IMAX Deep Sea 3D yang memukau.

Tugu Kartini (foto: wikipedia)

 Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia

Untuk dapat menikmati pesona Pantai Kartini, wisatawan dapat membeli tiket masuk dengan harga Rp.5.000 perorang. Selain tiket masuk, pengunjung masih dikenakan ongkos parkir sebesar Rp.2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat, Rp.10.000 untuk ongkos parkir mini bus, dan Rp.15.000 untuk parkir bus. Jika ingin memasuki Kura-kura Ocean Park ada tambahan tiket masuk lagi sebesar Rp.17.500.

Selain berbagai macam wahana hiburan dan sarana edukasi, beberapa fasilitas umum telah disediakan bagi para pengunjung yang datang ke sini, diantaranya stand penjualan souvenir, tempat penyewaan permainan anak seperti sepatu roda, scooter dan sepeda motor mini, Wifi, mushollah, restoran, serta lahan parkir yang luas.

Kura-kura Ocean Park, Wahana Rekreasi dan Edukasi di Pantai Kartini (foto: matajatim.com)

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar Pantai Kartini, tersedia beberapa hotel dan penginapan dengan harga dan fasilitas yang berfariasi, seperti: Hotel Segoro yang memiliki alamat di JL. Ringin Raya No.02 Jepara dengan tarif sewa antara Rp.165.000 – Rp.420.000, Penginapan Mulyo yang berada di dekat pantai dengan harga sewa kamar antara Rp.150.000 – Rp.300.000, Homestay Kota Baru Pantai Kartini dengan harga kamar antara Rp.100.000 – Rp.200.000, Samudra Hotel & Restaurant dengan sewa kamar permalam antara Rp.190.000 – Rp.465.000, serta beberapa penginapan yang lain.

Selain wahana dan fasilitas yang telah tersedia, Pemerintah Kabupaten Jepara terus berusaha untuk menambah sejumlah fasilitas disamping melakukan perawatan terhadap fasilitas yang ada guna mendongkrak animo wisatawan di tahun 2017. Karena Pemkab Jepara mentargetkan adanya kenaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah) di tahun 2017 sebesar 10 – 15 persen dibanding tahun 2016 yang lalu, dimana Pantai Kartini menyumbangkan PAD sebesar lebih dari Rp. 800 juta.

Akuarium di Kura-kura Ocean Park (foto: matajatim.com)

Beberapa wahana dan fasilitas yang nantinya akan ditambahkan, diantaranya adalah: Wave House untuk pengunjung yang ingin berselancar, Mini Bumper Boat, Jet Coaster, Mini Bumper Car, Rumah Bajak Laut, Kolam Renang Air Laut, Kolam Renang Air Tawar, Kapal Pesiar Kecil, dan beberapa penambahan lainnya.

 Rute Jalan Menuju Pantai Kartini

Untuk berkunjung ke Pantai Kartini tidak perlu harus membawa peta atau membuka Google Map di smartphone Anda, karena letak pantai ini cukup strategis dan mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Terlebih lokasinya dekat dengan Pendopo Kantor Bupati Jepara dan Pelabuhan yang menuju ke Taman Laut Nasional Karimunjawa serta Pulau Panjang.

Kura-kura Ocean Park dan Dermaga Pantai Kartini (foto: 1001wisata.com)

Jika berangkat dengan menggunakan bus, di beberapa terminal terdapat bus yang langsung menuju Jepara, seperti Terminal Terboyo Semarang, Terminal Kembang Joyo di Pati, Terminal Jetak di Kudus, Terminal Bungurasih di Surabaya dan Terminal Pulo Gadung di Jakarta. Setelah sampai di terminal Jepara, perjalanan  bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik becak sekitar 15 menit.

Jika memilih perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang atau kereta api, setelah sampai di Bandara Ahmad Yani atau Stasiun Tawang, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan taxi argo atau travel yang memiliki rute Semarang – Jepara. Perusahaan travel yang memiliki jurusan Semarang – Jepara diantaranya adalah Central Java dan Bejeu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *