10 Gambar Pantai Lenggoksono Malang + Rute Menuju Lokasi Peta Maps

Posted on
Pantai lenggoksono malang selatan jalan menuju rute lokasi peta google maps jawa timur 65182 indonesia banyu anjlok 2017 purwodadi dari surabaya dimana kabupaten jarak teluk wediawu bolu bolu tirtoyudo mutiara sipelot snorkeling harga tiket masuk alamat letak akses ke foto denah wisata sejarah misteri mitos
Pantai Lenggoksono, Foto: explonesia.com

Lokasi: Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia 65182
Map: Klik disini
HTM: Rp 5.000
Buka/Tutup: 05.00-malam
Nomor Telepon: –¬†

Malang, siapa yang tidak mengenal daerah ini? Malang begitu terkenal dengan berbagai sajian kuliner dan wisatanya yang sangat asyik. Salah satu wisata yang berada di Malang adalah Pantai Lenggoksono Malang. Pantai Lenggoksono Malang memiliki daya tarik tersendiri, tidak jarang banyak masyarakat yang berasal dari luar daerah menyempatkan waktu untuk singgah di pantai ini. Pantai Lenggoksono Malang berada di Malang Selatan, Jawa Timur, Indonesia.

Air Terjun di Pantai, Foto: nenghepi.com

Pantai Lenggoksono Malang terletak di Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Meskipun berada di Malang Selatan, ketika hari libur tiba, Pantai Lenggoksono Malang tidak pernah sepi pengunjung, terdapat daya tarik tersendiri mengapa Pantai Lenggoksono Malang tidak pernah sepi pengunjung. Pantai Lenggoksono memiliki jarak yang dketa dengan Teluk Wediawu, Pantai Bolu Bolu, Pantai Sipelot dan jejeran pantai lainnya. Banyak sejarah, mitos hingga misteri di Pantai Lenggoksono Malang ini. Di sini Anda bukan hanya bisa berenang, namun Anda bisa bermain surfing dan snorkeling seperti di Pulau Dewata. Menyenangkan bukan?

Keunikan Pantai Lenggoksono

Selain bisa digunakan untuk berolahraga surfing, Pantai Lenggoksono Malang mempunyai garis pantai yang sangat cantik dipandang mata. Namun, karena Pantai Lenggoksono Malang memiliki ombak yang cukup besar, Anda tidak boleh berenang di tengah-tengah pantai, Anda bisa bermain air di seputaran Pantai Lenggoksono Malang. Pantai Lenggoksono Malang juga memiliki pasir putih seluas satu kilometer, Pantai Lenggoksono Malang juga dikelilingi dengan tebing tinggi dan pepohonan yang begitu rimbun dan hijau.

Pemandangan Pantai Yang Menakjubkan, Foto: 1001wisata.com

Tanpa di duga, Pantai Lenggoksono Malang menyimpan begitu banyak potensi ikan. Ada berbagai macam jenis ikan di Pantai Lenggoksono Malang seperti cumi-cumi, lobster, layang, tuna, cakalang dan berbagai jenis ikan lainnya. Sehingga, Pantai Lenggoksono Malang juga cocok untuk dijadikan sebagai spot memancing.

Di Pantai Lenggoksono Malang Anda akan menemukan batu yang tersebar di sepanjang pantai, batu-batu ini akan menambah indahnya Pantai Lenggoksono Malang. Bukan hanya itu, Pantai Lenggoksono Malang juga menawarkan keindahan alam di bawah laut yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pantai Lenggoksono Malang juga dijadikan sebagai tempat konservasi lobster seperti lobster pasir dan lobster mutiara. Lobster-lobster ini berada di goa-goa. Masyarakat sengaja menjaga goa tersebut agar terhindar dari nelayan nakal yang menangkan lobster dengan menggunakan bom laut sehingga dapat merusak potensi lobster yang berada di wilayah pantai ini.

Air Merayapi Dinding Tebing Yang Lebar Dan Langsung Jatuh Ke Pasir Pantai, Foto: halomalang.com

Masyarakat yang tinggal di sekitaran Pantai Lenggoksono Malang memiliki profesi sebagai nelayan sehingga masyarakat benar-benar menjaga potensi bawah laut yang diberikan oleh Pantai Lenggoksono. Bahkan Pantai Lenggoksono Malang juga ditunjuk Kementrian Perikanan dan Kelautan sebagai salah satu wilayah ekowisata. Jadi, tidak ragu bukan untuk mengunjungi Pantai Lenggoksono Malang setelah mengetahui berbagai potensinya?

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Pantai Lenggoksono?

Jika tidak bisa bermain surfing, Anda tidak perlu cemas, karena ada berbagai macam hal menarik yang dapat Anda lakukan di Pantai Lenggoksono Malang ini, seperti:

  • Berfoto dan mengambil gambar di pantai. Jika Anda berasal dari luar daerah, dan sengaja pergi ke Pantai Lenggoksono Malang untuk berlibur, sepertinya akan sayang jika tidak mengambil keindahan pantai ini. Anda bisa mengabadikan moment bersama dengan keluarga atau bersama dengan teman-teman,
  • Apalagi yang bisa dilakukan di Pantai Lenggoksono Malang selain bersantai menikmati segarnya es kelapa muda. Di sekitaran Pantai Lenggoksono Malang terdapat penjual es kelapa muda, Anda tidak perlu khawatir karena harga es yang dibanderol di Pantai Lenggoksono Malang sangat terjangkau,
  • Bermain ayunan. Di Pantai Lenggoksono Malang terdapat ayunan yang bisa Anda gunakan. Namun, saat hari libur, biasanya akan ada banyak orang yang ingin bermain ayunan ini atau sekedar berfoto di sekitar ayunan,
  • Ingin snorkeling? Jika Anda ingin snorkeling di Pantai Lenggoksono Malang, Anda bisa mengujungi spot snorkeling di Pantai Lenggoksono Malang yakni Kletekan. Anda dapat berenang di spot Kletekan ini. Jadi, spot ini bukan hanya untuk snorkeling, namun bisa digunakan untuk berenang dengan bebas.
  • Naik perahu menuju ke pantai lain. Pantai Lenggoksono Malang memiliki jarak yang dekat dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Banyu Anjlok, Pantai Bolu-bolu, sehingga Anda dapat menyewa perahu warga untuk pergi ke spot lain.
Kolam Renang Alami, Foto: adityakurniawandotcom.wordpress.com

Kuliner Pantai Lenggoksono Malang

Sampai ke Pantai Lenggoksono Malang tidak menikmati kulinernya sepertinya akan sangat sayang. Anda bisa menikmati berbagai macam wisata kuliner di Pantai Lenggoksono Malang. Untuk makanan siap saji, biasanya warung-warung menyediakan mie instant, sedangkan untuk makanan-makanan yang lebih lezat, Anda bisa memesan bakso atau pun mie ayam.

Warung kuliner di Pantai Lenggoksono Malang ada juga yang menyediakan ikan-ikan dengan berbagai cara pemasakan. Jika bosan dengan sajian ikan, Anda bisa mencari beberapa warung yang menyajikan masakan laut selain ikan. Ada beberapa warung yang menyediakan menu lain selain ikan seperti lobster dan berbagai menu yang lainnya. Karena berada di dekat pantai, Anda tidak perlu cemas dengan kesegaran ikan. Bagaimana dengan masalah harga? Sajian kuliner yang berada di Pantai Lenggoksono Malang dibanderol dengan harga yang wajar, namun untuk sajian-sajian lain seperti ikan, lebih baik bila Anda menanyakan harga terlebih dahulu.

Pantai Lenggoksono di Malang, Foto: panduanwisata.id

Oleh-oleh dari Pantai Lenggoksono

Saat mengunjungi Pantai Lenggoksono Malang, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh di sini mulai dari kalung, gelang dan yang lainnya. Bahkan kaos-kaos juga sudah ada beberapa macam di sini. Harga oleh-oleh pun bervariasi mulai dari murah hingga mahal.

Selain berburu oleh-oleh tersebut, Anda bisa membeli beberapa ikan dari nelayan Pantai Lenggoksono Malang. Ikan-ikan yang biasanya ditangkap oleh nelayan pun bervariasi, mulai dari ukuran dan harga. Tetapi, untuk masalah harga, Anda juga tidak perlu cemas karena harganya sudah pasti jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang berada di pasaran. Jika Anda ingin mendapatkan harga yang murah, Anda bisa mencoba menawar harga ikan, asalkan tawar menawar yang Anda lakukan masih berada dalam harga yang normal dan wajar.

Keindahan Pantai Lenggoksono, Foto: ringsos.com

Rute Menuju Pantai Lenggoksono Malang

Untuk sampai ke Pantai Lenggoksono Malang, bisa dikatakan jalan yang akan Anda lalui bagus, tetapi jalanan di Pantai Lenggoksono Malang tidak begitu melebar. Saat mendekati pantai, Anda akan menemukan jalanan yang sedikit rusak dan sempit. Anda harus berhati-hati karena untuk sampai ke Pantai Lenggoksono, Anda harus melewati kiri kanan jurang yang tinggi.

Agar bisa mencapai Pantai Lenggoksono, Anda memerlukan waktu 3 hingga 4 jam. Jika Anda dari Purwodadi dan Surabaya, Anda bisa menuju ke Malang dan melewati Turen dan ke selatan ke arah Tirtoharjo. Perjalanan ke Pantai Lenggoksono disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak terdapat kendaraan umum untuk sampai ke sana. Jika ingin  menaiki ojek, Anda bisa naik ojek dari Dampit dengan tarif Rp 70 ribuan per orang. Jika menggunakan motor pribadi tidak sampai Rp 50 ribu untuk sampai di sana.

Snorkeling, Foto: iqbalazhari.com

Dari Pusat Malang, Anda dapat mengambil arah ke Turen-Dampit, petunjuknya amat jelas. Sesudah sampai di Dampit, Anda bisa mengambil jalan lurus untuk sampai di Tirtoyudo, dan mengabil arah Pantai Sipelot. Dari sini Anda akan melewati beberapa desa hingga menemukan persimpangan dan mengarah ke Sipelot serta ke Wedi Ayu, Anda bisa mengambil arah ke sana. di persimpangan, Anda akan menemukan persimpangan arah ke Wedi Ayu dan Pantai Lenggoksono. Ini merupakan persimpangan terakhir. Petunjuk arah yang Anda temukan merupakan hasil dari swadaya masyarakat, sehingga yang Anda temukan bukan petunjuk arah resmi. Sesudah sampai di Desa Lenggoksono, Anda dapat bertanya warga arah ke TPI.

Sesudah sampai di TPI, Anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket. Sembari beristirahat, Anda bisa bertukar cerita dengan warga sekitar.

Pantainya Bersih dan Indah, Foto: kayanatour.co.id

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke Pantai Lenggoksono, di tahun 2017 ini Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu, dan untuk parkir kendaraan bermotor roda 2, Anda harus membayar Rp 5 ribu.

Ingin menikmati spot Kletekan? Untuk menikmati spot ini, Anda hanya harus mengeluarkan biaya Rp 25 ribuan saja. Anda susah memperoleh berbagai peralatan. Dan jika ingin menyewa perahu, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 50 ribuan.

Liburan Ke Pantai Lenggoksono, Foto: vamouzeroz.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *