10 Gambar Pantai Kenjeran Baru/Lama Surabaya, Harga Tiket Masuk Lokasi + Sejarah Misteri Angker

Posted on
Pantai kenjeran surabaya baru lama ria tiket masuk angker gambar 2018 foto mentari lokasi jalan sejarah alamat wisata harga misteri keindahan yang terabaikan terbaru bergoyang malam hari park kotor adalah jawa timur air mancur artikel sby buka jam berapa
Pantai Kenjeran, Foto: koswisata.blogspot.com

Lokasi: Jl. Raya Pantai Lama No.12, Kenjeran, Bulak, Surabaya, Jawa Timur 60123
Map:
Klik Disini
HTM:
Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup:
09.00-22.00
Telepon:
(031) 3817954

Kota Surabaya yang memiliki posisi di pinggir pantai memang sangat maju dengan jalur transportasi laut berskala Internasional yaitu Pelabuhan Perak. Karena itulah ibukota Jawa Timur ini dinamakan sebagai kota Bahari karena tonggak perekonomian utamanya bersumber dari laut.

Wisata ke Pantai Kenjeran, Foto: manjemama.blogspot.com

Selain itu, ternyata kota Surabaya juga menyimpan banyak sekali tempat wisata pantai yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Kenjeran yang lokasinya sekitar 9 KM dari sebelah timur ibukota Jawa Timur itu. Lokasi Pantai ini mudah dijangkau, baik menggunakan alat transportasi pribadi ataupun angkutan umum karena jalan raya sudah sangat baik dan ada transportasi umum yang langsung menuju ke lokasi pantai.

Walaupun wisata pantai, namun para pengunjung tidak bisa menikmati garis pantai karena  airnya berlumpur sehingga para pengunjung tidak bisa melihat ombak laut yang tinggi dan bergulung-gulung. Sebagai gantinya, para pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat mempesona di kawasan pantai dengan mampir di Jembatan Suroboyo yang sangat megah dan dibangun di atas pantai Kenjeran Lama.

Tempat wisata pantai Kenjeran ada dua, yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru, kedua wisata ini sangat mudah dijangkau karena ruas jalan sudah bagus dan lebar. Tentu saja para pengunjung tidak akan kesulitan ketika akan menuju Pantai Kenjeran Lama ke Pantai Kenjeran Baru ataupun sebaliknya.

Wahana Wisata Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran Lama berada di daerah Jl.Mentari Kenjeran atau Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, Surabaya. Kondisi Pantai Kenjeran Lama memang sudah mengalami pembenahan yang luar biasa dengan dibangunnya Jembatan Suroboyo yang memiliki Fly Over sehingga bisa menikmati pemandangan indah di sekitar pantai.

Di samping pintu jembatan sebelah utara juga dibangun wahana wisata yang sangat fenomenal, yaitu Air Mancur yang bisa bergoyang dan penuh dengan warna. Ada dua air mancur yang dibangun, air mancur besar dan air mancur kecil. Wahana wisata air mancur ini sangat disukai para pengunjung dan selalu ramai saat air mancur beraksi pada Sabtu malam dan Minggu malam.

Fasilitas wisata lainnya adalah wahana permainan anak-anak seperti perosotan, ayunan dan lainnya. Ada juga lapangan futsal pasir yang biasa digunakan sebagai tempat bermain bola bagi para pengunjung. Banyak juga kios yang menjajakan souvenir tradisonal khas Surabaya serta kios-kios yang menjual ikan laut serta kios makanan masakan aneka hidangan laut.

Pagoda, Foto: kopi-ireng.com

Wahana lainnya adalah permainan Flying Fox untuk menguji mental para pengunjung yang meluncur dari ketinggian menggunakan tali. Tentu saja bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin bisa mencoba tantangan yang diberikan Flying Fox di Pantai Kenjeran ini.

  • Jembatan Suroboyo dan Fly Over

Posisi Pantai Kenjeran yang menghadap ke arah timur menjadi idola para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Sunrise dari jembatan yang dibangun di atas pantai ini. Jembatan Suroboyo memiliki panjang sekitar 700 meter dan lebarnya 18 meter dengan tinggi 12 meter. Bentuk jembatan didesain secara melingkar untuk menyusuri pesisir Pantai Kenjeran utara menuju Sentra Ikan Bulak. Kemegahan jembatan ini juga tidak kalah dengan jembatan yang ada di negara Korea dan Singapura. Jembatan yang baru diresmikan pada bulan Juli 2016 ini menjadi ikon baru kota SBY Jawa Timur.

Di sebelah pintu utara Jembatan Suroboyo juga terdapat Air Mancur yang bergoyang dan mengeluarkan warna-warni yang menambah keindahan pesisir pantai. Air Mancur ini hanya akan bergoyang pada malam Minggu dan malam Senin mulai pukul 19.30 sampai 20.30. Hal ini karena dana pengoperasian air mancur tersebut sangat besar sehingga perlu dibatasi penggunaannya.

Pada saat pertunjukan air mancur bergoyang, jembatan ini akan ditutup dan hanya khusus bagi para pejalan kaki sehingga ruas jalan tidak akan macet. Banyak sekali pengunjung yang menunggu pertunjukan air mancur tersebut sehingga jembatan ini banjir manusia terutama di sekitar lokasi pertunjukan. Banyak juga para pedagan kaki lima yang sudah siap dengan barang dagangannya yang dijajakan kepada para pengunjung.

Di ruas jalan jembatan yang ada di sekitar lokasi pertunjukan, kondisinya sangat terang dengan banyaknya lampu yang menyala di kanan dan kiri jalan. Hal ini berbeda dengan kondisi ujung jembatan yang ada di sebelah selatan yang agak gelap karena ada beberapa ruas lampu pinggir jalan yang tidak menyala.

Jika ingin berkunjung ke Jembatan Suroboyo, lebih baik melalui pintu jembatan sebelah utara karena lokasi air mancur bergoyang ada di pintu utara.  Jika melewati pintu jembatan sebelah selatan, maka perlu berjalan kaki sejauh 700 meter karena jembatan ditutup dan khusus untuk para pejalan kaki. Para pengunjung cukup membayar biaya parkir saja karena memasuki areal jembatan tidak dipungut biaya tiket masuk. Untuk biaya parkir mobil sekitar Rp.20.000 dan biaya parkir motor sekitar Rp.5000.

BacaJuga:  10 Foto Wisata Paralayang di Batu Malang, Harga Biaya Tarif + Rute Peta Alamat
Bangunan di Pantai, Foto: dilokasi.com

Jembatan ini memiliki bangunan bertingkat yang ada di tengahnya dan bisa dijadikan gardu pandang untuk melihat panorama laut sekitar pantai Kenjeran. Pemandangan yang bisa dinikmati yaitu Sunrise di pagi hari dan banyak juga pengunjung yang sudah berdatangan sejak subuh. Warga sekitar Pantai Kenjeran banyak yang menggunakan sepeda sebagai jalur olahraga serta menikmati pemandangan. Selain itu, masyarakat juga banyak yang jogging dan berselfi ria untuk mengambil gambar di kawasan jembatan ini.

Jembatan Suramadu juga terlihat jelas dan bisa melihat kapal-kapal kecil yang melintas di tengah laut yang berangkat dan pergi untuk mencari ikan. Sedangkan di arah barat juga ada pemandangan indah  Kampung Pelangi dengan banyak rumah yang dicat berwarna-warni. Pada sore hari jembatan ini juga banyak pengunjung yang datang untuk memburu pemandangan sunset dan menunggu datangnya malam hari.

Pembangunan Jembatan Suroboyo dan air mancur diharapkan menjadi magnet bagi para pengunjung karena Pantai Kenjeran sudah lama terabaikan dan ditinggalkan para pengunjung. Selain itu, jembatan ini juga sering dipakai untuk konser musik sehingga menjadi wahana wisata model baru di Indonesia sebagai konser musik di atas laut. Hal ini membuat jembatan ini semakin populer dan menjadi tempat nongkrong yang nyaman sambil melihat keindahan laut dan Sunrise serta Sunset.

  • Taman Bermain Anak-anak

Pantai Kenjeran lama memiliki taman bermain anak-anak yang sangat luas dengan banyak sekali fasilitas permainan yang disediakan. Hampir semua permainan anak-anak tersedia seperti perosotan, ayunan biasa, ayunan diatas pasir, tangga bulat dan tangga kotak, rumah pohon serta masih banyak lagi. Di pinggir taman banyak sekali pohon rindang dan tempat duduk yang biasa dijadikan tempat berteduh para keluarga.

Sedangkan di tempat terbuka terdapat lapangan futsal di atas pasir dan ditengahnya terdapat lampu penerang yang tinggi.  Di pinggir pantai terdapat banyak gazebo yang bisa dijadikan tempat nongkrong sambil melihat pemandangan laut. Biasanya pada hari Minggu dan hari libur, taman ini dipadati pengunjung terutama para orangtua yang mengajak anak-anaknya.

Ada juga wahana Flying Fox yang bisa digunakan untuk anak-anak karena permainan ini tidak terlalu tinggi dan cukup aman jika digunakan. Wahana ini sangat cocok untuk melatih mental anak-anak agar bisa menghindari phobia dengan ketinggian.  Wahana Flying Fox hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur. Pada hari Sabtu mulai dibuka jam 16.00 sampai jam 21.00 karena biasanya malam Minggu taman ini ramai sampai malam hari. Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur mulai buka jam 08.00 sampai jam 17.00.

Kondisi di malam hari juga sangat terang karena banyak lampu sorot yang menerangi di seluruh area taman ini. Banyak juga kios-kios yang menjual mainan dan souvenir buatan tangan masyarakat Surabaya yang bisa dijadikan kenang-kenangan para pengunjung.

Para pengunjung juga bisa menyantap aneka hidangan laut pada warung makan yang ada di sekitar taman dengan harga bersahabat. Beberapa menu hidangan laut yang tersedia diantaranya ikan bakar, ikan goreng dan ada juga makanan khas Surabaya seperti Lontong Balap, Nasi Pecel, Nasi Rames, Tahu gejrot dan lainnya.

Taman ini juga terhubung dengan Jembatan Suroboyo karena letaknya berdampingan dan para pengunjung bisa naik ke lobi melalui tangga yang ada di taman. Banyak juga pengunjung taman yang suka melihat air mancur dari atas lobi pintu masuk jembatan sebelah utara ini. Karena itu pada hari Sabtu,  Taman Pantai Kenjeran Lama ini dibuka dari jam 08.00 sampai jam 21.00.

Musholla juga tersedia untuk memudahkan para pengunjung yang ingin melakukan kegiatan ibadah. Selain itu, ada juga 2 toilet yang disediakan pihak pengelola terutama bagi anak-anak. Harga tiket masuk  ke Taman Kenjeran Lama Rp.10.000 per orang dan harga parkir motor Rp.2000, sedangkan mobil Rp.4000.

Klenteng di Pantai, Foto: kelurahansukolilo.blogspot.com

Taman Hiburan Pantai (THP) di Pantai Kenjeran Lama

Taman Hiburan Pantai ini memang sebagai Pantai Kenjeran Lama dan menjadi tempat wisata sejak dahulu kala sebagai wisata kebanggaan warga Surabaya. Tempat wisata ini dikelola oleh pihak UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Harga tiket masuk ke Taman Hiburan Pantai Rp.10.000 per orang untuk dewasa dan anak-anak dengan tinggi di bawah 85 cm tidak perlu membeli tiket.

Air laut yang mengalir berwarna coklat karena sudah kotor bercampur dengan lumpur sehingga tampak seperti air sungai. Namun masih banyak para pengunjung yang mandi dan bermain pasir serta mencari kerang di pinggiran pantai. Selain itu, banyak juga para penyedia jasa sewa ban angin sehingga para pengunjung bisa mengapung diatas air.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Jolosutro Blitar Jawa Timur + Rute dan Sejarah Asal Usul

Di sepanjang pantai banyak terdapat jembatan kayu yang menjorok ke tengah laut dengan bangunan beserta atap di ujungnya. Jembatan kayu ini adalah tempat favorit untuk melihat sunrise sebelum dibangun Jembatan Suroboyo yang sangat megah. Banyak para pengunjung dan fotografer yang senang menghabiskan waktu di jembatan kayu ini untuk menikmati semilirnya angin dan melihat pemandangan laut.

Banyak juga anak-anak yang bermain layang-layang di jembatan ini karena anginnya sangat mudah digunakan untuk menerbangkan layang-layang. Jembatan kayu ini sering dijadikan tempat pagelaran musik dangdut dari Surabaya ketika hari-hari besar dan hari libur nasional. Tentu saja para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai sambil mendengarkan alunan musik dangdut Jawa Timuran. Panggung musik berada agak jauh dari pantai sekitar 5 meter sehingga bisa disaksikan seluruh pengunjung pantai.

Kenjeran Park, Foto: egien-7.blogspot.com

Di pinggir pantai banyak terdapat aula-aula kecil yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat para pengunjung. Di sekitar pantai banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dari laut dan juga kuliner khas Surabaya. Kuliner yang ada di Taman Hiburan Pantai diantaranya Lontong Balap, Sate Kerang, Nasi Pecel, Bakso, Mie Ayam, Soto Ayam, Soto Daging dan lainnya.

Di sisi lainnya terdapat banyak sekali para penjual mainan anak-anak dan souvenir khas Surabaya seperti bros, gelang, gantungan kunci, boneka dan lainnya. Selain itu, banyak juga dagangan makanan hasil olahan laut seperti ikan asin, kerupuk udang, terasi udang,  dan makanan olahan ikan lainnya.

Sedangkan di area pinggiran pantai banyak sekali kapal yang bersandar dan bisa dinaiki atau disewa para pengunjung yang ingin berkeliling ke tengah lautan. Pemilik kapal akan mengantarkan pengunjung untuk sampai di laut lepas dan melihat kapal-kapal besar yang ada di tengah lautan. Pemandangan indah Jembatan Suramadu juga bisa dilihat dengan jelas karena arah kapal mendekati jembatan tersebut. Pemandangan indah lainnya adalah Benteng Kedung Cowek yang berada tidak jauh dari Pantai Kenjeran.

Pinggir pantai benteng tersebut dipenuhi dengan batu-batuan kecil yang tertata dengan rapi untuk menghindari abrasi sehingga air laut tidak sampai ke lokasi bangunan benteng. Sedangkan bangunan Benteng Kedung Cowek terlihat dipenuhi dengan banyak rerumputan yang menjalar di dinding benteng sehingg terlihat agak seram seperti tidak terawat dan terabaikan. Hal ini memang disengaja oleh pemerintah Indonesia karena lokasi benteng ini sudah diserahkan penuh kepada pihak TNI Angkatan Darat.

Tempat Nongkrong, Foto: kluyuran21.blogspot.com

Benteng ini merupakan daerah terlarang dan para pengunjung tidak diperbolehkan datang ke tempat ini karena dijaga ketat oleh pihak TNI. Ada beberapa prajurit TNI yang selalu menjaga benteng ini selama 24 jam penuh agar tempat ini tidak dijamah pihak luar. Hal ini karena Benteng Kedung Cowek merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan masih murni serta banyak alat peninggalan perang seperti ranjau yang dikhawatirkan masih aktif sampai sekarang.

Untuk bisa berkeliling ke tengah lautan dengan kapal, pihak pengemudi memberikan tarif sekitar Rp.30.000 sampai Rp.50.000 per orang tergantung penawaran. Biasanya kapal akan berangkat ketika sudah ada 5 orang penumpang atau bisa disewa secara pribadi untuk keluarga dan rombongan dengan biaya Rp.150.000 sampai Rp.200.000.

Pantai Kenjeran Baru

Selain keindahan pemandangan laut, Pantai Kenjeran juga memiliki banyak wahana permainan dan wisata hiburan lainnya, terutama wahana yang ada di Pantai Kenjeran Baru yang memiliki banyak bangunan yang indah. Pantai Kenjeran Baru memiliki wahana wisata baru yang indah dan menarik sehingga semakin banyak dikunjungi para wisatawan.

Alamat Pantai Kenjeran Baru berada di Jl. Sukolilo no.100 Sukolilo Baru, Kenjeran, SBY Jawa Timur. Tempat wisata ini juga dikenal sebagai Pantai Ria dan juga Ken Park dibangun diatas lahan sangat luas yaitu sekitar 15 hektar sehingga memiliki banyak sekali wahana wisata yang sangat menarik. Ken Park merupakan sebuah taman di pinggir pantai karena di tempat wisata ini banyak sekali pohon rindang sehingga suasananya sangat sejuk dengan terpaan angin sepoi-sepoi.

Tempat Wisata di Kota Surabaya, Foto: enjoygoestafaja.blogspot.com

Beberapa wahana wisata yang tersedia adalah kolam renang atau Water Park, taman bermain dan out bound, Klenteng, serta arena olahraga Gokart, Road Race, Pacuan Kuda dan lapangan Tenis. Di Kenjeran Baru terdapat bangunan-bangunan yang sangat indah layaknya istana, seperti Atlantis Land, Klenteng Sanggar Agung, Patung Budha 4 Wajah, Patung Dewi Kwan Im, Pagoda Tian Ti dan Lainnya.

Atlantis Land adalah gedung terbaru yang dibangun sejak tahun 2015 dan sampai sekarang masih dalam proses pembangunan dan rencananya akan dibuka pada awal tahun 2018. Pintu gerbang untuk memasuki wisata Ken Park juga merupakan bangunan seperti istana Cinderella atau istana yang ada di film kartun. Harga tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang dan biaya parkir untuk sepeda motor Rp.8.000, sedangkan biaya parkir mobil Rp.10.000.

BacaJuga:  10 Gambar Jatim Park 1 Malang, Harga Tiket Masuk, Sejarah Wisata + Peta Lokasi Alamat

.Wahana Wisata Ken Park

  • Klenteng Sanggar Agung

Bangunan Klenteng berwarna kuning-coklat atau sogan dengan berbagai ornament ukir-ukiran khas Jawa-Bali. Di lokasi ini para pengunjung yang akan beribadah diijinkan memasuki ruangan Klenteng, sedangkan pengunjung yang datang sebagai tamu hanya diperbolehkan memasuki ruangan galeri saja. Di sekitar bangunan ini terdapat banyak tempat duduk yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk beristirahat.

Selain itu, banyak juga pohon-pohon yang tinggi sehingga suasana di depan Klenteng terasa sejuk walaupun di siang hari. Sedangkan di depan Klenteng yang agak jauh berada dipinggir pantai terdapat sebuah bangunan patung Dewi Kwan Im yang sangat tinggi sekitar 20 meter dengan dua naga besar dibawahnya. Arah patung Dewi Kwan Im menghadap ke bangunan Klenteng dan membelakangi laut. Lokasi bangunan patung memang sangat strategis ketika matahari terbit dan sunrise bisa terlihat dengan jelas.

Banyak para pengunjung yang senang berada di bawah patung tersebut sambil menikmati keindahan laut yang dangkal serta semilir angin pantai. Lokasi ini banyak digunakan para pengunjung untuk backround selfi  untuk pengambilan foto serta berteduh dari sengatan panas matahari di siang hari.

Jembatan Dekat Pantai, Foto: dilokasi.com
  • Patung Emas Dewa 4 Muka

Patung yang dilapisi dengan emas 22 karat ini memiliki 4 muka dan dibangun dengan tinggi sekitar 38 meter menjadi patung yang terbesar di Indonesia. Patung ini juga dikenal dengan Monumen Budha 4 Muka yang merupakan replika patung Dewa Catur Muka yang ada di Thailand. Lokasi patung ini berada di sebelah barat Klenteng Sanggar Agung dengan banyak pepohonan rindang di sekitarnya.

  • Pagoda Tian Ti

Bangunan ini dinamakan Temple of Heaven atau kuil diatas langit yang bentuknya hampir sama dengan Pagoda yang ada di negeri Tiongkok. Menurut sejarah bahwa Pagoda adalah tempat untuk beribadah para kaisar Cina sehingga sangat penting dan tertutup untuk umum. Pagoda Tian Ti digunakan untuk pertemuan-pertemuan keagamaan bagi umat Budha serta sebagai tempat pelaksanaan upacara hari besar keagamaan.

  • Atlantis Land

Atlantis Land merupakan bangunan istana yang mirip dengan Walt Disney yang memiliki banyak menara tinggi di kanan dan kiri. Di halaman depan terdapat patung pangeran kodok hijau yamg memakai mahkota dan menaiki kura-kura serta memegang senjata trisula.

Sampai pertengahan tahun 2018, Atlantis belum resmi dibuka namun sudah sering mengadakan festival dengan menghadirkan banyak replika Dinosaurus yang bisa bergerak. Selain itu, terdapat air mancur yang bisa bergoyang dengan warna-warni seperti lampu disco yang beroperasi di malam hari. Rencananya Atlantis Land akan dibuka pada akhir tahun 2018 atau juga pertengahan tahun 2018 karena sampai saat ini pembangun sudah selesai 70%.

Garis Pantai Yang Panjang, Foto: modeblatz.blogspot.com

Sejarah Misteri Angker Pantai Kenjeran

Menurut desas-desus yang beredar di masyarakat bahwa pantai kenjeran merupakan salah satu tempat yang sangat angker di Surabaya. Hal ini karena banyak yang berpendapat bahwa lokasi pantai tersebut memiliki daya magnet yang luar biasa dan ada yang berasumsi bahwa di pantai Kenjeran terdapat kerajaan ular dari dunia lain.

Lokasi yang disinyalir sebagai kerajaan ular dimulai dari Pantai Kenjeran Lama sampai Benteng Kedung Cowek. Hal ini karena beberapa orang pernah melihat penampakan wujud manusia tanpa kepala atau tanpa tangan memakai baju perang. Pada zaman dahulu di masa perjuang 10 November 1945, lokasi Benteng  Kedung Cowek memang pernah bersimbah darah karena terdapat ratusan nyawa korban perang melayang yang tak terhitung berapa jumlahnya di tempat ini.

Selain itu, lokasi benteng tersebut kotor serta tidak terawat dan bekas bangunan benteng seperti sudah tidak terlihat lagi bekasnya karena sudah ditumbuhi rerumputan dan semak belukar. Tentu saja pemandangan tersebut semakin menambah kesan angker dari tempat tersebut masih menjadi misteri dan jarang manusia yang berani mendekati lokasi tersebut. Banyak orang juga menulis artikel tentang keangkeran Pantai Kenjeran melalui blog ataupun media massa perihal penemuan jenglot di pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *