10 Gambar Pantai Kedung Tumpang Tulungagung + Jalan Menuju Lokasi Wisata

Posted on
Memakan korban malang jawa timur peta beach rute ke alamat gambar pantai kedung tumpang tulungagung jalan menuju lokasi wisata berita pucanglaban foto keindahan letak kabupaten 66284 blitar kediri regency east java misteri molang danau 3 warna sejarah harga tiket masuk akses peta google map denah mitos
Ombak di Kedung Tumpeng. Foto: misterbolang.com

Lokasi: Pucanglaban, Pucang Laban, Tulungagung Regency, East Java 66284, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 355 5237600

Indonesia kaya dengan budaya dan juga kekayaan alam yang dimiliki. Keindahan alam di negeri Katulistiwa ini memang sudah tercium oleh dunia. Bahkan tidak jarang para wisatawan mancanegara menghabiskan waktu liburan mereka untuk menikmati dan juga melihat bagaimana keindahan Indonesia.

Negeri yang dibilang sebagai “tanah surga” oleh grup musik legendaris Koes Plus ini memiliki banyak kawasan wisata alam yang menyajikan keindahan dan panorama yang eksotis. Jawa Timur atau East Java menjadi salah satu daerah yang memiliki keaneka ragaman alam yang mempesona. Salah satunya adalah pantai.

View Kedung Tumpeng dari Atas Bukit. Foto: kompas.com

Pesona alam dari Jawa Timur ini memang tidak ada habisnya. Tentu saja hal ini bisa dilihat dengan banyaknya kawasan wisata alam seperti gunung, goa dan juga pantainya yang siap memanjakan para wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang mengincar keindahan alam Indonesia.

Berenang di kolam Kedung Tumpang. Foto: wisata-kita.com

Mengenal Pantai Kedung Tumpeng

Jika berbicara mengenai pantai, Pulau Jawa tidak kalah dengan Bali dan juga Lombok. Di pulau yang memiliki populasi penduduk terbesar dan terbanyak di Indonesia ini banyak terdapat pantai yang indah dan tentu saja digemari serta disukai orang. Jawa Timur memiliki banyak kawasan wisata pantai dimana salah satunya adalah Pantai Kedung Tumpang Tulungagung yang siap memberikan kenyamanan dan juga siap memanjakan para wisatawan dengan keindahannya.

Sejarah bagaimana Pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini mulai dilirik oleh para wisatawan dan backpacker dimulai belum lama. Baru tahun 2015 lalu Kedung Tumpang Beach ini mulai ramai dan juga dibicarakan oleh banyak orang. Terutama setelah banyak foto dan gambar yang muncul di media sosial seperti facebook dan juga instagram yang tentu saja membuat para wisatawan mulai meliriknya. Dan mulai tahun 2015 lalu pantai ini sudah mulai dilirik oleh para traveller. Keindahan Pantai Kedung Tumpang ini bukan hanya pantai dan laut saja. Di sini terdapat gugusan tebing karang yang membentang luas mulai dari area barat Pantai Blabak dan juga ke bagian timur Pantai Globok. Sayangnya pantai ini tidak memiliki hamparan pasir seperti pantai-pantai pada umumnya.

Keindahan dari atas tebing. Foto: sindonews.net

Rute dan Akses ke Pantai Kedung Tumpeng

Lokasi atau letak dari Pantai Kedung Tumpang ini berada di desa atau dusun Pucunglaban, Kecamatan Pucunglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Guna menuju lokasi Pantai Kedung Tumpang ini para wisatawan bisa menggunakan atau mengambil arah dari Terminal Tulungagung. Dari terminal perjalanan dilanjutkan menuju ke arah timur hingga nantinya melewati Kampus IAIN Tulungagung. Setelah itu dilanjutkan kembali ke arah timur hingga nanti bertemu dengan perempatan lampu merah. Di perempatan ini para wisatawan harus mengambil jalur yang menuju ke arah kanan dan dilanjutkan dengan lurus terus mengikuti jalan utama.

BacaJuga:  10 Foto Taman Prestasi Surabaya, Alamat Lokasi + Jam Buka Malam Hari

Jalan utama ini memiliki bentuk dan kontur berkelok-kelok yang terus menyambung hingga ke desa Jabon Dusun Njeruk Kecamatan Kalidawir Dari sini perjalanan dilanjutkan lurus terus hingga ke akhir jalan yang bertemu dengan pertigaan. Dari pertigaan ini para turis harus mengambil jalur ke arah kiri yang menuju ke daerah Pantai Molang. Setelah itu bertemu dengan pos penjaga. Jika ingin beristirahat sejenak, para wisatawan bisa mampir sejenak ke Pantai Molang sembari rehat dan menikmati kekayaan alam yang tidak kalah eksotis.

Kolam Alami di Kedung Tumpeng. Foto: piknikasik.com

Sementara untuk jalur ke Pantai Kedung Tumpang ini ambil jalur ke kanan. Tidak perlu khawatir tersesat. Sekarang ini GPS dan juga Google Map sudah cukup berkembang pesat dan memudahkan para pengguna smartphone. Bisa juga dengan bertanya kepada warga setempat akses untuk menuju ke Kedung Tumpeng. Perlu diperhatikan bahwa akses dan juga jalur yang menuju ke arah Pantai Kedung Tumpang ini cukup rumit dan sulit. Pasalnya para wisatawan akan melewati jalan makadam atau jalan yang masih berbentuk bebatuan dan juga tanah. Ditambah lagi dengan jalur yang berliku-liku dan juga naik turun yang membuat para wisatawan harus berhati-hati. Tentu saja pengorbanan dan juga lelah perjalanan akan terbayarkan ketika memasuki kawasan wisata pantai Kedung Tumpang Tulungagung. Tentu saja sebuah perjuangan yang sangat pas.

Berenang di kolam alami. Foto: belajargeologi.com

Mengulik Keindahan Pantai

Pantai Kedung Tumpang ini seperti yang sudah disebutkan baru-baru ini mulai dilirik oleh para wisatawan. Praktis membuat manajemen pengelolaanya sendiri belum terlalu optimal. Sehingga para wisatawan tidak dikenakan harga tiket masuk alias gratis. Para turis hanya perlu membayar parkir kendaraan jika membawa kendaraan. Keindahan dan juga eksotisme dari Pantai Kedung Tumpang ini sudah siap menyambut para wisatawan ketika memasuki area kawasan wisata ini. Tentu saja memberikan kesan tersendiri.

Bagi para turis yang menggemari dunia fotografi, tentu saja pantai ini bisa memberikan keunikan dan juga sisi menarik tersendiri. Di pantai ini juga terdapat spot yang sangat bagus dan juga menawan. Sangat sayang jika tidak digunakan untuk mengabaikan momen-momen indah ketika berlibur. Akan tetapi guna mengunjungi spot utama dari pantai Kedung Tumpeng ini para wisatawan harus melalui jalur dan juga medan yang cukup berat dan juga terjal.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Bajul Mati Malang Jawa Timur, Wisata Jembatan + Tiket Masuk Lokasi

Disarankan untuk menggunakan sepatu yang pas untuk berpetualang atau minimal sneaker yang tidak licin. Untuk menuju ke spot utama, sudah disediakan tali yang bisa digunakan untuk menuju ke tebing tersebut. Gunakan pakaian yang nyaman dan enak digunakan. Pasalnya par pengunjung harus memanjat tebing. Tentu tidak ingin hal-hal yang merugikan terjadi. Apalagi sedang dalam liburan.

Tebing dan laut. Foto: tripadvisor.com

Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju ke area tebing. Dan semua lelah dan letih perjalanan menuju ke tebing akan hilang setelah para wisatawan menikmati dan juga melihat keindahan view atau pemandangan yang tersaji di sini. Para turis bisa melihat banyaknya cekungan-cekungan air yang berada di karang yang memiliki air yang sangat jernih. Seperti kolam air. Dan di sini juga terdapat air terjun yang merupakan sisa dari gelombang ombak yang menghantam pantai. Di Pantai Kedung Tumpang ini tentu saja berfoto menjadi kegiatan utama yang dilakukan oleh para wisatawan. Tentu saja dengan pemandangan dan juga panorama yang luar biasa serta jarang ditemukan di beberapa tempat memang menjadi pesona utama. Akan tetapi tetap harus waspada dan hati-hati. Terutama jika berada di bibir pantai dan dekat dengan lautan. Pasalnya ombak di sini masih cukup ganas dan masih penuh dengan mitos dan misteri yang berhubungan dengan pantai Selatan.

Ketika menuju ke Pantai Kedung Tumpang ini para wisatawan harap melihat dan juga mengecek kondisi kendaraan sebelum digunakan. Sepeda motor menjadi  kendaraan yang disarankan. Pasalnya akses dan jalur menuju kesana cukup sulit. Ditambah lagi jalan setapak yang menjadi akses utama masih belum dijamah dan cukup sempit. Sementara untuk makanan dan minuman disaranklan untuk membawa sendiri. Pasalnya tidak tersedia warung yang cukup banyak di sini.

Keindahan batu karang di Kedung Tumpeng. Foto: misterbolang.com

Keunikan Pantai Kedung Tumpeng

Meski Pantai Kedung Tumpang ini bernama pantai, akan tetapi tidak terdapat hamparan pasir yang biasanya menjadi salah satu ciri khas dari pantai. Di sini para wisatawan hanya bisa menemukan gugusan karang dengan adanya beberapa kolam yang terjadi akibat proses alami dari alam. Meski tidak terdapat hamparan pasir, kolam-kolam ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Keindahan pantai ini menyaingin pantai Molang di Tulung Agung dan juga menyerupai Danau 3 Warna.

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Letak Jawa Timur + Sejarah

Proses terbentuknya kolam alami ini disebabkan adanya terjangan arus dari gelombang laut selatan yang mengirimkan ombak yang cukup besar ke area pantai. Ombak-ombak ini terhalang karang. Karena terkikisnya bebatuan karang yang terjadi  berkali-kali membuat kolam-kolam ini terbentuk. Dan kolam-kolam ini yang membuat pantai tersebut diberi nama Kedung Tumpeng. Tentu saja memberikan sajian pemandangan nan indah.

Tentu saja keindahan dan juga kemegahan kawasan wisata Pantai Kedung Tumpang ini menjadi lebih spesial dan juga sangat indah adalah perpaduan antara kolam-kolam yang terbentuk secara alami dan juga bebatuan karang. Di sini para turis bisa melihat air yang sangat jernih dan juga segar. Sehingga enak untuk dipandang. Tentu saja sekarang ini pantai Kedung Tumpang sudah sangat populer di mata para wisatawan.

Kolam warna warni Kedung Tumpeng. Foto: detik.com

Aktifitas di Pantai Kedung Tumpeng.

Di pantai Kedung Tumpang ini para wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktifitas. Seperti yang sudah disebutkan bahwa di sini para turis bisa berfoto dan mengabadikan gambar dengan latar belakang pemandangan kolam. Sementara itu jika ingin merasakan sensasi melompat ke dalam kolam alami ini bisa menjadi salah satu aktifitas yang menyenangkan. Tetap saja para turis harus berhati hati jika ingin berenang di Kedung Tumpang. Berenang hanya boleh dilakukan ketika air laut sedang surut. Jika pasang, tentu saja bisa membahayakan para wisatawan. Pasalnya ombak yang menghantam pantai akan sangat keras dan memiliki daya tarik yang cukup kencang. Hal ini bisa membuat para wisatawan terseret ke laut. Biasanya para wisatawan lebih senang berfoto dan bersantai di sekitar pantai sembari menikmati keindahan dan juga pesona yang ditawarkan Kedung Tumpeng.

Eksotisme Kedung Tumpeng. Foto: detik.com

Fasilitas di Pantai Kedung Tumpeng

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai Kedung Tumpang ini seperti diketahui belum terlalu lengkap. Di sini hanya sedikit tersedia warung makanan dan minuman. Praktis membuat para wisatawan tidak memiliki banyak pilihan. Disarankan untuk membawa sendiri. Sementara fasilitas lain belum tersedia seperti penginapan hingga toilet yang masih belum terjamah dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *