10 Gambar Pantai Kuta Lombok Tengah + Harga Tiket Masuk dan Letak Lokasi Wisata

Posted on
Pantai kuta lombok tengah harga tiket masuk letak lokasi wisata seger tanjung aan hotel dekat sejarah selatan ntb nusa tenggara barat adalah terletak di map dalam bahasa inggris jalan menuju beach gambar sekitar barat mawun timur pulau
Pantai Kuta Lombok (foto: babatpost.com)

Lokasi: Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara  Barat
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: 0823-4188-5344

Bersama Bali dan Yogyakarta, Lombok menempati jajaran destinasi wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi para wisatawan dari mancanegara. Bahkan prosentase peningkatan jumlah wisman yang berkunjung ke pulau yang menjadi pusat pemerintahan provinsi NTB ini setiap tahunnya lebih besar dibanding Bali dan Yogyakarta. Hal tersebut menandakan bahwa potensi wisata yang ada di Lombok sebenarnya tidak kalah. Hanya dari sisi infrastruktur dan fasilitas serta sektor pemasaran atau promosi wisata saja yang masih perlu ditingkatkan.

Lombok tidak hanya kaya akan destinasi wisata, tapi juga menyuguhkan tempat wisata yang unik dan jarang ditemui di tempat lain. Salah satu diantaranya adalah Pantai Kuta Lombok yang juga dikenal dengan nama Mandalika Resort. Dengan garis pantai sepanjang 7,2 km, pantai ini memiliki beberapa spot wisata terbaik yang diakui dunia, diantaranya Pantai Tanjung Aan yang menduduki peringkat ke-4 Pantai Terbaik Dunia versi TripAdvisor dalam Travellers Choice Awards, Pantai Gerupuk yang terpilih sebagai 10 spot surfing paling populer di Asia, Pantai Seger yang ideal bagi surfer pemula serta menjadi tempat digelarnya Ritual Upacara Sasak “Bau Nyale”, dan tentunya Pantai Kuta Lombok sendiri.

Pantai Lombok yang Menawan (foto: lombok.panduanwisata.id)

Kecantikan Pantai Kuta Lombok dan Spot Wisata di Sekitarnya

Memiliki nama dan jenis wisata yang sama, namun dengan nuansa yang berbeda, seperti itulah gambaran untuk mendeskripsikan antara Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali dengan Pantai Kuta Lombok. Jika Pantai Kuta Bali selalu dibanjiri wisatawan, terlebih pada waktu liburan, kondisi berbeda akan dijumpai di Pantai Kuta Lombok. Di sini pantai yang terhampar luas dengan panjang garis pantai 2 kali lipat dari Kuta Bali yang hanya 3000 meter, serasa milik pribadi karena sedikitnya jumlah wisatawan yang datang.

Hamparan Pasir Putih yang Unik di Pantai Kuta Lombok (foto: infokuberita.com)

Di Kuta Bali, aktifitas wisata  yang dapat dilakukan hanya sebatas menikmati keindahan panorama pantai, berenang dan surfing, sedang di Pantai Lombok selain ketiga aktifitas tersebut masih ada aktifitas menarik lainnya, yaitu menikmati pemandangan bawah laut dengan melakukan diving dan snorkeling, serta melakukan tracking mendaki Bukit Mandalika untuk menikmati keindahan lukisan alam dari atas ketinggian.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Gili Trawangan Lombok + Lokasi Wisata Snorkeling

Menapaki hamparan pasir putih di Pantai Kuta Lombok akan terasa berbeda dengan berjalan di atas pasir yang ada di pantai-pantai yang ada di Bali. Pasir putih yang ada di sini memiliki ukuran yang berfariasi, mulai dari yang halus dan lembut, sedang, bahkan ada yang ukurannya sebesar merica. Keunikan pasir itulah yang membuat penduduk setempat banyak yang menjual pasir berwarna putih seukuran merica kepada para wisatawan sebagai souvenir.

Pantai Putri Nyale (foto: travel.detik.com)

Berbaring di hamparan pasir sambil menikmati keindahan panorama pantai menjadi aktifitas yang menyenangkan kala berkunjung ke sini. Namun jika hanya itu yang Anda lakukan, sungguh sangat disayangkan. Air laut yang sangat jernih dengan ombaknya yang kecil dan aman untuk dipakai berenang tidak boleh dilewatkan untuk diarungi. Jika ingin mengarungi laut di atas permukaan air sambil menikmati pemandangan bawah laut, dapat menyewa perahu yang ada di sekitar lokasi pantai.

Nikmati pula berbagai macam wahana permainan air, seperti banana boat dan jetski. Apabila ingin melihat taman laut dengan terumbu karangnya yang masih terawat dan habitat lautnya yang masih alami, tinggal menyewa peralatan diving dan berpetualang di kedalaman air laut.

Berselancar di Pantai Selong Belanak (foto: tripadvisor)

Jangan hanya terpaku pada spot utama Pantai Kuta Lombok. Kunjungi spot-spot menarik lainnya yang jaraknya hanya dalam hitungan menit jika ditempuh dengan mobil atau sepeda motor sewaan. Beberapa spot menarik di kawasan Pantai Kuta Lombok diantaranya adalah Pantai Putri Nyale (sebelah Timur Pantai Kuta) yang menjadi lokasi Novotel Beach, Pantai Seger dengan sunsetnya yang menawan, Tanjung A’an dengan taman bawah lautnya yang luar biasa sehingga menarik untuk aktifitas snorkeling, Pantai Mawun (sebelah Barat Pantai Kuta) yang bentuknya menyerupai bulan sabit dan Pantai Gerupuk yang menjadi tempat  menyenangkan untuk berselancar, Selong Belanak untuk penggemar surfing, atau berkunjung dan menginap di 3 desa wisata yang dekat dengan Pantai Kuta Lombok, yaitu Desa Panujak yang dikenal sebagai penghasil Tembikar dan Desa Sukarare yang menjadi produsen Kain Tenun, dan Desa Sade yang menyuguhkan kehidupan asli Suku Sasak.

Jika ingin membeli Kain Tenun untuk oleh-oleh saat pulang, sebaiknya memang dilakukan di Desa Sukarare. Di sini, selain tersedia Kain Tenun dengan berbagai motif dan dengan harga yang lebih murah, Anda juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan Kain Tenun sekaligus mencoba mempergunakan alat pembuatnya.

BacaJuga:  10 Foto Gili Sudak Island Sekotong Lombok Barat + Accommodation Hotel Penginapan
Pantai Mawun yang Elok (foto: reyginawisataindonesia.blogspot.com)

Jangan terkecoh dengan para pedagang keliling yang menawarkan Kain Tenun di kawasan wisata. Para pedagang yang rata-rata fasih  berbicara dalam bahasa Inggris tersebut memang memberikan harga yang lebih murah untuk Kain Tenun yang mereka tawarkan. Tapi coba periksa dengan teliti. Jika Kain Tenun berharga murah yang mereka tawarkan tersebut tipis, Anda patut curiga, karena Kain Tenun yang asli tebal dan saat diangkat terasa berat seperti mengangkat kain basah.

Sejarah dan Mitos Pantai Kuta Lombok

Patung Putri Mandalika di Salah Satu Sudut Pantai Kuta Lombok (foto: goodnewsfromindonesia.id)

Seperti halnya tempat-tempat yang lain, pantai yang di gambar map terletak di sebelah Selatan Pulau Lombok ini memiliki sejarah dan mitos. Menariknya mitos tersebut masih mewarnai kehidupan masyarakat setempat sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Salah satu mitos yang akrab dengan kehidupan masyarakat setempat adalah kisah tentang Putri Mandalika yang juga menjadi nama lain dari Pantai Kuta Lombok. Menurut cerita kuna, konon dulu ada seorang putri yang sangat cantik bernama Putri Mandalika. Karena kecantikannya dia diperebutkan olah banyak pria, tidak terkecuali seorang Pangeran. Begitu cintanya Pangeran tersebut terhadap putri Mandalika sehingga dia terus memaksa agar Mandalika mau dia persunting.

Upacara Ritual Suku Sasak “Bau Nyale” (foto: bagus-inesia.blogspot.co.id)

Karena tidak mencintai sang Pangeran, putripun menolak dan berlari ke atas bukit tatkala Pangeran tersebut mengejarnya. Di atas bukit yang kini diberi nama Bukit Mandalika itulah sang putri akhirnya mengakhiri hidupnya dengan melompat ke laut. Untuk mengenang Putri Mandalika, kini setiap setahun sekali di Pantai Seger  digelar Ritual Upacara Sasak “Bau Nyale” atau upacara Menangkap Cacing Nyale, sebagai lambang Putri Mandalika yang diperebutkan oleh banyak pria.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Kuta Lombok

Pengrajin Tembikar di Desa Panujak (foto: Ahmad Subaidi/ANTARA)

Meski sudah dikelola dengan cukup baik serta menyediakan berbagai macam fasilitas bagi para wisatawan, Pantai Kuta Lombok tidak menarik tiket masuk kepada para wisatawan. Hanya saja, untuk wisatawan yang membawa kendaraan, akan ditarik ongkos parkir oleh masyarakat setempat sebesar Rp.10.000.

Meski fasilitas yang ada di sini tidak sekomplit yang ada di Pantai Kuta Bali atau di tempat-tempat wisata lainnya, namun sudah lebih dari cukup untuk membuat para wisatawan merasa aman dan nyaman saat menghabiskan waktunya di Pantai Kuta Lombak, karena di sekitar tempat wisata tersedia toilet umum dan pos polisi pariwisata.

BacaJuga:  Ditutup? Pantai Tanjung Bloam Beach Lombok Timur Lotim NTB + Rute Jalan Menuju Lokasi Hotel Resort

Jangan pula merasa cemas untuk urusan perut karena di sepanjang jalan menuju lokasi wisata banyak dijumpai rumah makan, cafe dan restoran yang menyediakan berbagai macam menu dengan harga yang juga bervariasi.

Jika ingin menginap, bagi para backpacker yang memiliki budget terbatas dapat  memanfaatkan guest house yang ditawarkan penduduk setempat. Namun jika memiliki budget cukup besar dapat memilih salah satu dari sekian banyak hotel yang ada di kawasan Pantai Kuta Lombok. Beberapa hotel yang ada di dekat lokasi wisata diantaranya adalah Blue Mongkey Villas, Family House lombok, Hammerhead Hotel, Novotel Hotel Lombok, Puri Itoma, Segare Anak Bungalows and Restaurant, Novotel Coralia Lombok, Kuta Indah Hotel dan Bumbangku Beach Cottage.

Rute Menuju Pantai Kuta Lombok

Pengrajin Kain Tenun di Desa Sukarare (foto: trawangantravelonline.com)

Letak Pantai Kuta Lombok berada di Barat Laut LIA (Lombok International Airport) dengan jarak yang tidak seberapa jauh. Sehingga bagi wisatawan yang  datang dengan menggunakan pesawat bisa memanfaatkan taksi argo dengan lama perjalanan sekitar 20 – 30 menit dan biaya sekitar Rp.90.000 – Rp.100.000. Selain itu dapat pula menggunakan jasa travel yang telah dipesan sebelumnya atau dipesan saat berada di bandara.

Jika perjalanan diawali dari Kota Mataram yang jaraknya sekitar 75 km dari Pantai Kuta Lombok  rute yang harus dilewati adalah Cakranegara, Kediri, Praya, dilanjutkan ke Batunyale, Sengkol, Rambitan, Sade dan barulah sampai ke Pantai kuta. Sedang perjalanan yang diawali dari Senggigi butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai di lokasi. Perjalanan bisa menggunakan travel atau menyewa motor/mobil di rental motor/mobil yang banyak terdapat di sepanjang jalan raya Senggigi. Tarif sewa motor sebesar Rp.50.000/hari sedang sewa mobil sebesar Rp.450.000/hari sudah termasuk BBM dan driver.

Catatan penting yang harus diperhatikan: saat menuju ke Pantai Kuta Lombok sebaiknya menyewa motor atau mobil. Sebab jika mengandalkan sarana transportasi umum, waktu Anda akan banyak terbuang bahkan Anda akan menemui banyak kesulitan di tengah perjalanan. Hal tersebut disebabkan karena sarana transportasi di Lombok masih terbilang minim. Sehingga kalaupun menemukan angkutan umum, ongkosnya cukup mahal. Itupun jam operasinya hanya sampai dengan jam 03.00 sore.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.