10 Foto Pantai Klara Bandar Lampung, Lokasi Padang Cermin Pesawaran

Posted on
Foto pantai klara bandar lampung lokasi arti nama kabupaten pesawaran padang cermin gedongtataan indonesia gebang selatan 35451 kelapa rapat marina angker sejarah wisata letak alamat gambar peta jalan menuju rute harga tiket masuk google map
Pantai Klara, Foto: indonesiadestinatio.blogspot.com

Lokasi: Jl. Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35451, Indonesia
Map: Klik disini
HTM: Rp.10.000
Buka/Tutup: 07.00–23.00
Telepon:

Kabupaten Pesawaran yang beribu kota di Gedongtataan memiliki sebuah kecamatan bernama kecamatan Padang Cermin, dan sebelumnya kecamatan ini menjadi bagian dari kabupaten Lampung Selatan. Di kecamatan ini, terdapat banyak sekali pantai, ada yang sengaja dikelola, direnovasi, dan diresmikan sebagai destinasi wisata, ada pula yang dibiarkan alami dan belum banyak yang tahu. Di antara pantai-pantai tersebut ada pantai Sari Ringgung dan pantai Klara. Jika pantai Sari Ringgung memiliki daya tarik berupa objeknya yang unik, pantai Klara memiliki daya tarik akan keindahan alaminya.

Menikmati Keindahan Pantai Klara, Foto: 108jakarta.com

Pantai Klara memiliki keindahan alami yang luar biasa, dan selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan. Pantai ini bukan hanya menjadi favorit wisatawan yang berasal dari Lampung, namun juga dari daerah luar Lampung. Selain itu, nilai tambah dari pantai ini adalah memiliki dermaga besar di dalamnya, dan di dermaga ini, banyak orang duduk dan berdiri menikmati pemandangan alamnya baik di pagi dan sore hari.

Menikmati Bukit Berjejer-jejer di Pantai Klara, Foto: tribunnews.com

Sejarah

Pantai ini pertama kali dibuka pada tahun 1997, dan sebelumnya merupakan pos Unit Gugus Keamanan (UGK) karena keamanannya yang kurang baik dan sering terjadi kehilangan kendaraan bermotor. Sampai sekarang, UGK ini masih ada, terbukti dengan dibangunnya gazebo di pantai ini. Pantai ini dikelola oleh TNI Angkatan Laut, karenanya di dermaga pantai ini terdapat tulisan “Pantai Klara TNI AL Lampung”. Awalnya, pantai ini bernama Teluk Baru. Pantai ini berubah nama menjadi Klara karena berjejer banyak sekali pohon kelapa dengan jarak yang sangat rapat atau berdekatan tumbuh di pantai ini, karenanya masyarakat setempat merubah namanya menjadi pantai Klara dengan arti Kelapa Rapat.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Mutun Beach + Pulau Tangkil di Bandar Lampung Selatan Serta Lokasi Alamat-nya
Pohon Kelapa Yang Tumbuh Rapat di Pantai, Foto: tribunnews.com

Dulu, sekitar tahun 1982-1984, sebelum pantai ini dijadikan destinasi wisata, pantai ini benar-benar dipenuhi pohon kelapa, seperti perkebunan kelapa. Jarak antara satu pohon kelapa dengan yang lainnya adalah sekitar tiga meter, dengan luas sekitar 1,5 hektar. Namun, kini pohon kelapanya tidak serapat dulu, dan jumlahnya pohonnya pun berkurang. Meskipun begitu, kita tetap bisa melihat pohon-pohon tersebut berbaris rapi, dan ciri khas pantai ini tetap ada, tidak hilang.

Destinasi Wisata Keluarga, Foto: malahayati.ac.id

Keindahan pantai Klara

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, di pantai Klara, Anda bisa melihat air pantai yang sebening kaca, sangat jernih seolah air tersebut tidak ada, memperlihatkan dasar laut yang berupa hamparan pasir pantai putih yang cukup halus. Airnya dangkal, ombaknya pun kecil, hingga anak kecil bisa bermain jauh dari bibir pantai dengan menggunakan ban karet, asalkan tidak melewati batas ban pelampung yang terletak di depan gazebo ujung dermaga.

Sunset di Pantai, Foto: lihat.co.id

Di sini, Anda pun bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang menakjubkan. Anda juga bisa menjelajahi dunia bawah lautnya yang masih alami. Selain itu, pantai ini bersih, dan minim karang. Banyak foto yang bisa Anda abadikan di sini, bahkan pemandangan matahari terbit dan terbenamnya terlihat seperti gambar yang dilukis. Sambil duduk di lantai kayu gazebo, Anda pun bisa melihat bentangan dataran tinggi berwarna hijau saling bersambungan di sisi pantai. Terdapat pula beberapa pulau dari kejauhan, seperti pulau Pahawang yang tidak kalah indahnya dari pantai ini, dan Anda bisa mengunjunginya dengan menyewa perahu ke sana.

Airnya Bening Memukau, Foto: ksmtour.com

Tak jauh dari pantai Klara, terdapat sebuah pangkalan militer TNI AL yang digunakan untuk para TNI AL latihan. Anda bisa langsung mengetahuinya karena di jalan menuju pantai Klara pun, sudah ada plang bertuliskan, “Selamat Datang di Kawasan TNI AL”.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Tanjung Setia Beach Krui Lampung Barat + Lokasi Peta Wisata

Selain gazebo, ada juga semacam pondok atau gubuk-gubuk kayu sederhana beratapkan daun dibangun di sepanjang pantai ini. Karena langsung menghadap ke arah laut, biasanya para pengunjung duduk berteduh di sana, menghindari terik matahari, bersantai, sambil mengawasi anak-anak mereka yang berenang di pantai. Selain itu, gubuk ini juga bisa dijadikan sebagai tempat menaruh barang bawaan Anda.

Pengunjung Menikmati Pemandangan, Foto: hendricuswidiantoro.wordpress.com

Rute menuju Lokasi

Lokasi pantai Klara memang terpencil dan terkadang sepi, namun tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung. Anda bisa membuka google map, memasukkan alamat pantai ini untuk melihat letak dan gambar peta jalan yang lebih jelas. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 30-60 menit dari pusat kota untuk sampai ke pantai ini. Meskipun begitu, jalanannya cukup menantang. Memang tidak semua rusak, namun banyak lubang besar yang akan Anda temui saat menuju ke pantai ini. Selain itu, sebaiknya Anda tidak menyalip karena jalanannya yang kecil, hanya ada dua jalur, untuk menghindari tabrakan dengan mobil yang berlawanan arah.

Sebaiknya, Anda menggunakan kendaraan pribadi, karena hampir tak ada angkutan umum menuju ke pantai ini. Ada bus Damri, dan Anda bisa naik dari terminal Rajabasa, namun bus ini berangkat pukul 6 pagi dan kembali ke Bandar Lampung sekitar pukul 14.00. Jika menggunakan kendaraan sendiri, dari Bandar Lampung Anda bisa ambil arah ke Padang Cermin melalui daerah teluk Betung. Anda akan melewati beberapa pantai, dan saat Anda melihat laut dari atas bukit, itu pertanda bahwa pantai Klara sudah dekat. Namun, jangan terlalu terpesona dengan pemandangannya karena banyak kecelakaan terjadi di bukit ini karena hal tersebut. Setelah itu, Anda akan menuruni bukit, melalui jalan pesisir pantai, dan sampai di gerbang masuk pantai Klara.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Pasir Putih Lampung Selatan, Harga Tiket Masuk + Alamat Lokasi Wisata
Pemandangan Indah, Foto: proleevo.wordpress.com

Fasilitas dan biaya yang harus dikeluarkan

Fasilitas di pantai Klara bisa dibilang memadai. Makanan dan minuman bisa Anda pesan di beberapa pondok penjual makanan dan minuman di sana. Toilet dan kamar mandi pun sudah bersedia. Tempat parkir pun luas, dan ada penjaganya. Selain itu, ada juga pondok atau gubuk untuk bersantai, dan ada gazebo.

Harga tiket masuk ke pantai Klara adalah Rp.10.000 per orang, Rp.15.000 per motor, dan Rp.25.000 per mobil. Itu sudah rermasuk biaya parkir. Untuk bisa bersantai di pondok atau gubuk, Anda harus mengeluarkan biaya Rp.20.000-Rp.50.000, dan itu tidak dihitung per jam namun per kunjungan. Jika ingin mengunjungi pulau-pulau seperti pulau Pahawang, Anda bisa menyewa perahu sebesar Rp.450.000-500.000, dan satu perahu bisa muat sampai 10 orang. Jika ingin bermain kano, Anda bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp.15.000 per jam, dan untuk menyewa ban, dikenakan harga sebesar Rp.15.000 untuk yang kecil, lalu Rp.25.000 untuk yang besar.

Dedaunan Nyiur Melambai di Pantai Klara, Foto: tribunnews.com

Jika berkunjung ke Bandar Lampung, jangan lupa juga untuk mengunjungi pantai Marina yang terkenal angker dan penuh misteri dibalik keindahannya. Banyak orang yang hilang dan meregang nyawa di sana, hingga ada sebuah kawasan terlarang yang tidak boleh didekati pengunjung jika ke sana. Karenanya pantai ini sepi, namun keindahannya perlu Anda jadikan pertimbangan untuk Anda kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *