10 Foto Pantai Kondang Merak di Malang Selatan Jawa Timur, Ini Lokasi Letak Peta-nya

Posted on
Pantai kondang merak di malang selatan jawa timur lokasi letak peta map bantur 2017 snorkeling harga tiket masuk penginapan sunset beach dan sekitarnya dari surabaya wisata jatim jarak rute dimana gambar camping akses menuju alamat foto dekat
Pantai Kondang Merak, Foto: fidianatari.blogspot.com

Alamat: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Koordinat Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Selain menjadi kota penghasil apel terbesar di Indonesia, Kota Malang menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menarik dan terkenal. Dari arah Jatim atau Surabaya dan sekitarnya sendiri, banyak akses yang bisa dicapai untuk menuju Kota Malang dan mengunjungi beberapa wilayah kawasan wisata disana. Beberapa diantaranya adalah objek wisata alam pantai-pantai yang berjejer di sekitar pesisir selatan Jawa Timur ini. Salah satu pantai selatan yang memiliki arus atau gelombang laut pelan dan tidak terlalu kencang adalah Pantai Kondang Merak. Pantai Kondang Merak ini berada di Malang Selatan dimana pantai ini juga dekat dari salah satu pusat Kota Malang.

Pemandangannya Bagus, Foto: anekawisatanusantara.blogspot.com

Banyak sekali daya tarik yang tersimpan di dalam Pantai Kondang Merak ini, maka dari itu, kawasan wisata ini ramai sekali dikunjungi wisatawan lokal maupun beberapa turis mancanegara. Pantai Kondang Merak sangat berbeda dengan pantai di wilayah selatan Jawa yang kebanyakan berarus dan bergelombang ganas. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu kencang dan lumayan tenang untuk melakukan aktifitas berenang atau memancing. Pantai ini sendiri merupakan sebuah muara dimana air tawar dan air laut bertemu, garis pantainya membujur sekitar 800 meter. Pasir Pantai Kondang Merak ini berwarna putih bersih dan sangat halus, disertai dengan beberapa bebatuan berlumut, batu karang, terumbu, spons, dan kerang-kerang di sekitar pantainya. Di sela-sela karang dekat pantai, pengunjung bisa menemukan banyak biota laut seperti gurita kecil, ikan-ikan, kerang, kepiting dan lain sebagainya yang menambah daya tarik dari objek wisata ini.

Ombaknya Tenang, Foto: utiket.com

Arus dan gelombang air laut yang ada di pantai ini tidak terlalu besar karena bebatuan karang disekitarnya memecah aliran menjadi lebih kecil. Selain itu, banyak hal yang bisa dilakukan disini selain mengambil gambar atau foto selfie, menikmati pemandangan sunset beach atau matahari terbenam yang cantik, dan berjalan-jalan di sekitar pantai berpasir putih ini. Berikut adalah informasi lengkap seputar fasilitas dan penginapan, rute dan jarak, harga tiket masuk, serta koordinat peta menuju Pantai Kondang Merak.

Pantai Kondang Merak dari Atas Tebing, Foto: tripadvisor.com

Fasilitas dan Akomodasi

Pantai Kondang Merak sangat terkenal dengan fasilitas snorkeling karena para wisatawan disini pun kebanyakan memilih aktifitas menarik yang satu ini. Di sekitar bibir pantai, kurang lebih berjarak 200 meter terdapat bebatuan karang yang tinggi menjulang dan menjadi tempat persinggahan beberapa hewan laut. Disini para pengunjung yang bersnorkeling atau diving dapat menikmati keindahan batu karang, terumbu laut, dan ikan-ikan hiasnya yang beraneka ragam. Walaupun penyelam juga perlu berhati-hati dengan bebatuan karang yang runcing dan tajam, namun ombak yang sudah terpecah oleh batu karang ini tidak akan berarus kencang.

Berenang di Pantai, Foto: bantur.malangkab.go.id

Selain berenang, snorkeling, atau scuba diving, hal yang bisa dilakukan adalah menjelajah area sekitar pantai menggunakan perahu. Tak perlu khawatir karena perahu disini adalah milik para nelayan yang dapat disewa, tak hanya perahu, wisatawan dapat membeli hasil tangkapan laut para nelayan disini. Karena adanya perkampungan nelayan yang bermukim di sekitar pantai, pengunjung bisa langsung membeli olahan makanan seafood untuk dibakar sendiri. Banyak para backpacker yang mendirikan tenda dan camping di area sekitar pantai dan membakar ikan, udang, atau kepiting yang dibeli dari nelayan sekitar.

Menjelajahi Batu Karang, Foto: zlen.wordpress.com

Membicarakan soal kulinernya tak diragukan lagi, karena kebanyakan ikan yang didapatkan oleh para nelayan adalah ikan tuna dan ikan kakap, maka hampir dari keseluruhan santapan di tempat-tempat makan sekitar sini adalah olahan dari ikan tersebut. Salah satu kuliner andalan khasnya yang merupakan masakan unik khas Indonesia adalah sate tuna, atau kebab fish yang merupakan sate kebab dari ikan tuna. Selain itu ada juga santapan lainnya yang berbahan dasar hewan laut seperti gurita saus tiram, cumi asam manis, kepala ikan kuah pedas, dan lain sebagainya. Untuk oleh-oleh pun biasanya souvenir yang paling terkenal adalah sirip emas ikan tuna yang sudah diawetkan dan dibersihkan untuk hiasan atau pernak-pernik.

Snorkeling, Foto: fandy2134.blogspot.com

Selain berkemah dan mencicipi kulinernya yang khas, wisatawan yang ingin menginap pun dapart menyewa kamar hotel, resort, villa, hingga homestay dan guest house yang tersedia disini. Kisaran harga penginapan homestay atau guest house ada yang paling murah adalah Rp. 100.000 permalam hingga yang paling mahal dengan fasilitas setara hotel berbintang berkisar Rp. 1.000.000 permalamnya. Beberapa hotel dengan harga murah disini dekat dengan pusat kota Malang sehingga bila yang ingin jalan-jalan, berburu souvenir, atau sekedar berwisata kuliner dapat dijangkau dengan mudah.

Harga Tiket Masuk

Pada saat memasuki pintu gerbang menuju Pantai Kondang Merak, pengunjung akan melihat tempat penarikan tiket masuk disini. Tetapi terkadang loket tersebut kosong sehingga beberapa pelancong bisa memasuki pantai dengan gratis. Harga tiket masuknya sendiri bervariasi tergantung apakah itu hari libur (weekend) atau hari biasa (weekdays). Kisarannya antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 untuk biaya retribusi, sedangkan untuk harga parkir kendaraan adalah Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 untuk setiap kendaraan bermotor.

Jika beruntung, pengunjung bisa memasuki kawasan pantai secara cuma-cuma bila sedang tidak ada petugas penjaga loket. Hal ini dikarenakan saat hari biasa, petugas penjaga tiketnya jarang ada yang berada di loket, selain itu, letak pos tempat penarikan tiket juga kurang terlihat dengan jelas dari arah pintu masuk. Pengunjung yang ingin berkemah dan mendirikan tenda selama semalam disini tidak akan dikenakan biaya kembali. Harga tersebut sudah termasuk bermalam di area camping Pantai Kondang Merak, namun bila pengunjung ingin menyewa perahu dari para nelayan akan dikenakan biaya lagi untuk satu kali pemakaian perahu sepuasnya.

Letak dan Lokasi

Secara geografis, Pantai Kondang Merak sendiri terletak di pesisir selatan Pulau Jawa dan langsung berada di tepi Samudera Indonesia. Sedangkan untuk wilayahnya sendiri, secara administratif Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini sendiri terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Balekambang, yakni sebuah pantai wisata yang tidak kalah indah dengan Pantai Kondang Merak. Karena jaraknya hanya sekitar 4 KM dengan rute yang sama, untuk menuju Pantai Kondang Merak ini arahnya hampir sama bila menuju Pantai Balekambang.

Suasananya Tenang, Foto: 4wisata.blogspot.com

Karena letak Pantai Kondang Merak ini sendiri berada di sebelah selatan Pulau Jawa, lokasinya berdekatan dengan beberapa pantai terkenal lainnya di Jawa Timur. Seperti Pantai Bajul, Pantai Balekambang, dan bahkan Pantai Selok, maka dari itu letaknya berdekatan dengan satu rute atau jalur yang hampir sama atau searah. Perbedaannya dengan pantai-pantai di pesisir Malang yang lain adalah, Pantai Kondang Merak terletak lebih eksotis dengan jejeran batu karang yang menjulang tinggi di sekitar perairan pantainya.

Rute Menuju Pantai Kondang Merak

Karena rute menuju Pantai Kondang Merak ini bila ditempuh akan melewati jalur yang sama dengan Pantai Balekambang, maka jalurnya sama. Namun dari arah pusat Kota Malang, Pantai Balekambang terbilang lebih dekat, sedangkan Pantai Kondang Merak masih lurus dan lebih jauh lagi. Bila wisatawan ingin mampir ke Pantai Balekambang dulu pun dapat dilakukan sehingga selanjutnya adalah melanjutkan perjalanan ke Pantai Kondang Merak. Selain dari pusat Kota Malang, rute menuju pantai ini juga dapat ditempuh dari Terminal Arjosari, namun dari sini harus melewati wilayah Turen dan Gondang Legi sebelum mencapai Kecamatan Bantur dan daerah Kondang Merak. Sedangkan apabila dari pusat Kota Malang, pelancong akan melewati Kepanjen dan Pagak sebelum mencapai Kecamatan Bantur dan daerah Kondang Merak.

Jalur ke Pantai, Foto: perjalananku00.blogspot.com

Biasanya di jalur dekat Kecamatan Bantur ini akan ada 3 jalan bercabang atau pertigaan dimana bila memilih jalan lurus terus akan menuju Pantai Balekambang dan Pantai Kondang Merak. Sedangkan bila memilih arah kiri akan menemukan Pantai Bajul Mati, wisatawan tidak perlu khawatir akan tersesat karena di sekitar jalan akan ada papan petunjuk untuk menuju pantai-pantai tersebut. Dari pertigaan ini menuju Pantai Kondang Merak, perjalanan akan melewati jalur yang cukup sulit, terutama bila dilewati dengan kendaraan bermotor roda empat atau roda dua. Jalur yang dilewati lumayan sempit dengan jalan yang tidak rata atau berbatu kecil dan berkerikil, sedangkan di sisi kiri dan kanan akan banyak pepohonan besar dengan semak belukar yang cukup lebat.

Jalan Masuk, Foto: 1001wisata.com

Walaupun jalur menuju Pantai Kondang Merak lumayan sulit dan memakan waktu, tetapi sebanding dengan apa yang didapatkan. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan berbagai macam pemandangan hutan yang indah, hanya disayangkan aksesnya masih kurang nyaman. Perjalanan yang hanya berjarak 4 KM dan dapat ditempuh sekitar 15 menit bila menggunakan kendaraan, namun karena faktor jalanan yang masih kurang baik, perjalanan paling cepat akan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam atau 45 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *