10 Gambar Pantai Marina Semarang + Harga Tiket Masuk dan Letak Lokasi Alamat Peta Google Map

Posted on
Gambar pantai marina semarang harga tiket masuk letak lokasi alamat hotel bengkalis sejarah wisata peta google map BUKAN ancol lampung selatan bantaeng sulsel bontang batam anyer misteri jakarta kalianda
Pantai Marina, Foto: herypetualanggmail.blogspot.com

Lokasi: Jalan Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Tawang Sari, Semarang
Map: Klik disini
HTM: Rp 3000 per orang
Buka/Tutup: 05.00 –  malam
Nomor Telepon:

Suasana pantai memang memberikan ketenangan tersendiri bagi pengunjungnya, deru ombak serta angin yang bertiup kencang seakan mengajak bercanda mengisi liburan dan saat santai Anda bersama keluarga. Di wilayah kota Semarang  terdapat Pantai Marina yang merupakan salah satu objek wisata pantai di wilayah Jawa Tengah. Banyak orang yang menghabiskan liburan mereka di sini baik bersama keluarga ataupun teman dekat apalagi bagi mereka yang memiliki dana terbatas namun tetap ingin menghabiskan liburan di pantai Pantai Marina merupakan alternative yang tepat dengan segala keindahannya. Pantai Marina ini bukan Ancol Jakarta, Bontang Batang atau Pantai di Lampung Selatan hingga di Bantaeng Sulsel seperti yang Anda bayangkan.

Kapal Disewakan, Foto: initempatwisata.com

Letak Pantai Marina

Pantai Marina yang terletak persis di ujung utara kota Semarang Jawa Tengah. Selain letaknya yang bersebrangan dengan Pantai Maron serta dekat dengan bandara international Ahmad Yani pantai ini juga dekat dengan museum Ranggawarsita dan kawasan wisata PRPP. Jika berjalan dari arah Kabupaten Kendal, silakan bergerak kearah timur dan memasuki wilayah bundaran Kali Banteng ( dekat museum Ranggawarsita ). Selanjutnya menuju ke jalan arah menuju ke Surabaya ( jalan RE Martadinata) dan setelah SPBU belok ke kiri, melewati PRPP ( supermarket Giant) maka Anda akan sampai di Pantai Marina. Namun apabila Anda dari arah Demak, silahkan masuk ke wilayah kota Semarang kemudian berjalan menuju jalan RE Martadinata dan PRPP maka Anda akan sampai di Pantai Marina. Akses jalan yang mudah di lewati kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 serta memiliki lahan parkir yang cukup luas menjadikan lokasi wisata ini sebagai tempat yang mudah untuk di kunjungi.

Pengunjung Sedang Piknik, Foto: initempatwisata.com

Sejarah Pantai Marina

Dahulunya Pantai Marina merupakan pantai yang terbentuk dari hasil kegiatan reklamasi pantai di kawasan kota Semarang yang sebelumnya merupakan hutan bakau serta tambak miliki warga setempat. Sisa dari pembangunan pertokoan dan perkantoran inilah yang kemudian di manfaatkan sebagai pembatas pantai dengan di bentuk dan di kelola sedemikian rupa agar menjadi tempat yang nyaman sebagai lokasi wisata. Pada pantai ini juga terdapat pemecah ombak yang berfungsi untuk mengamankan wilayah daratan dari abrasi akibat dari energi ombak yang berlebihan. Seiring berjalannya waktu pantai ini kemudian mulai ramai di kunjungi oleh masyarakat dan di jadikan sebagai tempat berlibur.

Menikmati Pemandangan Pantai, Foto: hellosemarang.com

Wisata Pantai Marina

Di sini terdapat kapal dengan ukuran sedang yang biasa di manfaatkan oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan wilayah sekitar pantai dari atas kapal. Dengan jumlah kapal yang cukup banyak para pengunjung bisa lebih leluasa berpetualang di sekitarnya tanpa harus khawatir dengan durasi serta biaya yang mahal yakni hanya sebesar Rp 5.000,-/ orang . Anda bisa menikmati indahnya hutan bakau sambil berputar-putar menggunakan kapal selain itu Anda juga bisa melihat aktivitas di pelabuhan Tanjung Mas yang terletak di sebelah timur pantai. Selain kapal untuk berkeliling di wilayah perairan, pengelola juga menyediakan banyak fasilitas lainnya yang menarik tentunya dapat di manfaatkan oleh pengunjung dan para petualang wisata. Beberapa fasilitas diantaranya arena balap mobil yang terletak di sebelah utara, penyewaan ban renang yang sekaligus berada di tiket masuk, gazebo yang terletak di sepanjang pantai serta deretan kursi yang di persiapkan untuk bersantai. Pemandangan breakwater menjadi salah satu spot terbaik bagi yang hobi berfoto dan berbagi keseruan dengan teman-teman. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang lembut sehingga dapat memanjakan kaki Anda saat berjalan menyusuri garis pantai ini.

Indahnya pemandangan sunset di sore hari menambah ramainya suasana pantai. Pemandangan  ini menjadi daya tarik  tersendiri yang menarik untuk dinikmati dari tepi pantai. Sedangkan pada malam hari para Anda dapat mencicipi aneka ragam masakan seafood yang dimasak menggunakan resep dari koki berpengalaman. Wisata kuliner ini rata-rata menyajikan masakan seafood seperti udang, ikan, cumi, kepiting serta hewan laut lainnya didapat dari tangan nelayan di sekitar lokasi wisata Pantai Marina Semarang.

Hal lain yang dapat Anda lakukan jika berada di pantai ini ialah memancing, Pantai Marina menjadi salah satu lokasi pemancingan favorit. Bagian bibir pantai yang terdapat tumpukan batu-batu besar yang berfungsi untuk membentengi pantai menjadi tempat yang baik bagi ikan untuk berlindung. Meskipun hanya terdapat ikan kecil namun memancing di lokasi ini tergolong cukup mudah serta murah karena tidak perlu menyewa kapal untuk sampai ke tengah demi mendapatkan ikan.

Rumah Makan Pondok Daun tak jauh dari Pantai Marina, Foto: initempatwisata.com

Wisata favorit warga Semarang

Setiap akhir pekan dan hari libur nasional Pantai Marina selalu di padati oleh pengunjung yang berasal dari wilayah kota semarang dan sekitarnya. Bahkan sejak pagi mereka sudak berkumpul dan menggelar tikar sebagai di tepi pantai. Suasana Pantai Marina memang cukup nyaman, terdapat berbagai pohon tumbuh di sekitar pantai sebagai tempat berteduh saat menikmati indahnya pantai di siang hari. Selain itu di sekitar pantai juga terdapat paving block yang bisa di manfaatkan sebagai sarana olah raga baik saat pagi maupun sore hari.

Meskipun tidak seindah pantai lainnya, Pantai Marina memang menjadi lokasi wisata favorit bagi warga sekitar. Lokasinya yang mudah di jangkau dan di lengkapi dengan berbagai fasilitas memadai menjadi alasan bagi warga sekitar untuk mengunjungi pantai ini. Garis pantai yang membentuk cekungan dan menjorok ke daratan menyebabkan ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi sehingga sangat aman bagi wisatawan untuk sekedar berendam atau mandi di wilayah pesisir pantai.

Mengingat lokasinya yang dahulu ialah wilayah hutan bakau sebenarnya kualitas air lautnya kurang ideal bagi sebuah lokasi wisata terlebih Pantai Marina ini berdekatan dengan banjir kanal barat yang membelah wilayah kota semarang dari arah hulu. Warna airnya sendiri berwarna cokelat untuk di wilayah pesisir dan berwarna lebih jernih jika lebih ketengah. Namun hal ini tidak mengurangi minat para wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Breakwater di tepian Pantai Marina, Foto: initempatwisata.com

Penginapan di sekitar Pantai Marina

Lokasi yang mudah di akses menjadi satu keuntungan karena untuk masalah lokasi penginapan atau hotel menjadi lebih flexible dan tersedia banyak pilihan berapa yang populer dan berada di sekitar pantai ialah Gumaya Tower Hotel Semarang, Hotel Bengkalis, Quest Hotel dan Hotel Neo Candi Semarang. Selain itu bagi backpacker beberapa lokasi penginapan yang dapat Anda pilih ialah Imam Bonjol Hostel Semarang, Nozz Hotel dan Whiz Hotel Semarang.

Papan Petunjuk, Foto: perjalanan-si-musang.blogspot.com

Rute menuju Pantai Marina

Rute untuk sampai di Pantai Marina sebenarnya mudah dijangkau. Entah dari arah barat seperti Kendal atau pun dari arah timur contohnya seperti Demak, bahkan hingga dari arah Ungaran. Berikut rute yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Rute ke Pantai Marina dari Kendal, Pekalongan, Batang dan sekitarnya. Anda hanya perlu menuju ke arah timur dan memasuki bundaran kali banteng. Bundaran ini berdekatan dengan Museum Ranggawarsito, dan menuju ke jalan dengan arah Surabaya, sampai di SPBU, Anda cukup belok ke kiri menuju ke Supermarket Giant, dan Anda pun sudah berada dekat dengan Pantai Marina,
  • Rute dari Kudus. Bila Anda dari Kudus, Pati, Demak dan yang lainnya, Anda dapat menuju ke Semarang dengan ke jalan arteri dan menuju langsung ke Pantai Marina,
  • Rute dari Solo, Jogja, dan sekitarnya. Ana dapat mengambil jalan melalui tugu muda dan menuju ke arah barat hingga sampai di bundaran kali banteng, setelah sampai di SPBU, segera berbelok ke kiri dan Anda akan sampai di Pantai Marina ini.

Bila Anda masih bingung untuk sampai di Pantai Marina ini, Anda bisa menggunakan Google Map. Sebenarnya, untuk menjangkau Pantai Marina sudah banyak terdapat kendaraan umum, namun jika Anda ingin lebih praktis untuk menjangkau Pantai Marina ini, Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Semarang, biasanya terdapat penyewaan sepeda motor dan mobil di kota, dengan harga yang cukup bervariasi.

Parkir Motor, Foto: yukpiknik.com

Harga tiket masuk ke Pantai Marina

Bila dibandingkan dengan pantai lain, Pantai Marina memiliki harga tiket masuk yang cenderung murah. Untuk memasuki kawasan atau area Pantai Marina, Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp 3000 per orang, sedangkan untuk biaya parkir, Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp 2000 per sepeda motor dan untuk mobil Rp 5000.

Indahnya Sunset, Foto: wisataterbaru.com

Fasilitas Pantai Marina

Pantai Marina memiliki fasilitas yang bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Fasilitas yang berada di Pantai Marina ini seperti kamar mandi, WC umum, tempat parkir yang begitu luas, dan berbagai macam fasilitas penunjang yang lainnya. Untuk kamar mandi umum, Anda hanya perlu membayar Rp 2000 untuk sekali penggunaan.

Joging Track, Foto: wisatafavorit.com

Oleh-oleh Pantai Marina

Setelah mengunjungi wisata pantai seperti Pantai Marina, sepertinya sangat tidak lengkap jika kita tidak membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga di rumah. Tidak perlu cemas, karena Anda bisa menemukan pedagang oleh-oleh yang menjual berbagai macam pernak-pernik di sekitar Pantai Marina. Oleh-oleh ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau,

Bukan hanya pernak-pernik yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, Anda bisa memberikan oleh-oleh seperti keripik hingga makanan laut yang juga banyak di jual di sini. Tetapi, jika Anda berasal dari luar kota dan ingin lebih lama mengunjungi Semarang, lebih baik Anda memilih oleh-oleh yang kering dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *